Senin, 05 November 2018

Mengenal Blue Beetle (Ted Kord) dan Sepak Terjangnya dalam Komik DC


Siapa sebenarnya Blue Beetle? Simak asal-usul dan kekuatan Blue Beetle II!


Selowae.Net – Siapa itu Blue Beetle? Ted Kord alias Blue Beetle adalah pemuda cerdas yang memiliki IQ 192, tentu saja ini membuatnya menjadi salah satu karakter DC tercerdas. Saat kuliah, Ted mengambil jurusan fisika, sastra inggris dan juga matematika, dia juga ikut andil dalam bisnis ayahnya, Thomas Kord, dalam Kord Omniversal Research and Development. Inc di Chicago.

Meski sangat cerdas dan menguasai banyak hal, namun sebenarnya Ted Kord sama sekali tidak mempunyai tujuan dalam hidupnya.

siapa blue beetle adalah asal-usul blue beetle

Sejarah asal-usul Blue Beetle dan Kekuatannya


Ketika Jarvis Kord, pamannya, berusaha untuk menguasai dunia dengan memanfaatkan teknologi dari perusahaan sang ayah, Ted langsung bertindak untuk menghentikannya dengan bantuan dari Dan Garret, seorang ahli arkeologi dan juga dosennya.  Selain itu, Dan Garret juga merupakan Blue Beetle pertama yang memiliki kemampuan super dari sebuah artifak kuno bernama Scarab yang ia temukan di Bialya.



siapa blue beetle adalah asal-usul dan kekuatan blue beetle ted kord

Apa saja kekuatan Blue Beetle?


Dalam perjalanan menghentikan rencana jahat Jarvis Kord, Dan Garret terluka parah dan kemudian menyerahkan Scarab kepada Ted Kord. Sayangnya, Ted tidak bisa menggunakan Scarab yang diberikan padanya. Akhirnya Ted menyimpan Scarab tersebut dan menghadapi Jarvis dengan hanya berbekal kejeniusan dan sumber daya yang ia miliki. Setelah melalui perjuangan yang cukup sengit, Ted akhirnya berhasil menghentikan rencana jahat pamannya tersebut.

Ted Kord kemudian melatih dirinya sampai kondisi batas maksimal. Ted juga berlatih gymnastic serta akrobatik, dia juga membuat kostum Blue Beetle nya sendiri serta peralatan-peralatan canggih yang menunjangnya sebagai seorang superhero. Peralatan tersebut adalah:

1. BB Gun : Sebuah senjata non-lethal tapi bisa menciptakan semacam sinar yang menyilaukan dan juga membuat semacam energi dari tekanan udara yang amat kuat. BB Gun bahkan mampu menjatuhkan seekor badak.

2. The Bug : Sebuah pesawat mini yang berbentuk kumbang dengan teknologi canggih. The Bug juga bisa dikendalikan lewat remote control pada sarung tangannya.

3. Kostum Blue Beetle milik Ted Kord terbuat dari serat logam yang kuat, terhubung langsung pada sarung tangan dan juga helmnya.

Dengan peralatan-peralatan tersebut, Ted Kord mendeklarasikan dirinya sebagai seorang superhero dengan nama BLUE BEETLE, penerus dari Dan Garret yang merupakan Blue Beetle generasi pertama.


Kematian Blue Beetle


Setelah ibunya meninggal dunia, ayah Ted Kord mengabaikan semua proyek di Kord Omniversal. Akhirnya Ted yang masih muda mewarisi perusahaan besar ayahnya dan mengembangkannya menjadi salah satu perusahaan dalam bidang sains yang terkemuka dan mampu menyaingi Star Labs.

Kisah kematian Blue Beetle dimulai ketika pada suatu hari Barbara Gordon (Oracle) memberitahukan suatu hal ganjil terkait pendanaan Kord Omniversal kepada beberapa perusahaan yang tidak jelas. Singkat cerita, Ted Kord akhirnya menyelidiki hal tersebut dan mengetahui bahwa pendanaan itu digunakan untuk mendanai project O.M.A.C.

Setelah menyelidiki lebih dalam, Ted  menemukan fakta mengerikan bahwa proyek tersebut sangat berbahaya karena bisa memusnahkan semua superhero.

Mengetahui hal ini, Ted mencoba mendapatkan bantuan dari superhero lainya dengan memberitahukan hal tersebut. Namun para superhero tidak ada yang mempercayainya, karena Ted memang seringkali bercanda seperti itu.

Untunglah, akhirnya ada juga yang mempercayainya, yaitu Booster Gold. Bersama Booster Gold, Ted yang merupakan Blue Beetle generasi kedua kemudian menyelidiki project O.M.A.C. Sayangnya, Booster Gold akhirnya K.O akibat serangan dari Madmen yang seharusnya ditujukan pada Blue Beetle. Kejadian ini membuat Booster Gold harus dirawat di rumah sakit.

Tanpa bantuan Booster Gold, Blue Beetle tetap melanjutkan penyelidikannya dan berhasil  melacak keberadaan markas dari sang penyerang yang ada di pegunungan Alpen, Swiss.

daftar kekuatan blue beetle adalah
Blue Beetle ditembak mati Maxwell Lord

Diketahui kemudian bahwa tempat itu adalah markas milik organisasi Checkmate yang diketuai oleh Maxwell lord dan Black King.  Terungkap juga terkait Project O.M.A.C yang berisikan segala file rahasia superhero termasuk kelemahan mereka semua, namun Blue Beetle gagal menghentikan Maxwell Lord dan malah tertangkap.

Maxwell Lord menawarkan kepada Blue Beetle untuk bergabung dengannya dalam project O.M.A.C. dan memusnahkan semua metahuman. Blue Beetle menolak, dan karena hal tersebut, Maxwell Lord menembak Blue Beetle tepat di kepala. Superhero berkostum biru ini pun meninggal dunia.


Kebangkitan Blue Beetle (Ted Kord)


Ketika Booster Gold melakukan petualangan dengan Rip Hunter (Time Master), ia memaksa Rip agar dapat menyelamatkan Ted Kord dari kematiannya di masa lalu. Rip menolaknya karena hal itu dapat mengacaukan tatanan waktu.

Sampai akhirnya tibalah Blue Beetle dari masa depan, Jaime Reyes dan juga Blue Beetle dari masa lalu, Dan Garret. Blue Beetle masa depan mengatakan bahwa menyelamatkan nyawa Ted Kord sangatlah penting, namun Rip tetap pada pendiriannya. Meski begitu, Booster Gold tetap berusaha mencegah kematian Ted Kord dengan bantuan dua Blue Beetle lainnya.

Misi berhasil. Ted Kord berhasil diselamatkan tepat sebelum Maxwell Lord menembak kepalanya. Namun, saat hendak kembali ke masa depan, Booster dan Ted mengetahui bahwa timeline benar-benar berubah drastis seperti apa yang dikatakan Rip Hunter.

Baca juga: Kid Flash, Sidekick The Flash dari Generasi ke Generasi


Dalam masa depan yang baru ini, project O.M.A.C. berhasil dan para superhero tunduk di bawah pengaruh Maxwell Lord. Blue Beetle dan Booster Gold pun bergabung dengan Green Arrow dan juga Hawkman, superhero yang tersisa saat itu.

Blue Beetle melihat kengerian di mana kawan-kawannya sesama superhero saling membunuh satu sama lain. Akhirnya ia menyadari bahwa untuk membuat semua kembali normal adalah dengan membiarkan hal yang seharusnya terjadi.  Ia pun mengorbankan dirinya sendiri dan menghilang dalam Time Sphere. Setelah kejadian itu semuanya kembali normal.

Dalam event Blackest Night, Ted Kord dihidupkan lagi oleh Black Lantern. Namun saat itu Ted tidak dapat menemukan Booster Gold karena sahabatnya sedang sibuk menjadi time master. Ted kemudian memancing Booster Gold untuk kembali ke abad 21. Dengan bantuan cincin Black Lantern, Ted mampu mengalahkan Supernova, Skeets dan juga Blue Beetle III (Jamie Reyes).

Akhirnya Booster Gold datang untuk menghentikan sahabatnya yang ada dalam pengaruh Black Lantern, ia pun mengalahkannya. Booster kemudian menguburkan jasad Ted di sebuah lokasi dimana waktu tidak berlaku disana.


Demikian pengenalan singkat tentang Blue Beetle generasi kedua, yaitu Ted Kord. Klik Next untuk membaca asal-usul dan kekuatan Booster Gold.

Next > Top 12 Fakta Booster Gold

Previous Post
Next Post

0 komentar: