12 Anime Bertema Kuliner dan Makanan Terbaik untuk Kamu yang Hobi Memasak


Inilah daftar anime tentang koki dan kuliner terbaik buat kamu yang suka makanan!


Selowae.Net – Kamu hobi memasak? Atau memiliki cita-cita menjadi koki professional? Mungkin kamu bisa menonton beberapa judul anime bertema kuliner di bawah ini. Ya, ada banyak juga anime keren yang mengisahkan tentang perjuangan seorang koki dalam menggapai impiannya.

Selain bisa belajar cara memasak, menonton anime bertema kuliner juga bisa menambah wawasanmu tentang makanan-makanan tradisional Jepang sampai makanan-makanan dari luar negeri.

Nah, jika kamu sedang mencari rekomendasi anime tentang koki, masakan dan kuliner untuk ditonton, simak saja deh rekomendasi kami di bawah ini!

Baca juga:




Rekomendasi Anime Kuliner Terbaik


#1 – Shokugeki no Souma, Tentang Sekolah Memasak



Jumlah Episode: 24 + 2 OVA
Musim Rilis: Spring 2015
Tanggal Tayang: 4 April 2015 hingga 26 September 2015
Studio yang Memproduksi: J.C.Staff
Durasi per Episode: 25 Menit
Genre: Ecchi, School, Shounen
Skor di MyAnimeList: 8.50

Jika kamu mencari anime tentang para koki muda yang sedang belajar di sekolah memasak, maka kamu wajib menonton anime Shokugeki no Souma atau Food Wars.


Anime bertema koki produksi studio J.C.Staff ini bercerita tentang Yukihara Souma yang bermimpi menjadi koki profesional di restoran ayahnya, Jochirou Yukihara dan berusaha melampaui kemampuan memasak ayahnya.

Akan tetapi, impian tersebut dihalangi oleh keputusan ayahnya untuk menutup restorannya dan pindah ke Amerika ketika dia lulus dari SMP. Semangat Souma untuk menjadi koki terbaik di Jepang kembali muncul ketika Souma menerima tantangan dari ayahnya untuk masuk dan bertahan di sekolah memasak elit di mana setiap tahunnya hanya 10% muridnya saja yang berhasil lulus. Mampukah ia bertahan di sekolah tersebut?

Anime Shokugeki no Souma tidak diragukan lagi merupakan anime bertema kuliner terbaik. Selain manyajikan kisah tentang sekolah kuliner, anime ini juga memiliki banyak ide cerita anti mainstream yang pastinya membuatmu akan betah ketika menontonnya.


#2 – Toriko, Anime Kuliner dengan Balutan Action Petualangan



Jumlah Episode: 147
Musim Rilis: Spring 2011
Tanggal Tayang: 3 April 2011 hingga 30 Maret 2014
Studio yang Memproduksi: Toei Animation
Durasi per Episode: 24 Menit
Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Shounen
Skor di MyAnimeList: 7.70

Toriko tidak kalah menarik dari Shokugeki no Souma. Meski memiliki tema kuliner, namun Toriko tidak berfokus di dapur, tapi malah berfokus pada petualangan dan aksi Toriko dalam mengumpulkan bahan makanan legendaris.

Anime kuliner yang bagus ini mengambil cerita dunia dimana rasa dan tekstur makanan sangat penting. Toriko adalah salah seorang yang dikenal sebagai bishoku-ya alias pemburu makanan mewah yang mengkhususkan diri dalam mencari hewan langka untuk dijadikan bahan makanan.

Sebagai salah satu pemburu paling ahli di dunia, Toriko sering dimintai bantuan oleh restoran dan orang kaya untuk mencari bahan-bahan baru dan hewan langka.

Kemampuan dan kekuatannya yang mengagumkan membuatnya dapat memburu berbagai hewan ganas dan langka yang dapat dijadikan makanan paling lezat di dunia.

Inilah kisah petualangan Toriko dalam berburu bahan-bahan legendaris untuk menciptakan masakan dengan cita-rasa yang memuaskan. Jangan sampai kamu melewatkan anime keren satu ini!


#3 - Chuuka Ichiban! , Tentang Koki dan Petualangan



Jumlah Episode: 52
Musim Rilis: Spring 1997
Tanggal Tayang: 27 April 1997 hingga 13 September 1998
Studio yang Memproduksi: Nippon Animation
Durasi per Episode: 23 Menit
Genre: Action, Comedy, Drama, Shounen
Skor di MyAnimeList: 7.69

Rekomendasi anime tentang koki yang seru selanjutnya adalah Chuuka Ichiban! . Anime ini menceritakan tentang seorang anak berusia 13 tahun bernama Liu Mao Tsing, dia bertualang ke seluruh daratan China untuk meneruskan tekad ibunya menjadi juru masak dan untuk membahagiakan orang lain.

Liu Mao juga memiliki ambisi untuk menghancurkan dunia masak Gerilya serta menngumpulkan 7 peralatan masak legendaris agar peralatan tersebut tidak jatuh ke tangan yang salah.

Dalam pengembaraaannya, Mao ditemani Li Wen, Xi Er, Mei Lee, Zhi Lao dan Fei. Mao mempunyai gelar juru masak khusus yang termuda dalam sejarah dunia masak China. Beberapa juru masak Gerilya yang pernah Mao kalahkan adalah Li Wen, San dan Lee An.


#4 - Dagashi Kashi, Tentang Pewaris Toko Manisan Keluarga



Jumlah Episode: 12
Musim Rilis: Winter 2016
Tanggal Tayang: 8 Januari 2016 hingga 1 April 2016
Studio yang Memproduksi: feel.
Durasi per Episode: 24 Menit
Genre: Comedy, Shounen, Slice of Life
Skor di MyAnimeList: 6.70

Dagashi Kashi adalah anime kuliner yang cukup menarik, ceritanya tidak berfokus pada seorang koki melainkan pada seorang pewaris toko snack keluarga.

Dagashi Kashi bercerita tentang pemuda bernama Kokonotsu yang dipaksa oleh ayahnya, You, untuk mewarisi toko snack keluarganya. Karena impiannya adalah menjadi mangaka, Kokonatsu pun menolak permintaan You.

Baca juga: Rekomendasi Anime Shoujo Romance Terbaik

Kemudian datanglah Hotaru yang mengajak You untuk bergabung ke perusahaan ayahnya. You setuju, namun dengan satu syarat: Hotaru harus bisa membuat Kokonotsu mau mewarisi usaha toko snacknya.

Dagashi Kashi selain memanjakan penonton dengan berbagai makanan manis juga memiliki kisah comedy slice of life yang seru. Cocok untuk ditonton di waktu luang.


#5 - Yumeiro Patissiere, Tentang Pencicip Makanan Profesional



Jumlah Episode: 50 + OVA
Musim Rilis: Fall 2009
Tanggal Tayang: 4 Oktober 2009 hingga 26 September 2010
Studio yang Memproduksi: Studio Pierrot, Studio Hibari
Durasi per Episode: 24 Menit
Genre: Kids, School, Shoujo, Slice of Life
Skor di MyAnimeList: 8.02

Rekomendasi anime kuliner terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah Yumeiro Patissiere. Anime ini tidak berfokus kepada seorang koki professional, melainkan mengisahkan tentang profesi pencicip makanan. Kedengarannya cukup seru bukan?

Yumeiro Patissiere menceritakan tentang seorang anak bernama Ichigo Amano yang mempunyai kegemaran makan, khususnya makanan manis.

Selain hasratnya yang dalam untuk makan kue, Ichigo Amano yang canggung tidak pernah berhasil dalam hal apa pun.

Setelah bertemu dengan Henri Lucas, seorang patissier terkenal, kemampuan mencicipi Ichigo yang luar biasa meskipun tidak diketahui olehnya ditemukan.

Menyadari bakatnya, Henri menawarkan dia kesempatan untuk menghadiri St. Marie Academy, sebuah sekolah kuliner bergengsi yang mengkhususkan diri dalam makanan penutup.

Terlepas dari kenyataan bahwa ia adalah pemula yang kurang memiliki keterampilan, berkat rekomendasi Henri, Ichigo ditempatkan di kelompok teratas dengan “Sweets Princes”.

Para pangeran, terkenal di seluruh sekolah karena suguhan magis mereka, adalah Sennosuke Andou, seorang ahli manisan tradisional Jepang; Satsuki Hanabusa, dengan bakat untuk bunga manisan; dan Makoto Kashino, seorang pembuat cokelat yang berbakat.

Ichigo dan Pangeran Manis, masing-masing disertai dengan “Roh Manis” peri-peri yang membuat impian para pecinta menjadi kenyataan & semuanya bekerja menuju sasaran mereka di dunia permen yang kompetitif.


#6 - Ristorante Paradiso, Kisah Romantis di Restoran



Jumlah Episode: 11
Musim Rilis: Spring 2009
Tanggal Tayang: 4 April 2009 hingga 25 Juni 2009
Studio yang Memproduksi: David Production
Durasi per Episode: 22 Menit
Genre: Drama, Josei, Romance, Slice of Life
Skor di MyAnimeList: 7.45

Setelah 15 tahun ditinggal oleh ibunya dan hanya tinggal bersama neneknya, Nicoletta memutuskan untuk pergi ke Roma dan menghancurkan kehidupan ibunya dengan suaminya. Niat tersebut mengatarnya ke sebuah restoran kecil di gang-gang Roma bernama Casetta dell’Orso.

Nicoletta cukup terkesan ketika memasuki restoran tersebut dan melihat semua pegawainya yang merupakan laki-laki paruh baya dan menggunakan kacamata. Setelah bertemu ibunya yang ternyata adalah istri dari pemilik restoran tersebut, ibunya berhasil membujuknya untuk tidak segera mengungkap rahasia tersebut pada suaminya.

Seiring berjalannya waktu, tujuan Nicoletta teralihkan karena ia jatuh cinta dengan seorang pelayan di restoran tersebut. Seorang pria santun dan kalem bernama Claudio.

Buat kamu yang suka memasak dan bercita-cita menjadi koki yang punya restoran sendiri, kamu harus menonton anime terbaik genre kuliner yang berjudul Ristorante Paradiso ini.


#7 - Wakako-zake, Tentang Pecinta Kuliner



Jumlah Episode: 12
Musim Rilis: Summer 2015
Tanggal Tayang: 5 Juli 2015 hingga 20 September 2015
Studio yang Memproduksi: Office DCI
Durasi per Episode: 2 Menit
Genre: Seinen, Slice of Life
Skor di MyAnimeList: 6.68

Wakako-zake bercerita tentang Murasaki Wakako, yang berusia 26 tahun, mencintai pergi sendiri untuk menikmati makan dan minum, terutama ketika sesuatu yang tidak menyenangkan terjadi di tempat kerja.

Wakako melalui banyak acara soliter, di mana ia menikmati kombinasi yang berbeda dari makanan dan minuman! Dan juga ia selalu lewat jalan berputar untuk sampai kerumah untuk berjalan-jalan.


#8 - Ben-TO, Pencari Bekal Makanan



Jumlah Episode: 12
Musim Rilis: Fall 2011
Tanggal Tayang: 9 Oktober 2011 hingga 25 Desember 2011
Studio yang Memproduksi: David Production
Durasi per Episode: 24 Menit
Genre: Action, Comedy, Martial Arts
Skor di MyAnimeList: 7.41

Jika kamu mencari rekomendasi anime action komedi yang memiliki unsur kuliner, kamu mungkin harus menonton anime Ben-To.

Cerita anime bertema kuliner ini berawal pada 6 April 2011, hari dimana You Satou (15 tahun) tak sadarkan diri di lantai setelah tak mampu berdesak-desakan untuk mendapatakan ‘bento’ yang dijual di supermarket.

Saat ia sudah siuman, semua kotak bento sudah habis terjual. Dia keluar dari supermarket dalam keadaan lapar dan kesakitan. Hal yang sama pun terus terjadi pada hari-hari berikutnya, ia tidak pernah berhasil membeli bento.

Pada akhirnya You pun menyadari, dalam dunia Ben-To, bento dengan harga diskon sangatlah dicari-cari banyak orang. Untuk mendapatkan satu kotak bento saja, setiap orang harus berjuang keras menjadi yang terkuat.

Baca juga: 13 Anime dengan Kisah yang Paling Sedih

Ini adalah pertarungan memperebutkan bento yang diperjuangkan oleh para pejuang berpengalaman yang dikenal sebagai ‘Kelompok Serigala’. ‘Anjing’ tak berpengalaman dan lemah seperti You hanya akan berakhir dengan tergeletak dilantai dan kalah.

Dunia ini adalah dunia dimana yang lemah hanya akan kelaparan dan hanya yang kuatlah yang dapat makan. Oleh karena itu, You pun harus berlatih di bawah bimbingan ‘Ratu Es’ berambut perak bernama Sen Yarizui, untuk menjadi serigala pemakan bento!


#9 - Isekai Shokudou, Tentang Restoran Misterius



Jumlah Episode: 12
Musim Rilis: Summer 2017
Tanggal Tayang: 4 Juli 2017 hingga 19 September 2017
Studio yang Memproduksi: Silver Link.
Durasi per Episode: 23 Menit
Genre: Comedy, Fantasy, Mystery
Skor di MyAnimeList: 7.39

Isekai Shokudou adalah anime kuliner fantasy yang bercerita mengenai sebuah restoran bernama “Yoshoku no Nekoya” (Western Cuisine Cat Restaurant), yang berlokasi di sebuah basement sebuah gedung di distrik perbelanjaan.

Walau selama ini dikenal melayani para pegawai kantor, restoran ini menyimpan sebuah rahasia. Setiap hari Sabtu di kala restoran ini libur, restoran ini dipenuhi oleh “pelanggan khusus” dari dunia lain.

Bagi para pegawai kantoran, tempat ini adalah sebuah restoran yang biasa mereka datangi, dengan menu makanan yang sudah mereka kenal, namun bagi para “pelanggan khusus” di hari libur, mereka menikmati makanan yang tak pernah didengar sebelumnya.

Sangat jarang anime tentang restoran yang bagus dan berbumbu fantasy, oleh karena itu pastikan kamu menonton anime kuliner terbaik satu ini ya.


#10 - Amaama to Inazuma, Tentang Belajar Memasak



Jumlah Episode: 12
Musim Rilis: Summer 2016
Tanggal Tayang: 5 Juli 2016 hingga 20 September 2016
Studio yang Memproduksi: TMS Entertainment
Durasi per Episode: 24 Menit
Genre: Comedy, Seinen, Slice of Life
Skor di MyAnimeList: 7.56

Amaama to Inazuma berkisah tentang Inuzuka, seorang guru yang merawat putri kecilnya Tsumugi sendirian semenjak istrinya meninggal. Lantaran tak pandai memasak, dia sering mengkonsumsi makanan instan dari toko.

Suatu hari, karena suatu hal Inuzuka telat pulang ke rumah. Sesampainya di rumah ia melihat Tsumugi asyik menonton acara tv tentang makanan dan mengatakan ingin makan makanan yang enak.

Mengetahui hal itu, Inuzuka segera membawa putrinya ke sebuah restoran yang dikelola oleh ibu dari salah satu muridnya, Kotori.

Meskipun ibunya sedang tak ada, namun Kotori dapat memberikan sajian terbaik untuk mereka berdua.

Ternyata selama ini Kotori sering sendirian karena orang tuanya telah bercerai dan ibunya sering pergi. Mereka bertiga pun kini mulai sering bertemu dan memasak makanan lezat bersama.


#11 - Udon no Kuni no Kiniro Kemari, Pewaris Toko Udon Terkenal



Jumlah Episode: 12
Musim Rilis: Fall 2016
Tanggal Tayang: 9 Oktober 2016 hingga 25 Desember 2016
Studio yang Memproduksi: LIDENFILMS
Durasi per Episode: 22 Menit
Genre: Fantasy, Seinen, Slice of Life
Skor di MyAnimeList: 7.79

Udon no Kuni no Kiniro Kemari adalah anime terbaik genre kuliner yang menceritakan tentang Souta, seorang ahliwaris dari pemilik udon yang terkenal di daerah kagawa, yang tidak ingin mengambil alihwaris tersebut lalu pergi ke Tokyo.

Baca juga: Rekomendasi Anime Psikologi Terbaik Sepanjang Masa

Kemudian dia kembali lagi ke kagawa dalam rangka liburan dan bertemu seorang anak kecil yang tidur di dalam tumpukan gandum, anak kecil tersebut tidak ada asal usulnya, seketika anak tersebut ingin dibawa ke kantor polisi, dia menjadi manusia rakun.


#12 - Yakitate!! Japan, Tentang Kuliner Khas Jepang



Jumlah Episode: 69
Musim Rilis: Fall 2004
Tanggal Tayang: 12 Oktober 2004 hingga 14 Maret 2006
Studio yang Memproduksi: Sunrise
Durasi per Episode: 24 Menit
Genre: Comedy, Shounen
Skor di MyAnimeList: 8.01

Satu lagi anime kuliner terbaik sepanjang masa yang bisa kamu tonton, yaitu Yakitate!! Japan. Anime tentang koki ini merupakan salah satu yang paling populer setelah Shokugeki no Souma.

Yakitate!! Japan berkisah mengenai Azuma, seorang koki berbakat yang membuat roti khas Jepang untuk bisa bersaing di tingkat dunia.

Azuma menjadi terobsesi dengan roti ketika ia berusia enam tahun. Kakaknya berteriak bahwa keluarga mereka harus mulai memiliki roti untuk sarapan pagi, tapi kakek mereka menolaknya, karena ia hanya akan makan natto, sup miso, dan nasi untuk sarapan pagi.

Kazuma setuju dengan kakek, tetapi adiknya menculik dia dan membawanya ke toko roti untuk menunjukkan keajaiban roti segar yang habis di pangang. Tidak hanya Kazuma saja, tapi pemilik toko itu tahu bahwa Kazuma memiliki kakuatan “Hands of the Sun” yang membuat kehangatan dan cinta dalam proses pembuatan roti.

Pemilik toko itu pergi ke Tokyo untuk memenuhi impiannya membuat ia dan Kazuma menjadi pembuat roti ternama di Jepang – Pantasia.

Yakitate!! Japan adalah salah satu anime bertema koki atau kuliner terbaik. Anime ini juga menyajikan kisah tentang kejuaraan dunia memasak yang seru dan keren. Kisahnya yang dibawakan dengan kocak menjadi nilai tambah tersendiri untuk anme Yakitate!! Japan.


Nah, itu dia beberapa rekomendasi anime bertema kuliner terbaik yang mengisahkan tentang koki dan makanan. Tentunya sangat cocok ditonton buat kamu yang hobi memasak atau ingin belajar cara memasak makanan. Dari sekian banyak anime kuliner terbaik di atas, adakah yang menjadi favoritmu?

Next > Anime Bertema Sihir Terbaik

0 Response to "12 Anime Bertema Kuliner dan Makanan Terbaik untuk Kamu yang Hobi Memasak"