Jumat, 06 Juli 2018

25 Film Fantasi Terbaik di Dunia Sepanjang Masa


Sedang mencari film fantasy terbaik untuk ditonton? Simak rekomendasi kami berikut ini!


Selowae.Net – Kegiatan menonton film dewasa ini sudah menjadi gaya hidup bagi masyarakat modern. Bukan hanya menghibur dan mampu mengusir stress, menonton film rupanya juga dapat mengembangkan imajinasi seseorang, terutama anak-anak.

Dari sekian banyak film, genre fantasy biasanya paling digemari oleh berbagai kalangan karena kisahnya yang seru dan imajinatif.

Jika kamu sedang mencari rekomendasi film fantasi terbaik yang bagus untuk ditonton bersama keluarga, berikut telah kami sajikan daftarnya!


Note: Urutan TIDAK berarti peringkat


Rekomendasi Film Fantasi Terbaik Sepanjang Masa


#1 - The Lord of the Rings


25 Film Fantasi Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

Lord of the Rings adalah salah satu film fantasy terbaik yang harus kamu tonton. Film yang terdiri dari 3 seri ini mengisahkan tentang pemuda bernama Froddo Baggins (diperankan Eijah Wood) yang mendapat tanggung jawab berat, yaitu membawa sebuah cincin yang diwariskan oleh pamannya, Bilbo Baggins (diperankan Ian Holm).

Cincin tersebut dulunya dimiliki oleh Sauron, raja dari kegelapan. Walaupun raga Sauron telah mati, tapi jiwanya masih terus berusaha kembali bersatu dengan cincin tersebut.

Untungnya, Froddo tidak menjaga cincin itu sendirian, ia mendapat bantuan dari "Fellowship of the Rings". Mereka adalah Sam (diperankan Sean Astin), Merry (diperankan Dominic Monaghan) dan Pippin (diperankan Billy Boyd).

Ada juga penyihir tua bernama Gandalf the Grey (diperankan Ian McKellen), ras peri bernama Legolas (diperankan Orlando Bloom), ras kurcaci bernama Gimli (diperankan John-Rhys Davies), dan dua ras manusia bernama Aragorn (diperankan Viggo Mortensen) dan Boromir (diperankan Sean Bean).

Mereka bersembilan harus bekerja sama untuk membawa cincin tersebut agar bisa dimusnahkan di kawah Mordor. Mampukah mereka melakukannya?

Selain memiliki nuansa fantasy yang kental, trilogi Lord of the Rings juga dilengkapi dengan adegan-adegan pertempuran yang epic dan menengangkan. Balutan CGI yang canggih dan scoring yang megah menjadi nilai plus untuk film fantasi terbaik dan tereken ini.



Baca juga: 20 Film Hollywood Paling Romantis dan Sedih


rekomendasi film fantasi terbaik, film adventure fantasu tentang negeri dongeng

#2 - The Princess Bride


The Princess Bride tidak diragukan lagi merupakan salah satu film fantasi terbaik di dunia sepanjang masa. Film yang disutradarai Bob Reiner ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Buttercup (Robin Wright) dan seorang lelaki bernama Westley (Cary Elwes).

Mereka berdua saling menyukai dan memutuskan untuk menikah. Namun rencana itu tidak benar-benar terlaksana dikarenakan sebuah insiden yang menyebabkan Westley meninggal dunia dan membuat Buttercup patah hati. Buttercup pun bersumpah pada dirinya sendiri untuk tidak akan jatuh cinta kepada orang lain selain Westley. Walaupun pada akhirnya Buttercup setuju untuk menikahi seorang pangeran bernama Humperdinck (Chris Sarandon).

Seperti layaknya cerita dongeng, Westley yang telah meninggal dunia ternyata masih terus berupaya kembali pada Buttercup. Ia melakukan petualangan yang penuh fantasi agar bisa menemui gadis pujaannya kembali. Apa yang terjadi selanjutnya? Dapat kamu saksikan sendiri dalam film Hollywood bergenre romance fantasy ini.


#3 – Pan’s Labyrinth


Dengan dana pas-pasan, Guillermo Del Toro tetap mampu menciptakan film bagus yang sesuai dengan visinya tanpa harus mengabaikan kualitas. Salah satu contohnya adalah film bergenre fantasy yang berjudul Pan’s Labyrinth.

Film ini berkisah tentang Moanna, seorang putri kerajaan bawah tanah yang belum pernah melihat dunia atas. Rasa penasarannya membuat Moana nekat pergi ke atas meski sudah dilarang.

Tragisnya, Moana langsung mengalami kebutaan akibat sinar matahari yang sebelumnya belum pernah ia lihat. Putri malang ini bahkan mengalami hilang ingatan. Kondisi Moana semakin melemah dan akhirnya meninggal dunia.

Ayahnya yang sekaligus raja dunia bawah meyakini bahwa suatu hari putri kesayangannya tersebut akan bereinkarnasi dan kembali berkumpul bersama dirinya.

Fokus cerita kemudian berganti pada seorang gadis bernama Ofelia yang merupakan reinkarnasi dari putri Moanna. Agar bisa kembali menjadi putri bawah tanah dan mendapatkan kehidupan abadi, Ofelia harus melakukan tiga tugas yang berat.

Salah satu elemen menarik Pan’s Labyrinth terletak pada desain tokoh-tokohnya yang seram, aneh tapi justru menarik. Penggambaran dunia nyata dan dunia fantasinya pun asik dan jauh dari kata membosankan.

Pan’s Labyrinth berhasil membawa pulang 3 piala Oscar sekaligus pada Academy Awards tahun 2007. Ketiga kategori yang dimenangkan film ini adalah sinematografi terbaik, make-up terbaik, dan art direction terbaik.


#4 – Being John Malkovic


Being John Malkovic mengisahkan tentang Craig Schwartz, seorang puppeter yang berganti profesi menjadi pengatur penyimpanan berkas-berkas untuk LesterCorp.

Suatu hari, ketika Craig memasukkan berkas-berkas ke dalam kabinet, ia mengetahui bahwa salah satu kabinet tersebut adalah pintu masuk ke alam pikiran milik John Malkovich, seorang aktor film terkenal.

Kejadian ini menjadi awal dari kisah fantasi petualangan yang fantastis. Film Being John Malkovic sendiri berhasil mendapatkan 3 nominasi piala Oscar tahun 2000 karena kualitasnya.


Baca juga: Ringkasan Naskah Film Justice League Versi Will Beall


daftar film fantasi terbaik sepanjang masa, film adventure fantasy terbaik dan terbaru

#5 - Star Wars Series


Membahas film fantasi terbaik sepanjang masa tentu tidak akan lengkap tanpa Star Wars. Salah satu franchise film terbesar di Hollywood ini telah memiliki fanbase di seluruh dunia berkat kualitas film-filmnya yang menakjubkan.

Secara garis besar, Star Wars mengisahkan tentang perjuangan sekumpulan orang yang tergabung dalam The Force dan Jedi. Mereka berpetualang di angkasa demi melawan rencana jahat Galactic Empire dan The First Order yang ingin menguasai seluruh galaksi.

Star Wars telah memenangkan banyak penghargaan di dunia perfilman Hollywood, termasuk 7 piala Academy Awards dan 15 nominasi lainnya. Bisa dibilang, fenomena Star Wars sudah menjadi pop culture dunia yang tentunya sangat disayangkan jika kamu belum menontonya.


#6 – Stardust


Stardust adalah film fantasi yang disutradarai oleh Matthew Vaughn dan dibintangi oleh Claire Danes, Charlie Cox, Michelle Pfieffer dan Robert De Niro. Film hollywood yang tayang pada tahun 2007 ini bercerita tentang Tristan Thorn, pemuda biasa yang tinggal di sebuah desa yang dikelilingi tembok besar bernama The Wall.

Tristan sangat menyukai wanita cantik bernama Victoria. Ia tidak peduli bahwa Victoria sudah memiliki kekasih dan tetap bertekad untuk membuktikan cintanya pada wanita pujaannya tersebut. Tristan bahkan berjanji akan membawakan bintang jatuh yang ia lihat bersama Victoria, demi membuktikan kadar cintanya lebih besar. Petualangan fantasi Tristan dalam mendapatkan bintang jatuh pun dimulai.

Singkat cerita, Tristan berhasil menemukan bintang jatuh tersebut dalam wujud gadis cantik berambut pirang bernama Yvaine. Sayangnya, ada empat putra Raja Stormhold yang juga menginginkan bintang itu demi mendapatkan tahta kerajaan. Ada pula tiga orang penyihir jahat yang menginginkan hati Yvaine agar bisa awet muda.

Lantas, siapakah yang akan berhasil membawa binatng jatuh tersebut? Salah satu film sci-fi fantasy terbaik ini tentu tidak boleh kamu lewatkan begitu saja.


#7 – Eternal Sunshine of the Spotless Mind


Eternal Sunshine of the Spotless Mind sangat pas untuk kamu tonton jika kamu bosan dengan film romance yang jalan ceritanya mainstream. Film hollywood yang dibintangi oleh Jim Carrey dan Kate Winslet ini mengisahkan tentang pasangan bernama Joel dan Clementine yang mengikuti suatu program penghapusan memori terhadap diri masing-masing ketika hubungan mereka renggang.

Akan tetapi, Joel yang sudah terlanjur mengikuti program tersebut masih ingin memperjuangkan hubungannya dengan Clementine yang memorinya telah hilang.

Film garapan Michael Gondry ini sukses menggabungkan unsur fantasi dan romance dengan bagu dan rapi. Hasilnya, jalan cerita yang tersaji pun sangat fresh, unik, dan original. Salah satu film fantasi terbaik sepanjang masa ini sangat kami rekomendasikan untuk kamu tonton.


Baca juga: 15 Drama Korea Terbaik 2018 dengan Rating Tertinggi


film fantasi terbaik 2018, film fantasi terbaru 2018 2019

#8 – The Wizard of OZ


Rekomendasi film fantasi terbaik sepanjang masa berikutnya adalah The Wizard of OZ. Film fantasy terbaik ini menceritakan tentang seorang gadis kecil asal Kansas bernama Dorothy yang berpetualangan di sebuah negeri dongeng bernama OZ.

Di tengah petualangannya untuk bertemu penyihir OZ, Dorothy menemui berbagai rintangan. Ia juga mendapatkan rekan baru yang tidak kalah baik dari Toto, anjing peliharaannya. Mereka adalah Tin Man, Lion dan Scarecrow.

Ketiga teman baru Dorothy ini memiliki masalahnya masing-masing, dan tanpa disangka kedatangan Dorothy telah membantu mereka menyelesaikan masalah tersebut.

Berbagai hal menakjubkan yang dilihat Dorothy di negeri OZ tidak lain adalah refleksi dari apa yang terjadi di dunia nyata. Semua yang dialami Dorothy ternyata menjadi nyata dalam negeri OZ tersebut. Penonton sebenarnya dapat memiliki interpretasi sendiri dengan apa yang dilihat Dorothy tersebut, apakah benar-benar terjadi atau hanya sekadar imajinasi Dorothy.

The Wizard of OZ jelas merupakan salah satu film fantasi yang penuh imajinasi dan cocok ditonton bersama keluarga. Dengan cerita fantasi petualangan yang menyenangkan ditambah visual yang imajinatif, film ini tentu tidak boleh kamu lewatkan.


#9 - E.T. the Extra Terrestrial


Satu lagi film sci-fi fantasi yang sangat seru, yaitu E.T. the Extra Terrestrial. Film yang dibintangi oleh Drew Barrymore, Henry Thomas dan Robert McNaughton ini mengisahkan tentang Elliot dan Michael, kakanya yang bertemu dengan sesosok alien di rumah mereka.

Mereka memutuskan untuk merahasiakan alien tersebut dari orang tua mereka. Seiring berjalannya waktu, Elliot mulai merasakan koneksi fisik dengan si alien. Dimana segala hal yang dilakukan oleh alien itu berdampak pada tingkah laku Elliot. Alien yang diberi nama E.T itu juga mulai bisa berkomunikasi dengan bahasa Inggris setelah meniru apa yang dikatakan Gertie.

Mengetahui E.T. ingin kembali ke planetnya, Elliot pun membantunya dengan cara membuat alat untuk mengirim sinyal ke planetnya. Mampukah Elliot membantu alien tersebut kembali ke planet asalnya?

E. T. the extra-terrestrial pantas dimasukkan ke dalam salah satu film terbaik bertema fantasi ilmiah. Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg ini juga berhasil mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi di Amerika Serikat.


#10 - The Shape of Water


The Shape of Water adalah film garapan Guillermo del Toro yang berhasil membawanya meraih piala Oscar untuk kategori Best Director (sutradara terbaik) sekaligus Best Picture (film terbaik). Hal ini sebenarnya sudah menjadi alasan yang jelas kenapa film ini kami masukkan ke dalam daftar.

The Shape of Water berawal dari keinginan sang sutradara untuk menyajikan kisah cinta antar-spesies. Muncullah Elisa Esposito, seorang wanita tuna wicara yang bekerja sebagai petugas kebersihan di suatu laboratorium rahasia milik pemerintah.

Di laboratorium tersebu, Elisa bertemu dengan “Amphibian Man” yang dijadikan bahan eksperimen laboratorium tempatnya bekerja. Melihat makhluk tersebut sering disiksa, Elisa merasa kasihan dan tanpa ia sadari perasaan itu berubah menjadi cinta.

Dilihat dari segi fantasi, film The Shape of Water mungkin tidak begitu menawarkan banyak hal imajinatif. Namun tetap saja film satu ini sangat pantas untuk kamu tonton, terlebih bagi kamu yang menyukai genre romance fantasy.



25 Film Fantasi Terbaik di Dunia Sepanjang Masa

#11 - Big Fish


Film fantasy arahan Tim Burton ini juga sangat keren dan wajib ditonton. Tidak berlebihan rasanya jika Tim Burton dikatakan sebagai salah satu sutradara film fantasy terbaik di dunia saat ini. Ada banyak film fantasy keren yang disutradarainya, salah satunya adalah film Big Fish yang memiliki cerita unik, imajinatif, fresh dan bahkan romantis.

Big Fish sendiri mengisahkan tentang seorang anak yang mendengarkan cerita pengalaman hidup ayahnya yang sedang sekarat. Menariknya, cerita hidup sang ayah ternyata penuh dengan fantasi yang membuat anaknya penasaran.

Sepanjang durasi film, penonton akan melihat banyak sekali flashback yang memperlihatkan kisah hidup sang ayah di masa mudanya. Mulai dari pertemuannya dengan raksasa di sebuah gua, hingga pertemuan dengan calon istri yang dilamarnya dengan sangat romantis.

Dari segi cerita, Big Fish jelas mampu menampilkan kisah fantasy yang imajinatif dan mudah disukai penonton. Film ini juga mendapatkan nominasi Academy Award untuk kategori Best Original Score.


#12 - Midnight in Paris


Midnight in Paris, film fantasi terbaik yang disebut sebagai mahakarya Woody Allen ini memadukan unsur romance dengan fantasy. Hasilnya, film ini memiliki kisah yang sangat romantis namun penuh daya imajinasi.

Midnight in Paris bercerita tentang Gil, seorang screenwriter yang sedang liburan ke Paris bersama kekasih dan calon mertuanya. Selama di Paris, terutama di setiap malam, Gil mengalami kejadian aneh di mana dirinya kembali ke taun 1920-an. Pengalaman aneh ini juga membuatnya mendapatkan ide-ide baru untuk menulis.

Dengan balutan cerita fantasy yang romantis, Midnight in Paris berhasil memperoleh satu piala Oscer kategori Screenplay terbaik pada tahun 2013 lalu.


#13 – Avatar


Rekomendasi film fantasi terbaik sepanjang masa selanjutnya ditempati oleh film Avatar garapan James Cameron. Film ini mengambil latar waktu pada pada tahun 2154, tepatnya ketika Bumi hampir kehabisan energi sehingga memaksa manusia untuk mencari sumber energi baru dari luar Bumi.

Setelah melalui berbagai penelitian, ditemukanlah sebuah planet bernama Pandora yang dipercaya mampu menyelesaikan masalah krisis energi Bumi. Hal tersebut dikarenakan di Pandora terdapat sumber energi melimpah yang bernama Unobtainium.

Namun, Pandora bukanlah planet yang tidak berpenghuni. Di planet tersebut, ternyata hidup banyak ras alien berkulit biru yang memiliki fisik di atas manusia Bumi. Ras alien yang disebut Na’vi itu tidak rela para manusia menghancurkan dunia mereka yang damai hanya demi menyelamatkan Bumi.

Para ilmuwan pun membuat sebuah program revolusioner bernama “Avatar” untuk menghindari konflik langsung dengan para Na’vi, tujuan lainnya adalah agar para ilmuwan dapat mempelajari dunia Pandora dan bagaimana cara merebut Unobtanium dari tangan mereka.

Dipilihlah Jake Sully, seorang mantan marinir untuk mengikuti program Avatar. Walau pada awalnya Jack tidak mengetahui bahwa kehadirannya dalam wujud Na’vi akan mempengaruhi hidup matinya Pandora.

Avatar sampai saat ini menjadi film terlaris di dunia sepanjang masa. Tidak lama lagi, kita akan melihat sekuel film Avatar yang masih disutradarai oleh James Cameron (Titanic).


rekomendasi film fantasy terbaik yang bagus paling keren

#14 – Monty Pyton and the Holy Grail


Jika kamu mencari film fantasi terbaik dengan balutan komedi, maka film Monty Python and the Holy Grail wajib kamu tonton. Film yang rilis pertama kali pada tahun 1975 ini mengisahkan tentang  King Arthur dan para ksatrianya yang melakukan misi pencarian sebuah cawan ajaib.

Misi tersebut menjadi awal petualangan penuh fantasi yang bukan hanya seru tapi juga sangat konyol. Monty Python and the Holy Grail adalah film adventure fantasy terbaik yang sangat sayang untuk dilewatkan.


#15 – Harry Potter Series


Siapa tidak kenal Harry Potter? Salah satu franchise film fantasy terbaik di dunia ini diangkat dari novel best seller karya J.K. Rowling. Franchise yang dibintangi oleh Daniel Radcliffe, Rupert Grint dan Emma Watson ini terdiri dari 8 film yang mengisahkan tentang dunia penyihir, magic dan fantasy.

Dari kedelapan film yang telah dirilis, bisa dikatakan semuanya memiliki kualitas bagus dari segi penceritaan maupun dari segi visual. Pendapatan franchise Harry Potter pun tidak perlu diragukan lagi, karena termasuk ke dalam salah satu franchise terlaris sepanjang masa.

Secara garis besar, franchise Harry Potter mengisahkan tentang seorang penyihir bernama Harry yang bersekolah di Hogwarts dan mempelajari ilmu sihir. Seiring berkembangnya cerita, Harry dan teman-temannya harus melawan penyihir jahat bernama Lord Voldemort.

Salah satu film fantasi terbaik sepanjang masa ini berhasil mendapatkan 12 nominasi Academy Awards (Oscar), 5 nominasi BAFTA Awards dan banyak lagi penghargaan lainnya.


Klik Next untuk melihat rekomendasi film fantasi terbaik urutan 16-25.


Next > Film Fantasy Terbaik Bag. 2

Previous Post
Next Post

0 komentar: