-->

Top 10 Anime tentang Membuat Manga dan Anime, dari Bakuman sampai Nozaki-kun


Adakah anime yang mengisahkan tentang komikus, mangaka dan animator?

Selowae.Net – Industri anime sangat sulit untuk ditembus, tetapi dengan anime yang sepopuler itu, banyak penggemar berharap suatu hari nanti menjadi nama besar di lapangan. 

Dari penulis hingga pengisi suara, anime adalah karir yang menarik namun menuntut, dan banyak seniman mengungkapkan rasa frustrasi mereka terhadap industri ini melalui karya seni mereka, menciptakan anime yang mengeksplorasi sisi terang dan gelap dari profesi tersebut.

Banyak anime mengeksplorasi kesulitan yang dialami animator, sutradara, produser, dan  pengisi suara  untuk membuat karya seni mereka, tetapi beberapa melakukannya lebih baik daripada yang lain. 

Beberapa menggunakan nada ringan untuk menyajikan proses semenarik mungkin, tetapi yang lain bekerja keras di sisi yang lebih gelap, memperingatkan pendatang baru dan penggemar bahwa industri ini tidak semuanya cerah dan mawar.

Baca juga: Anime tentang Renang


Rekomendasi Anime tentang Membuat Manga dan Anime

#1 – Bakuman, Tentang Mangaka dan Industri Manga Jepang

Rekomendasi Anime tentang Membuat Manga dan Anime #1 – Bakuman, Tentang Mangaka dan Industri Manga Jepang

Bakuman bisa dibilang adalah manga yang mengisahkan tentang membuat manga yang paling keren dan paling populer.

Artis Mashiro dan penulis Takagi mencoba untuk menerbitkan manga bersama, melawan ketidakamanan pribadi mereka serta ketakutan Mashiro untuk bekerja terlalu keras. 

Bekerja berlebihan adalah masalah serius dalam industri kreatif, dan Bakuman mengeksplorasi topik ini dengan hati-hati, memeriksa mengapa manga membutuhkan waktu lama untuk dibuat dan mengapa pencipta terkadang harus mengambil jeda.

Ceritanya menyentuh hati dan tulus, dengan dua orang teman bekerja sama untuk menciptakan sesuatu yang dapat mereka banggakan sambil tetap berpegang pada prinsip mereka. Mereka juga bekerja sama dengan Azuki, seorang aktris pengisi suara yang bercita-cita tinggi, yang dijanjikan Mashiro untuk dinikahi setelah manga mereka menjadi cukup populer untuk mendapatkan adaptasi anime.

Anime tentang manga

#2 – Shirobako, Tentang Impian Membuat Anime

Top 10 Anime tentang Membuat Manga dan Anime, dari Bakuman sampai Nozaki-kun

Shirobako adalah anime hebat yang mengikuti sekelompok siswa yang berjanji untuk bekerja sama dalam sebuah anime satu hari setelah mereka lulus, dan masing-masing mengambil pekerjaan di industri tersebut untuk mencapai tujuan mereka.

Shirobako  adalah salah satu anime paling akurat tentang pembuatan anime. Tokoh utamanya, Aoi, bekerja sebagai asisten produksi dan memiliki andil di banyak departemen yang berkontribusi dalam pembuatan anime. 

Acara ini mengikuti produksi dua jenis anime, serial orisinal dan adaptasi manga, menunjukkan kesulitan dan kemenangan yang dilalui studio untuk menghasilkan karya tersebut.


#3 – Genshiken, Tentang Klub Otaku dan Pembuat Manga

#3 – Genshiken, Tentang Klub Otaku dan Pembuat Manga

Genshiken,  kependekan dari "The Society for the Study of Modern Visual Culture," mengikuti sekelompok otaku (bahasa gaul Jepang untuk tipe geeky atau kutu buku) saat mereka menjelajahi hobi yang berhubungan dengan anime seperti pergi ke Akihabara, bermain video game, dan cosplay.

Generasi Kedua klub dipimpin oleh penggemar yaoi Ogiue, yang menggambar manga dan sering merekrut klub untuk membantunya menyelesaikan tugas.

Baca juga: Pasangan Paling Serasi di Anime

Penggambaran Genshiken  tentang budaya otaku memiliki banyak kesamaan dengan anime slice-of-life lainnya seperti  Lucky Star  dan  Welcome to NHK,  menempatkan otaku sebagai peran utama dan menyinari hobi klub tersebut.


#4 - Keep Your Hands Off Eizouken, Tentang Industri Animasi Jepang

#4 - Keep Your Hands Off Eizouken, Tentang Industri Animasi Jepang

Keep Your Hands Off Eizouken mengikuti tiga gadis muda saat mereka mencoba membuat film animasi pendek meskipun mendapat tentangan dari sekolah, teman sebaya, dan orang tua mereka.

Setiap gadis utama memiliki bakat khusus yang dimilik: penganggaran, desain konsep, dan animasi yang sebenarnya.

Penggambaran Eizouken tentang  industri animasi mendapatkan banyak hal dengan benar , terutama tenggat waktu yang ketat dan standar ketat yang harus dipatuhi oleh animator. 

Salah satu gadis, Kanamori, menjaga aturan dan anggaran yang ketat yang sering membuat seniman harus berkompromi dengan visi mereka, tetapi mereka terus bekerja sama untuk menciptakan sesuatu yang indah.


#5 - Remake Our Life, Time Travel Ke Masa Lalu untuk Menjadi Developer Game

Remake Our Life, Time Travel Ke Masa Lalu untuk Menjadi Developer Game

Rekomendasi anime tentang membuat manga dan animasi selanjutnya adalah di Remake Our Life. Anime ini berkisah tentang pengembang game yang bercita-cita tinggi namun kurang beruntung, Kyoya, dipindahkan 10 tahun ke masa lalu dan mendapat kesempatan untuk mengubah hidupnya.

Dia berteman dengan sekelompok individu berbakat — artis, penyanyi, dan penulis — dan mulai mencoba menjadi developer yang sukses. Namun, tidak semuanya berjalan dengan sempurna, dan Kyoya harus menghadapi rasa tidak amannya sambil membantu teman-temannya mengatasi rasa tidak aman mereka sendiri.

Bersama-sama, grup tersebut membuat berbagai jenis film pendek dan permainan visual seperti novel menggunakan gaya anime untuk karakternya. 

Remake Our Life menunjukkan sisi buruk produksi serta mengeksplorasi apa yang memotivasi artis, bagaimana mereka bekerja sama, dan apa yang diperlukan untuk menciptakan sesuatu yang hebat.


#6 - Comic Party, Tentang Pembuat Manga Doujinshi

#6 - Comic Party, Tentang Pembuat Manga Doujinshi

Terinspirasi oleh Comiket, konvensi anime dan manga terkenal di Tokyo, dan aslinya adalah video game sim kencan,  Comic Party  mengikuti Kazuki saat dia mencoba membuat dan menjual manga doujinshi (diterbitkan sendiri) bersama teman-temannya. 

Terlepas dari tentangan dari teman masa kecilnya, Kazuki membentuk sebuah tim dan menjalani proses pembuatan manga yang sulit namun bermanfaat.

Baca juga: 15 Rekomendasi Serial Tv Terbaik

Teman masa kecil Kazuki mengalami kesulitan menerima karir barunya, tetapi melihat hasratnya dan menghadiri beberapa konvensi bersamanya sudah cukup untuk membujuknya ke sisinya. 

Tidak seperti banyak anime di mana karakter utamanya dikuasai sejak awal, Kazuki memulai dengan cukup berbakat tetapi tidak meroket dalam popularitas dalam semalam, malah berjuang dan mencoba yang terbaik untuk menciptakan karya yang bisa dibanggakannya.


#7 - Sore Ga Seiyuu, Tentang Para Seiyuu (Pengisi Suara) Animasi

#7 - Sore Ga Seiyuu, Tentang Para Seiyuu (Pengisi Suara) Animasi

Sore Ga Seiyuu adalah anime tentang tiga pengisi suara (seiyuu) pendatang baru — Futaba, Ichigo, dan Rin — yang berjuang untuk berhasil di dunia akting suara anime. Menemukan sedikit kesuksesan dan peran terbatas, ketiga sahabat itu memulai acara radio untuk meningkatkan popularitas mereka.

Banyak  pengisi suara yang pantas mendapat pujian lebih untuk pekerjaan mereka , dan pertunjukan ini menyelidiki dengan tepat mengapa demikian. 

Dari bingkai pertama pertunjukan, para aktor diperlihatkan melakukan yang terbaik untuk bekerja sambil berurusan dengan produser yang menuntut dan persaingan dari aktor yang jauh lebih terkenal. Karakternya lucu, dan ceritanya membuat mereka disayangi oleh penonton, membuat mereka mudah di-root.


#8 – Barakamon, Tentang Seorang Ahli Kaligrafi

#8 – Barakamon, Tentang Seorang Ahli Kaligrafi

Handa, seorang ahli kaligrafi terkenal, pindah ke pulau terpencil untuk mengembangkan gaya kaligrafinya sendiri setelah diberi tahu bahwa dia terlalu "buku pelajaran" untuk membuatnya di industri seni. Handa kekanak-kanakan dan temperamental, tetapi dia datang untuk mengagumi orang-orang di pulau itu dan bergaul dengan Naru, seorang gadis muda sembrono yang mendapat masalah di sekitar rumah Handa.

Beberapa karakter di acara itu selain Handa juga tertarik dengan industri seni, terutama Tamako, yang merupakan seniman manga yang bercita-cita tinggi. Anime yang baik hati ini adalah jam tangan yang menyenangkan dan santai, karena Handa meningkatkan seninya dan mengenal orang-orang di sekitarnya yang pada awalnya dia anggap aneh dan kuno.


#9 - Girlish Number, Tentang Seiyuu yang Terlalu Percaya Diri

#9 - Girlish Number, Tentang Seiyuu yang Terlalu Percaya Diri

Chitose adalah pengisi suara yang terlalu percaya diri yang menyalahkan industri karena kurangnya ketenaran sampai dia mendapat peran dalam anime idola bersama empat aktris lainnya. 

Chitose mementingkan diri sendiri dan ingin pengakuan, pada satu titik membayangkan dirinya berada di karpet merah dikelilingi oleh penggemar yang memujanya, dan sering bertindak buruk kepada teman-temannya karena sifatnya yang licik dan kurang ajar.

Baca juga: Rekomendasi Anime Bertema Spy Terbaik

Girlish Number  tidak menarik pukulannya ketika datang untuk memeriksa industri anime, dan itu sering memunculkan sisi gelapnya, menampilkan produser dan sutradara acara Chitose sebagai orang yang suka ikut campur dan serakah yang akan menggertak pekerja mereka untuk melakukan apa adanya. diberi tahu.


#10 - Monthly Girls Nozaki Kun, Tentang Mangaka dan Kisah Komedi Romantis

#10 - Monthly Girls Nozaki Kun, Tentang Mangaka dan Kisah Komedi Romantis

Satu lagi anime tentang pembuat manga terbaik untuk kalian tonton, yaitu Monthly Girls Nozaki Kun.  Sebuah  anime romansa yang hebat bahkan untuk penggemar non-anime ,  Monthly Girls Nozaki Kun mengikuti Sakura saat dia mencoba membuat seniman manga Nozaki memperhatikannya. 

Manga Nozaki memainkan peran besar dalam serial ini, karena memungkinkan Sakura untuk lebih dekat dengan Nozaki dengan menjadi asistennya dan memperkenalkan banyak karakter menyenangkan yang membantu Nozaki dalam pekerjaannya.

Anime ini mengeksplorasi kesulitan menjadi seniman manga dengan cara yang lucu. Misalnya, Nozaki mencoba berbagai kostum cosplay untuk memahami perasaan karakternya. Saat Sakura mencoba untuk menyatakan cintanya kepada Nozaki, artis tersebut lebih disibukkan dengan membuat manga yang bagus dan sering memprioritaskan karyanya, tetap tidak menyadari perasaan Sakura.


Nah, itu dia 10 rekomendasi anime terbaik yang mengisahkan tentang karakter utama yang membuat manga dan anime di Jepang. Adakah yang belum kamu tonton? Baca juga: Manga Keren yang Belum Diadaptasi Anime

0 Response to " Top 10 Anime tentang Membuat Manga dan Anime, dari Bakuman sampai Nozaki-kun"