20+ Film Studio Ghibli Terbaik, dari Hotaru no Haka sampai Spirited Away


Mencari saran film terbaik Studio Ghibli yang paling bagus dan keren?



Selowae.Net – Setelah sebelumnya membahas 20 anime movie romance terbaik yang bikin baper dan rekomendasi film animasi terbaik Makoto Shinkai, kali ini kami akan mengulas daftar film terbaik karya Studio Ghibli.

Bagi pecinta anime, pasti sudah tidak asing dengan studio Ghibli yang legendaris. Ya, studio yang didirikan oleh Hayao Miyazaki ini dikenal dengan karya-karyanya yang kreatif, unik dan penuh fantasy.

Beberapa film anime populer karya studio Ghibli seperti Tonari no Totoro, Hotaru no Haka sampai Spirited Away yang berhasil meraih penghargaan animasi terbaik di Academy Awards (Oscar).

Nah, jika kamu penggemar film-film karya studio Ghibli, yuk lihat daftar rekomendasi film studio terbaik di bawah ini. Apakah ada yang belum kamu tonton?

Baca juga:




Rekomendasi Film Studio Ghibli Terbaik dan Terbaru


Hotaru no Haka (1988)



Judul Lain: Grave of the Fireflies
Musim Rilis: Spring 1988
Tanggal Tayang: 16 April 1988
Studio yang Memproduksi: Studio Ghibli
Durasi per Episode: 1 Jam 28 Menit
Genre: Drama, Historical

Sinopsis:

Hotaru no Haka adalah salah satu film Studio Ghibli terbaik yang wajib ditonton. Anime movie sedih ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Seita (14 tahun) dan adik perempuannya bernama Setsuko (4 tahun), mereka hidup bersama di Jepang dalam kondisi Perang Dunia II.


Ibu mereka tewas setelah kota mereka dibom oleh Amerika, sementara ayah mereka menjadi prajurit di angkatan laut Jepang. Seita dan Setsuko kemudian menumpang di rumah bibi mereka.

Pada awalnya, segalanya membaik dan kehidupan mereka hampir kembali seperti biasanya. Namun, hubungan mereka dengan bibi kemudian memburuk.

Mereka memutuskan meninggalkan kota dan tinggal di sebuah rumah yang ditinggalkan penghuninya.

Keadaan sempat membaik, tetapi kembali memburuk karena makanan semakin susah didapat. Mereka berdua berjuang bertahan hidup dan satu-satunya hiburan mereka adalah cahaya kunang-kunang.

Jika kamu mencari rekomendasi anime movie sedih yang bikin nangis dari studio Ghibli, maka Hotaru no Haka jelas menjadi salah satunya!


Howl no Ugoku Shiro (2004)



Judul Lain: Howl’s Moving Castle
Musim Rilis: Fall 2004
Tanggal Tayang: 20 November 2004
Studio yang Memproduksi: Studio Ghibli
Durasi per Episode: 1 Jam 57 Menit
Genre: Adventure, Drama, Fantasy, Romance
Skor di MyAnimeList: 8.69

Sinopsis:

Rekomendasi film terbaik karya Hayao Miyazaki (Studio Ghibli) berikutnya adalah Howl no Ugoku Shiro.

Film anime terbaik Studio Ghibli ini bercerita tentang seorang gadis bernama Sophie, seorang pembuat topi yang dikutuk oleh seorang penyihir jahat yang mengubah wajah dan tubuhnya menjadi seorang nenek tua.

Sophie dikutuk bukan tanpa sebab. Penyihir jahat itu mencari Howl, seorang penyihir juga yang menyelamatkan Sophie tempo hari kala diserang oleh pengikut penyihir jahat tersebut.

Baca juga: 20 Anime Survival Terbaik Sepanjang Masa

Dalam tubuhnya dan wajahnya yang baru, Sophie berkelana dan menemukan istana Howl yang bergerak. Sophie bertemu dengan penghuni istana tersebut diantaranya Calcifer dan Markl serta Howl sendiri. Petualangan hidup baru Sophie pun di mulai.

Dengan para karakter yang unik, cerita yang anti-mainstream serta plot twist mengejutkan, film Howl no Ugoku Shiro berhasil mendapatkan rating tinggi yaitu 8.69 di situs MyAnimeList.


Momonoke Hime (1997)



Judul Lain: Princess Mononoke
Musim Rilis: Summer 1997
Tanggal Tayang: 12 Juli 1997
Studio yang Memproduksi: Studio Ghibli
Durasi per Episode: 2 Jam 15 Menit
Genre: Action, Adventure, Fantasy
Skor di MyAnimeList: 8.75

Sinopsis:

Momonoke Hime juga merupakan salah satu film Studio Ghibli terbaik yang bergenre action, adventure dan fantasy.

Anime movie studio Ghibli ini menceritakan seorang pangeran bernama Ashitaka yang berasal dari suku Emisi. Ashitaka terkena kutukan dari siluman babi bernama Nago di desanya. Ketika mencoba melawan Nago itulah, Ashitaka terluka di lengan kanannya.

Berdasarkan kata para tetua di desanya, Ashitaka harus melakukan perjalanan ke arah Barat demi melepaskan kutukan tersebut.

Momonoke Hime atau judul lainnya Princess Momonoke jelas merupakan salah satu film studio Ghibli terbaru dan terbaik yang wajib ditonton.


Majo no Takkyuubin (1989)



Judul Lain: Kiki Delivery Service
Musim Rilis: Summer 1989
Tanggal Tayang: 29 Juli 1989
Studio yang Memproduksi: Studio Ghibli, Studio Hibari
Durasi per Episode: 1 Jam 45 Menit
Genre: Adventure, Comedy, Drama, Fantasy, Magic, Romance
Skor di MyAnimeList: 8.27

Sinopsis:

Rekomendasi film animasi Studio Ghibli yang bagus dan keren berikutnya adalah Majo no Takkyuubin atau Kiki Delivery Service.

Bersetting di sebuah desa yang damai, seorang penyihir cilik bernama Kiki sedang bersiap merantau dari rumah orang tuanya. Kiki pergi merantau bersama kucingnya bernama Jiji.

Merantau Ini adalah tradisi turun-temurun yang harus dilakukan setiap penyihir setelah berumur 13 tahun. Tujuannya adalah mencari perkotaan untuk belajar keahlian sihir.

Dengan bantuan sapu terbang, Kiki akhirnya sampai di kota besar di tepi laut. Ia bersiap untuk memulai petualangan barunya. Namun, menjadi penyihir di kota besar tanpa bantuan orang tua seperti ketika di desa ternyata tak semudah bayangan Kiki.

Banyak sekali hambatan yang ia harus lalui, dari mulai memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga momen krusial tentang pencarian jati diri.

Majo no Takkyuubin adalah salah satu film animasi terbaik Studio Ghibli yang menjadi favorit anak-anak. Kisahnya yang ringan dan penuh fantasy cocok dan aman ditonton bersama keluarga.


Tenkuu no Shiro Laputa (1986)



Judul Lain: Castle in the Sky
Musim Rilis: Summer 1986
Tanggal Tayang: 1 Agustus 1986
Studio yang Memproduksi: Studio Ghibli
Durasi per Episode: 2 Jam 5 Menit
Genre: Adventure, Fantasy, Romance, Sci-Fi
Skor di MyAnimeList: 8.38

Sinopsis:

Rekomendasi film Studio Ghibli terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah Castle in the Sky atau Tenkuu no Shiro Laputa yang rilis pada tahun 1986.

Seorang gadis bernama sheeta diculik oleh seorang agen rahasia pemerinta bernama muska menggunakan kapal udara. Mereka diserang oleh seorang pembajak bernama kapten dola yang menginginkan jimat kristal milik sheeta.

Sheeta jatuh dari kapal terbang dan mendarat dengan selamat disebuah kota berkat kekuatan jimat miliknya. Ia ditolong oleh seorang anak laki-laki bernama pazu.

Sheeta dan pazu terjatuh ke sebuah tambang dan bertemu paman pomme. Ia mengatakan bahwa jimat milik sheeta terbuat dari aetherium, material yang membuat kota-kota bisa melayang.


Heisei Tanuki Gassen Ponpoko (1994)



Judul Lain: Pom Poko
Musim Rilis: Summer 1994
Tanggal Tayang: 13 Juli 1994
Studio yang Memproduksi: Studio Ghibli
Durasi per Episode: 1 Jam 51 Menit
Genre: Drama, Fantasy, Kids, Slice of Life
Skor di MyAnimeList: 7.37

Sinopsis:

Heisei Tanuki Gassen Ponpoko adalah salah satu film terbaik Hayao Miyazaki dan Studio Ghibli yang belum banyak diketahui oleh remaja masa kini. Padahal film anime ini memiliki alur cerita yang keren abis.

Anime Heisei Tanuki Gassen Ponpoko ini bercerita tentang hewan Tanuki atau Anjing Rakun, hidup dengan damai di hutan-hutan pegunungan di Jepang. Mereka menjalani hidup dengan ceria, berkembang biak, dan mencari makan dengan tenang.

Tumbuhnya perekonomian Jepang mulai tahun 60-an membuat negara itu mulai memperluas lahan untuk pemukiman dan industri.

Celakanya, karena ekspansi lahan besar-besaran dan keterbatasan lahan, perbukitan tempat para Tanuki hidup pun harus rela ditebangi pepohonannya serta diratakan tanahnya.

Baca juga: Wow! 5 Anime Jepang Ini Berhasil Pecahkan Rekor Dunia

Akibatnya, lahan yang makin sempit membuat habitat karnivora mirip Rakun itu semakin terhimpit dan saling berkelahi untuk memperebutkan makanan.

Dua kelompok utama Tanuki pimpinan Seizaemon dan Gonta saling berkelahi. Untunglah, para tetua berhasil meyakinkan mereka untuk menghentikan permusuhan dan bersatu untuk menghadapi persaingan dengan manusia.


Tonari no Totoro (1998)



Judul Lain: My Neighbour Totoro
Musim Rilis: Spring 1998
Tanggal Tayang: 16 April 1998
Studio yang Memproduksi: Studio Ghibli
Durasi per Episode: 1 Jam 26 Menit
Genre: Adventure, Comedy, Supernatural
Skor di MyAnimeList: 8.38

Sinopsis

Rekomendasi Anime movie karya Studio Ghibli berikutnya adalah Tonari no Totoro. Film anime paling populer dari Studio Ghibli ini menceritakan tentang dua anak perempuan, Satsuki dan Mei, yang baru saja pindah ke rumah barunya di desa bersama orangtuanya.

Ketika sampai di rumah baru, mereka merasa ada yang misterius di sana. Mereka bertemu makhluk berwarna hitam yang menghuni tempat sepi dan sunyi. Selain itu, mereka juga diberi tahu oleh nenek yang menjadi tetangga mereka bahwa desa tersebut penuh dengan cerita tentang makhluk-makhluk yang menakjubkan.

Suatu hari, Mei pergi ke kebun dan melihat dua makhluk kecil. Dia mengikuti mereka sampai ke sebuah pohon besar di hutan. Mei masuk ke lubang di pohon dan jatuh ke dalam rumah rahasia mereka. Di sana, Mei menemukan sesosok makhluk raksasa. Ketika menanyakan namanya, makhluk tersebut hanya berkata To to ro.

Mei kemudian memanggilnya Totoro. Namun, Mei kemudian kelelahan dan dia tertidur di sana. Ketika bangun, dia tiba-tiba sudah berada di tengah hutan dan Totoro sudah tidak ada. Suatu hari, Mei dan Satsuki bertemu lagi dengan Totoro di pemberhentian bus. Ini menjadi awal pertemanan mereka dengan roh misterius tersebut.

Jika kamu menyukai film anime karya Studio Ghibli, maka film Tonari no Totoro ini sangat wajib kamu tonton. Jangan sampai melewatka film studio ghibli terbaik satu ini!


Sen to Chihiro no Kamikakushi (2001)



Judul Lain: Spirited Away
Musim Rilis: Summer 2001
Tanggal Tayang: 20 Juli 2001
Studio yang Memproduksi: Studio Ghibli
Durasi per Episode: 2 Jam 5 Menit
Genre: Adventure, Drama, Supernatural
Skor di MyAnimeList: 8.87

Sinopsis:

Sen to Chihiro no Kamikakushi atau lebih dikenal dengan judul Spirited Away adalah anime movie keren lainnya dari studio Ghibli yang mungkin belum banyak diketahui oleh pecinta anime di Indonesia.

Anime movie terbaik ini mengisahkan tentang Cihiro, gadis berusia sepuluh tahun yang pindah ke kota lain bersama orang tuanya. Dia tidak begitu senang dengan rencana kepindahan tersebut dan hanya mempertimbangkan bagaimana rencana tersebut memengaruhi dirinya, mengeluh tentang semuanya termasuk sekolah barunya sampai buket bunga yang telah diberikannya kepada teman-temannya sebagai hadiah.

Ketika sedang mencari rute yang lebih dekat ke rumah baru mereka, Ayah Chihiro mengendara ke jalan kecil yang berakhir ke bangunan misterius. Orang tua Chihiro penasaran dan masuk melewati gerbang yang gelap dari bangunan tersebut.

Di sisi lain, mereka menemukan apa yang mereka asumsikan sebagai taman bermain yang sudah ditinggalkan, yang nantinya disingkap bahwa tempat itu sebenarnya perbatasan antara dunia arwah dan dunia manusia.

Spirited Away tidak diragukan lagi merupakan film terbaik Studio Ghibli, film animasi karya Hayao Miyazaki ini bahkan memenangkan Oscar untuk kategori Best Animation.


Umi ga Kikoeru (1993)



Judul Lain: Ocean Waves
Musim Rilis: Spring 1993
Tanggal Tayang: 5 Mei 1993
Studio yang Memproduksi: J.C.Staff, Studio Ghibli
Durasi per Episode: 1 Jam 12 Menit
Genre: Drama, Romance, School, Slice of Life
Skor di MyAnimeList: 6.81

Sinopsis:

Ocean Waves adalah sekolah tinggi yang ditetapkan kisah cinta di Kochi, Jepang. Morisaku Taku dan Matsuno Yutaka yang terbaik teman-teman ketika seorang gadis dari Tokyo bernama Muto Rikako transfer ke sekolah mereka.

Tidak termasuk dirinya dari kegiatan kelompok, dia akhirnya dicap sombong. Matsuno naksir Rikako, sehingga tidak mengherankan bahwa ia mendapat sedikit cemburu ketika Morisaku dan Rikako mulai menghabiskan lebih banyak waktu bersama-sama.

Desas-desus di sekitar sekolah memburuk, namun Morisaku masih bersikeras tidak ada antara dia dan Rikako.


Lebih banyak film terbaik Studio Ghibli dapat kamu baca di bagian ke-2. Klik Next yuk..

Next > Film Studio Ghibli Terbaik Bag. 2

0 Response to "20+ Film Studio Ghibli Terbaik, dari Hotaru no Haka sampai Spirited Away"