Senin, 26 November 2018

15 Fakta tentang Doom Patrol yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Ada banyak fakta-fakta Doom Patrol yang sebaiknya kamu ketahui!


Selowae.Net – Setelah hadir dalam serial Titans, kelompok superhero bernama Doom Patrol dipastikan kembali tampil, dan kali ini dalam serialnya sendiri. Proyek serial Doom Patrol akan diproduseri oleh Greg Berlanti bersama dengan Geoff Johns, Jeremy Carver, dan Sarah Schechter. Menurut kabar yang beredar, serial DC Universe ini akan memiliki 13 episode saja di musim pertamanya.

Bagi kamu yang ingin mengenal lebih jauh mengenai Doom Patrol, simak deh fakta-fakta tentang Doom Patrol berikut ini!


Top 15 Fakta tentang Doom Patrol (DC Comics)


15. Debut Tahun 1963


Top 15 Fakta tentang Doom Patrol (DC Comics)
Fakta-fakta menarik tentang Doom Patrol

Doom Patrol adalah kelompok superhero yang muncul pertama kali dalam komik “My Greatest Adventure” # 80 yang terbit pada tahun 1963. Selama 55 tahun, kelompok ini pernah beberapa kali mendapatkan seri-nya sendiri, walau lebih banyak muncul sebagai karakter pendukung dalam cerita.



14. Lebih Dulu dari X-Men


DOOM PATROL Lebih Dulu dari X-Men

Doom Patrol memiliki banyak kesamaan dengan X-Men, yang memulai debutnya sekitar tiga bulan kemudian pada bulan September 1963.

Kedua tim menampilkan masyarakat yang terbuang, dan masing-masing pendiri kelompok, yaitu Niles Caulder (Doom Patrol) dan Charles Xavier (X-Men) pada awalnya berangkat untuk membantu orang-orang yang telah diusir oleh masyarakat.




13. Juga Mirip Fantastic Four


fakta doom patrol mirip fantastic four
Doom Patrol adalah...

Anggota original Doom Patrol ada empat, yang terdiri dari Elasti-Girl, Negative Man, Robotman, dan Chief. Kuartet ini cukup mirip dengan Fantastic Four dari Marvel Comics.

Elasti-Girl agak sebanding dengan Mr. Fantastic, atau Reed Richards, karena kedua superhero dapat meregangkan tubuh mereka, meskipun dengan cara yang berbeda.

Richards juga sebanding dengan Chief, atau Niles Caulder karena kedua karakter itu genius. Robotman, seperti Thing, berjuang untuk menerima hilangnya kemanusiaan fisiknya. Dan beberapa kemiripan lainnya...


12. Tidak Menginginkan Ketenaran


asal usul doom patrol adalah

Dalam kisah Doom Patrol, mereka tidak memandang diri mereka sebagai pahlawan dan mereka tidak menginginkan ketenaran. Sebaliknya, mereka merasa seperti orang aneh dan orang buangan karena masyarakat memperlakukan mereka seperti itu.

Caulder mengumpulkan orang-orang seperti itu dan bersama-sama menggunakan kekuatan mereka untuk membantu orang, terlepas dari fakta bahwa masyarakat menolaknya.


11. Sempat Populer di Tahun 60-an


Fakta tentang Doom Patrol

Doom Patrol sempat menonjol di antara komik-komik DC lainnya pada pertengahan tahun 60-an. Kelompok ini menampilkan banyak hal berbeda dari berbagai kelompok superhero DC lainnya, para penjahatnya pun tidak kalah aneh sehingga seri ini banyak diminati fans.

Namun, pada tahun 1968, penulis, Arnold Drake memutuskan untuk mengakhiri kisah Doom Patrol dengan membiarkan seluruh tim mengorbankan dirinya untuk menghentikan Madame Rouge dan General Zahl (Doom Patrol # 121). Fakta tentang Doom Patrol berikutnya adalah...




10. Dibangkitkan Kembali 9 Tahun Kemudian


fakta doom patrol adalah

Dalam kisah superhero, tidak ada yang benar-benar tewas, karena biasanya para penulis akan membangkitkan kembali mereka dengan berbagai cara.

Setelah akhir yang dramatis pada tahun 1968, kelompok itu tidak aktif selama sembilan tahun sampai dibangkitkan kembali pada tahun 1977.

Dalam versi terbaru ini, para anggota Doom Patrol sudah banyak yang berubah dan tidak mendapatkan seri sendiri, alias hanya menjadi pemeran pembantu dalam komik lain.


9. Doom Patrol versi Grant Morrison



Doom Patrol akhirnya mendapatkan seri komiknya kembali, dan kali ini di bawah kendali Grant Morrison. Merangkul keanehan kelompok tersebut, Grant memperkenalkan karakter baru untuk bergabung dalam tim. Beberapa anggota terbaru Doom Patrol adalah Crazy Jane dan Danny the Street.

Di bawah Morrison, seri ini juga menampilkan gaya seni satir, parodi dan eklektik. Doom Patrol versi Grant Morrison sering dianggap sebagai versi terbaik dari kelompok berisikan orang aneh ini.


8. Masuk ke Vertigo


Fakta Doom Patrol (DC Comics)

Pada tahun 1993, Doom Patrol ditangani oleh Vertigo Comics, anak perusahaan DC Comics. Lebih dari sebelumnya, Doom Patrol versi Vertigo menangani masalah-masalah dunia nyata yang signifikan termasuk seksualitas dan gender.

Petualangan Doom Patrol bersama Vertigo berlangsung selama 2 tahun sebelum DC Comics menarik kembali Doom Patrol pada tahun 1995. Kemudian, kelompok ini baru kembali ke universe utama DC pada tahun 2001.




7. Reboot yang Tidak Sukses di Tahun 2005


Anggota Doom Patrol kali ini terdiri dari Robotman, Kid Slick, Fever, dan Freak

Pada awal 2000-an, DC Comics, sekali lagi mencoba me-reboot Doom. Patrol namun tidak berjalan mulus. Anggota Doom Patrol kali ini terdiri dari Robotman, Kid Slick, Fever, dan Freak, kemudian superhero lain seperti Elongated Man, Metamorpho dan Beast Boy bergabung.

Kelompok versi baru ini sempat menuai kontroversi karena John Byrne menghapus semua kesinambungan Doom Patrol dan menghapus ikatan yang sebelumnya ditetapkan oleh grup ke DCU. Namun akhirnya semua kembali normal setelah peristiwa "Infinite Crisis", yang memulihkan kontinuitas grup yang hilang.


6. Caulder: Hero Sekaligus Villain


siapa saja anggota doom patrol adalah

Niles Caulder, juga dikenal sebagai Chief, biasanya adalah orang yang mempersatukan Doom Patrol. Dengan kecerdasan otaknya, Caulder menyelamatkan nyawa anggota Doom Patrol dan memimpin kelompok seperti yang dilakukan Xavier Charles dari X-Men.

Namun, beberapa penulis mengubah narasi ini di kepalanya. Ketika Morrison mengambil alih seri, ia membuat Caulder sebagai penjahat. Sejak saat itu, Chief telah mengedepankan garis antara kepahlawanan dan kejahatan, dan terus-menerus melintasinya. Fakta Doom Patrol berikutnya adalah...


5. Beberapa Kali Memasukkan Superhero Populer


fakta menarik tentang doom patrol

Doom Patrol beberapa kali memasukkan karakter populer dari DC untuk menambah minat pembaca. Superhero seperti Beast Boy, Doctor Light, Elongated Man, dan Metamorpho tercatat sebagai bagian dari Doom Patrol.

Setelah "Infinite Crisis", Malcolm Duncan dan Bumblebee membentuk asosiasi dengan tim. Bahkan Element Woman, seorang anggota Justice League, bergabung dengan Doom Patrol untuk waktu singkat dalam kontinuitas New 52.


4. Doom Patrol dalam New 52


15 Fakta tentang Doom Patrol yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Jajaran tim tahun 1977 yang terdiri dari Celcius, Negative Man dan Joshua Clay muncul di Justice League # 24, bersama dengan Karma dan Scott Fischer. Grup ini terlibat dalam event "Forever Evil", dan iterasi baru dari tim memulai debutnya setelah itu.




3. Debut di Serial TV


doom patrol live action

Fakta tentang Doom Patrol berikutnya, bahwa kelompok ini akhirnya akan tampil di serial TV-nya sendiri. Doom Patrol semakin menjadi sorotan sejak DC mengonfirmasi bahwa mereka akan membuat serial Tv khusus untuk kelompok ini. Mereka bahkan sudah dimunculkan di serial Titans, untuk perkenalan awal sebelum muncul dalam serialnya sendiri.

Brendan Fraser, bersama dengan Riley Shanahan, akan menghidupkan Robotman. Alan Tudyk akan berperan sebagai Mr. Nobody dan Matt Bomer akan mengisi suara Negative Man.


2. Musuh-musuh Doom Patrol


Musuh-musuh Doom Patrol
Siapa saja musuh Doom Patrol?

Doom Patrol memiliki sederetan musuh yang tidak kalah aneh. Beberapa musuh terkenal dalam cerita Doom Patrol adalah Red Jack, karakter sangat kuat yang mengira dia adalah Jack the Ripper. Kemudian, ada Brotherhood of Dada, sebuah grup super-villain dengan anggota seperti Sleepwalk (yang kekuatannya hanya dapat diakses ketika dia tidur) dan Quiz, yang paling dikenal karena ketakutannya akan kotoran.

Jangan lupakan Scissormen, yang menggunakan tangan seperti gunting untuk benar-benar memotong orang dari realitas. Satu lagi fakta Doom Patrol yang bisa kamu ketahui...


1. Coagula


15 Fakta tentang Doom Patrol yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Di bawah Rachel Pollack, halaman-halaman seri Doom Patrol mempertimbangkan isu-isu sosial seperti identifikasi gender. Untuk melakukannya, penulis memperkenalkan sejumlah karakter baru, termasuk Coagula, atau Kate Godwin. Kreasi ini sangat penting karena Coagula adalah salah satu pahlawan super pertama dari jenisnya dalam sejarah buku komik.


Demikian fakta-fakta menarik tentang Doom Patrol, kelompok superhero DC Comics yang akan tampil di serial TV-nya sendiri. Apakah kamu menantikan penampilan kelompok superhero satu ini?

Previous Post
Next Post

0 komentar: