Minggu, 10 Juni 2018

Spiderverse, Ketika Spider-Man dari Multiverse Marvel Tampil dalam Satu Komik

Apa itu Spiderverse? Simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui kisah lengkapnya!


Selowae.Net – Spider-Verse adalah salah satu event terkenal dari Marvel Comics yang bercerita mengenai Inheritors Family. Inheritors adalah pemburu Totems (makhluk yang terhubung dengan manusia dan binatang) untuk dimakan energi kehidupannya. Inheritors ini memanfaatkan kekuatan Master Weaver (kekuatan memanipulasi realitas terhadap Web of Life and Destiny) untuk memburu semua Spider-Man yang ada di Multiverse Marvel.

apa itu spiderverse adalah baca komik indonesia

Diceritakan Superior Spider-Man (Otto Octavius di tubuh Peter Parker) yang terlempar ke tahun 2099 berniat kembali ke waktunya menggunakan alat rancangannya sendiri. Namun, bukannya kembali ke waktunya, Superior Spider-Man malah terdampar di banyak Bumi (universe lain) dan menyaksikan Spider-Man dibunuh oleh para Inheritors.

Mengetahui bahwa Inheritors tengah memburu semua Spider-Man di Multiverse Marvel, Superior Spider-Man pun kemudian mengumpulkan semua Spider-Man dan Spider-Woman dari berbagai Bumi untuk bersama-sama mengalahkan Inheritors.

Di lain tempat, Spider-UK yang juga mengetahui perburuan Spider-Man oleh Inheritors juga tengah sibuk mengumpulkan para Spider-Army dari berbagai Universe. Beberapa yang dikumpulkan adalah Peter Parker (Spider-Man), Cindy (Silk), Miguel O'hara (Spider-Man 2099), Jessica Drew (Spider-Woman), Kaine Parker (Scarlet Spider), dan Anya (Spider-Girl) dari Earth-616 dan Spider-Noir, Spider-Ham, Spider-Gwen, Lady Spider dan lainnya.

Sekumpulan Spider-Man dari berbagai universe tersebut dibawa ke tempat aman di salah satu universe, dimana Spider-Man di situ mempunyai kekuatan Kosmik.

Tim Spider-Man yang dikumpulkan Superior Spider-Man kemudian bertemu dengan tim Spider-Man yang dikumpulkan Spider-UK. Mereka pun akhirnya bersatu meski sedikit ada permasalahan karena Superior Spider-Man ingin menjadi ketua dari para Spider-Man tersebut sedangkan Miles Morales dan yang lainnya lebih memilih Peter Parker (Spider-Man Earth-616).

Spiderverse, Ketika Spider-Man dari Multiverse Marvel Tampil dalam Satu Komik

Ketika mereka terpisah karena menjalankan misi penyelamatan untuk Spider-Man lainnya, Bumi tempat mereka berlindung ditemukan oleh Inheritos dan Solus berhasil mengalahkan Captain Universe Spider, Spider-Monkey dan beberapa Spider-Man lainnya.

Akhirnya, mau tidak mau mereka harus pergi ke universe lain, dimana udara di Bumi tersebut telah terpapar radioaktif. Mereka bersembunyi di salah satu bunker dan bertemu dengan Ben Parker, yang di universe tersebut adalah Spider-Ben. Dari sinilah kemudian diketahui bahwa para Inheritors ternyata mempunyai kelemahan, yaitu udara yang terpapar radioaktif tersebut.

Dengan bantuan dari Master Weaver, Jessica Drew, Spider-Gwen, Spider-Man 2099, Lady Spider dan Leopardon, para Spider-Man berhasil mngalahkan Inheritors dengan cara mengirim mereka ke Bumi yang terpapar radioaktif tersebut. Walaupun harus dibayar dengan beberapa korban seperti Kaine Parker, Ben Reilly dan lainnya.

Setelah mengirim para Spider-Man dan Spider-Woman kembali ke universe-nya masing-masing, Superior Spider-Man menantang Spider-Man (Peter Parker) yang berakhir dengan tewasnya Master Weaver.

Tanpa adanya Master Weaver, ‘Web of Life and Destiny’ tidak ada lagi yang menjaga, sehingga Karin (salah satu Inheritors yang ternyata baik) menjadi Master Weaver yang baru. Spider-UK tetap tinggal karena universe-nya telah hancur sedangkan Anya (Spider-Girl dari Earth-616) membantu Master Weaver baru dengan julukan Web Warriors.

Nah, berikut ini merupakan para Spider dari multiverse Marvel yang ikut hadir dalam cerita:


MACAM MACAM SPIDERMAN MARVEL, BERBAGAI JENIS SPIDERMAN

#1 - Spider-Man (Peter Parker)


Universe: Earth-616

Merupakan Spider-Man yang selama ini kita kenal. Identitas aslinya adalah Peter Parker, anak dari pasangan ilmuwan jenius bernama Richard Parker dan Mary Parker. Ketika berumur 7 tahun, Peter muda dititipkan pada paman dan bibinya, yaitu Ben dan May Parker. Peter pun bertumbuh dewasa bersama Paman dan Bibinya tersebut.

Suatu hari, ketika Peter berkunjung ke Oscorp (perusahaan teknologi milik Norman Osborn), ia tergigit laba-laba radioaktif yang membuatnya memiliki kemampuan super layaknya seekor laba-laba. Awalnya, Peter menggunakan kekuatannya untuk menangkap perampok yang membunuh Paman Ben, namun karena maraknya kejahatan di New York, Peter pun mencoba membasmi kejahatan sebagai superhero bernama Spider-Man.


#2 - Spider-Man (Miles Morales)


Universe : Earth-1610

Setelah Peter Parker terbunuh oleh Green Goblin, seorang ilmuwan Oscorp bernama Dr. Marcus menciptakan serum OZ yang diambil dari DNA Peter Parker. Serum yang disembunyikan dalam tubuh laba-laba tersebut dicuri oleh Aaron Davis (Prowler). Ketika diletakkan di rumah, laba-laba yang menyimpan DNA Peter Parker terbawa oleh keponakan Aaron ke sekolah dan menggigit Miles Morales (teman sekelas keponakan Aaron). Sejak saat itulah Miles Morales memiliki kekuatan laba-laba layaknya Peter Parker.

Awalnya, Morales tidak nyaman dengan kekuatan barunya dan ingin hidup sebagai manusia normal. Namun karena ia teringat kejadian di mana dirinya melihat Peter Parker mati, hatinya menjadi tergerak dan ia mencoba menggantikan posisi Peter Parker sebagai Spider-Man.


#3 - Superior Spider-Man (Otto Octavius)


Universe : Earth-616

Otto Octavius atau Doctor Octopus menjebak Spider-Man ketika dirinya sekarat. Ia memanggil Spider-Man untuk menemuninya, Spider-Man yang merasa respect terhadap salah satu musuh bebuyutannya ini datang untuk memberikan penghormatan terakhir sebelum Otto Octavius meninggal. Namun, Otto malah menjebak Spider-Man menggunakan mesin ‘brain-swapping Octobot’ buatannya. Efek dari mesin ini, pikiran/jiwa Otto dan Peter saling bertukar yang mengakibatkan Peter Parker tewas di tubuh Otto sementara sang Doctor Octopus berhasil bertahan hidup di tubuh Spider-Man.

Setelah hidup dalam tubuh Peter Parker, Otto Octavius merasa tersentuh dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diemban Peter Parker. Dia pun bertekad melanjutkan aksi heroik Peter Parker dan menjadi Superior Spider-Man. Meski begitu, Superior Spider-Man lebih pantas disebut antihero karena aksinya dalam membasmi kejahatan sangat brutal dan dia tidak segan membunuh musuh-musuhnya.


#4 - Six Arm Spider-Man (Peter Parker)


Universe : Earth-92100

Peter Parker merasa lelah setelah banyak masalah yang dialaminya, seperti kematian Gwen Stacy, pertengkaran dengan Harry Osborn dan sebagainya. Hal tersebut membuat Peter berniat melenyapkan kekuatan laba-labanya dan kembali menjadi manusia normal. Singkat cerita, Peter membuat ramuan untuk mencapai tujuan tersebut, namun ia malah mendapat 4 tambahan lengan yang membuatnya benar-benar terlihat seperti laba-laba. Awalnya Peter meminta bantuan pada Dr. Connor dan bahkan Reed Richard untuk menormalkannya, namun gagal karena satu-satunya obat penawarnya adalah darah dari vampir bernama Michael Morbius yang dalam universe ini telah mati.

Ketika berhadapan dengan Doctor Octopus, Spider-Man bisa mengalahkannya dengan mudah berkat 6 tangan yang dimilikinya. Sejak saat itu, ia berpikir bahwa memiliki 6 tangan tidaklah buruk.



#5 - Spider-Man 2099 (Miguel O’hara)


Universe : Earth-928

Seperti namanya, Spider-Man kali ini berasal dari tahun 2099. Bernama Miguel O’hara, dia memiliki kekuatan super setelah selamat dari prosedur genetika yang menggabungkan DNA laba-laba dengan DNA-nya. Berbekal kostum yang digunakan dalam festival Dia de Los Muertos, Miguel menjadi Spider-Man baru pada masanya.


#6 - Old Man Spider (Ezekiel Sims)


Universe : Earth-4

Muncul pertamakali dalam komik ‘Edge of Spider-Verse #5 ’ (Desember,2014). Ezekiel Sims menjadi Old Man Spider setelah kematian Peter Parker yang terjadi di Earth-4. Ia memiliki kemampuan yang sama seperti para manusia laba-laba setelah mendapat kekuatan dari Spider-Totem. Sayangnya, kemunculan Old Man Spider tidak bertahan lama karena ia telah diceritakan tewas dalam komik ‘Amazing Spider-Man vol 3 #10 ’ (Januari, 2015).


macam jenis spiderman kostum dari masa ke masa

#7 - Cyborg Spider-Man (Peter Parker)


Universe : Earth-2818

Sampai saat ini, belum ada kisah origin atau asal-usul yang menceritakan Cyborg Spider-Man. Ia pertama kali muncul dalam komik ‘Superior Spider-man #33 ’ dan turut andil dalam event Spider-verse. Sama seperti Old Man Spider, Spider-Man satu ini juga dibunuh oleh Daemos di komik ‘Amazing Spider-man vol 3 #10’.


#8 - Cosmic Spider-Man (Peter Parker)


Universe : Earth-13

Peter Parker dalam universe ini menerima kekuatan Enigma Force (medan energi yang dapat menembus Microverse). Muncul pertamakali dalam komik ‘Amazing Spider-man vol 3 #9 ’ dan telah tewas ditangan Solus (kepala keluarga Inheritors) pada komik 'Amazing Spider-man vol 3’.


#9 - Spider-Man Noir (Peter Parker)


Universe : Earth-90214

Peter Parker Earth-90214 hidup dibawah kekuasaan diktator Norman Osborn. Paman Ben yang menentang Norman Osborn dikeroyok dan dibunuh dengan sadis oleh para anak buahnya. Peter Parker sendiri mendapatkan kekuatannya ketika menyelidiki sebuah gudang yang penuh barang antik, di mana ia menemukan sebuah patung laba-laba. Ketika melihatnya, patung laba-laba tersebut tiba-tiba pecah dan mengeluarkan banyak laba-laba yang salah satunya menggigit Peter dan membuatnya pingsan. Setelah bangun, Peter mendapatkan kekuatan layaknya seekor laba-laba dan memanfaatkan kekuatannya itu untuk menghentikan kediktatoran Norman Osborn.


Baca juga:



Sejak saat itu, Peter Parker berubah menjadi antihero dengan nama The Spider-Man. Sedikit berbeda dengan Spider-Man lainnya, Spider-Man Noir menggunakan pistol dan tidak segan-segan membunuh musuh-musuhnya.


#10 - Scarlet Spider-Man (Kaine Parker)


Universe: Earth-616

Kaine merupakan klon yang diciptakan The Jackal menggunakan DNA Peter Parker. Ia memiliki kemampuan yang hampir sama persis dengan Peter, namun emosinya sangat labil. Kaine kerap berbuat kejahatan dan menyusahkan Peter Parker. Antihero yang menyebut dirinya Scarlet Spider ini muncul pertamakali dalam komik ‘Web of Spider-man #119’ (sebagai Kaine) dan ‘Scarlet Spider Vol 2 #2’ (sebagai Scarlet Spider)


#11 - Spider-Man (Ben Reily)


Universe : Earth-616

The Jackal alias Professor Miles Warren membuat klon kedua setelah yang pertama (Kaine) ia nilai gagal. Lahirlah klon yang sangat mirip dengan Peter dan bahkan klon tersebut mengangap dirinya adalah Peter Parker. Awalnya sang klon dan Peter sempat bertarung karena masing-masing menyangka bahwa dirinya adalah Peter Parker yang asli. Menyadari dirinya adalah hasil klon, ia membuat identitas baru dengan nama Ben Reilly. Ben berasal dari nama pamannya sedangkan Reilly adalah nama gadis dari Bibi May. Ben Reilly dan Peter Parker hampir sama persis, baik dari segi rupa maupun kekuatannya. Dia juga pernah menjadi Spider-Man utama ketika Peter Parker berhenti dengan alasan Mary Jane sedang hamil.


#12 - Captain Spider (Eugene Thompson)


Universe : Earth-78127

Dalam universe ini, bukan Peter Parker yang digigit laba-laba radioactive, melainkan Eugene Thompson yang datang bersama Peter ke pameran sains. Eugene baru menyadari bahwa ia memiliki kekuatan laba-laba setelah mengikuti tantangan berhadiah, yaitu bertahan selama 3 menit didalam ring dari pegulat Crusher Hogan. Eugene secara tidak sengaja malah membunuhnya, ia pun melarikan diri dari kejaran polisi dan dari situ ia menyadari bahwa tubuh mengalami peningkatan dan menjadi manusia super. Merasa bersalah karena telah membunuh seseorang. Ia pun ingin bertekad menebusnya dengan memanfaatkan kekuatan yang ia dapat untuk memberantas kejahatan sebagai Captain Spider.


Spiderverse, Ketika Spider-Man dari Multiverse Marvel Tampil dalam Satu Komik

#13 - Assasin Spider-Man (Peter Parker)


Universe : Earth-8351

Muncul pertamakali dalam komik ‘What If? Spider-Man vs Wolverine #1’, kisah kehidupan Peter Parker dari Earth-8351 kurang lebih sama dengan Peter Parker versi Prime Earth (Earth-616). Setidaknya, sampai pada saat kematian Gwen Stacy yang dibunuh oleh Green Goblin. Melihat kematian kekasihnya ditangan penjahat, membuat Peter Parker Earth-8351 berpikir kalau seharusnya ia membunuh setiap musuh yang dihadapinya. Singkat cerita, Peter Parker dilatih cara membunuh oleh Wolverine dan berubah menjadi Assasin Spider-Man. Seperti namanya, Spider-Man dalam universe ini sangat ahli dan tidak segan membunuh musuh-musuhnya.


#14 - Spider-Man UK (William 'Billy' Braddock)


Universe : Earth-833

William Braddock merupakan anggota dari Captain Britanian Corps (pasukan penjaga Muliverse). Braddock muncul pertama kali dalam komik ‘Edge Spider-Verse #2 ’ (2014), di mana indra laba-laba miliknya merasakan adanya getaran yang terjadi pada seluruh Multiverse. Ia pun mencoba melihat masalah tersebut melalui mesin yang dapat melihat seluruh kejadian di Marvel Multiverse. Spider-Man UK pun mengetahui bahwa Morlun dan para Inheritors sedang memburu para ‘Spider’ di Multiverse Marvel. Berbekal jimat yang dimilikinya, Spider-Man UK menjelajahi seluruh Multiverse Marvel untuk melindungi semua Spider-Man (berbagai universe) dari serangan Inheritors.



#15 - Spider Punk (Hobart Brown)


Universe : Earth-138

Memiliki nama alias Spider-Punk dan The Anarchic Spiderman, Hobart Brown berjuang membebaskan masyarakat dari rezim pemerintahan yang korup. Hobart mendapat kekuatannya dari laba-laba yang terkena radiasi akibat limbah beracun. Karakter Hobart dalam komik digambarkan bersifat pemarah dan agresif. Dalam menghadapi teknologi V.E.N.O.M yang digunakan Presiden Norman Osborn, Hobart menggunakan kekuatan 15000 volt punk rock. Spider-Punk bahkan menutup pertarungan dengan menghantamkan gitarnya ke kepala Osborn.


Baca juga: Asal-Usul Cyborg (Victor Stone), Manusia Cybernetic Anggota Justice League



#16 - Spider-Man India (Pavitr Prabhakar) 


Universe : Earth-50101

Pavitr Prabhakar, pemuda miskin yang bermukim di Mumbai tinggal bersama bibi Maya dan paman Bhim setelah kedua orangtuanya meninggal. Pavitr selalu digoda dan dijahili oleh anak-anak lain karena kemiskinannya. Ia hanya berteman dengan gadis cantik bernama Meera Jane. Pavitr mendapatkan kekuatannya setelah menemukan jimat kuno yang memberinya kekuatan dan kemampuan seperti laba-laba. Dia pun menggunakan kekuatannya untuk menumpas kejahatan dan melawan Nalin Oberoi sebagai Spider-Man India.


#17 - Bullet Point Spider-Man (Bruce Banner)


Universe : Earth-70105



Dalam universe ini, Peter Parker lah yang terpapar sinar gamma dan berubah menjadi Hulk. Bruce Banner yang merasa bertanggung jawab mencoba mengembalikan Peter seperti sedia kala. Dia pun membedah laba-laba yang juga terkena radiasi gamma,  namun ia malah tergigit oleh laba-laba tersebut. Banner kemudian ditangkap dan mendapat terapi gen selama bertahun-tahun, setelah sembuh ia direkrut oleh S.H.I.E.L.D dan menjadi bagian dari organisasi tersebut sebagai Spider-man. Spider-man versi Bruce Banner ini debut pada komik ‘Bullet Point #4 ’ pada tahun 2007.


#18 - Spider-Man (Uncle Ben)


Universe: Earth-3145

Ketika menemani Peter Parker ke pameran sains, Ben Parkers Earth-3145 lah yag digigit oleh laba-laba Radioactive dan mendapatkan kekuatan laba-laba. Ia pun di buatkan kostum dan alat oleh Peter untuk bisa menghasilkan uang. Namun Ben meyakini “With Great Powers, Comes Great Responsibility” dan ia pun memanfaatkan kekuatannya untuk kebaikan dan menjadi superhero.

Di tengah kejayaannya sebagai superhero Ben menyadari bahwa “Pahlawan menghasilkan Musuh”. Salah satu musuh dari Spider-Ben ini adalah Emerald Elf (mirip Green Goblin). Sialnya, EE (singkatan dari Emerald Elf) mengetahui identitas asli dari Spider-Ben. Ia pun meledakkan rumah Ben dan membuat istri dan keponakannya tewas. Ben pun merasa terpukul dan menggangap bahwa kekuatan yang ia dapatkan adalah kutukan dan ia berhenti menjadi pahlawan.

Ketika event Spider-verse, ia didatangi oleh Ezekiel Sims dan diberi peringatan bahwa ia akan mati dibunuh oleh Morlun kecuali dia mau menerima sarannya untuk bersembunyi di ruangan rahasia miliknya. Tanpa berpikir panjang ia pun menerimanya dan bersembunyi selama bertahun-tahun, sampai pada akhirnya para Spider-Army datang dan meyakini dia untuk kembali menjadi pahlawan dan menyelamatkan para Spider dari Inheritors.


Next > Bagian 2

Loading...
Previous Post
Next Post

post written by: