Minggu, 07 Oktober 2018

Top 15 Musuh Doctor Strange, dari Dracula sampai Dormammu


Selowae.Net – Sebagai Sorcerer Supreme atau penyihir terbaik di dunia, Doctor Strange tentu harus menghadapi berbagai ancaman magis yang bisa menyerang Bumi kapan saja. Hal ini membuat Strange harus berhadapan dengan banyak makhluk mistis, mulai dari vampire, setan, dan bahkan iblis.

Jika kamu ingin mengetahui siapa saja musuh Doctor Strange dalam komik Marvel, yuk simak pembahasan kami berikut ini!

Baca lebih banyak profil superhero Marvel di Daftar Superhero Marvel Comics.

Musuh-musuh Doctor Strange


15. Dracula


Musuh-musuh Doctor Strange
Dracula, salah satu villain Doctor Strange dalam komik

The Tomb of Dracula adalah salah satu karakter villain yang muncul dalam cerita Blade the Vampire Hunter. Blade dan kelompoknya telah berulang kali mencoba membunuh Dracula tapi selalu gagal.

Hingga dalam komik Doctor Strange #59-62, Doctor Strange bekerja sama dengan Blade dan teman-temannya untuk mengakhiri ancaman vampirisme di semesta Marvel.

Untuk mengalahkan Dracula, Strange mencari dan menemukan Darkhold, sebuah buku yang didalamnya terdapat mantra Montesi yang dapat membunuh semua vampire di Bumi.

Dracula tentu saja tidak bisa membiarkan Doctor Strange melakukannya, dia pun mencoba menggagalkan rencana Doctor Strange dan Blade, pertempuran hebat di sebuah pesawat astral tidak dapat dihindarkan.

Doctor Strange berhasil mengalahkan Dracula dan menggunakan mantra Montesi untuk memusnahkan semua vampir di Bumi.



14. Xandu


Xandu the Magician - Selowae Heroes
Xandu the Magician - Selowae Heroes

Xandu adalah musuh Doctor Strange yang menarik, karena dia tidak terlalu sering berhadapan dengan Doctor Strange, tetapi setiap kali dia bertarung dengan Strange, itu terjadi saat Doctor Strange bersama dengan Spider-Man. Hal ini membuat penampilan Xandu lebih menonjol daripada penjahat lain.

Ketika Doctor Strange pertama kali bertemu Spider-Man dalam Amazing Spider-Man Annual #2, saat itu Xandu sedang mencoba menguasai Wand of Watoom, senjata magis yang sangat kuat. Doctor Strange dan Spider-Man pun harus menyatukan kekuatan untuk mengalahkannya.


13. Empirikul


musuh doctor strange 2 adalah
Imperator, pasukan yang ingin memusnahkan sihir

Pemimpin Empirikul dikenal sebagai Imperator, ia dibesarkan dalam dimensi di mana semua orang di sana menyembah Shuma-Gorath. Orang tuanya diam-diam mempraktekkan sains dan bukan sihir, ini membuat keluarganya diasingkan dan bahkan diburu karena perbedaan keyakinan mereka.

Mereka kemudian membangun pesawat luar angkasa untuk keluar dari dimensi tersebut, tetapi sebelum semua bisa melarikan diri, kedua orang tua Imperator ditangkap dan dibunuh. Walau sebelum itu mereka mampu membawa putra mereka ke kapal, dan membiarkannya melarikan diri. Cukup mirip dengan cerita origin Superman.

Beranjak dewasa, Imperator membentuk Empirikul, sebuah kelompok yang bertujuan untuk menghapus segala bentuk sihir di Multiverse Marvel. Mereka berhasil dalam banyak dimensi sebelum datang ke Bumi, di mana mereka sukses meruntuhkan Sanctum Sanctorum dan menghancurkan sebagian besar artefak magisnya.




11. Dweller-in-Darkness


Dweller-in-Darkness
The Dweller-in-the-Darkness 

The Dweller-in-the-Darkness adalah salah satu musuh Doctor Strange yang paling kuat. Dia berusia lebih dari 10.000 tahun dan berasal dari alam semesta yang lebih tua.

Dalam kemunculan pertamanya, Dweller-in-Darkness langsung menimbulkan masalah di Atlantis kuno. Akhirnya, Agamotto (orang yang memberi Doctor Strange Eye of Agamatto) berhasil menjebaknya ke dimensi lain di mana penghuninya tidak bisa bergerak selama berabad-abad.

Seiring berjalannya waktu, Dweller-in-Darkness tumbuh semakin kuat dan mampu membebaskan diri dari dimensi tersebut. Ketika terjebak, dia bahkan sempat menciptakan pasukan bernama D’Spayre yang sangat hebat. Dia tertarik dengan Doctor Strange yang dianggapnya tidak memiliki rasa takut, bahkan ketika berhadapan dengan makhluk sepertinya.

Villain Doctor Strange satu ini cenderung menjadi pejahat di balik layar dan memerintahkan para bawahannya untuk mengacau di seluruh multiverse.


10. D’Spayre


Top 15 Musuh Doctor Strange, dari Dracula sampai Dormammu
D'spayre

D’Spayre adalah pasukan yang diciptakan oleh The Dweller-in-the-Darkness (telah disebutkan sebelumnya). D'Spayre muncul sesekali untuk mengganggu hampir semua superhero Marvel, karena kemampuannya mampu membuat orang-orang merasa sangat buruk sehingga mereka akan putus asa dan bahkan mencoba bunuh diri.

D’Spayre telah melawan Spider-Man, Cyclops, Hulk, Nightcrawler, Cloak, Dagger, Phoenix, dan lainnya. Karena ulahnya, D'Spayre telah beberapakali bermasalah dengan Doctor Strange selama bertahun-tahun.

Salah satu pertemuan mereka yang paling populer adalah ketika D'Spayre memanipulasi apa yang disebut "Fear Lords”, di mana  Dweller-in-the Darkness menciptakan "Ketakutan Besar" di Bumi. 


9. Urthona


super villain terkuat doctor strange
Urthona, salah satu musuh terkuat Dr. Strange

Kita tahu bahwa Doctor Strange adalah Sorcerer Supreme di Bumi, tetapi bagaimana dengan planet lain? Dalam Doctor Strange #79 kita diperkenalkan dengan Sorcerer Supreme dari planet Gevaltu, yaitu Urthona.

Urthona memiliki sifat jahat dan serakah, dia mengirim prajurit ke Bumi untuk membasmi Doctor Strange sebelum Urthona melakukan gerakannya di planet ini.

Doctor Strange terluka parah dan prajurit yang dikirim Urthona menyerbu Sanctum Sanctorum, di mana mereka menangkap Wong dan Topaz. Mereka juga mengambil semua artefak magis Doctor Strange.

Rencana Urthona adalah menggunakan artefak magis Strange untuk membantunya menjadi Sorcerer Supreme terkuat di seluruh alam semesta.

Untuk menghadapiUrthona, Doctor Strange harus bekerjasama dengan Rintrah dan mengalahkan Urthona dengan cara menghancurkan semua artefak sihirnya. Dalam seri selanjutnya, dijelaskan bahwa ternyata Agamotto telah menyelamatkan semua artefak magis Doctor Strange dari kehancuran dan Strange bisa mendapatkan  artefak magis-nya kembali.


8. Silver Dagger


musuh bebuyutan doctor strange
Silver Dagger, musuh Doctor Strange terbaik

Pria yang menjadi Silver Dagger ahli dalam berbagai sekte apokaliptik dan segera menemukan beberapa mantra dari Darkhold yang dicetak ulang dalam buku mantra gelap lainnya.

Mantra-mantra ini membuatnya gila dan dia segera menjadi yakin bahwa semua sihir itu "berdosa" dan perlu dimusnahkan.

Silver Dagger melatih dirinya sendiri sampai pada titik di mana dia berada dalam kondisi fisik yang prima dan mempersenjatai dirinya dengan pisau perak. Dia membunuh sejumlah setan sebelum menerobos masuk ke Sanctum Sanctorum dan secara fatal menusuk Doctor Strange. Untungnya, Strange mampu mengalahkan Kematian itu sendiri dan kembali ke kehidupan, untuk sekali lagi menghadapi Silver Dagger.




7. Shuma-Gorath


shuma gorath, salah satu musuh doctor strange
shuma gorath, salah satu musuh doctor strange

Shuma-Gorath berasal dari Bumi satu juta tahun yang lalu, ketika Bumi masih dihuni para makhluk primitif. Shuma-Gorath dibuang ke dimensi lain sebelum akhirnya datang kembali ke Bumi dengan cara licik melalui tubuh Ancient One.

Shuma-Goratah terikat dengan ego Ancient One, memaksa Doctor Strange untuk membuat keputusan menyakitkan, yaitu menghancurkan ego Ancient One demi membunuh Shuma-Gorath. Cara ini terbukti berhasil mengalahkan Shuma-Gorath, tetapi juga membunuh Ancient One.

Bertahun-tahun kemudian, ketika Doctor Strange menghancurkan artefak magisnya untuk menghentikan Urthona, dia kembali membebaskan Shuma-Gorath. Kali ini, ego Strange sendiri yang bergabung dengan Shuma-Gorath, jadi Strange hampir tidak bisa menghancurkannya untuk menjaga dirinya sendiri tetap hidup.


6. Satannish


Satannish marvel comics
Satannish, salah satu villain Dr Strange

Satannish adalah tipe penjahat seperti Dweller-in-the-Darkness, yang melakukan pekerjaan terbaiknya dari balik layar. Ketika Doctor Strange pertama kali berurusan dengan sekelompok Satan yang sangat kuat, itu ternyata para anak-anak dari Satannish.  Dan Satannish sendiri adalah musuh yang jauh lebih kuat, bahkan pada dasarnya Satannish setara dengan Mephisto dalam hal kekuasaan.

Namun, sekali lagi, dia jarang bertarung dengan Doctor Strange secara langsung, Satannish lebih memilih memberdayakan penyihir lain untuk menghadapi Strange.


5. Mephisto


kekuatan Mephisto adalah musuh doctor strange
Mephisto, Iblis yang memberi Ghost Rider kekuatan

Salah satu iblis paling terkenal di seluruh Marvel Universe, Mephisto memang belum berhadapan dengan Doctor Strange sebanyak yang diharapkan fans. Tapi tidak diragukan lagi bahwa Mephisto adalah salah satu musuh terkuat Doctor Strange.

Salah satu dari beberapa alur cerita "Doctor Strange" yang melibatkan Mephisto adalah “Doctor Strange and Doctor Doom: Triumph and Torment” karya Roger Stern, Mike Mignola dan Mark Badger.

Lebih banyak tentang Mephisto dapat kamu baca DI SINI.


4. Umar


umar saudara kembar dormammu
Umar. saudara kembar dormammu

Umar adalah saudara perempuan Dormammu yang berasal dari dimensi Faltine, sebuah dimensi di mana setiap orang terbentuk dari energi.

Dormammu dan Umar menghabiskan energi ayah mereka sendiri untuk menciptakan bentuk fisik seperti manusia. Hal ini membuat keduanya dibuang dari Faltine Dimension dan berakhir di Dark Dimension, yang dengan cepat mereka taklukkan.

Dormammu memutuskan untuk kembali ke tubuh yang sebagian besar terdiri dari energi, sementara Umar memutuskan untuk tetap dalam wujud manusianya.

Namun kemudian Umar hamil dan melahirkan seorang anak perempuan bernama Clea. Hal ini membua Umar terjebak dalam bentuk manusia dan kekuatannya menjadi jauh lebih lemah daripada kakaknya, yang kemudian mengusirnya. Umar juga pernah membantu Doctor Strange untuk mengalahkan saudaranya sendiri, Dormammu.




3. Nightmare


Top 15 Musuh Doctor Strange, dari Dracula sampai Dormammu
Nightmare, iblis mimpi buruk

Iblis yang dikenal sebagai Nightmare ternyata melakukan debutnya dalam issue yang sama di mana Doctor Strange pertama kali muncul, Strange Tales #110. Walaupun saat itu sosok Nighmare tidak benar-benar muncul (dikisahkan ada orang yang meminta bantuan Doctor Strange karena dia sering dihantui mimpi buruk).

Nightmare adalah iblis rasa takut, yang memakan rasa takut dari mimpi buruk orang-orang dalam tidur mereka. Villain Doctor Strange ini memiliki kekuatan sangat hebat, tapi sebenarnya tidak memberi ancaman besar pada manusia karena dia hanya menyebarkan mimpi buruk tanpa motif untuk membunuh korbannya.


2. Baron Mordo


baron mordo musuh doctor strange terbaik
Baron Mordo, mantan murid terbaik Ancient One

Ketika Doctor Strange datang ke Ancient One untuk meminta bantuan, Baron Mordo adalah murid terbaik dari Ancient One. Namun setelah Strange diangkat menjadi murid, posisinya sebagai murid terbaik mulai dikuasai Doctor Strange. Dia pun menjadi jahat dan bahkan berencana untuk membunuh Ancient One dan Doctor Strange.

Dalam buku komik, Baron Mordo bisa dibilang merupakan salah satu musuh bebuyutan Doctor Strange. Walau dalam aksinya terkadang ia meminta bantuan makhluk lain seperti Satannish dan Dormammu untuk mengalahkan Strange.


1. Dormammu


dormammu musuh terkuat dr strange
Dormammu musuh terkuat dr strange

Dormammu adalah saudara kembar Umar dan musuh terkuat Doctor Strange. Dormammu adalah salah satu penjahat paling kuat di alam semesta Marvel. Seperti iblis lainnya, ia dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan saat bekerja dari balik layar.

Sebagai makhluk kuno, Dormammu dikenal sangat sabar dan bersedia menunggu dalam waktu lama untuk memastikan keberhasilan rencana jahatnya. Hal ini membuatnya menjadi musuh yang sangat berbahaya dan sulit dikalahkan.


Demikian pengenalan singkat tentang musuh-musuh Doctor Strange dalam komik Marvel. Klik Next untuk mengenal Musuh-musuh Fantastic Four.


Loading...
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: