Jumat, 05 Oktober 2018

Macam-Macam Captain America Versi Dunia Alternatif Marvel Comics


Selowae.Net Captain America adalah salah satu superhero paling populer dari Marvel Comics. Karakter satu ini pertama kali muncul dalam Captain America Comics #1 (Maret, 1941).

Joe Simon, salah satu kreator Cap mengatakan bahwa awalnya karakter ini diberi nama "Super American". Namun kemudian diubah menjadi Captain America karena menurutnya sudah terlalu banyak karakter yang menggunakan kata “Super”.

Ada berbagai macam versi alternatif Captain America yang unik dan aneh. Siapa saja mereka? Simak beberapa di antaranya berikut ini!


Berbagai Macam Captain America


Danielle Cage


Macam-Macam Captain America
Macam-Macam Captain America Versi Dunia Alternatif Marvel Comics

Danielle Cage muncul pertama kali dalam komik The Pulse # 13 garapan Brian Michael Bendis dan Michael Gaydos di tahun 2006. Dia adalah putri dari Jessica Jones dan Luke Cage yang juga mewarisi kekuatan dan fisik super seperti orang tuanya.

Dalam komik Avengers: Ultron Forever 2015, Al Ewing dan Alan Davis memperkenalkan versi lain dari Danielle Cage. Danielle Cage kali ini lebih tua dan berasal dari tahun 20XX (tidak diketahui secara pasti). Ia menjadi Captain America perempuan dan memegang perisai Cap yang mampu merespon perintah dari suaranya.

Dia pernah bekerja sama dengan tim Avengers yang melakukan perjalanan waktu untuk mengalahkan inkarnasi masa depan Ultron, Cage dan A.V.E.N.G.E.R.S. Jika Captain America yang kita kenal memiliki musuh bebuyutan bernama Red Skull, maka Captain America versi Danielle Cage memiliki musuh bebuyutan bernama Golden Skull.



Ultimate Captain America


Ultimate Captain America

Ultimate Captain America adalah salah satu versi alternatif Cap yang paling populer dan berasal dari Earth-1610 (Ultimate Universe). Setelah dibekukan di akhir Perang Dunia II, Captain America versi ini dicairkan pada tahun 2002 dalam komik “The Ultimates” # 2 garapan Mark Millar dan Bryan Hitch.

Dalam versi reboot modern ini, Captain America dengan cepat menjadi salah satu pahlawan Ultimate Universe yang paling tepercaya. Dia bahkan menjadi pemimpin kelompok superhero Ultimates.

Apa saja bedanya Ultimate Captain America dengan yang biasa kita kenal? Steve Rogers versi Ultimate memiliki sifat lebih sinis, lebih kasar dan jauh lebih kuat daripada Steve Rogers Earth-616.

Dalam "Ultimate Comics Ultimates” # 15 tahun 2012 yang digarap Sam Humphries dan Luke Ross, Ultimate Captain America terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat. Walau tidak lama setelahnya ia mengundurkan diri dan akhirnya tewas karena serangan dari Galactus.


Colonel America (Zombie Captain America)


Colonel America (Zombie Captain America)

Macam Captain America berikutnya adalah Colonel America. Dalam dunia Marvel Zombies, Cap sudah naik pangkat menjadi Colonel America. Ia bahkan sempat menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Pada saat Marvel Zombies memulai debutnya pada tahun 2005 Ultimate Fantastic Four # 22, oleh Mark Millar dan Greg Land, Colonel America telah berubah menjadi zombie.

Selama beberapa miniseri, Colonel America dan beberapa superhero zombie lainnya melawan Silver Surfer dan berhasil mengalahkannya. Mereka kemudian memakan Silver Surfer sehingga memiliki kekuatan Kosmik. Menggunakan kekuatan barunya, para superhero zombie berhasil membunuh Galactus.

Dalam pertempuran selanjutnya, Red Skull menarik otak Steve Rogers. Beberapa tahun kemudian, para pahlawan manusia yang masih hidup menemukan otak Colonel America dan menempatkannya di dalam tubuh baru dengan lengan bionik. Meskipun ia hanyalah cangkang dari dirinya yang dulu, Colonel America membantu para pahlawan memenjarakan sisa zombie dalam realitas lain.

Ada berbagai macam Captain America yang lebih unik lagi, seperti...




Colonial Captain America


versi alterantif captain america steven rogers

Percaya atau tidak, Steve Rogers bukanlah orang pertama yang memakai nama Captain America. Apa yang bahkan lebih aneh lagi, adalah bahwa orang pertama yang melakukannya kebetulan adalah leluhur Steve Rogers, Steven Rogers (Colonial Captain America).

Colonial Captain America diciptakan oleh Jack Kirby pada tahun 1976 dan muncul pertama kali dalam komik Captain America # 194. Awalnya dia dikatakan sebagai leluhur Captain America modern. Colonial Captain America (Steven Rogers) membunuh seorang perwira Angkatan Darat Inggris bernama William Taurey, yang keturunannya bersumpah membalas dendam pada Rogers modern.

Bertahun-tahun kemudian, Steve Rogers modern terlahir sebagai putra Sarah dan Joseph Rogers, yang sama-sama imigran Irlandia. Terlepas dari kontradiksi ini, Colonial Captain America muncul lagi pada tahun 1999.

Dalam komik Captain America: Sentinel of Liberty # 6-7 garapan Roger Stern dan Ron Frenz, sang kapten bertempur bersama Immortal Ulysses Bloodstone dalam Perang Revolusi. Selain memerangi Redcoats dan Hellfire Club, seragam Colonial Captain juga mungkin telah mengilhami desain kostum Captain America versi modern.


Captain Ape-Merica


Captain Ape-Merica mavel apes
Berbagai macam Captain America di dunia alternatif

The First Ape-vengers! Steven Rogers dari Earth-1801 (Marvel Apes) adalah seekor gorila. Sama seperti Captain America Earth-616, Captain Ape-Merica berasal dari masa lalu dan membeku dalam es. Di masa depan, dia bangkit kembali dan menjadi pahlawan super.

Captain Ape-Merica adalah pemimpin dari kelompok Ape-vengers. Kelompok ini beranggotakan Iron Mandrill, Thorangutan, Spider-Monkey, Ms. Marvape, Huhr, dan Ape-X.


Captain Avalon


Macam-Macam Captain America Versi Dunia Alternatif Marvel Comics

Dalam sebuah universe alternatif yang disebut Eurth, hidup banyak versi pengganti dari pahlawan Marvel yang kita kenal, dengan fokus utama cerita pada Captain Avalon (setara dengan Captain America).

Dalam usahanya untuk menyelamatkan putranya dari cengkeraman Dreadlord yang jahat. Dibantu oleh kelompok mirip Avengers yang disebut sebagai Champion of the Realm, Captain Avalon melakukan pertempuran menggunakan pedang legendarisnya, Excelsior. Dia juga menggunakan armor dan perisai yang ikonik dengan karakter Cap.


Age of X


Macam-Macam Captain America Versi Dunia Alternatif Marvel Comics

Di akhir crossover Avengers vs X-Men, Captain America membentuk Divisi Kesatuan Avengers (Avengers Unity Divisions) untuk membantu menjangkau komunitas mutant Marvel.

Pada crossover Age of X tahun 2011, mutan level Omega bernama Legion menciptakan dunia di mana sentimen anti-mutant yang meningkat menyebabkan hampir punahnya populasi mutan.

Di Si Spurrier dan Khoi Pham, Age of X: Universe, Captain America memimpin tim Avengers untuk memburu mutant yang anggotanya termasuk Invisible Woman dan Iron Man. Dalam misi terakhir tim tersebut, Captain America memimpin serangan terhadap Fortress X, sebuah basis tempat mutant-mutant terakhir berkumpul.

Setelah berhasil membunuh Mystique, Cap melihat bahwa dia ternyata melindungi sekelompok anak-anak. Cap berubah pikiran dan tewas ketika mencoba membunuh Hulk yang membawa bom. Tidak lama setelahnya, Legion berhasil mengalahkan kepribadian jahat (Legion memiliki banyak kepribadian) dalam dirinya dan memulihkan Marvel universe seperti semula.




Mutant X Captain America


all versions of captain america

Pada tahun 1998, serial "Mutant X" mengisahkan mengenai Havok (anggota X-Men) yang terjebak dalam dunia alternatif. Di dunia yang gelap ini, Havok memimpin Six, sebuah tim X-Men yang sangat kuat. Setelah Steve Rogers versi dunia ini terbunuh dalam serangan Sentinel di Avengers Mansion, mutant yang tidak dikenal dipilih untuk menjadi Captain America yang baru.

Setelah debutnya dalam komik “Mutan X” # 15 garapan Howard Mackie dan Cary Nord, Captain America baru ini meninggalkan Avengers dan mengambil kekuatan manipulasi energinya ke Six. Dia adalah anggota reguler dari tim untuk paruh terakhir dari seri dan membantu mereka melawan S.H.I.E.L.D., yang di dunia alternatif ini merupakan kelompok anti-mutan.

Dalam klimaks cerita, Captain America menjadi gila dengan kekuasaan dan memberi energi pada Beyonder sebelum terbunuh dalam pertempuran dengan Havok yang menghancurkan sebagian Bulan.

Masih ada berbagai macam versi Captain America dalam komik Marvel, seperti...


Presiden Skull


jenis captain america skull

Dalam salah satu seri cerita “What If?”, ada perubahan di masa lalu Captain America, di mana dalam kisah ini Red Skull mampu mengendalikan Amerika Serikat. Bagaimana kisahnya? Simak kronologi lengkapnya berikut:

Pada komik "What If?" # 67-68 garapan Chuck Dixon dan Dario Carrasco, Red Skull berhasil mengambil alih Amerika Serikat menggunakan kekuatan yang disebut Sleepers tidak lama setelah Perang Dunia II.

Ketika Dr. Doom menemukan Captain America yang membeku, dia menjadikannya pemimpin tim Avengers. Setelah menyadari bahwa Doom juga seorang diktator, Cap meninggalkannya dan berjuang bersama X-Patriots (beranggotakan Wolverine, Jean Gray dan Spider-Man dll) untuk menggulingkan Red Skull.

Pada komik "What If?" # 28-27 garapan George Caragonne dan Ron Wilson, Captain America memimpin batalyon Super-Soldiers yang memenangkan perang tetapi hilang di laut dalam perjalanan pulang.

Setelah perang ini, Red Skull ditransfer kesadarannya menjadi tiruan dari Steve Rogers dan menyamar  sebagai dia. Setelah Rogers Skull terpilih sebagai presiden, ia memerintah Amerika Serikat dengan kekuatan Super-Soldiers-nya. Steve Rogers yang asli akhirnya dihidupkan kembali dan mengalahkan berhasil Red Skull.


Super-Soldier


Super-Soldier amalgam comics universe

Pada tahun 1996, Marvel dan DC Comics menciptakan beberapa kombinasi aneh dari karakter mereka dalam seri Amalgam Comics. Sebagai bagian dari crossover "Marvel vs. DC" yang lebih besar, Captain America dan Superman bergabung menjadi satu karakter baru bernama Super-Soldier.

Super-Soldier memiliki identitas asli bernama Clark Kent, ia diberi serum yang berasal dari darah alien bayi yang jatuh di Bumi pada 1930-an.

Setelah bertempur di Perang Dunia II dengan Sgt. Rock and the Howling Commandos, Kent jatuh ke perairan dingin Samudera Atlantik yang merobohkan Ultra-Metallo, seorang penjahat mekanik yang diciptakan oleh pemimpin Hydra: Lex Luthor.

Setelah dicairkan beberapa tahun kemudian, Super-Solider melanjutkan perjuangannya melawan Lex Luthor alias Green Skull. Di dunia Amalgam, Super Soldier juga merupakan bagian dari kelompok superhero bernama Judgment League Avengers.




Cap Iron

cap iron man bullet point asal-usul captain america

Dalam miniseri lain oleh seorang penulis terkenal, J. Michael Straczynski dan Tommy Lee Edwards, ada satu lagi versi Captain America yang menarik diketahui, yaitu Iron Cap. Karakter ini muncul dalam miniseri Bullets Point tahun 2006.

Dalam dunia alternatif ini, mata-mata Jerman membunuh Dr. Erksine sebelum dia bisa memberikan Serum Super-Soldier kepada Steve Rogers. Steve pun tidak memiliki kekuatan Super-Soldier seperti yang seharusnya. Memiliki keinginan besar untuk membantu negaranya dalam perang, Steve Rogers mengajukan diri untuk proyek Iron Man.

Pasca operasi, tubuh Steve Rogers secara permanen terkait dengan baju besi, dia kemudian membantu Amerika Serikat untuk memenangkan Perang Dunia II.


Lebih banyak versi alternatif Captain America di bagian 2.


Next > Macam Captain America – Bag. 2

Loading...
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: