Kamis, 15 November 2018

8 Film Superhero DC dan Marvel yang Memenangkan Oscar (Academy Awards)


Selowae.Net – Tidak banyak film superhero yang berhasil memenangkan piala Oscar, tapi bukan berarti tidak ada sama sekali. Berikut ini merupakan daftar film superhero DC dan Marvel yang pernah menjadi pemenang piala Oscar di ajang Academy Awards. Film apa saja kira-kira? Simak selengkapnya setelah tanda titik dua berikut:


5 Film DC yang Mendapatkan Oscar


Superman: The Movie - Special Achievement for Visual Effect (1979)


film superhero yang memenangkan oscar
Superman, film superhero pertama yang memenangkan Oscar

Superman: The Movie adalah film pertama yang memunculkan seorang superhero di layar lebar. Film yang dibintangi Christopher Reeve ini berhasil membawa pulang piala Oscar untuk kategori “Special Achievement for Visual Effect” pada Academy Awards tahun 1979.

Selain itu, film Superman juga mendapatkan nominasi untuk kategori “Musik Orisinal Terbaik”, Tata Suara Terbaik”, dan “Editing Film Terbaik”. Pemenang Best Picture pada tahn 1979, yait The Deer Hunter mengalahkan Superman dalam ketagori Tata Suara Terbaik dan Editing Film Terbaik.



Batman – Best Art Direction (1990)


film superhero pemenang oscar
God Damn Batman berhasil membawa pulang piala Oscar pada tahun 1990

Film Batman garapan Tim Burton yang dirilis pada tahun 1989 menerima satu nominasi Oscar untuk ketagori “Best Art Direction” pada ajang Academy Awards tahun 1990, dan mereka memenangkan kategori tersebut.

Film Batman yang dibintangi Michael Keaton ini berhasil mengalahkan kandidat lain seperti The Abyss dan The Adventures of Baron Munchausen.




Heath Ledger – Best Best Supporting Actor (2009)


Heath Ledger sebagai The Joker
Heath Ledger menyumbang satu piala Oscar untuk DC

Penampilan Heath Ledger sebagai The Joker di film The Dark Knight (2008) garapan Christopher Nolan banyak mendapat pujian dari kritikus maupun fans.

Lewat penampilannya ini, Heath Ledger sukses meraih piala Oscar untuk kategori “Best Supporting Actor” dalam Academy Awards tahun 2009. Sayangnya, ketika penghargaan ini diumumkan Heath Ledger sudah meninggal dunia.


The Dark Knight - Best Sound Editing (2009)


Film Superhero DC dan Marvel yang Memenangkan Oscar (Academy Awards)
Satu lagi film superhero DC yang memenangkan Oscar

The Dark Knight juga berhasil membawa pulang piala untuk kategori “Best Sound Editing” dalam Academy Awards tahun 2009. Dalam ajang tersebut, The Dark Knight total mendapatkan 8 nominasi dan hanya memenangkan 2 di antaranya.

Kedelapan nominasi tersebut adalah Art Direction Terbaik, Sinematografi Terbaik, Editing Film Terbaik, Tata Rias Wajah Terbaik, Pencampuran Suara Terbaik, dan Efek Visual Terbaik. Dengan delapan nominasi ini, The Dark Knight menjadi film superhero yang mendapat nominasi Oscar terbanyak sepanjang masa.

Film DC yang mendapatkan Oscar berikutnya adalah...


Suicide Squad - Best Makeup and Hairstyling (2017)


suicide squad Film superhero dc yang Memenangkan Oscar
Film DC Extended Universe pertama yang memenangkan Oscar

Salah satu film DC Extended Universe, yaitu Suicide Squad mungkin mendapat banyak kritikan pedas dari kritikus film maupun fans. Akan tetapi film ini berhasil memperoleh piala Oscar untuk kategori “Best Makeup and Hairstyling” pada Academy Awards tahun 2017 lalu. Menjadi salah satu prestasi universe film DC.


2 Film Marvel yang Memenangkan Oscar


Spider-Man 2 – Best Visual Effect (2006)


Film Marvel yang Memenangkan Oscar
Film superhero Marvel pertama yang memenangkan Oscar

Film Spider-Man pertama Sam Raimi dinominasikan untuk Best Sound dan Best Visual Effects pada Academy Awards tahun 2003. Namun film ini gagal mendapatkan kedua piala tersebur setelah dikalahkan oleh film Chicago dan Lord of the Rings: The Two Towers.

Dua tahun kemudian, sekuelnya, film Spider-Man 2 berhasil memperoleh tiga nominasi, untuk Pencampuran Suara Terbaik, Pengeditan Suara Terbaik, dan Efek Visual Terbaik. Dan akhinya film yang dibintangi Tobey Maguire ini berhasil membawa pulang piala Oscar untuk kategori Efek Visual Terbaik (Best Visual Effet).




Big Hero 6 – Best Animated Feature (2015)


film big hero animasi oscar
Film animasi Disney yang diangkat dari karakter Marvel

Film animasi superhero garapan Disney, Big Hero 6 berhasil memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Animated Feature pada tahun 2015. Meski digarap oleh Disney, akan tetapi Big Hero 6 adalah karakter dari komik Marvel, sehingga film ini kami masukkan dalam salah satu film Marvel yang mendapatkan Oscar.

Big Hero 6 berhasil mendapatkan Oscar setelah mengalahkan kandidat lain seperti Song of the Sea, How to Train Your Dragon 2, The Tale of the Princess Kaguya dan The Boxtrolls. Sementara film Pixar yang biasanya memenangkan kategori ini tidak menjadi pesaing karena pada tahun tersebut Pixar tidak merilis film apa pun.


Film Superhero Lainnya yang Memenangkan Oscar


Selain film superhero DC dan Marvel yang memenangkan Oscar di atas, masih ada beberapa film superhero non DC-Marvel yang juga pernah mendapatkan penghargaan tersebut. Apa saja? Berikut selengkapya:


The Incredibles – Best Animated Feature (2005)


8 Film Superhero DC dan Marvel yang Memenangkan Oscar (Academy Awards)
The Incredibles Family

The Incredibles tidak diragukan lagi adalah film animasi terbaik tahun 2004. The Incredibles mendapat lebih banyak perhatian Oscar daripada kebanyakan film kartun atau film superhero yang pernah diterima. Ini memenangkan Best Sound Editing, satu-satunya waktu film animasi yang pernah memenangkan penghargaan tertentu.

Itu juga dinominasikan untuk Best Sound Mixing dan, yang paling mengesankan, Best Original Screenplay, menjadikannya film animasi keempat (setelah Toy Story, Shrek dan Finding Nemo) dan satu-satunya film superhero untuk mendapatkan nominasi penulisan.

The Incredibles berhasil mendapatkan piala Oscar tahun 2005 untuk kategori Best Animated Feature setelah mengalahkan film Shrek 2 dan Shark Tale.


Demikian beberapa film superhero DC dan Marvel yang pernah mendapatkan Oscar. Dari sekian banyak film superhero terbaik di atas, mana nih yang menjadi favoritmu?

Previous Post
Next Post

0 komentar: