Rabu, 29 Agustus 2018

Asal-Usul dan Kekuatan Hulk (Bruce Banner), Monster Hijau dari Marvel Comics


Siapa sebenarnya Hulk? Simak pembahasan asal-usul dan kekuatan Hulk berikut ini!


Selowae.Net – Hijau, besar, dan galak... Bagi para penggemar komik, deskripsi tadi tepat untuk menggambarkan sosok Hulk, tokoh ciptaan Stan Lee dan Jack Kirby. Perkembangan Marvel Comics di awal tahun 60-an yang sangat pesat mendorong Stan Lee dan Jack Kirby untuk menciptakan tokoh superhero berkulit hijau dengan sifat seperti anak kecil sebagai alterego Bruce Banner, seorang ilmuwan kutu buku.

Karakter Hulk melalui awal yang sulit, serial awalnya bahkan hanya berjalan selama 6 edisi. Tapi berkat dorongan kelompok mahasiswa yang menjadikan Hulk sebagai maskot, Marvel memutuskan untuk melanjutkan serialnya yang kemudian akan mencapai #467, sebelum diterbitkannya volume 3 pada tahun 1999.


Asal-Usul Hulk dan Sepak Terjangnya dalam Komik Marvel


Asal-Usul dan Kekuatan Hulk (Bruce Banner), Monster Hijau dari Marvel Comics
The Incredible Hulk

Hulk adalah hasil mutasi Bruce Banner. Ia terkena radiasi sinar gamma saat menyelamatkan seorang pemuda bernama Rick Jones di lokasi uji coba bom. Sejak saat itu setiap malam hari, Banner akan berubah menjadi Hulk (yang pada waktu itu berwarna abu-abu). Setelah mengalami beberapa perubahan di siang hari, akhirnya diketahui bahwa perubahan Banner menjadi Hulk dipicu oleh amarah atau stres.

Untuk sementara, dengan bantuan terapi radiasi, Banner dapat mempertahankan intelegensinya walau dalam bentuk Hulk. Ia bahkan sempat menjadi salah satu pendiri kelompok superhero Avengers.

Pada awalnya, Banner berhasil merahasiakan identitas rahasianya sebagai Hulk dari publik. Namun, akhirnya rahasia tersebut terbongkar. Hal ini membuatnya jadi buronan pihak berwajib selama bertahun-tahun.

Dalam salah satu cerita, Doc Samson berhasil memisahkan diri Banner dengan Hulk. Tetapi kemudian disadari bahwa keduanya akan mati apabila terus dipisahkan. Betty Ross yang merupakan istri Banner, meminta pada Avengers agar tidak membunuh Hulk.


Setelah menyatu lagi, Hulk kembali terlibat petualangan. Kali ini akibat ledakan bom gamma buatan The Leader, ia terlempar ke dimensi lain. Dengan iming-iming sebuah mantera yang katanya dapat menyingkirkan kepribadian Bruce Banner, Hulk membantu sekelompok penyihir menggulingkan kekuasaan the Grand Insiquisition.

Saat kembali ke Bumi, Hulk memperoleh pekerjaan sebagai tukang pukul di sebuah kasino di Las Vegas. Selama beberapa bulan, ia berada dalam wujud Grey Hulk.

Keadaan ini tidak berlangsung lama karena akhirnya Grey Hulk kembali menjadi Bruce Banner. Dengan hipnotis, Doc Simpson berhail memunculkan kerpibadian Hulk yang baru, yaitu The Professor. Lebih banyak tentang hal ini bisa kamu baca di Macam-macam Hulk dalam Komik Marvel.

Dalam cerita "Future Imperfect" garapan Peter David dan George Perez, ditampilkan tokoh bernama Maestro yang merupakan inkarnasi Hulk di masa depan. Hulk yang terlempar ke masa depan tiba di realita di mana dunia telah hancur akibat peran nuklir dan dikuasai oleh sosok bernama The Maestro.

Hulk pun terlibat pertarungan melawan Maestro yang lebih berpengalaman. Dalam pertarungan ini Hulk sempat patah leher. Namun begitu cukup pulih, Hulk menghadapinya lagi dan berhasil membawa Maestro ke masa lalu, ke lokasi ledakan bom gamma yang menyebabkan perubahan menjadi Hulk pada Bruce Banner. Ironisnya, ledakan inilah yang akhirnya membunuh Maestro.


Baca juga: 7 Tingkatan Level Mutant dalam Komik Marvel



Dalam kisah “Grand Zero”, Hulk, Rick Jones dan seorang agen S.H.I.E.L.D. bernama Clay Quaterman mendapati bahwa pemerintah Amerika ternyata menyimpan bom gamma dan berusaha memproduksi masal senjata tersebut.

Tanpa diketahui oleh mereka, ternyata The Leader, musuh Hulk yang jenius, memiliki rencana melibatkan bom tersebut. Ia mengirim tiga ciptaannya, yaitu Rock, Redeemer, dan Half-Life untuk memperoleh bom gamma itu.

Rombongan Hulk tiba di Middle-town, Arizona, di mana The Leader menempatkan bom itu. Ketika akan menjinakkan bom, Hulk diserang oleh The Leader dan ketiga anak buahnya.

Meskipun terluka parah Hulk masih berusaha menonaktifkan bom. Namun karena diledakkan sebelum waktu detonasinya, ledakan ini menewaskan 4912 penduduk kota tersebut. Hulk yang berada di lokasi terselamatkan karena ia diteleportasikan oleh sekelompok alien ke dimensi lain. Dalam cerita ini Grey Hulk memainkan peranan penting karena kecerdikannya.

Selain itu masih banyak kisah menarik tentang Hulk yang tidak mungkin dijelaskan semua dalam artikel ini. Contohnya seperti kisah Abominable, Planet Hulk, World War Hulk dan sebagainya.


Kekuatan Hulk


Hulk adalah salah satu karakter Marvel Comics yang  memiliki kekuatan fisik terkuat. Hulk dapat mengangkat beban sampai 100 ton, dan kekuatannya akan semakin bertambah seiring tingkat kemarahannya.

Dalam kisah Secret Wars, Hulk mampu menahan beban gunung seberat 150 miliar ton. Lalu saat melawan Onslaught, salah satu penjahat paling kuat Marvel, ia mampu menyobek baju pelindung Onslaught (hal yang tidak sanggup dilakukan gabungan seluruh pahlawan dunia Marvel). Sampai saat ini, batas kekuatan fisik Hulk masih belum diketahui.

kekuatan hulk, asal-usul hulk, kelemahan hulk, lebih kuat hulk atau superman, superhero marvel terkuat

Karena otot kakinya yang sangat kuat, Hulk sanggup menempuh jarak kira-kira 3 mil sekali lompat. Karena kekuatan dan ukurannya, tiap pendaratan Hulk biasanya menyebabkan gempa kecil dan meninggalkan kawah.

Hulk sangat sulit dicederai karena kulitnya sangat kuat. Bila ia terluka, ia akan sembuh dengan sangat cepat, bahkan lebih cepat dari Wolverine. Luka yang berakibat fatal bagi superhero lain hanya merupakan gangguan kecil baginya.

Ia pernah dikuliti, tapi dalam beberapa menit seluruh kulitnya telah kembali normal. Lalu saat perutnya sobek akibat cabikan pisau Adamantium, ia hanya perlu menahan isi perutnya supaya tidak keluar lalu beberapa saat kemudian luka tersebut langsung sembuh. Selain itu, Hulk kebal terhadap semua penyakit di Bumi, termasuk AIDS.

Hulk mampu beradaptasi secara spontan terhadap lingkungan apapun. Karena itulah ia tahan panas (sampai 3000 derajat Fahrenheit) dan dingin (sampai minus 190 derajat Fahrenheit). Karena kemampuan adaptasi itu pula Hulk mampu bernafas dalam air dan tidak terpengaruh oleh tekanan air. Ia juga bisa hidup di luar angkasa.

Hulk juga mempunyai daya tahan terhadap pengendali pikiran. Hampir mustahil untuk mengendalikan pikiran Hulk. Hal ini mungkin karena adanya beberapa kepribadian dalam otaknya, sehingga sangat sulit untuk dapat mengendalikan semua kepribadian tersebut secara bersamaan.


Demikian sedikit pembahasan asal-usul dan kekuatan Hulk, sang monster hijau pemarah dari Marvel Comics. Klik Next untuk membaca artikel tentang Superhero DC dan Marvel yang Menikah.

Next > Pernikahan Superhero DC dan Marvel

Previous Post
Next Post

0 komentar: