Minggu, 03 Juni 2018

Musuh-musuh Terkuat Marvel, dari Galactus sampai Kang the Conqueror


Inilah musuh-musuh terkuat superhero Marvel yang tidak kalah berbahaya dari Thanos!


Selowae.Net – Marvel Universe adalah semesta yang sangat luas dengan banyak karakter superhero yang kuat. Namun, dunia tersebut juga dipenuhi dengan berbagai macam supervillain yang berbahaya dan harus dikalahkan. Dari sekian banyak tokoh villain yang muncul dalam komik Marvel, beberapa nama di bawah ini bisa dibilang paling berbahaya. Siapa saja mereka? Berikut pengenalan singkatnya!

Note: Urutan BUKAN berarti peringkat


Galactus


villain marvel comics terkuat superhero, supervillain terkuat marvel

Galactus adalah seorang penghuni planet Taa yang bernama Galan. Ia merupakan seorang penjelajah yang menyelidiki tentang kehancuran yang akan menimpa jagat raya. Saat peristiwa ini terjadi, Galan bersama beberapa rekan-rekannya melarikan diri dengan pesawat. Oleh karena tidak mungkin lepas dari serangan radiasi yang telah menghancurkan planetnya, Galan mengusulkan agar mereka mengarahkan pesawat ke pusat kehancuran.

Ketika pesawat beserta isinya musnah, datanglah suatu entitas bernama The Sentience of the Universe yang menawarkan pada Galan untuk menyatu, karena jika tidak mereka berdua akan hancur. Galan pun menerima tawaran ini.

Kehancuran jagat raya tadi merupakan awal dari terciptanya jagat raya baru, dan gabungan antara Galan dan The Sentience of Universe menghasilkan makhluk baru yang bernama Galactus. Namun Galactus memerlukan waktu jutaan tahun agar dapat siap melakukan fungsinya sebagai salah satu dari tiga kekuatan utama alam semesta. Dalam kesatuan ini, Galactus berfungsi sebagai penyeimbang jagat raya.

Galactus yang membutuhkan energi sangat besar untuk menjalankan tuganya, mulai bergerak dari planet ke planet untuk menghisap semua energi yang ada di planet tersebut untuk kebutuhan kekuatannya.

Silver Surfer, sebagai duta dari Galactus, pernah menjadikan Bumi sebagai sasaran selanjutnya. Namun karena kesigapan Fantastic Four dan bantuan The Watcher (entitas yang mengawasi segala kejadian di alam semesta) niat Galactus memakan Bumi bisa digagalkan.

Sebagai salah satu kekuatan paling dahsyat di alam semesta Marvel, Galactus memiliki kekuatan Power Cosmic yang tidak terbatas, kekuatan inilah yang membuatnya menyandang gelar makhluk paling kuat di alam semesta.

Galactus mampu merubah ukuran benda, mengubah struktur molekul, menghancurkan medan pelindung apapun, menciptakan portal antar dimensi, telepati, telekinesis, mampu mengetahui keadaan di seluruh penjuru jagat raya dan teleportasi objek yang termasuk planet bahkan galaksi ke tempat dan waktu yang berbeda.


Dormammu


musuh terkuat marvel comics dormammu

Dormammu adalah penguasa Dark Dimension. Ia lahir jutaan tahun yang lalu dalam Faltine, dimensi energi yang sangat kuat. Dormammu bersama adiknya mengumpulkan banyak hal untuk meningkatkan kekuatan mereka, yang pada akhirnya membunuh orang tua mereka Sinifer dan diusir dari dimensi mereka Faltine sehingga mengubah tubuhnya menyerupai bentuk manusia. Pencarian mereka ini membawanya ke Dark Dimension dan berkuasa di sana, yang digambarkan berkepala api.

Karakter Dormammu sendiri pertama kali muncul dalam komik Strange Tales #126 yang terbit tahun 1964. Musuh bebuyutan Doctor Strange ini mempunyai kekuatan mistik yang sangat besar, bahkan jauh melebihi super-villain lain seperti Mephisto, Satannis dan Hela. Dormammu juga sempat hadir di film Doctot Strange (2016) yang dibintangi Benedict Chumberbatch.


Baca juga: Para Karakter Marvel Tercepat, dari Speedster hingga Makhluk Kosmik



Thanos


thanos musuh terkuat avengers, musuh terkuat marvel selain thanos

Jika ada makhluk di dunia Marvel yang bisa menyamai kekejaman Darkseid, maka Thanos lah orangnya. Lahir sebagai mutan dari ras Titan di Bulan Saturnus, Thanos yang berkulit ungu ini mempunyai kekuatan yang bisa menyerap energi kosmik ke dalam tubuhnya untuk dia gunakan kapan saja. Thanos selalu menjauh dari keluarga Titan-nya karena ia merasa dilahirkan berbeda degan yang lainnya.

Aksi penaklukan Thanos terhadap galaksi dimulai dengan menghancurkan planetnya sendiri dan membunuh jutaan penduduknya. Setelah itu Thano memulai rencananya menguasai galaksi dengan menjadikan Bumi dan pesawat antariksa yang juga berfungsi sebagai penerjemah universal bagi pasukannya.

Dalam upayanya menaklukkan galaksi, Thanos telah berhasil memperoleh dua buah senjata terkuat yang pernah ada di galaksi. Pertama, Cosmic Cube, sebuah kubus yang mampu membuat pemiliknya mengubah kenyataan sesuai keinginannya. Dan yang kedua adalah Infinity Gauntlet. Benda berwujud sarunf tangan yang mampu menggabungkan keenam Infinity Gems. Keenam batu permata ini mempunyai kekuatan berbeda-beda, ada yang bisa mengendalikan waktu, ruang, kekuatan, jiwa, pikiran dan realita.

Musuh terkuat Avengers ini sangat menyukai Mistress Death, salah satu perwakilan jagad raya dan ia rela melakukan apa saja baginya. Hal ini pula yang menjadi satu alasan mengapa Thanos berambisi menghancurkan galaksi.


Apocalypse


Musuh-musuh Terkuat Marvel, dari Galactus sampai Kang the Conqueror

Apocalypse (En Sabah Nur) adalah Mutant pertama yang ada di dunia. Sosok Mutant kejam yang sudah hidup sejak zaman Mesir kuno ini adalah salah satu musuh terkuat yang pernah dihadapi X-Men. Bahkan berkat kekuatan besar yang ia miliki, Apocalypse disembah layaknya Tuhan dalam beberapa peradaban kuno. Tidak ada tempat bagi makhluk lemah dalam dunia yang dipimpin Apocalypse, karena ia berkeyakinan bahwa hanya yang terkuat lah yang pantas hidup.

Karakter Apocalypse diciptakan oleh penulis Louise Simonson dan artist Walter Simonson. Pertama kali muncul sebagai cameo dengan sosok yang sengaja disamarkan dalam komik X-Factor vol. 1 #5 (1986) sebelum  akhirnya muncul secara terang-terangan dalam issue selanjutnya. Awalnya, karakter Apocalypse merupakan pengganti karakter Owl (dikenal sebagai villain Daredevil) yang rencananya akan berperan sebagai musuh utama dalam komik X-Factor. Pergantian ini terjadi ketika Bob Layton (penulis komik X-Factor sebelumnya) digantikan oleh Louise Simonson.

Ada yang bilang kekuatan Apocalypse itu tidak terbatas, bahkan sang Mutant sendiri tidak tahu batas kekuatannya. Berkat tekhnologi alien yang ia gunakan, Apocalypse bisa terus berevolusi, kekuatannya pun semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Teknologi alien yang ditemukan Apocalypse bukan hanya meningkatkan kekuatan super yang sudah ada, namun juga memberikan beberapa kekuatan super baru. Berikut ini beberapa kekuatan Apocalypse: Abadi, Kekuatan tubuh (dikatakan mampu mengimbangi kekuatan Hulk secara fisik), kecepatan super, ketahanan fisik yang tinggi, mampu mengendalikan setiap molekul dalam tubuhnya, teleportasi, telekinesis, technopaty, ahli bela diri dan lain sebagainya. Dengan kekuatan ini, tentu Apocalypse menjadi salah satu musuh terkuat yang ada di dunia Marvel.


Doctor Doom


Musuh-musuh Terkuat Marvel, dari Dormammu sampai Galactus

Doctor Doom adalah musuh bebuyutan Fantastic Four. Berkat baju besi yang dikenakannya, Doctor Doom mampu bertarung satu lawan satu dengan para superhero Marvel. Baju besi ini terbuat dari logam Titanium dan dibuat dengan bantuan kekuatan sihir para biksu Tebet yang dulu ditemuinya.

Setelah Dr. Doom menguasai Latveria telah banyak upgrade yang ditambahkan pada armor-nya ini, baik yang berupa tambahan teknologi maupun tambahan yang bersifat supranatural.

Doctor Doom juga dapat menembakkan energi dari kedua tangannya, terbang dengan menggunakan roket yang ada di punggungnya dan yang paling penting adalah medan pelindung yang selalu berada di sekitar tubuhnya. Selain itu, armor ini juga memungkinkan Doctor Doom untuk bertahan hidup dalam kondisi lingkungan ekstrim seperti di dalam laut atau di luar angkasa –dan bahkan Neraka (ia pernah kembali setelah dibuang Reed Richards ke neraka).


Mephisto


Musuh-musuh Ghost Rider, dari Mephisto sampai Zarathos

Mephisto merupakan penguasa dimensi neraka. Meskipun ia sering muncul dalam cerita-cerita Ghost Rider, musuh utama Mephisto adalah Thor dan Silver Surfer, karena baginya tokoh tadi adalah perwujudan dari sisi terbaik manusia.

Mephisto menciptakan Ghost Rider saat ia memperoleh jiwa Johnny Blaze dan menggabungkannya dengan jiwa Zarathos, salah satu iblis yang pernah ia kalahkan. Walaupun Mephisto tidak pernah berhasil memiliki jiwa Johnny sepenuhnya, ia terus menghantui  hidup mantan pemain akrobat motor tersebut.

Kekuatan Mephisto sangat luar biasa. Ia mampu menghadapi Galactus, tapi dipaksa menyerah saat monster kosmik itu mengancam akan menghancurkan wilayah kekuasaannya. Selain merupakan penyebab masalah bagi keluarga Kale, Mephisto juga dimusuhi oleh Doctor Doom karena pernah menyandera roh ibu penjahat penguasa Latveria itu.


Baca juga: Zatanna, Penyihir Wanita Terkuat dari DC Comics



Super Skrull


musuh terkuat avengers marvel comics, villain terkuat avengers

Kl'rt atau Super Skrull berasal dari planet asal Skrull, Tarnax IV yang kini telah dihancurkan oleh Galactus. Ia merupakan hasil ciptaan para ilmuwan Skrull yang berusaha menciptakan makhluk super kuat untuk mengalahkan Fantastic Four. Setelah melalui serangkaian eksperimen, Kl'rt memiliki kekuatan yang jauh melebihi keempat anggota Fantastic Four.

Berkat teknologi ciptaan para ilmuwan Skrull, Kl'rt kini lebih kuat dari The Thing, memiliki kemampuan pirokinetik yang lebih dahsyat dibandingkan Human Torch, kemampuan telekinesis dan menghilang lebih hebat dari Invisible Woman dan mampu meregangkan tubuhnya lebih jauh daripada Mr. Fantastic.

Ia juga memiliki kemampuan berubah wujud yang lebih hebat dibandingkan makhluk Skrull normal dan juga mempunyai kemampuan menghipnotis.


Kang the Conqueror


musuh terkuat superhero marvel kang the conqueror

Musuh terkuat Marvel berikutnya adalah Kang the Conqueror. Identitas asli Kang adalah Nathaniel Richards yang berasal dari abad ke-30 (Earth-6311). Ia adalah orang yang berhasil mengembangkan mesin waktu yang dibuat oleh leluhurnya Doctor Doom. Menggunakan mesin waktu ciptaannya, Nathaniel pergi ke Earth-616 atau tepatnya ke zaman Mesir Kuno di tahun 2950 SM dan menjadi Fir'aun Rama-Tut.

Rama-Tut sendiri merupakan identitas pertama Nathaniel Richard setelah melakukan time travel. Rama-Tut sempat berkuasa di Mesir sebelum tahtanya digulingkan oleh mutan bernama En Sabah Nur (Apocalypse).

Setelah kekuasannya diambil, Rama-Tut berusaha kembali ke timeline asalnya, namun bukannya kembali ia malah tersesat di abad ke-40. Pada masa itu, banyak terjadi peperangan dan teknologinya belum berkembang seperti timeline-nya.


Baca juga: Mengenal 52 Earth (Bumi) dalam DC Universe



Nathaniel mencoba kembali ke abad-20, namun usahanya ini malah menciptakan versi alternatif dari dirinya yang disebut Nathaniel Richard Earth-689. Dalam kontinuitas ini, Nathaniel dikenal sebagai Scarlet Centurion yang akhirnya dikalahkan The Avengers Earth 616. Semenjak dikalahkan oleh Avengers, Nathaniel kembali mengubah namanya dan kini menjadi Kang. Ia memiliki ambisi untuk menaklukkan Bumi dengan kostum canggih dengan teknologi abad ke-40.

Setelah menaklukkan berbagai galaksi sebagai Kang the Conqueror, ia kembali ke mesir kuno dan sekali lagi menjadi Rama-Tut dan melakukan time travel ke abad-20 (Earth 616). Kang pun berusaha menguasai Mantis yang pada saat itu merupakan salah satu member Avengers. Rama-Tut, atau yg kini disebut Immortus menolong Avengers untuk mnghentikan Kang yang berencana mendapatkan Celestial Madonna (Mantis).

Setelah Kang berhasil dikalahkan, Nathaniel mempelajari Mastery of Time di Limbo sebagai Lord Immortus. Namun, Nathaniel dari timeline yang lain tetap menjadi Kang the Conqueror.

Kembali ke masa muda Nathaniel Richards di abad ke-30 earth-6311, dimana Kang datang dan menemi diri muda nya. Ia menceriatakan masa depan yang akan dijalani Nathaniel sebagai Kang The Conqueror.

Takut akan masa depannya sebagai diktator timeline, Nathaniel melarikan diri ke "masa sekarang" di Earth-616 menggunakan armor yang diberikan oleh Kang. Di timeline itu, dia membntuk Young Avengers setelah mngetahui Avengers dibubarkn ketika Avengers mansion meledak (Baca Komik Avengers Dissambled).

Bertemu dengan Kang lagi dengan resiko merusak timeline, Iron Lad, sebutan Nathaniel di Young Avengers, berhasil mmbunuh Kang dengan bayaran dia harus kembali ke timeline nya yg asli di abad ke-30 dan tetap menjadi Kang the Conqueror.

Setelah belajar lebih dalam tentang timeline, Iron Lad kembali ke "masa sekarang" di Earth-616 dan kembali bergabung dengan Young Avengers. Namun setelah kematian Stature (Cassie Lang) di event “Children's Crusade”, Nathaniel pergi ke arus waktu dan menjadi villain yabg bernama Kid Immortus. Kid Immortus sekali lagi kembali ke "masa sekarang" dan meyakinkan Doctor Doom untuk bekerjasama mengalahkn Fantastic Four, yg saat itu dipimpin oleh Scott Lang a.k.a Ant-Man. Namun FF berhasil mengalahkan Doctor Doom. Kid Immortus pun kembali ke timeline nya, untuk mngikuti takdirnya sebagai Kang the Conqueror.

Di ANAD, persona Kang lain nya muncul, yaitu sebagai Mister Gryphon. Dimana dia menyabotase Vision untuk menjadi "jahat" dan mengkhianati Avengers.


Demikian pengenalan singkat dari musuh-musuh terkuat dalam dunia Marvel. Jika kalian ingin menambahkan karakter villain marvel terkuat lainnya, langsung saja ditulis di kolom komentar.


Next > Mengenal Thanos Thrall

Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: