Kamis, 15 November 2018

Top 15 Fakta tentang Batcave, Markas Rahasia Batman


Ada banyak fakta menarik tentang Batcave yang bisa kamu ketahui!

Selowae.Net - Batman dikenal memiliki banyak gadget dan peralatan keren untuk melawan kejahatan, dan salah satu aset Batman yang paling populer adalah Batcave. Batcave adalah markas besarnya, tempat berbentuk gua ini dijadikan Bruce Wayne sebagai fasilitas penelitian, garasi, tempat berlatih hingga lemari penyimpanan.

Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang Batcave, simak fakta-fakta menariknya berikut ini:


Fakta-fakta Batcave (DC Comics)


15. Bat-Barn


Top 15 Fakta tentang Batcave, Markas Rahasia Batman
Fakta-fakta tentang Batcave

Sulit membayangkan Batman tanpa Batcave yang ikonik untuk menjaga kendaraan dan perlengkapan canggihnya. Lagi pula, setiap kelelawar harus memiliki gua, bukan?

Nah, dalam debut Batman, tidak ada Batcave. Pada tahun 1939, tepatnya dalam "Detective Comics" # 29 garapan Bob Kane dan Gardner Fox, Bruce Wayne menyimpan kostumnya di peti kecil di kamar tidurnya, dan "laboratorium kriminal" -nya hanyalah sebuah ruangan yang tersembunyi di dinding dalam Wayne Manor.

Ketika Batman mulai menggunakan kendaraannya seperti Batmobile dan Batplane, mereka jelas tidak bisa disimpan di garasi rumahnya yang biasa.

Pada tahun 1940, dalam komik "Batman" # 3 garapan Bob Kane dan Bill Finger, Batman melakukan perjalanan di terowongan bawah tanah ke sebuah gudang di mana ia menyimpan kendaraannya (Batplane). Sejak saat itu, Batman selalu menggunakan gua sebagai markas utamanya.



14. Batcave Pertama


Fakta-fakta Batcave (DC Comics)
Original Batcave dalam komik DC

Pertama kalinya Batcave melakukan debutnya sama sekali tidak ada dalam komik. Batcave muncul pertama kali dalam serial teater 1943 yang berjudul "Batman”.

Dalam episode pertama, penonton disuguhi pemandangan gua bawah tanah di mana Batman menyimpan semua peralatan vigilante-nya. Di episode kedua, yang disebut "The Bat's Cave," Batman membawa seorang penjahat ke dalam Batcave untuk menakut-nakutinya. Hingga pada tahu 1944, markas Batman yang kini dikenal dengan sebutan Batcave memulai debutnya di alam semesta buku komik di "Detective Comics" # 83.




13. Asal-Usul Batcave


Asal-Usul Batcave adalah
Sejarah asal-usul Batcave, markas Batman

Batcave sendiri bukan hanya lubang di tanah. Selama bertahun-tahun, gua itu telah disempurnakan dengan backstory yang dalam dan menarik, kaya dalam sejarah.

Penyebutan pertama dari sejarah Batcave datang pada tahun 1954, "Detective Comics" # 205 (Bill Finger, Sheldon Moldoff), ketika Batman menemukan sepotong tembikar berusia 300 tahun dengan pesan misterius. Batman dan Robin kembali pada waktunya untuk bertemu Jeremy Coe, seorang frontiersman abad ke-17 yang menggunakan gua sebagai tempat persembunyian dari penduduk asli Amerika.

Detail lebih lanjut datang pada miniseri enam edisi tahun 2010 yaitu "Batman: Return of Bruce Wayne," di mana sang pahlawan menjelajahi sejarah, berpusat di sekitar Gotham yang bersejarah dan gua-gua yang akan menjadi Batcave.

Serial ini dimulai dengan Bruce Wayne di era prasejarah, di mana dia bertemu dengan suku yang dipimpin oleh Vandal Savage, yang datang untuk memujanya ketika dia mengenakan kelelawar raksasa.

Berabad-abad kemudian, Wayne menemukan suku itu telah menempatkan jubah tuanya dan cowl di dalam gua yang akan menjadi Batcave. Di Old West, setelah bertemu dengannya, leluhur Wayne membangun Wayne Manor di atas gua yang sama.


12. Kapan Bruce Wayne Menemukan Batcave?


Kapan Bruce Wayne Menemukan Batcave?
Bruce Wayne menemukan Gua yang kemudian dijadikan markasnya

Batcave telah ada selama berabad-abad sebelum Batman mulai menggunakannya untuk melawan kejahatan, tetapi cerita tentang kapan Bruce Wayne menemukan Batcave telah berubah selama bertahun-tahun.

Dalam cerita-cerita awal, bangunan yang akan menjadi Wayne Manor dibeli oleh Wayne dari orang lain. Dalam "Detective Comics" # 205 (berjudul "The Origin of the Batcave"), Bruce Wayne pertama kali memberi tahu Robin bahwa dia bahkan tidak tahu gua itu ada ketika dia membeli properti itu.

Pada akhir tahun 1985, dalam komik "Who’s Who" # 2, Batman mengatakan ia menemukan gua dan  mengubah sebuah gudang tua menjadi dasarnya.

Pada tahun 1992, dalam komik "Batman: Legends of the Dark Knight" # 27 (Dennis O’Neill, Chris Sprouse) menceritakan kisah Solomon Wayne, yang menggunakan gua untuk menyelundupkan budak yang melarikan diri melalui Underground Railroad.

Wayne menemukan kembali gua itu ketika masih kecil, dan mengadopsinya sebagai basis operasinya ketika ia memutuskan untuk menjadi Batman. Fakta tentang Batcave berikutnya adalah...




11. Ruangan di Batcave


fakta menarik tentang batcave
Tata ruang di Batcave sering berubah

Tata letak ruangan di dalam Batcave bervariasi dari artis ke artis dan penulis ke penulis. Dalam tata letak pertama oleh Bob Kane, kami melihat beberapa kamar, semua di atas satu sama lain, yang bukan cara kami melihat gua di komik.

Pada tahun 1995, Dick Sprang menciptakan litograf rinci yang disebut "Rahasia Batcave" dari Golden Age dan Silver Age. Sangat menyenangkan untuk dilihat, tetapi tidak cocok dengan apa yang biasanya kita lihat di Batcave.

Batcave versi Sprang adalah labirin berbagai tingkat dan tangga. Dalam komik yang sebenarnya, Batman hanya akan berjalan ke kamar apa pun yang dia butuhkan, yang biasanya akan berada tepat di sebelahnya.


10. Bat-Computer


Fakta Batcave selanjutnya adalah tentang Batcomputer. Salah satu item yang paling umum digunakan di Batcave adalah komputer canggih, biasanya dikenal sebagai Bat-computer.

penjelasan tentang batcave dalam komik dc
Batcomputer

Pada awal 1940-an, Batcave tidak memiliki komputer. Pada masa itu, Batman memiliki koleksi microfiche (untuk anak-anak, itu adalah miniatur foto majalah dan surat kabar), yang berfungsi sebagai file penelitiannya. The Batcomputer jauh lebih baik, dan itu mengubah segalanya.

Sejak awal, komputer Batman telah dikatakan sebagai salah satu komputer paling canggih di dunia. Ia memiliki akses ke hampir semua basis data yang dibutuhkannya, termasuk pemerintah dan penegak hukum, sehingga ia dapat memasukkan nama, foto, dan sidik jari seseorang dan mencari tahu semua informasi tentang mereka. Sungguh, itu memungkinkan Batman menghabiskan lebih sedikit waktu pada analisis dan lebih banyak waktu meninju wajah penjahat.


9. Batmobiles


macam-macam batmobile
Batmobiles

Batman memiliki banyak kendaraan, dimulai dengan Batmobile-nya, yang pertama kali muncul di "Detective Comics" # 27 pada tahun 1939. Sejak itu, ia menambahkan pesawat, helikopter, roket, dan kapal selam. Sekali lagi, lokasi semua kendaraan bervariasi, tetapi entah bagaimana ia cocok untuk mereka semua di sana.

Lebih dari menyimpan kendaraan, Batcave juga memberi Batman cara untuk bersembunyi setiap kali mereka masuk atau keluar dari fasilitas. Untuk Batmobile-nya, Batcave memiliki akses ke jalan yang tersembunyi di balik pintu berkamuflase, air terjun atau hologram, tergantung pada versinya.

Untuk kendaraan udaranya seperti Batwing atau Batcopter, ada palka yang terbuka, dari mana asap mengeluarkan asap untuk menyembunyikan kendaraan yang masuk atau keluar dari gua.




8. Batsuit 


Hal lain yang dijaga Batcave adalah kostum. Banyak sekali kostum yang disimpan Batman di tempat ini. Ada Batsuit tradisional, tentu saja, yang dia sembunyikan di Batcave sehingga tidak ada yang menemukan identitasnya.

macam-macam batsuit

Fakta tentang Batcave


Batman juga memiliki berbagai macam kostum lain untuk berbagai kasus dan situasi. Misalnya, ia memiliki Batsuit untuk cuaca dingin atau menghadapi Beku, Batsuit lapis baja untuk saat ia menghadapi penjahat super-kuat atau Superman (sekali lagi dengan paranoia), dan Batsuit Stleath ketika ia harus tidak terlihat, hanya untuk sebutkan beberapa. Lebih banyak tentang Batsuit dapat kamu baca di Macam-macam Batsuit.

The Batcave juga menyimpan kostum untuk anggota lain dari Bat-Family. Robin, tentu saja, menyimpan kostumnya di Batcave, dan itu berlaku untuk semua versi yang berbeda. Tentu saja, kostum Robin yang paling terkenal disimpan di sana adalah kostum Jason Todd, yang dipukuli sampai mati oleh Joker. Ini adalah peringatan dan pengingat untuk tidak meremehkan musuh-musuhnya.


7. Batman Menyimpan Kryptonite di Batcave


Batman bukanlah superhero yang mudah percaya kepada orang lain, dia selalu menyiapkan rencana terburuk kalau suatu ketika rekan-rekan superheronya berbalik menjadi penjahat.

Itu sebabnya Batman menyimpan sebuah brankas tersembunyi di Batcave yang berisi berbagai jumlah kryptonite, untuk berjaga-jaga apabila suatu hari Superman menjadi jahat atau dikendalikan penjahat.

Batcave adalah Markas Rahasia Batman
Kryptonite dari Superman

Dalam reboot John Byrne tentang mitologi Superman, Lex Luthor mulai mengenakan cincin kryptonite agar Superman tidak menyerangnya. Pada tahun 1990, "Action Comics" # 654 (Bob McLeod dan Roger Stern), Superman memberikan cincin itu kepada Batman untuk disimpan.

Hal yang serupa terjadi pada tahun 2008 "Superman / Batman" # 49 (Michael Green, Mike Johnson, Shane Davis), di mana Superman mencoba menghancurkan semua kryptonite dunia kecuali untuk sejumlah kecil yang dipercayakannya kepada Batman. Ketika Batman membuka lemari besi, ia mengungkapkan ton lebih banyak kryptonite yang disimpan diam-diam di gudang. Batman siap untuk bertarung dengan Superman.


6. Kelelawar


batcave kelelawar
Bats

Hal lain yang dimiliki Batcave adalah kelelawar. Koloni kelelawar telah ada di sana sejak sebelum Batman pernah berpikir untuk meletakkan telinga runcing, dan mungkin akan ada di sana lama setelah dia mengakhiri misinya. Kelelawar melakukan lebih dari sekedar menyediakan atmosfer, karena Batman juga membuat mereka tersedia sebagai senjata terakhir.

Pada tahun 1988 dalam komik "Batman: Year One" karya Frank Miller dan David Mazzucchelli, Batman terjebak di sebuah rumah petak yang telah dikelilingi oleh polisi. Untuk melarikan diri, Batman memicu perangkat ultrasonik di sepatu botnya yang membuat semua kelelawar dari Batcave dan menyita perhatian polisi, sehingga Batman bisa kabur.


5. Fakta Sumber Daya Batcave


Dalam kisah-kisah Silver Age, Batman dikatakan memiliki pembangkit listrik tenaga nuklirnya sendiri, yang terdengar sangat futuristik pada saat itu.

Top 15 Fakta tentang Batcave, Markas Rahasia Batman
Dari mana sumber daya Batcave?

Sayangnya, di tahun-tahun belakangan, hal itu memunculkan banyak pertanyaan. Misalnya, bagaimana Batman menciptakan pembangkit listrik tenaga nuklir miniatur? Darimana dia mendapatkan bahan nuklirnya? Apa yang dilakukan Batman dengan semua limbah nuklir? Apa yang akan terjadi jika dia mengalami kehancuran?

Itu sebabnya kisah modern telah mengubah pembangkit listrik tenaga nuklir menjadi pembangkit listrik tenaga air. Hampir semua versi Batcave menunjukkan sungai yang mengalir melaluinya dan air terjun di luar, jadi Batman telah memanfaatkan energi itu untuk mengisi daya yang dibutuhkan Batcave. Fakta menarik Batcave selanjutnya adalah...




4. Trophy Room


Ciri populer lain dari Batcave adalah Ruang Piala Batman. Ini adalah koleksi item dari kasus sebelumnya, dan itu hampir selalu terlihat dalam bidikan gua yang luas.

Khususnya, ada koin raksasa, kartu permainan raksasa, dan model Tyrannosaurus Rex ukuran besar yang terlihat di latar belakang sementara Batman sedang mengerjakan komputernya atau menyetel Batmobile. Pernahkah kamu bertanya-tanya dari mana mereka berasal?

benda yang disimpan batman di batcave
Batcave adalah markas Batman

Ternyata semua piala Batman ini memiliki cerita menarik di belakang mereka. Misalnya, penny raksasa datang dari tahun 1947, “World's Finest” # 30 (Don Cameron, Win Mortimer), di mana Batman melawan penjahat yang disebut Penny Plunderer yang mencoba mencuri uang receh ketika dipajang. Setelah mengalahkan Penjarah itu, Batman menyimpannya untuk dirinya sendiri.

Dinosaurus berasal dari tahun 1946-an dalam komik "Batman" # 35 (Bob Kane, Bill Finger) di mana Batman terjebak di taman hiburan dinosaurus animatronik. Kartu bermain berasal dari salah satu tempat persembunyian Joker pada tahun 1946, tepatnya dalam komik "Detective Comics" # 114 (Don Cameron, Win Mortimer). Dan banyak lagi lainnya...


3. Keamanan Rendah


asal-usul cerita batcave adalah
Markas Batman sering dibobol penjahat

Keamanan Batcave telah dibobol berkali-kali oleh para supervillain yang berhasil masuk ke dalam. Dan itu selalu menjadi bencana. Itu karena Batcave adalah tempat Batman membiarkan penjagaannya turun, secara harfiah dan kiasan.

Di sana dia melepas kostum dan topengnya, menjahit luka-lukanya, dan (yang paling berbahaya) Batcave terhubung ke Wayne Manor. Itu juga tempat dia menyimpan kostum dan peralatannya. Siapa pun yang masuk ke Batcave dapat menghancurkan semua barangnya, dan memasuki rumah pribadinya.

Salah satu serangan Batcave yang paling terkenal terjadi pada tahun 1993, dalam kisah "Knightfall," di mana musuh bebuyutannya, Bane, mengatur untuk membebaskan semua penjahat di Arkham Asylum.

Batman habis-habisan berusaha menghabisi mereka semua, dan pulang ke rumah untuk menemukan Bane berdiri di Wayne Manor. Ternyata dia telah menemukan identitas asli Batman dan menghancurkan Batman dan Batcave. Dia tidak sendirian, karena gua itu juga telah diserang oleh Joker dan villain lainnya.


2. Batcave Pernah Memiliki Lazarus Pit


The Lazarus Pits adalah beberapa wilayah yang paling banyak dicari di dunia. Lazarus Pit adalah sumber bahan kimia misterius yang terbentuk secara alami, dan dapat memulihkan kesehatan seseorang, bahkan jika mereka telah mati.

lazarus pit
Lazarus Pit

Lazarus Pit telah sering digunakan oleh supervillain bernama Ra's al Ghul selama beberapa dekade, membuatnya tetap muda dan bahkan bertambah kuat. Lazarus Pit juga telah digunakan oleh keluarganya dan banyak anggota League of Assasins.

Pada satu titik, Bane dan Batman mengira mereka telah menghancurkan semua Lazarus Pits di dunia, tetapi pada tahun 2005 “Year One: Batman / Ra's Ghul” (Devin Grayson, Paul Gulacy), Batman diberitahu oleh Ra's al Ghul bahwa Lazarus Pits adalah bagian dari tatanan alam Bumi.

Untuk mencegah orang mati bangkit di Gotham City, Batman menciptakan Lazarus Pit baru di dalam Batcave. Fakta bahwa dia tidak memasukkan orang tuanya ke dalam lubang untuk membawa mereka kembali menunjukkan dia memiliki kendali diri yang besar.


1. Batcaves Lainnya


macam macam markas superhero batman
Bukan hanya satu, ada banyak macam Batcave di Gotham

Setelah serangan Bane dalam alur cerita "Knightfall", Batman memutuskan untuk mengambil tindakan pencegahan. Meskipun benar-benar hanya ada satu tempat yang memenuhi syarat sebagai Batcave, ada tempat lain yang tersebar di sekitar Gotham City yang digunakan Batman sebagai "satelit" Batcaves tempat dia menyimpan peralatan darurat.

Sebagian besar "Batcaves" lainnya tidak benar-benar gua, tetapi daerah terpencil. Biasanya mereka berada di properti milik Wayne Enterprises. Misalnya, ada bunker yang tersembunyi di bawah gedung Wayne Foundation. Ada juga gua-gua satelit di properti yang ditinggalkan, seperti gua yang tersembunyi dalam rentangan rel empat blok di stasiun kereta bawah tanah prototipe Old Gotham, terlupakan setelah disegel pada tahun 1896.

Gua satelit benar-benar mulai digunakan selama tahun 1999 dalam kisah "No Man Land's ", di mana gempa bumi menghancurkan Kota Gotham. Beberapa Batcaves satelitnya juga telah digunakan oleh Dick Grayson dan Batgirl dalam keadaan darurat.


Demikian beberapa fakta tentang Batcave dalam komik DC. Dari sekian fakta Batcave di atas mana nih yang paling menarik perhatianmu?


Previous Post
Next Post

0 komentar: