Jumat, 03 Agustus 2018

10 Film Animasi Terbaik Hayao Miyazaki (Studio Ghibli), Wajib Ditonton!


Berikut adalah film terbaik karya Hayao Miyazaki dan Studio Ghibli!


Selowae.Net – Bagi para pecinta film animasi Jepang, pasti sudah tidak asing dengan nama Hayao Miyazaki-sensei. Ya, nama tersebut merujuk pada seorang maestro film animasi Jepang yang sudah berkarya lebih dari setengah abad.

Sejak mendirikan studio Ghibli pada tahun 1985, Miyazaki-sensei telah banyak menelurkan karya-karya animasi fantastis dengan penokohan unik, cerita memikat dan gambar mengagumkan.

Jika kamu salah satu penggemar Hayao Miyazaki dan ingin menonton film-film animasi karyanya, berikut kami sajikan rekomendasi film terbaik karya Hayao Miyazaki yang wajib untuk ditonton!


Top 10 Film Animasi Terbaik Hayao Miyazaki


10 - Howl’s Moving Castle (2004)


10 Film Animasi Terbaik Hayao Miyazaki (Studio Ghibli), Wajib Ditonton!

Howl’s Moving Castle adalah film anime yang diadaptasi dari novel berjudul sama  dari Studio Ghibli. Film ini mengisahkan tentang seorang gadis yang dikutuk penyihir jahat dan berubah menjadi nenek tua.

Gadis tersebut kemudian memulai petualangannya dengan memasuki dunia sihir yang membawanya ke dalam sebuah kastil bergerak, menuju tempat di mana kutukan penyihir bisa dihilangkan.

Meski diangkat dari cerita novel, tapi sentuhan Hayao Miyazaki tetap terasa kuat dalam film ini. Dengan menonton film Howl’s Moving Castle, kita akan dimanjakan dengan cerita dan gambar yang mengesankan. Sajian plot yang unik membuat film ini semakin sulit dilupakan.



film terbaik hayao miyazaki

9 – Ponyo (2008)


Rekomendasi film terbaik Hayao Miyazaki berikutnya adalah Ponyo. Film animasi jepang satu ini mengisahkan tentang seorang bocah laki laki yang menemukan ikan mas berbentuk manusia.

Fokus cerita film Ponyo bekutat pada si Ikan mas yang ingin menjadi manusia, ditambah sajian persahabatan antara dua makhluk beda spesies tersebut.

Dengan ide cerita menarik dan visual animasi yang khas, film Ponyo menjadi salah satu karya terbaik Hayao Miyazaki yang recommended untuk ditonton.


8 - Castle in the Sky (1986)


Film Anime Castle in the Sky sering dikatakan sebagai karya Hayao Miyazaki dengan narasi cerita paling keren. Ceritanya sendiri berfokus pada Laputa, seorang putri muda yang mempunyai kalung sihir.

Kalung sihir ini memiliki kemampuan khusus yakni dapat memandu orang menuju kastil legendaris di angkasa. Dalam perjalanan, Laputa berkenalan dengan Pazu dan mereka pun mulai berpetualang bersama.

Meski plot filmnya terasa standar, namun Hayao Miyazaki berhasil meramu film animasi Castle in the Sky dengan apik dan seru. Tidak berlebihan jika film Castle in the Sky disebut sebagai salah satu film animasi terbaik Hayao Miyazaki-sensei.


7 - Kiki’s Delivery Service (1989)


Daftar film terbaik Hayao Miyazaki berikutnya adalah Kiki’s Delivery Service. Film ini berkisah mengenai seorang penyihir cilik bernama Kiki yang meninggalkan orang tuanya agar bisa menjadi penyihir hebat. Selain berlatih sihir, Kiki juga bekerja sebagai tukang antar barang yang membuatnya bertemu dengan bermacam-macam orang.

Kiki’s Delivery Service adalah film animasi yang kaya akan pesan moral. Memang film ini tidak memiliki konflik berarti, namun tetap saja sangat seru untuk ditonton bersama keluarga.



rekomendasi film hayao miyazaki, film anima hayao miyazaki paling bagus

6 - Porco Rosso (1992)


Seperti kebanyakan film animasi karya Hayao Miyazaki, film Porco Rosso kembali menghadirkan karakter hewan bertubuh manusia, dan kali ini hewan yang diambil inspirasi adalah babi.

Filmnya sendiri berhasil menggulirkan cerita dengan seru dan apik, tentang penyesalan terdalam sang tokoh utama yang dibungkus dengan plot memukau.


5. Princess Momonoke (1997)


Princess Mononoke mengisahkan tentang pemuda lugu yang meninggalkan desa agar kutukannya bisa hilang. Cerita film animasi karya Hayao Miyazaki ini begitu seru dan menarik untuk diikuti, mulai dari pertemuan Momonoke dengan gadis yang ternyata serigala jadi-jadian.

Salah satu film terbaik Hayao Miyazaki ini bersetting pada peperangan bertahun-tahun lalu antara manusia dan hewan. Oh ya, film animasi ini ditujukan untuk kalangan yang lebih dewasa (bukan anak-anak) karena ada banyak adegan kekerasan dan darah di sepanjang film ini.


4. The Wind Rises (2013)


Rekomendasi Film Animasi Terbaik Karya Hayao Miyazaki berikutnya adalah The Wind Rises. Salah satu film terbaik dari Studio Ghibli ini mengisahkan tentang perang, tapi bukan sebuah film perang.

Dalam film ini, Hayao Miyazaki selaku sutradara hanya ingin menyampaikan semangat untuk terbang tinggi dengan latar militerisme Jepang di abad 20.

The Wind Rises sendiri diangkat dari sebuah cerita pendek berjudul sama karya Tatsuo Hori, seorang penulis populer Jepang dari zaman Showa.



film animasi terbaik karya hayao miyazaki, film animasi terbaik hayao miyazaki terbaru studio ghibli

3. Nausicaä of the Valley of the Wind (1984)


Nausicaä of the Valley of the Wind adalah film pertama yang berhasil memperkenalkan nama Hayao Miyazaki ke kancah dunia perfilman.  Film ini bercerita mengenai Nausicaa, gadis yang tidak kenal lelah dalam melindungi ras serangga raksasa dari serbuan tentara.

Selain menghibur, film animasi Nausicaä of the Valley of the Wind juga memberikan banyak perspektif baru bagi para penontonnya. Dengan cerita yang dibungkus apik dan penokohan karakter yang unik, Nausicaä of the Valley of the Wind pantas menjadi salah satu film animasi terbaik Hayao Miyazaki.


2. My Neighbor Totoro (1988)


Peringkat kedua film animasi terbaik karya Hayao Miyazaki adalah My Neighbor Totoro. Film ini mengisahkan tentang petualangan seru penuh imajinasi antara Totoro dan  dua gadis menawan. Selain menarik, film ini juga dihiasi dengan berbagai demonstrasi kemampuan sihir unik milik Totoro.

Sampai saat ini, karakter Totoro masih sangat memorable dan banyak dikenang, bahkan sempat muncul di film Toy Story 3 sebagai cameo.


1. Spirited Away (2001)


Peringkat pertama film animasi terbaik Hayao Miyazaki jatuh pada film Spirited Away. Film ini berkisah tentang seorang gadis cilik yang terjebak di dunia roh ketika berlibur bersama keluarganya. Petualangan si gadis pun dimulai dengan tujuan kembali ke dunia nyata dan membebaskan kedua orang tuanya dari dunia roh.

Dengan cerita seru, efek visual memukau serta karakter unik, film Spirited Away jelas merupakan karya terbaik dari Hayao Miyazaki-sensei. Film ini bahkan berhasil memenangkan piala Oscar untuk kategori film animasi terbaik pada tahun 2003.


Itulah daftar film animasi terbaik Hayao Miyazaki yang wajib untuk ditonton. Dari sekian banyak judul film animasi Jepang di atas, manakah yang menjadi favoritmu?


Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: