Senin, 23 Juli 2018

Asal-Usul Aquaman dari Masa ke Masa


Simak asal-usul Aquaman dari masa ke masa dalam komik DC berikut ini!


Selowae.Net Aquaman mungkin salah satu superhero yang sering dianggap remeh oleh banyak penggemar. Hal ini umumnya disebabkan serial kartun “Superfriend” di mana Aquaman digambarkan sebagai seorang superhero kelas dua yang kekuatan terhebatnya adalah mampu berbicara dengan ikan. Tapi sebenarnya Aquaman memiliki sejarah dan cerita yang tidak kalah menariknya dengan tokoh-tokoh ikonik DC Comics lainnya.

Asal-Usul Aquaman dari Masa ke Masa

Ia merupakan superhero pertama yang menikah dan mempunyai anak. Aquaman juga dapat dikatakan sebagai salah satu superhero yang memiliki kekuatan paling besar di dunia DC, karena ia dapat menguasai dua pertiga wilayah Bumi dan dapat membuat sebagian besar penghuninya mematuhi semua perintahnya.

Berikut merupakan cerita asal-usul Aquaman dalam komik yang telah beberapakali berganti. Mari disimak!


Golden Age Aquaman


Aquaman memulai debutnya dalam buku More Fun Comics #73 pada tahun 1941 yang ditulis oleh Mort Wesinger dan digambar oleh Paul Norris, ia merupakan putra seorang ilmuwan ahli laut. Berkat pengetahuan yang dimiliki ayahnya serta beberapa eksperimen rahasia, Aquaman memiliki kemampuan untuk bernapas dalam air, bertahan dalam tekanan air dan ia dapat berenang dengan kecepatan luar biasa.

Pada saat itu, Aquaman baru dapat berkomunikasi dengan cara berbicara langsung pada makhluk lautan yang berada di dekatnya. Sebagai basis operasinya, Aquaman menggunakan tempat yang ditemukan ayahnya, sebuah lokasi yang diyakininya merupakan Atlantis.

Karena memulai petualangannya pada tahun 40-an, saat Perang Dunia II berkecamuk, maka sebagian besar musuh yang dihadapi Golden Age Aquaman adalah berbagai penjahat bertema Nazi.


Baca juga: Daftar Film Animasi Justice League dari Masa ke Masa



Silver Age Aquaman


Pada tahun 1959, asal-usul Aquaman akhirnya dijelaskan secara lebih mendetail. Aquaman sebenarnya adalah Arthur Curry, putra seorang penjaga mercusuar bernama Tom Curry dan Atlanna, seorang wanita asal Atlantis. Kekuatan super yang dimiliki Aquaman bersumber dari faktor genetis kedua orang tuanya.

Aquaman kini memiliki tenaga super, dan mampu berkomunikasi secara telepati dengan berbagai bentuk kehidupan di laut. Tapi penambahan kekuatan Aquaman diikuti dengan dibuatnya kelemahan besar, yaitu ia akan mati jika tidak bersentuhan dengan air setiap satu jam.

siapa aquaman adalah, asal usul mula aquaman dc comics kemampuan

Selain menceritakan tentang asal-usulnya, juga dikisahkan petualangan Aquaman saat ia masih remaja dan menggunakan nama Aquaboy. Di saat inilah ia pertamakali bertemu dengan Superboy. Mereka berdua merupakan dua superhero pertama dunia DC karena pada saat itu Batman masih dalam masa pelatihan dan Wonder Woman masih berada di Paradise Island.

Aquaman kemudian menjadi salah satu tokoh pendiri Justice League of America. Ia juga memiliki seorang sidekick bernama Aqualad yang merupakan seorang remaja yatim piatu asal Atlantis.

Aquaman akhirnya bertemu dengan bangsa Atlantis yang mengenalinya sebagai putra Atlanna. Ia pun diangkat sebagai raja Atlantis, setelah penguasa Atlantis yang terakhir tidak mempunyai keturunan. Aquaman lalu menikah degan Mera, seorang ratu dari dimensi lain. Mereka berdua memiliki seorang anak bernama Arthur Jr.


Modern Aquaman


Setelah peristiwa dalam Crisis on Infinite Earths, asal-usul Aquaman mengalami perombakan besar. Kini Aquaman adalah Orin, putra dari ratu Atlanna dan penyihir kuno Atlantis bernama Atlan. Karena Orin memiliki rambut pirang yang dianggap sebagai kutukan di kalangan bangsa Atlantis, ia ditinggal di sebuah pantai bernama Mercy Reef.

Orin beruntung karena seorang penjaga mercusuar bernama Arthur Curry menemukannya dan menganggapnya sebagai putranya sendiri. Saat Orin remaja, Arthur Curry yang sudah tua meninggal dunia, tapi sebelum ia menghembuskan nafas terakhirnya ia mengatakan bahwa kini Orin dapat menggunakan namanya. Sejak saat itulah Orin menggunakan nama Arthur Curry.

Setelah melalui perjalanan panjang, Orin akhirnya tiba di Poseidons, kota kelahirannya. Tapi ia ditangkap oleh pihak penguasa kota. Saat berada dalam penjara, Orin bertemu dengan Nuidis Vulko, seorang ilmuwan yang merupakan salah satu orang yang mencegah diasingkannya Orin saat pangeran Atlantis itu masih bayi.

Orin yang kemudian mengetahui bahwa ibunya telah meninggal dalam tahanan berhasil melarikan diri. Tanpa ia ketahui, tindakannya itu memicu terjadinya pemberontakan terhadap penguasa Poseidons yang menindas rakyat Atlantis.

Setelah meninggalkan Atlantis, Orin memulai karirnya sebagai seorang superhero. Ia pertama kali disebut dengan nama Aquaman saat para wartawan yang meliputnya melihat huruf A yang dikenakannya, dan kemampuannya yang berhubungan dengan air. Beberapa bulan kemudian, Aquaman kembali ke Atlantis yang kini dipimpin oleh Dr. Vulko. Vulko yang menyadari bahwa Aquaman memiliki darah keluarga kerajaan Atlantis segera mengangkatnya menjadi raja Atlantis.

Setelah menjadi raja Atlantis, Aquaman berusaha memperkenalkan kerajaan kekuasaannya ini pada negara-negaralain yang ada di dunia dan sekaligus berusaha menyatukan kota-kota yang menjadi bagian Atlantis ke dalam satu kesatuan.

Peristiwa besar menimpa Aquaman dan kerajaannya terjadi pada tahun 2001 dalam event Out World War. Di dalamnya diceritakan bahwa Aquaman beserta kota Poseidons hilang dan dinyatakan hancur. Sebenarnya mereka dipindahkan ke masa lalu oleh seorang penyihir bernama Gamemnae. Rakyat Atlantis yang ada di kota itu dijadikan buak dan Aquaman diubah wujudnya menjadi sesosok air hidup yang dikurung dalam sebuah kolam. Setelah 15 tahun berada di bawah kekuasaan Gamemnae, para rakyat Atlantis dan Aquaman berhasil dibebaskan oleh JLA. Tapi demi membebaskan rakyatnya, Aquaman terpaksa mengenggelamkan kerajaan Atlantis.


Baca juga: 8 Anggota Teen Titans yang Tewas dalam Pertempuran



Tindakannya menenggelamkan Atlantis membuat Aquaman dimusuhi oleh rakyatnya. Ia pun diusir dari Poseidonis. Dalam perjalanannya, Aquaman bertemu dengan The Lady of The Lake, tokoh mitologi yang memberi raja Arthur pedang Excalibur, di Irlandia – yang memberikannya tangan kiri ajaib yang terbuat dari air. Sejak saat itu Aquaman menuju mengenakan kostum lamanya dan memotong rambut beserta janggutnya.

Setelah meninggalkan Irlandia, Aquaman menuju ke San Diego untuk menyelamatkan korban gempa bumi yang menenggelamkan sebagian wilayah kota ini. Ternyata sebagian korban bencana ini dapat bernafas dalam air. Aquaman pun memutuskan untuk membantu mereka membangun kembali wilayah kota yang telah tenggelam tersebut. Wilayah baru ini kemudian dikenal dengan Sub Diego.  Saat inilah Aquaman bertemu dengan seorang gadis bernama Lorena yang kemudian menjadi Aquagirl baru.

Tragedi tampaknya tidak bisa meninggalkan Aquaman. Kali ini tragedi terjadi saat Spectre menghancurkan Atlantis dan membunuh Koryak, putra Aquaman dan Dr. Vulko, orang yang dianggapnya sebagai ayahnya.

Orin berubah menjadi Dweller of the Depth dalam serial 52. Transformasi ini terjadi karena ia membuat perjanjian dengan dewa-dewa laut untuk menolong para penduduk Sub Diego yang kehilangan kemampuan bernafas dalam air. Orin menggunakan tulang kirinya sebagai elemen dalam upacara magis untuk mengangkat Sub Diego.


The Harpon Hand


Asal-Usul Aquaman dari Masa ke Masa, awal mula aquaman arthur curry kekuatan sejarah

Versi Aquaman yang paling dikenal oleh para penggemar komik tahun 90-an mungkin adalah sosok Aquaman berambur panjang dan berjanggut yang tangan kirinya berbentuk harpun.  Tangan baru ini digunakan Aquaman karena ia kehilangan tangan aslinya saat berhadapan dengan Charybdis yang memasukkan tangan Aquaman ke dalam kolam berisi Piranha.

Ia pun memutuskan untuk menggunakan sebuah harpun sebagai pengganti tangan kirinya dan juga memakai baju besi yang menutupi dada sebelah kanan dan seluruh tangannya.

Setelah harpun yang pertama kali ia gunakan hancur, Aquaman mendapatkan harpun baru dari S.T.A.R. Labs.


Arthur Joseph Curry


Sebagai bagian dari event ”One Year Later”, DC Comics memutuskan untuk membuat tokoh baru yang akan memakai nama Aquaman. Asal-usul Aquaman terbaru ini cukup berbeda. Arthur Joseph Curry adalah anak seorang ilmuwan ahli laut bernama Dr. Phillip Curry dan Elaine, istrinya meninggal saar melahirkan Arthur.

Demi menyelamatkan Arthur yang lahir prematur, ayahnya terpaksa menyuntikkan sebuah serum eksperimental ke dalam tubuh anaknya. Selain itu, karena kondisi tubuhnya yang berbeda dengan manusia biasa, Arthur harus menjalani hidupnya dalam sebuah tangki di laboratorium ayahnya.

Tapi karena sebuah kecelakaan, Arthur keluar dari tangki tempat tinggalnya dan terseret ke laur. Di sana ia bertemu dengan makhluk bernama Dweller of the Depth yang memberitahunya ramalan tentang masa depan Arthur. Dweller juga mengatakan kalau kini Aquaman yang pertama telah dirasuki kekuatan jahat dan merupakan musuh para penghuni lautan.

Arthur kemudian bertemu dengan beberapa tokoh yang pernah mengenal Aquaman orisinil, antara lain Mera, Sea Devils, Vulko dan Ocean Master. Hampir semua tokoh ini telah mengalami perubahan drastis. Dweller yang juga ikut serta dalam perjalanan ini akhirnya menyadari bahwa dialah Aquaman orisinil. Berbagai konflik menarik pun terjadi di antara mereka.

Klik Next untuk membaca asal-usul Aquaman (Arthur Curry) dalam komik New 52.

Next > Asal-Usul Aquaman New 52 

Previous Post
Next Post

0 komentar: