Selasa, 23 Oktober 2018

10 Kelemahan Superman dan Cara Mengalahkannya


Apa saja kelamahan Superman dan bagaimana mengalahkannya?


kelemahan dan Cara Mengalahkan Superman

Selowae.Net – Kita semua setuju bahwa Superman adalah salah satu superhero terkuat dari DC Comics. Alien asal Krypton ini bukan hanya memiliki fisik kuat, tapi juga memiliki kemampuan hebat lain seperti kecepatan super, terbang, panca indera super dan banyak lagi lainnya. Sehingga musuh-musuh sang manusia baja sering kesulitan ketika menghadapinya.

Meski begitu, bukan berarti Superman tidak memiliki kelemahan atau tidak bisa dikalahkan. Faktanya, sang superhero andalan DC Comics ini pernah beberapakali ditaklukkan oleh karakter yang lebih lemah dari dirinya, seperti Lex Luthor atau Batman.

Loh, bagaimana bisa hal itu terjadi? Tentu saja mereka memanfaatkan beberapa kelemahan Superman yang daftarnya bisa kamu simak dalam artikel berikut ini.


10 Kelemahan dan Cara Mengalahkan Superman


Green Kryptonite


kelemahan superman selain green kryptonite

Kelemahan Superman yang pertama dan paling dikenal fans adalah Green Kryptonite. Superman dan ras Kryptonian lainnya lemah terhadap Kryptonite warna hijau, sehingga benda ini sering digunakan oleh para musuhnya untuk menghadapi sang manusia baja.

Bukan hanya melemahkan, paparan dari Kryptonite diketahui mampu membunuh ras Kryptonian apabila mereka terpapar dalam waktu yang cukup lama.

Batman sendiri menyimpan Kryptonite di Batcave untuk jaga-jaga kalau suatu saat Superman berubah jahat dan menjadi ancaman untuk Bumi. Kamu bisa membaca macam-macam Kryptonte dan fungsinya DI SINI.



Radiasi Matahari Merah


10 Kelemahan dan Cara Mengalahkannya Superman

Kekuatan Superman berasal dari sinar matahari kuning, itulah mengapa para penduduk Krypton tidak memiliki kekuatan apapun ketika berada di planetnya (karena di planet Krypton tidak ada matahari kuning).

Sebagai seorang Kryptonian, Superman juga akan kehilangan kekuatannya apabila terkena radiasi sinar matahari merah. Kelemahan Superman ini telah beberapa kali dimanfaatkan musuh untuk mengalahkannya.




Makhluk yang Lebih Kuat


10 Cara Mengalahkan Superman, dari Kryptonite Hijau sampai Sihir

Memiliki kekuatan fisik yang luar biasa, membuat Superman sangat sulit dilukai oleh musuh-musuhnya. Senjata seperti pisau, kapak atau bom bisa dengan mudah ditahan olehnya. Meski begitu, bukan berarti fisik Superman tidak bisa dilukai.

Jika mendapat damage yang sangat kuat (lebih kuat dari kekuatan fisiknya), maka tubuh Superman bisa saja dilukai. Contohnya adalah ketika Superman bertarung melawan General Zod, Darkseid atau Doomsday.


Sensor Berlebihan


superman vs black canary injustice

Salah satu kekuatan Superman adalah panca indera super, di mana sang manusia baja bisa melihat menembus dinding, mencium dari jarak ribuan meter dan sebagainya. Kekuatan ini memang sangat berguna, namun terkadang malah menjadi salah satu kelemahan Superman.

Contohnya adalah ketika Superman menghadapi Black Canary di seri Injustice. Di mana ia bisa dengan mudah membuat gendang telinga Superman pecah menggunakan suara berfrekuensi tinggi.


Virus X


kelemahan superman adalah virus x

Cara mengalahkan Superman selanjutnya adalah dengan menggunakan Virus X. Virus X diketahui sangat berbahaya bagi semua Kryptonian. Dalam komik The Last Day of Superman yang terbit tahun 1962, Superman yang merasa dirinya terpapar Virus X mengkarantina dirinya sendiri dan menulis surat wasiat sebelum kematiannya.

Namun ternyata yang membuatnya lemah bukanlah Virus X melainkan Kryptonite yang terdapat dalam satelite yang dinaikinya. Beberapa tahun kemudian, Virus X versi baru ditemukan oleh Lex Luthor dan digunakan untuk mengalahkan Superman.




Terlalu Banyak / Terlalu Sedikit Sinar Matahari Kuning


karakter marvel lebih kuat dari superman

Sumber kekuatan Kryptonian seperti Superman adalah sinar matahari kuning. Dengan mendapatkan pancaran sinar matahari kuning, Superman akan mendapatkan berbagai kekuatan yang sangat luar biasa. Sebaliknya, jika tidak mendapatkan sinar matahari kuning dalam waktu yang cukup lama maka Superman akan kehilangan kekuatannya sama sekali.

Meski begitu, sinar matahari kuning juga bisa menjadi kelemahan bagi Superman, yaitu pada saat sang manusia baja mendapat asupan sinar matahari kuning yang terlalu banyak. Hal tersebut dapat membuat tubuhnya rusak karena tidak dapat menampung kekuatan yang diserapnya.


Bom Nuklir


kekalahan superman komik

Ledakan bom Nuklir yang sangat dahsyat dapat melukai Superman. Seperti di film Batman v Superman, ketika melawan Doomsday ia tertembak bom Nuklir dan sempat sekarat untuk beberapa waktu. Untungnya tidak lama kemudian Superman mendapat siraman sinar matahari kuning sehingga sel-sel dalam tubuhnya bisa cepat beregenerasi.

Dalam komik, Superman juga pernah sekarat setelah tertembak bom Nuklir. Dalam kondisi tersebut, ia harus menggunakan energi matahari yang tersimpan pada tanaman agar tetap hidup.




Serangan Psikis


Cara Mengalahkan Superman dengan serangan psikis

Kelemahan Superman berikutnya adalah serangan Psikis. Superman juga bisa dikalahkan menggunakan serangan psikis, contohnya para musuh yang jago mengendalikan pikiran. Jika sudah terjebak ke perangkap musuh, Superman (yang pikirannya dikendalikan) bisa menjadi musuh yang luar biasa tangguh bagi para superhero.


Manipulasi Psikologis


cara mengalahkan superman

Menyerang Superman dengan kekuatan fisik bisa dibilang tindakan bodoh, itulah mengapa The Joker dalam seri Injustice menculik Lois Lane yang sedang hamil untuk menyakiti sang manusia baja. Setelah mengurung Lois di dalam kapal barang, Joker menunggu kedatangan Superman dan menyemprotka gas khusus yang membuat Superman melihat Lois Lane sebagai Doomsday.

Merasa panik akan kehadiran Doomsday (yang sebenarnya Lois), Superman segera saja menghabisi musuh terbesarnya tersebut dengan cara membawa Doomsday ke luar angkasa. Namun, alangkah terkejutnya ia ketika sadar bahwa yang ia bawa ke luar angkasa ternyata bukan Doomsday, melainkan istrinya sendiri. Joker berhasil menang mutlak dari Superman.


Sihir


10 Kelemahan Superman dan Cara Mengalahkannya

Salah satu kelemahan Superman yang cukup terkenal adalah Sihir. Superman diketahui rentan terhadap Sihir, meski mempunyai fisik kuat namun kekuatan sihir ternyata tetap bisa melukainya. Sihir diketahui menjadi salah satu cara mengalahkan Superman paling efektif.


Itulah 10 kelemahan Superman dan berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengalahkan sang Man of Steel. 



Previous Post
Next Post

0 komentar: