Selasa, 23 Oktober 2018

Top 20 Musuh Aquaman dalam Komik DC, dari Black Jack sampai Black Manta


Selowae.Net – Sepanjang sejarah komiknya, Aquaman telah bertempur dengan banyak macam musuh kuat, ada yang mengincar tahta Kerajaan Atlantis, ada yang ingin mendapatkan kekayaan Aquaman, dan ada pula yang memusuhi Aquaman karena dendam masa lalu.

Bagi kamu yang ingin mengenal siapa saja musuh-musuh bebuyutan Aquaman dalam komik, yuk simak daftar di bawah ini!


Musuh-musuh Aquaman (DC Comics)


20. Black Jack


Musuh-musuh Aquaman (DC Comics)
Daftar villain Aquaman dalam komik

Selama era Golden Age DC, bajak laut modern bernama Black Jack dianggap sebagai salah satu ancaman terbesar bagi Aquaman.

Villain satu ini menjadi perompak di tengah lautan, mencuri dari kapal lain dan membunuh orang-orang dengan menenggelamkan mereka ke dasar laut. Hal inilah yang membuat Black Jack sering bertemu dengan Aquaman.

Setelah tidak muncul dalam waktu lama, Black Jack di ret-con dan kini diperkenalkan sebagai bajak laut wanita di Rebirth Aquaman. Black Jack versi yang lebih lemah dengan setelan mata-mata kerennya hanya mendapat tempat ke-20 dalam daftar ini.





19. Demon Gate


demon gate aquaman villain

Dibandingkan dengan sebagian besar musuh Aquaman, Demon Gate bisa dibilang tidak begitu memberi ancaman bagi Aquaman. Dia mendapat beberapa peningkatan robot canggih melalui saudara ilmuwannya, tetapi levelnya jauh di bawah Victor Stone (Cyborg). Hanya ada satu alasan mengapa kami menempatkan penjahat berperingkat B ini di daftar musuh Aquaman terbaik, yaitu Porm.

Jika kamu mengikuti kisah Aquaman, kamu pasti mengetahui bahwa Porm adalah ibu lumba-lumba yang diadopsi Aquaman. Ketika Atlantis meninggalkannya pada usia dini, Porm menyelamatkan Arthur dan mengajarkannya berbagai keterampilan penting. Meskipun terdengar aneh, Arthur dan Porm memiliki ikatan keluarga.

Aquaman secara emosional hancur ketika Demon Gate mengambil nyawa Porm. Hal itu menjadi salah satu hal terburuk yang pernah dialami Aquaman dalam hidupnya.


18. The Eel


musuh bebuyutan aquaman

Mortimer Coolidge alias The Eel, memulai karir kriminalnya di Kota Gotham sebelum pindah ke San Diego. Sementara di sana, Eel memperoleh kostum khusus yang memberinya kemampuan hidrokinesis dan membuatnya mampu untuk bernapas di bawah air.

Kostumnya membuat The Eel menjadi villain yang tangguh, karena bahkan Aquaman sendiri tidak memiliki kontrol telekinetic atas air. Namun, tanpa kostumnya dia bukanlah apa-apa, Aquaman hanya perlu menghancurkan kostum tersebut untuk mengalahkan The Eel. Hal itu membuatnya harus puas berada di urutan 18 dalam daftar ini.




17. Scavenger


scavenger vs aquaman dc comics

Peter Mortimer atau dikenal dengan nama Scavenger, secara fisik tampak menyeramkan, tetapi tidak begitu berbahaya.  Dia hanyalah seorang pria dengan pakaian selam futuristik yang memiliki rencana berlebihan untuk mendominasi dunia.

Memang terdengar seperti omong kosong, tapi kepandaian dan kemampuan pelacakan Scavenger tidak bisa dianggap remeh. Dia telah terbukti sangat ahli dalam menemukan berbagai artefak-artefak kuat yang tersembunyi di lautan. Menggunakan berbagai artefak tersebut, dia sering merepotkan Aquaman.

Kemampuan menyelam dan kecerdasannya membuat Scavenger menjadi lawan yang berbahaya bagi para Atalantean, bahkan walaupun Scavenger tidak bisa bernapas di bawah air.


16. Slizzath


slizzath adalah musuh terkuat aquaman

Slizzath berasal dari kelompok bernama Idylists, yang dikenal sangat damai ketika dipimpin oleh King Thar yang baik hati. Sampai suatu hari saudara King Thar yang bernama Slizzath cemburu, dan dia merebut kekuasaan Idylists menggunakan kemampuan sihir yang kuat.

Slizzath adalah salah satu pengguna sihir paling hebat dalam cerita Aquaman. Musuh Aquaman ini memiliki kemampua untuk membangkitkan mereka yang sudah meninggal. Ia dan pasukan mayat hidupnya pernah  membuat kekacauan di Atlantis.


15. Creature King


creature king dc comics

Musuh Aquaman selanjutnya adalah Creature King. Dulunya dia adalah manusia ormal yang menjadi korban dari percobaan hybrid antara manusia dan kehidupan laut. Ilmuwan Dr. Orson menggabungkan DNA Jeb Coombs dengan DNA hewan laut, mengubahnya menjadi “Chimera” bernama Creature King.

Creature King memiliki berbagai kemampuan, termasuk perubahan bentuk, elektrokinesis, dan sekresi kimia. Dia juga memiliki gigi tajam, indra yang ditingkatkan, dan kekuatan telepati.

Creature King adalah penjahat penting dalam seri New 52 Aquaman, di mana kekuatannya yang beragam sukses merepotkan sang Raja Atlantis. Villain Aquaman satu ini tidak bisa diremehkan.


14. Dead Water


dead king musuh terbaru arthur curry

Pada tahun 2016, penulis Aquaman memperkenalkan penjahat yang benar-benar baru ke dunia Aquaman. Dead Water adalah “esensi” akuatik kuno yang dapat mengubah manusia menjadi monster seperti belut aneh yang disebut Dead Water.

Selama Dead Water's arc banyak manusia menjadi makhluk mematikan ini, termasuk beberapa teman dekat Arthur Curry.

Meskipun dapat mengembalikan mereka kembali menjadi manusia, tapi itu bukanlah hal mudah. Para Dead Water sangat kuat, cepat dan memiliki banyak kekuatan seperti hidroportasi dan hidrokinesis. Satu-satunya kelemahan Dead Water adalah ketergantungan mereka terhadap air. Di mana Aquaman memanfaatkan hal ini untuk mengalahkan para Dead Water.




13. Corum Rath


daftar musuh aquaman dc comics

Corum Rath adalah salah satu anak buah Aquaman dan pemimpin dari Deluge, salah satu faksi di Atlantis yang memiliki kebencian besar terhadap manusia. Corum Rath melakukan pemberontakkan dan menginginkan revolusi, di aman dia membujuk Royal Council of Atlantis untuk menghapus gelar Aquaman sebagai raja dan menempatkan dirinya sebagai gantinya.

Salah satu musuh terkuat Aquaman ini sempat menjadi Raja Atlantis untuk sementara waktu di mana dia menggunakan berbagai kekuatan sihir untuk mempertahankan kekuasaannya. Sebelum Aquaman kembali dan mengambil kembali tahtanya.


12. Nereus


king nereus dc comics

Raja Nereus dari Xebel adalah tunangan Mera. Setelah Mera dikirim ke Atlantis untuk membunuh Aquaman, dia malah jatuh cinta kepadanya dan mereka kemudian menikah. Nereus yang menyadari hal ini marah dan cemburu. Dia pun ingin menghabisi Aquaman dan mengambil Mera kembali.

Kebencian Nereus terhadap Aquaman memang terkesan kekanak-kanakan, tapi efek dari kebencian ini menjadi ancaman serius bagi Atlantis. Di mana Xebel terus menerus melecehkan Atlantis dan bahkan melakukan pemberontakan.


11. Kordax


musuh aquaman dc comics

Kordax adalah salah satu musuh bebuyutan Aquaman yang memiliki banyak kesamaan dengan Arthur Curry. Mereka berdua memiliki darah Kerajaan Atlantis dan telah diasingkan dari rumah mereka.

Seperti Arthur, Kordax terlahir dari persatuan terlarang antara manusia dan Atlantean, membuat Kordax dan keluarganya dikucilkan dari Atalantis.

Sejak dia diusir oleh Atlantis karena membantu pemberontakan, Kordax telah mencoba menghancurkan kebudayaan Atlantis - dimulai dengan kerajaannya. Alih-alih menggunakan kekuatannya yang luar biasa untuk membantu Atlantis berkembang (seperti yang dilakukan oleh Aquaman), Kordax menggunakan kontrolnya atas kehidupan laut untuk mengganggu kehidupan Atlantis dan membuat kehidupan Aquaman menjadi jauh lebih sulit.


10. Siren


siren vs mera amber heard

Setelah reboor New 52, secara teknis ada dua Siren di semesta Aquaman, Siren pertama adalah saudara kembar Mera dan Siren kedua adalah putri duyung yang dapat berubah bentuk.

Mirip dengan Mera, Siren memiliki kemampuan untuk memanipulasi air. Ini adalah kekuatan yang sangat mengesankan, ditambah hubungan kekeluargaannya dengan mera membuat Siren menjadi salah satu musuh Aquaman yang paling sulit dihadapi. Siren memiliki wajah yang sangat mirip dengan Mera, istrinya, dan ini membuat Aquaman sering kerepotan ketika menghadapinya.




9. Hagen


Top 20 Musuh Aquaman HAgen

Pemerintahan Atlantis cenderung tidak stabil, beberapa penjahat seperti Corum Rath, Siren dan Hagen pernah berhasil merebut tahta Raja Atlantis.

Hagen adalah Perdana Menteri Atlantis, dan pada dasarya dia adalah Raja karena mengendalikan Queen Mera seperti boneka dari balik layar.

Hagen menggunakan sihir hitam yang kuat untuk mempengaruhi rakyat Atlantis agar sejalan dengan pemikirannya. Kepibadian nasionalistis yang diperlihatkan Hagen di depan penduduk Atlantis juga membuatnya aman dari pergolakan publik, yang membuatnya semakin berbahaya.

Tidak seperti banyak musuh Aquaman lainnya, Hagen adalah politisi yang sangat pintar. Dia cenderung bergerak dari balik bayang-bayang dan menyerang dengan kecerdasan taktiknya. Hal tersebut membuat Hagen menjadi salah satu villain terbaik Aquaman.


8. The Thirst



Musuh Aquaman dalam Komik DC

The Thirst pertama kali muncul selama seri 2003 Aquaman, tetapi asal-usulnya sedikit lebih ajaib daripada Hagen. The Thirst awalnya hanyalah lumpur sungai kering yang secara ajaib dibentuk menjadi humanoid. Dia adalah saudara mistik dari dewi “Waterbearer” kuno yang menggantikan tangan hook Aquaman dengan tangan air ajaib di awal seri.

Tujuan utama Thirst adalah untuk menyerap kekuatan adiknya dengan meminum semua air ajaibnya. Menggunakan necromancy dan beberapa kecerdasan yang mengesankan, parasit Thirst sukses menjadi salah satu villain terkuat Aquaman dan bahkan hampir mengalahkan Aquaman dalam pertempuran.


7. The Trench


the trench

Dalam komik Aquaman # 1 tahun 2011, Aquaman bertemu dengan ras setan yang dikenal sebagai The Trench untuk pertama kalinya.

Secara individual, mereka sangat kuat, cepat, dan memiliki gigi mematikan. Ketika berkumpul bersama dalam kelompok besar (sebagaimana biasanya), spesies Trench hampir tidak mungkin dihentikan.

Meski merupakan makhluk laut, The Trench tidak menanggapi telepati laut Aquaman seperti hewan laut lainnya. Hal ini membuat The Trench menjadi salah satu musuh terkuat Aquaman yang tidak bisa dianggap remeh sedikit pun.




6. Fisherman


fisherman dc comics vs aquaman

Peringkat 6 musuh Aquaman terbaik ditempati oleh Fisherman. Fisherman mendapatkan tempat yang cukup tinggi di daftar ini karena dia adalah musuh bebuyutan Aquaman yang sangat tangguh.

Sebagai seorang pencuri terlatih yang mengkhususkan diri dalam teknologi bawah air, Fisherman sering terlibat masalah dengan Aquaman. Fisherman, meski namanya terdengar membosankan, tapi dia merupakan orang yang sangat taktis, cerdas dan selalu bersenjata lengkap. Dalam sejarah Aquaman, Fisherman sering kali membuktikan bahwa dirinya mampu untuk merepotkan sang Raja Atlantis.


5. Charybdis


villain terbaik Aquaman, ada Charybdis

Memasuki lima besar dalam daftar villain terbaik Aquaman, ada Charybdis, monster kuat yang mampu mematikan telepati laut Aquaman sekaligus menyerang Arthur dengan ratusan piranha. Meski sangat kuat, Charybdis tidak banyak muncul dalam komik Aquaman, sehingga tidak banyak informasi tentangnya.


4. King Triton


musuh aquaman terkuat

Triton, putra dewa Yunani Poseidon, menjadi musuh Aquaman di tahun 90-an setelah dewa muda itu mengamati bagaimana bangsa Atlantis yang setia kepada raja mereka. Karena iri dengan kekuasaan Aquaman atas rakyatnya, Triton menuntut pertempuran satu lawan satu dengan Aquaman.

Tentu saja, Aquaman menang tetapi kemenangannya sedikit membingungkan. Aquaman memang sangat kuat, tetapi mengalahkan musuh selevel dewa sebenarnya sedikit berlebihan. Triton telah meningkatkan kekuatan, kecepatan, dan ketahanan berkat darah dewa-nya.

Sebagai dewa, kekuatan Triton terhubung dengan tingkat pengabdian yang dimiliki orang untuknya. Ketika Aquaman melawannya, Triton tidak memiliki banyak pengikut, yang membuatnya lebih lemah dan berhasil dikalahkan sang Raja Atlantis.




3. Dead King


dead king selowae heroes

New 52 mengubah banyak hal di dunia DC. Dalam cerita Aquaman, New 52 menghapus sejarah Atlan (Dead King) dan menulis ulang karakter tersebut. Terkadang penulisan ulang semacam ini tidak diperlukan, tetapi dalam kasus Dead King, kami kira itu sangat dibutuhkan. The Dead King post-New 52 adalah salah satu musuh terbesar Aquaman.

Ribuan tahun yang lalu, Atlan adalah seorang raja Atlantis yang digulingkan oleh kakaknya. Dalam kemarahannya, Atlan membalas dendam dengan menenggelamkan Atlantis ke lautan.

Di masa sekarang, Dead King kembali untuk mengambil mahkota Atlantis dari Aquaman. Dipersenjatai dengan kemampuan untuk mengendalikan es, The Dead King nyaris berhasil mengambil alih tahta Aquaman.


2. Ocean Master


asal usul ocean master musuh aquaman dc

Ocean Master telah melalui banyak perubahan karakter sejak DC Comics memperkenalkannya pada tahun 1966, tetapi sebagian besar penggemar mungkin mengenalnya sebagai Orm - adik tiri Aquaman.

Dalam kontinuitas New 52, Ocean Master terlahir dari Ibu yang sama dengan Arthur, tetapi tidak seperti saudaranya, Orm juga memiliki ayah Atlantean.

Seperti banyak penjahat lain dalam daftar kami, Ocean Master terus mencoba mencuri mahkota Aquaman karena dia menganggap dirinya pewaris takhta Atlantis yang sah.

Orm atau Ocean Master memiliki kekuatan, kecepatan, dan daya tahan manusia super. Dia juga mahir  menggunakan sihir dan dapat memanipulasi air sampai taraf tertentu.

Ocean Master jelas merupakan salah satu musuh bebuyutan Aquaman. Sejarah panjangnya dengan Aquaman membuat Ocean Master pantas menempati posisi kedua dalam daftar villain Aquaman ini.


1. Black Manta


asal usul black manta

Musuh terbaik Aquaman versi Selowae Heroes jatuh kepada Black Manta. Beberapa musuh Aquaman ingin mendapatkan tahta atau kekayaannya, tapi Black Manta berbeda, tujuannya hanyalah membalas dendam kepada Aquaman.

Dibandingkan dengan penjahat lain yang sudah kami cantumkan, Black Manta memiliki alasan terbaik untuk membenci Aquaman. Black Manta pernah bekerja bersama ayahnya sebagai pemburu harta karun dan tentara bayaran. Selama misi Black Manta untuk mengumpulkan Arthur Curry muda, ayah Aquaman, Thomas Curry, kehilangan nyawanya. Aquaman membalasnya dengan mengambil nyawa ayah Black Manta.

Menggunakan persenjataan canggih dan bentuk kebencian paling murni, Black Manta melacak Aquaman di seluruh dunia, hampir mengakhiri nyawa Aquaman beberapa puluh kali. Black Manta juga membunuh pernah Arthur Curry Jr, anak laki-laki Arthur dan Mera yang masih bayi. Black Manta tidak diragukan lagi adalah musuh terbesar Aquaman dalam komik DC.

Black Manta dan Ocean Master akan menjadi musuh Aquaman di film solo pertamanya yang akan rilis pada 21 Desember 2018 mendatang.


Demikian daftar musuh-musuh terbaik Aquaman dalam komik. Dari sekian banyak karakter super-villain di atas, mana nih yang paling menarik perhatianmu?


Loading...
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: