Jumat, 04 Januari 2019

12 Fakta tentang Elongated Man yang Sebaiknya Kamu Ketahui


Simak berbagai fakta menarik tentang Elongated Man di bawah ini!

Selowae.Net Elongated Man adalah salah satu superhero anggota Justice League of America yang memiliki kekuatan mirip dengan Mr. Fantastic dari Marvel Comics. Superhero bertubuh elastis ini telah memiliki sejarah panjang di cerita komik DC, dan ada banyak fakta-fakta menarik tentang Elongated Man yang sebaiknya kamu ketahui? Apa saja? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!


Fakta-fakta Elongated Man


#1 - Debut di Komik The Flash


Fakta-fakta Elongated Man
Siapa itu Elongated Man?

Elongated Man pertama kali muncul dalam komik The Flash (The Flash # 112 Mei 1960). Dalam komik itu, Elongated Man dikira penjahat oleh The Flash karena dia terlihat di lokasi perampokan. Setelah berkelahi karena salah paham, The Flash dan Elongated Man yang menyadari kalau pelaku sebenarnya telah kabur kemudian bekerjasama untuk meringkus penjahat tersebut.

Rupanya, karakter Elongated Man banyak disukai pembaca, dan Elongated Man pun semakin sering tampil di komik The Flash. Beberapa waktu kemudian, superhero elastis ini mendapatkan seri komiknya sendiri.



#2 - Siapa Sebenarnya Elongated Man?


Siapa Sebenarnya Elongated Man?

Identitas asli Elongated Man adalah Randolph William Dibny, tapi ia biasa dipanggil Ralph. Sebagai anak yang besar di kota Waymore, Nebraska, ia agak unik. Ralph tidak mau hidup sebagai petani dan lebih menyukai kehidupan megah di kota besar.

Ia memang suka menjadi pusat perhatian, dan bahkan cita-citanya adalah menjadi orang terkenal. Setelah mendapatkan kekuatannya dan menjadi Elongated Man, Ralph membuka identitasnya ke publik dan sering muncul di TV.




#3 - Asal Kekuatan Elongated Man


Asal Kekuatan Elongated Man

Ralph muda menonton pertunjukkan sirkus dan ia langsung terpesona oleh pertunjukkan manusia plastik, di mana beberapa orang memamerkan kemampuan melenturkan tubuh semaunya. Ralph menemukan fakta bahwa para ahli meliukkan tubuh itu meminum ramuan bernama Gingold. Sebuah minuman yang diekstrak menggunakan buah langka bernama Gingo, yang berasal dari semenanjung Yucatan.

Ralph pun memutuskan untuk membuat sendiri ramuan tersebut. Singkat cerita, Ralph berhasil mengekstrak sendiri sari buah Gingo dan dia langsung meminumnya. Waktu itu tidak ada efeknya langsung, sampai tiba-tiba ia bisa memanjangkan lengannya ketika secara refleks berusaha menangkap pot bunga yang jatuh.


#4 - Ramuan Gingold


Ramuan Gingold

Fakta Elongated Man selanjutkan. Kekuatan Gingold memiliki jangka waktu tertentu sehingga Ralph harus meminum Gingold secara rutin jika tidak ingin kekuatannya hilang.

Dalam komik sering diperlihatkan bahwa Ralph Dibny selalu membawa-bawa persediaan Gingold dalam botol di tas-nya. Seiring berjalannya waktu, diceritakan bahwa Ralph mampu membuat ekstrak Gingold dalam bentuk pil/kapsul yang jauh lebih praktis.


#5 - Ralph Dibny Seorang Detektif


Ralph berkeliling dunia bersama Sue untuk memecahkan kasus-kasus misterius di berbagai negara.

Berbeda dengan Plastic Man yang bersifat konyol dan gila. Elongated Man memiliki sifat yang lebih serius dan merupakan seorang pria cerdas. Dia adalah detektif yang cukup mahir dalam memecahkan berbagai kasus.

Setelah mendapatkan kemampuan, Ralph Dibny membuat kostum superheronya dari bahan nilon yang bisa memanjang ratusan meter. Ia menolong beberapa orang sambil memecahkan misteri. Kemana-mana dia selalu mempromosikan dirinya sebagai Ralph Dibny sang Elongated Man.

Setelah menikah dengan Sue Dearbon, Ralph berkeliling dunia bersama Sue untuk memecahkan kasus-kasus misterius di berbagai negara.


#6 - Sue Dibny


Fakta tentang Elongated Man yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Sue Dearbon adalah putri dari keluarga kaya raya dan terpandang di kota New York. Mereka berdua bertemu ketika Ralph menghadiri pesta dansa yang diadakan keluarga itu. Di mana Sue ternyata langsung jatuh hati pada Ralph. Dalam pesta tersebut, juga ada Flash yang menarik perhatian semua orang, kecuali Sue yang lebih tertarik dengan kejujuran, sifat liar dan humor dalam diri Ralph.

Keduanya pun akhirnya menikah dalam komik Flash vol 1 #119 dan setelahnya mereka pergi berkeliling dunia untuk memecahkan berbagai kasus-kasus misterius yang selalu saja muncul di hadapan mereka.




#7 - Anggota JLA


Justice League of America,

Ralph juga pernah bergabung dengan Justice League of America, sebelum keluar dan memutuskan untuk tidak lagi meminum ramuan Gingold setelah Sue Dibny diperkosa oleh Dr. Light dan dibunuh dengan cukup sadis (waktu itu Sue sedang hamil) di apartemen mereka sendiri. Fakta Elongated Man selanjutnya adalah...


#8 -  Sue Dibny Juga Bagian JLA


12 Fakta tentang Elongated Man yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Sue adalah satu-satunya istri pahlawan super yang menjadi anggota JLA berdasarkan kemampuannya sendiri. Di Justice League Europe # 37 (April 1992), Sue ditunjuk sebagai Kepala Biro cabang Justice League yang ditempatkan di Paris.

Dia terbukti lebih dari mampu menangani pekerjaan itu, Sue berbicara bahasa Prancis dengan cukup baik untuk menangani pihak berwenang setempat dan memiliki pengalaman hampir satu dekade dalam mengatasi masalah metahuman.


#9 - Kekuatan Elongated Man


apa saja kekuatan elongated man

Fakta tentang Elongated Man selanjutnya adalah bahwa ia memiliki beberapa keahlian unik yang membuatnya tidak kalah terkenal dari Plastic Man. Dia dapat memanjangkan, merentangkan, memperkecil dan memperbesar bagian tubuhnya, tapi terbatas.

Dia mampu mengecilkan tubuhnya untuk mengakses tempat-tempat sempit. Dalam komik Detective Comics #572 Ralph Dibny pernah masuk kedalam sebuah biola.

Ralph mampu membentuk tangannya menjadi berbagai benda, seperti membuat kunci, memperbesar ukuran tinjunya dan bahkan Ralph pernah merubah tangannya menjadi bulldog, tapi sebenarnya ini sangat menyakitkan.

Tubuhnya yang elastis juga membuatnya tahan terhadap ledakan. Tubuhnya juga bisa menyerap gelombang suara. Kekuatannya ini pernah diperlihatkan dalam komik JLA #258, JLE #50 dan Elongated-Man #4.


#10 - Kelemahan Elongated Man


Kelemahan Elongated Man

Elongated Man harus meminum Gingold secara rutin, kalau tidak elastisitas pada tubuhnya akan menghilang.

Lalu apakah semua orang yang meminum Gingold bisa menjadi seperti dirinya? Ternyata tidak, dalam komik Invasion #3 yang terbit tahun 1989 menjelaskan bahwa jika sembarang orang meminum Gingold, maka tidak akan mengalami bentuk transformasi seperti dirinya. Oleh karena yang membuat tubuh Ralph bisa melar bukan hanya ekstrak Gingold-nya, akan tetapi reaksi metagen dalam tubuhnya dengan Gingold. Bagi beberapa orang,Gingold malah mengakibatkan alergi yang parah.




#11 – Diplagiat Mr.Fantastic?


fakta elongated man adalah

Fakta Elongated Man berikutnya, karakter ini muncul lebih dulu sekitar satu tahun sebelum Mr. Fantastic diperkenalkan dalam komik Fantastic Four. Karakter Mr Fantastic buatan Stan Lee sempat dituding menjiplak Elongated Man karena fisik dan kekuatan mereka yang hampir mirip. Keduanya juga menikahi wanita bernama Sue.


#12 – Elongated Man di TV Series


12 Fakta tentang Elongated Man yang Sebaiknya Kamu Ketahui
Fakta-fakta Elongated Man

Elongated Man juga tampil di serial TV The Flash yang ditayangkan CW. Dalam serial tersebut, Ralph Dibny diperankan oleh Hartley Sawyer. Meski nama karakternya Elongated Man, namun sifat dan kekuatan Ralph di serial The Flash bisa dibilang gabungan dari Elongated Man dan Plastic Man.


Demikian beberapa fakta tentang Elongated Man yang menarik untuk diketahui. Kamu mengetahui fakta lainnya? Langsung saja ditambahkan di kolom komentar...

Previous Post
Next Post

0 komentar: