Rabu, 07 November 2018

Mengenal Jason Todd, Robin Generasi Kedua yang Dibunuh Joker


Siapa itu Jason Todd? Simak asal-usul Jason Todd hingga menjadi Robin berikut ini!


Selowae.Net Jason Todd dibesarkan di sebuah pemukiman kumuh di Kota Gotham. Putra dari Katherine Elizabeth dan Willis Todd ini adalah anak yang sangat bermasalah. Hal itu dikarenakan kedua orang tuanya sering bertengkar dan Ibunya sendiri adalah seorang pecandu narkoba. Namun, ayahnya masih berusaha untuk menunjukkan kepeduliannya meski sering terlibat masalah karena kelakuan nakal Jason.

siapa jason todd robin generasi kedua dibunuh joker

Siapa itu Jason Todd?


Tingkah laku Jason Todd ternyata membuat Joker tertarik. Ia langsung berencana membuatnya menjadi Robin baru bagi Batman dan kemudian menggunakannya untuk menyerang sang Dark Knight. Di sinilah kita mengetahui bahwa Joker bukan hanya badut gila, tapi juga seorang musuh jenius yang sangat berbahaya. Rencana jangka panjangnya benar-benar dibuat sesempurna mungkin untuk menghancurkan kehidupan Batman.


Rencana Joker dimulai. Awalnya, Joker membuat ayah Jason masuk penjara dan kemudian membunuhnya menggunakan orang suruhan di penjara. Setelahnya, dengan memanfaatkan sifat ketergantungan Ibu Jason terhadap Narkoba, Joker memberi hadiah kepada ibu Jason sebuah narkoba dengan racun yang membuatnya langsung tewas karena over dosis.

Jason Todd yang kini yatim piatu, mau tidak mau menjadi seorang kriminal dengan mencuri dan juga mengedarkan obat-obatan terlarang. Jason melakukan segala cara untuk bisa bertahan hidup, walau dia mempunyai prinsip untuk tidak pernah menyakiti siapapun.

Suatu hari, Jason terluka karena kecelakaan yang membuatnya harus dirawat di klinik medis. Di sana Jason bertemu dengan Dr. Leslie Thompson, meskipun dia baik terhadap Jason, namun karena ingin segera keluar dari tempat tersebut dan juga karena tidak dapat membayar tagihan, akhirnya dia kabur dari klinik itu.


Baca juga: Macam-macam Robin, Sidekick Batman dari Generasi ke Generasi



Sebelum berhasil kabur, Jason dihadang oleh Batman. Dr.Leslie meyakinkan Batman agar tidak menahan bocah tersebut. Di kesempatan itu, Batman menyadari bahwa si bocah punya potensi dari gerakan-gerakannya saat mencoba kabur darinya. Batman pun membawa Jason Todd ke Batcave dan mengungkapkan identitas aslinya sebagai Bruce Wayne.

Batman pun melatih dan mengangkat Jason Todd sebagai Robin kedua, menggantikan Dick Grayson yang telah beraksi sendiri sebagai Nightwing.


Sepak Terjang Robin (Jason Todd) dan Cerita Kematiannya



Setelah melewati banyak pelatihan dari Batman, akhirnya Jason Todd resmi menjadi Robin kedua menggantikan posisi Dick Grayson. Selain belajar beladiri dari Batman, Jason Todd juga mendapatkan pelatihan dari Nightwing (Dick Grayson) yang sering datang ke Batcave. Sebagai seorang Robin, dia juga pernah bertemu Speedy (Roy Harper) saat Batman bekerja sama dengan Green Arrow. Dikemudian hari, Jason dan Roy menjadi sahabat baik dan membentuk tim sendiri.

Suatu malam, saat bertugas menjadi sidekick Batman, Robin kedua ini menemukan fakta bahwa ternyata ibunya masih hidup. Hal tersebut membuat Jason Todd sangat gembira, hingga akhirnya dia menggunakan semua kemampuan yang diajarkan Batman untuk menemukan sang ibu.

Ternyata itu semua adalah bagian dari rencana Joker.  Penyelidikannya dalam mencari sang ibu membuat Robin jatuh ke dalam perangkap Joker yang telah direncanakan sejak lama. Setelah pada akhirnya Joker menangkap Robin, ia memukuli remaja tersebut menggunakan linggis, dan akhirnya meninggalkannya dalam keadaan sekarat bersama dengan Bom yang segera meledak.
siapa jason todd adalah robin kedua yang dibunuh joker
kematian Jason Todd (Robin)

Batman yang telat mengetahui hal ini, tidak berhasil menolong nyawa Robin. Kejadian inilah yang menyebabkan Batman terpuruk dan bahkan trauma. Sebuah tanda keberhasilan rencana Joker yang ingin menghancurkan Batman.


Artikel terkait:



Kebangkitan Jason Todd


asal usul dan kekuatan jason todd adalah

Setelah dibiarkan tewas dalam waktu cukup lama, akhirnya DC Comics menghidupkan kembali sang Robin kedua ini. Diceritakan Talia Al Ghul membangkitkan Jason Todd dengan bantuan dari Lazarus Pit. Setelah berhasil dibangkitkan, Talia kemudian menyerahkan remaja itu ke pelatihan Ducra, instruktur dari All Caste yang merupakan kultus rahasia. Dalam masa pelatihannya bersama dengan All Chaste, Jason Todd mempunyai hubungan romantis dengan salah satu anggotanya, yaitu Essence.

Setelah lulus dari pelatihan All Chaste, Ducra memerintahkan Jason Todd untuk pergi dan meluapkan rasa amarahnya terhadap Joker. Selain itu, Jason juga resmi bergabung dengan League of Assassins di bawah bimbingan Bronze Tiger dan Lady Shiva. Beberapa tahun kemudian, Jason mengundurkan diri dari League of Assassins dan mencari keadilan di tempat lainnya. Dia pun kembali beraksi, namun tidak lagi sebagai Robin melainkan sebagai seorang antihero bernama Red Hood.


Demikian pengenalan tentang Jason Todd dan sepak terjangnya sebagai Robin generasi kedua. Klik Next untuk membaca sepak terjang Jason sebagai Red Hood.

Next > Asal-Usul dan Kekuatan Red Hood

Previous Post
Next Post

0 komentar: