Rabu, 17 Oktober 2018

Asal-Usul dan Kekuatan Rorschach (Walter Kovacs) dari Komik Watchmen


Selowae.Net – Setelah sebelumnya kami membahas cerita asal-usul Joker, kali ini kami akan mengulas asal-usul dari karakter yang tidak kalah unik, yaitu Rorschach dari Watchmen universe. Siapakah dia? Apa saja kemampuannya? Jika kamu penasaran, yuk simak pembahasan kami di bawah ini!


Asal-Usul Rorschach


Siapa sebenarnya Rorschach (Roar-shack)? Rorschach adalah salah satu karakter penting dalam komik Watchmen. Identitas aslinya adalah Walter Joseph Kovacs, merupakan seorang anak dari wanita p*lacur yang tidak pernah ia tahu siapa ayahnya.

sejarah Asal-Usul Rorschach adalah
Siapa itu Rorschach?

Ibunya dibenci oleh orang-orang di lingkungannya, hal ini membuat sang ibu sering kesal dan ia pun melampiaskan  semua kemarahannya kepada anaknya. Kovacs tidak tumbuh sebagaimana anak lainnya, dia hidup dalam lingkungan yang buruk. Hal tersebut membentuk pemikiran dan kepribadiannya menjadi pendiam.




Rorschach pernah terlibat dalam kasus saat dua orang dewasa mengganggunya, dan dirinya yang masih kecil menyerang kedua orang itu tanpa ampun, membuat dirinya dikirim ke penjara. Meski begitu, Kovacs menganggap hari-harinya di penjara jauh lebih baik daripada di rumahnya.

Walter Kovacs tumbuh besar di penjara khusus anak-anak dan dipindahkan ke penjara untuk dewasa ketika umurnya menginjak 16 tahun. Pada saat itu, ia mendapatkan kabar bahwa ibunya telah dibunuh oleh seseorang yang meyewanya, dan dia hanya membalas surat tersebut dengan kata “Baik”.


Tempat terakhirnya di penjara adalah menangani kain pria dan wanita, di sana Rorschach menemukan sebuah kain dengan teknologi cukup baru yang dikembangkan Dr Manhattan, hal tersebut membuat dirinya melakukan eksperimen dan membuat sebuah topeng pola di kain tersebut bergerak mengikuti panas tubuhnya.

Asal-Usul dan Kekuatan Rorschach (Walter Kovacs) dari Komik Watchmen
Rorschach dari Watchmen

Dalam semua kehidupan kelamnya, Kovacs ternyata memiliki kecerdasan yang luar biasa. Ia pandai menuli,  suka dengan sebuah pengamatan dan pecinta sastra. Beberapa kali Rorshach mengisi sebuah kolom koran dengan tulisan-tulisannya.

Semua pengalaman kelam dalam hidupnya, membuat Rorschach  ingin melawan ketidakadilan dengan tangannya.

Kovacs dengan topengnya, menggunakan nama alias Rorschach dan mulai berperan sebagai investigator, informan sekaligus vigilante (main hakim sendiri). Dirinya menghakimi semua orang jahat dengan kasus yang cukup besar, seperti penyiksaan, pembunuhan dan penculikan. Hal ini membuat dirinya bertemu dengan Nite-Owl dan keduanya bekerja sama cukup lama.

Baca juga: Kematian The Flash dan Supergirl dalam Crisis on Infinite Earths


Rorschach pernah menjadi saksi atas kebangkitan sebuah pasukan superhero bernama Watchmen. Hingga beberapa tahun kemudian, pemerintah menghapus undang-undang akan pahlawan yang membuat berbagai superhero harus pensiun dan dianggap kriminal.

Walaupun begitu, beberapa pahlawan masih aktif bekerja membasmi kejahatan. Terutama Rorschach yang terus membunuh para pelaku pelecehan, penyiksa, koruptor dan meletakkannya di depan kantor polisi dengan sebuah tulisan terpampang di dada pelaku kejahatan tersebut, yang bertuliskan “NEVER!”. Rorschach bisa dikatakan sebagai Batman-nya dunia Watchmen, ia melanggar hukum tapi beraksi demi kebaikan.


Kemampuan dan Kekuatan Rorschach (Watchmen)


Kemampuan dan Kekuatan Rorschach (Watchmen) adalah

Apa saja kekuatan dan kemampuan Rorschach? Berikut beberapa di antaranya:

Akrobat: Kovacs telah melatih dirinya sehingga memiliki banyak kemampuan aktrobatik luar biasa. Dia mampu melompat dari atap ke atap, menyeberangi gedung-gedung tinggi dan mendarat di kakinya tanpa pernah bersuara.

Spionase: Rorschach telah membuktikan dirinya cukup mahir dalam tindakan spionase, memata-matai musuh dan sekutunya hanya untuk mengawasi dan mengkonfirmasi kecurigaannya.

Pertarungan Tangan Kosong: Rorschach adalah seorang petarung jalanan yang brilian. Dia telah mengasah keterampilan ini selama bertahun-tahun dan sukses membuatnya menjadi musuh mengerikan bagi para penjahat.

Interogasi: Rorschach sangat ahli dalam menginterogasi seseorang. Dia tidak segan melakukan hal kejam untuk mendapatkan informasi dari korban (atau tersangka).

Intimidasi: ketidakstabilan mental Rorschach sudah sangat dikenal; bahkan tanpa kostumnya atau teman-temannya, dia adalah pria yang mengintimidasi dan telah membuat banyak orang melarikan diri di hadapannya.

Investigasi: Rorschach adalah detektif ulung, semangatnya untuk memecahkan kejahatan tidak kalah hebat dari Batman.

Jurnalisme: Rorschach menyimpan jurnal petualangannya ketika hal itu sangat diperlukan. Dia terbukti seorang pemikir yang mendalam; dan sejak dia mulai sebagai saksi atas apa yang terjadi di kota, Rorschach selalu mencatat banyak mimpi buruknya.

Indomitable Will: Setelah peristiwa yang membuatnya mengambil kepribadian Rorschach, dalam setiap aspek hidupnya, ia mengembangkan keinginan untuk memastikan bahwa semua pelaku kejahatan dihukum. Bahkan setelah para petualang yang bertopeng dibenci dan dilarang, ia melanjutkan kegiatan vigilante atau main hakim sendiri. Dia juga menentang sejumlah besar perwira polisi bersenjata yang mengelilinginya di rumah Moloch.

Genius Level Intellect: Rorschach telah digambarkan oleh Nite Owl sebagai "tactically brilliant". Dia telah unggul dalam pendidikan agama, ilmu politik dan sastra di hari-hari sekolahnya. Dia juga mampu memanfaatkan semua hal di sekitarnya menjadi senjata.


Demikian pengenalan singkat mengenai asal-usul dan kekuatan Rorschach dari dunia Watchmen. Bagaimana pendapatmu mengenai karakter anti-hero satu ini?


Previous Post
Next Post

0 komentar: