Jumat, 16 November 2018

50 Villain The Flash dalam Komik DC, dari Trickster sampai Rainbow Raider


Banyak villain The Flash dalam komik DC, siapa yang terkuat?


Selowae.Net – Inilah para super-villain yang selalu bikin repot The Flash. Sejak jaman Barry Allen, para musuh Flash menjadi lebih terorganisir. Beberapa di antara mereka bahkan tergabung dalam sebuah kelompok bernama The Rogues (Flash’s Rogues Gallery).

Jika kamu ingin mengenal para musuh-musuh terbaik The Flash dalam komik, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Oh ya, jangan lupa juga untuk membaca Top 10 Speedster Jahat DC Comics.


Note: Urutan TIDAK berarti peringkat


Daftar Villain The Flash (DC Comics)


#1 - Trickster


villain terkuat the flash dc
Trickster, salah satu musuh The Flash

Trickster adalah James Jesse, ahli akrobat dengan sepatu yang membuatnya bisa berjalan di udara, juga berbagai alat aneh lainnya. Pikirannya sempat dipengaruhi hingga ia bekerjasama dengan FBI, di mana seorang anak muda bernama Axel Walker mencuri peralatannya dan menjadi Trickster 2.

James berhasil menjadi jahat lagi dan kembali memakai identitasnya setelah menghajar Axel. Salah satu musuh The Flash merupakan anggota The Rogues.





#2 - Mirror Master


mirror master adalah musuh flash dc

Tidak kalah keren dari Trickster, ada villain The Flash yang dapat memanipulasi cermin yaitu Mirror Master.

Saat bekerja di bengkel penjara, Sam Scudder tanpa sengaja menemukan cermin yang bisa memproyeksikan hologram. Ketika dia melarikan diri, dia membuat lebih banyak cermin, dan menjadi Mirror Master.

Mirror Master alias Sam Scudder mengembangkan cermin dengan berbagai kemampuan, mulai dari proyeksi holograam, hipnotis sampai gerbang antar dimensi. Setelah Sam Scudder tewas, posisinya digantikan oleh Evan McCulloch, pembunuh bayaran asal Skotlandia. Ia mendapatkan alat-alat Mirror Master ketika ia bekerja untuk pemerintah sebagai pembunuh bayaran.


#3 - Weather Wizard


musuh terbaik the flash

Mark Mardon melarikan diri dari penjara ke rumah saudara laki-lakinya. Saudaranya baru saja membuat tongkat yang bisa mengendalikan cuaca. Mark menginginkan senjata itu dan mencoba merebutnya dari saudaranya. Perkelahian pun terjadi dan berakhir dengan terbunuhnya saudara laki-laki Mark Mardon.

Anggota The Rogues satu ini menggunakan peralatan itu untuk keuntungannya sendiri dan menjadi salah satu villain yang harus dibasmi oleh Flash.


#4 - Professor Zoom (Reverse Flash)


musuh bebuyutan The Flash

Inilah musuh bebuyutan The Flash versi Barry Allen yang awalnya adalah penggemar beratnya. Berasal dari abad-25, Eobard Thawne adalah orang yang sangat terobsesi terhadap Barry Allen (The Flash) bahkan ia mengoperasi wajahnya agar terlihat mirip dengan sang idola. Namun karena suatu kejadian, rasa kagum itu berubah menjadi kebencian yang sangat besar.

Suatu hari, Eobard menemukan kapsul waktu yang berisi kostum The Flash, setelah ia menggunakan kostum itu ia pun mendapatkan kecepatan super yang bisa menandingi The Flash. Oleh karana rasa bencinya terhadap Barry dan karena selalu gagal mengalahkan Barry di masa itu, membuat Eobard yang menamai dirinya Professor Zoom (Reverse Flash) kembali ke masa lalu untuk membunuh Barry kecil.

Sama dengan versi Tv series-nya, rencana pembunuhan Barry kecil gagal dan malah membunuh Nora Allen (ibu Barry) dengan ayahnya yang dituduh membunuh istrinya sendiri.


#5 - Zoom (Hunter Zolomon)


asal-usul  Villain The Flash terkuat

Awalnya, Hunter Zolomon adalah orang yang baik, dan bahkan ia merupakan anggota kepolisian di Keystone City. Sayangnya, suatu hari kakinya lumpuh akibat serangan Gorilla Grodd. Kehilangan kedua kakinya membuat Hunter merasa masa depannya telah hancur, hingga ia sadar bahwa Wally West (The Flash saat itu) bisa mengubah semuanya.

Ia pun meminta tolong pada Wally West untuk kembali ke masa lalu dan mencegah kelumpuhan pada kakinya. Namun Wally menolaknya karena hal itu akan merusak tatanan waktu dan berbahaya untuk masa depan.

Mendengar penolakan Wally West, tidak membuat Hunter Zolomon kehilangan niatnya. Ia tetap nekat ingin kembali ke masa lalu menggunakan Cosmic Treadmill yang disimpan di Flash Museum.

Ketika ingin menggunakan Cosmic Treadmill, alat tersebut malah meledak dan menghanguskan sebagian besar Flash Museum. Beberapa hari kemudian, Hunter terbangun di rumah sakit dan mendapati sekelilingnya bergerak sangat lambat.

Menggunakan kemampuannya, Hunter Zolomon menjelma menjadi Reverse-Flash yang baru. Siap memberikan mimpi buruk dalam kehidupan Wally West. Tidak diragukan lagi bahwa Zoom merupakan salah satu villain terkuat The Flash.


#6 - Pied Piper


Villain The Flash terkuat

Hartley Rathaway terlahir tuli, tetapi sembuh setelah orang tuanya yang kaya mencari cara untuk membuatnya bisa mendengar. Begitu dia bisa mendengar, dia menjadi terobsesi dengan musik dan suara, dan membuat banyak senjata berbasis suara.

Tumbuh dewasa, Hartley menggunakan kemampuan memanipulasi suaranya sebagai senjata dan menjadi penjahat bernama Pied Piper. Ia bisa menghipnotis, juga berbagai kemampuan lainnya.




#7 - Heat Wave


daftar Musuh The Flash

Musuh The Flash berikutnya adalah Heat Wave. Mick Rory sangat terobsesi dengan panas/api. Pada usia muda, dia membakar rumahnya sendiri dan membunuh keluarganya. Dia kemudian membuat senapan panas dan menggunakan api untuk melakukan perampokan dan pembunuhan. Heat Wave juga merupakan anggota kelompok The Rogues.


#8 - The Top


anggota rogues

Top alias Roscoe Dillon awalnya hanya penjahat yang menggunakan gasing sebagai senjata dan bisa menciptakan putaran super cepat seperti angin puyuh. Seiring berjalannya cerita, The Top belajar cara memutar badannya sendiri dengan kecepatan tinggi, hal ini meningkatkan kecerdasannya dan membuatnya mampu membelokkan peluru. The Top bahkan bisa membuat orang berhalusinasi ketika melihat putaran tubuhnya.

Meskipun ia meninggal, pikiran Dillon begitu kuat sehingga mampu mengambil alih pikiran banyak orang untuk terus hidup, termasuk Henry Allen dan seorang senator, yang tubuhnya direformasi oleh Dillon agar terlihat seperti tubuh aslinya. Dia kemudian dibunuh lagi oleh Captain Cold ketika Dillon mencoba mengambil alih para Rogue dalam cerita "Rogue War".


#9 - Dr. Alchemy


asal-usul dan kekuatan dr alchemy

Dr. Alchemy menggunakan Philosopher Stone untuk mentransmutasi berbagai elemen. Tadinya ia dikenal dengan nama Mr. Element dan menggunakan pistol yang menimbulkan transmutasi. Ia memiliki dua kepribadian, yaitu Albert dan Alvin Desmond.


#10 - The Rival


the rival dc comics

The Rival adalah musuh bebuyutan The Flash Jay Garrick. Identitas asli The Rival adalah Edward Clariss, seorang professor dari universitas di mana Jay berkuliah.

Suatu hari, Prof. Edward Clariss mengklaim bahwa kecepatan yang dimiliki Jay Garrick adalah berkat formula yang ia buat, yaitu ‘Velocity 9’. Sayangnya klaim yang ia lakukan sama sekali tidak dianggap oleh komunitas ilmiah. Merasa dendam akan hal tersebut, ia pun menggunakan Velocity 9 dan menjadi speedster jahat bernama The Rival.

Dalam komik, The Rival menggunakan kostum yang hampir sama persis dengan Jay Garrick, hanya saja warna kostumnya terlihat lebih gelap.




#11 - Cobalt Blue


cobalt blue dc comics

Cobalt Blue pertama adalah Malcolm Thawne, saudara kembar Barry Allen. Karena kesalahan dokter, ia dibesarkan oleh keluarga Hugo dan Charlene Thawne, sepasang penjahat dengan kekuatan “blue flame” (api biru).

Malcolm mewarisi kekuatan itu dan menyimpannya di sebuah permata biru, untuk digunakan dalam usahanya menghancurkan Barry Allen karena iri dan dendam. Permata itu nantinya menjadi berkeping-keping, melahirkan banyak Cobalt Blue yang meneruskan peperangan antara Allen vs Thawne selama ribuan tahun. Salah satu villain The Flash terkuat ini tidak boleh diremehkan.


#12 - Trickster II 


trickster

Setelah Trickster asli dipenjara, seorang remaja bernama Axel Walker menemukan peralatannya dan mencurinya, dia pun menjadi Trickster baru. Axel bergabung dengan Rogues, dan mengambil tempat Trickster pertama (meskipun sebagian besar Rogue menganggapnya terlalu muda dan impulsif).

Selama Rogue War, James Jesse, Trickster asli, menjadi anggota Rogue lagi dan mengambil kembali apa yang menjadi miliknya. Setelah Jesse dibunuh oleh Deadshot dalam seri Countdown to Final Crisis, Walker bergabung dengan Rogue sebagai Trickster di Final Crisis: Rogue 'Revenge miniseries.


#13 - Inertia


inertia musuh bart allen

Inertia adalah klon yang diciptakan dari DNA Bart Allen.  Pertamakali muncul dalam komik Impulse #50, Thaddeus Thawne berasal dari abad ke-30, di mana cucu Barry Allen yaitu Bart Allen berasal.

Setelah gagal membujuk Bart Allen untuk membalas dendam kepada keluarga Allen, keluarga Thawne kemudian menciptakan kloning dari DNA Bart Allen dan lahirlah seseorang yang mirip dengan Bart yaitu Thaddeus Thawne. Thad diajari untuk membenci keluarga Allen khususnya pada Impulse (Bart Allen). Ia pun menjadi musuh bebuyutan Bart Allen dan bahkan berhasil membunuh The Flash yang malang ini dengan bantuan The Rogues.


#14 - The Thinker


the thinker musuh terkuat the flash

Clifford Devoe alias The Thinker adalah jaksa di Keystone City yang akhirnya menjadi penjahat. Ia memiliki sebuah helm bernama “Thinking Cap” yang membuatnya menjadi manusia super jenius. Dia juga merupakan salah satu pendiri kelompok Injustice Society of the World.

The Thinker baru-baru ini menjadi main-villain The Flash di musim keempat serial TV-ya yang ditayangkan The CW.




#15 - Golden Glider


musuh The Flash terbaik

The Golden Glider adalah Lisa Snart, adik dari Captain Cold. Ia adalah mantan figure skater dan menggunakan sepatu kincir es khusus yang merupakan penyemprot es dan berbagai senjata berbahaya lainya. Golden Glider memiliki dendam pada The Flash setelah kekasihnya, The Top meninggal dunia. Dan musuh The Flash berikutnya adalah...


#16 - Colonel Computron 


daftar villain the flash dc

Colonel Computron adalah musuh Flash yang muncul pertama kali dalam komik Flash # 304 (Desember 1981). Colonel Computron adalah seorang pembuat mainan bernama Basil Nurblin, seorang karyawan Wiggins Toy Corporation yang tidak puas.

Setelah mengenakan baju zirah yang menyerupai salah satu kreasi mainannya, Basil memutuskan untuk membalas dendam kepada majikannya Willard W. Wiggins (presiden Wiggins Toy Corporation) sebagai pembalasan karena ditipu karena kompensasi yang memadai atas penemuan populernya.


#17 - Mirror Master II


list of the flash enemies

Mirror Master generasi kedua dalam komik DC adalah Evan McCulloch, seorang pembunuh bayaran asal Skotlandia. Ia mendapatkan alat-alat Mirror Master ketika bekerja untuk pemerintah sebagai pembunuh bayaran. Alih-alih bekerja untuk pemerintah, McCulloch malah menjadi anggota Rogue, mengambil alih posisi Mirror Master yang lama.


#18 - Tar Pit 


most powerful the flash

Joey Monteleone adalah saudara dari seorang pengedar narkoba, dan ketika di penjara Joey menemukan bahwa dirinya dapat mengalihkan pikirannya ke benda mati. Namun, pikirannya terjebak di dalam tar, dan sekarang tar itu memiliki pikiran Monteleone. Musuh unik The Flash ini muncul pertama kali dalam komik Flash vol. 2 # 174 (Juli 2001).




#19 - Murmur


Villain The Flash terbaik

Villain The Flash terbaik selanjutnya adalah Murmur. Seorang ahli bedah yang menjadi gila, Michael Amar sekarang mencari cara-cara sadis untuk membunuh suara-suara yang dia dengar di kepalanya. Tindakan kriminalnya yang khas adalah membuang lidah korban sejak dini akibat penyiksaan yang ia lakukan. Ia juga memiliki virus yang akan mengubah paru-paru seseorang menjadi lumpur dalam 90 menit.


#20 - Rainbow Raider dan Rainbow Raiders


rainbow raider Villain The Flash terbaik

Rainbow Raider menggunakan kacamata yang bisa menembakkan sinar warna-warni. Sinar itu bahkan bisa dikendarainya, juga dapat mempengaruhi emosi orang sesuai dengan warna. Nama asli Rainbow Raider adalah Roy Bivolo.

Sedangkan Rainbow Raiders terdiri dari Red yang super kuat, Orange yang punya kekuatan api, Yellow yang super cepat dan punya kekuatan listrik, Green yang bisa mengendalikan tanaman, Blue yang terbuat dari air, Indigo yang mengendalikan bayangan dan Violet yang dapat mengendalikan udara.


#21 - Captain Boomerang


most powerful the flash villain

Villain terbaik The Flash selanjutnya adalah Captain Boomerang. George “Digger” Harkness berasal dari Australia dan menggunakan bumerang biasa maupun yang sudah dijadikan senjata aneh. Captain Boomerang terbunuh dalam cerita Identity Crisis, tapi dia juga berhasil membunuh Jack Drake (ayah Tim Drake) tepat sebelum meninggal dunia. Dia memiliki putera bernama Owen Mercer yang kemudian menjadi Captain Boomerang 2.


#22 - Captain Boomerang II


daftar anggota the rogues galery

Owen Mercer adalah putra Kapten Boomerang asli dan Meloni Thawne (menjadikannya saudara tiri ibu Bart Allen). Dia tidak mengenal ayahnya sampai dia dewasa. Keduanya berlatih bersama, dan Owen menemukan dia memiliki kecepatan super. Ketika ayahnya meninggal, ia bergabung dengan Rogue, tetapi satu tahun kemudian ia keluar dan menjadi anggota Suicide Squad. Kemudian, villain terkuat The Flash selanjutnya adalah...




#23 - Captain Cold


captain cold pemimpin The Rogues dc

Leonard Snart alias Captain Cold adalah salah satu musuh bebuyutan The Flash. Dia membuat pistol yang  bisa membekukan apapun hingga nol mutlak, yang dia temukan ketika dia secara tidak sengaja menggunakannya pada seorang penjaga.

Memanggil dirinya sendiri sebagai Captain Cold, Snart memulai karir kriminalnya. Dia dianggap sebagai musuh bebuyutan dari Barry Allen dan Wally West, dan merupakan pemimpin The Rogues.

Captain Cold memiliki aturan ketat tetang bagaimana penjahat harus bertindak, seperti tidak ada obat dan tidak membunuh kecuali mereka harus. Dia juga memiliki rasa kesetiaan kepada timnya dan memperhatikan mereka. Dia juga diam-diam menghormati The Flash sebagai saingannya, bahkan terkadang keduanya bekerja sama.


#24 - Gorilla Grodd


musuh terkuat the flash

Grodd adalah salah satu musuh terkuat The Flash. Dia merupakan penghuni Gorilla City, sebuah kelompok gorila super cerdas yang damai, di mana Grodd adalah satu-satunya yang jahat. Seorang dalang di tahun-tahun awal dengan kekuatan mental yang luas, ia telah menjadi lebih ganas dan kuat akhir-akhir ini, sampai pada titik di mana ia ingin "berpesta" dengan Flash. Villain The Flash satu ini tidak bisa diremehkan.


#25 – Black Flash


black flash dc comics

Black Flash disebut-sebut sebagai Grim Reaper-nya para speedster DC. Setiap Black Flash muncul, itu tandanya akan ada speedster yang mati. Black Flash memiliki tugas untuk membawa para speedster menyatu dengan Speed Force. Dalam komik, Black Flash dikabarkan muncul beberapa saat sebelum kematian Barry Allen, Johnny Quick dan Max Mercury. Ketika Bart Allen dan Inertia bertarung pun sosok Black Flash tiba-tiba muncul, sebelum kemudian Bart Allen (yang saat itu menjadi The Flash) tewas dikeroyok oleh The Rogues dan Inertia.

Asal-usul karakter yang muncul pertamakali di komik ‘Flash Vol. 2 #138’ ini masih sangat misterius, namun ada yang mengatakan bahwa Black Flash tercipta karena konon malaikat pencabut nyawa tidak cukup cepat untuk menangkap para speedster.


Klik Next untuk mengenal lebih banyak musuh The Flash.


Next > Bagian 2
Previous Post
Next Post

0 komentar: