Minggu, 30 September 2018

Asal-Usul dan Kekuatan Martian Manhunter (J'onn J'onzz) dari DC Comics


Selowae.Net Siapa sebenarnya Martian Manhunter? Bagi penggemar DC Comics dan cerita Justice League, pasti sudah tidak asing dengan J’onn Jonzz alias Martian Manhunter. Alien dari planet Mars ini merupakan salah satu pendiri kelompok Justice League dan telah menjadi bagian utama tim dalam waktu lama. Walau dalam kontinuitas The New 52 (dan juga film Justice League), posisinya sebagai founder Justice League digantikan oleh Cyborg (Victor Stone).

Jika kamu penasaran dengan karakter ini dan ingin mengenalnya lebih dalam, yuk langsung saja disimak asal-usul dan kekuatan Martian Manhunter dalam artikel ini!


Asal-Usul Martian Manhunter (New Earth)


Berabad-abad lalu di planet Ma'aleca'andra, orang-orang Mars Hijau yang dikenal sebagai M'yrnn dan Sha'sheen melahirkan putra kembar. Anak pertama dari si kembar diberi nama J'onn J'onzz yang berarti "Cahaya untuk Cahaya", sedangkan saudara laki-lakinya diberi nama Ma'alefa'ak yang berarti "Kegelapan dalam Hati".

Berbeda dengan J'onn J'onzz, Ma'alefa'ak terlahir dengan kekurangan di mana dirinya tidak memiliki kemampuan bawaan seorang Mars untuk berkomunikasi secara telepati.

Asal-Usul dan Kekuatan Martian Manhunter (J'onn J'onzz) dari DC Comics
Siapa itu Martian Manhunter? (DC Comics)

Setelah beranjak dewasa, J'onn menjadi Manhunter (petugas polisi Mars) dan menikah dengan seorang wanita Mars bernama M'yri'ah. Keduanya mendirikan sebuah rumah sederhana dan hidup berbahagia bersama putri mereka, K'hym.

Tahun-tahun berlalu, dan saudara laki-laki J'onn, Ma'alefa'ak, semakin membenci segala hal tentang budaya Mars. Dia kemudian berambisi untuk melakukan genosida besar-besaran terhadap bangsanya sendiri. Ia merekayasa virus menular yang dikenal sebagai Kutukan H'ronmeer. Virus tersebut bereaksi terhadap energi telepati dan menyebar dari satu orang Mars ke yang lainnya setiap kali mereka menggunakan kekuatan psionik mereka.


Mengetahui hal ini, J'onn dengan putus asa berusaha menahan istri dan putrinya untuk menggunakan kekuatan mental mereka, tetapi mereka tidak dapat melakukannya, dan dengan demikian istri dan putri J’onn terjangkit virus.

K'hym adalah yang pertama mengalami gejala, dan M'yri'ah mengikuti setelahnya. J'onn merasa sedih ketika menyaksikan keluarganya terbakar hingga mati di depan matanya sendiri. Trauma dari peristiwa itu menghancurkan jiwa Martian Manhunter, dan hampir membuatnya gila.


Martian Manhunter Datang ke Bumi


Sementara itu, di planet Bumi, seorang calon ilmuwan bernama Dr. Saul Erdel mengembangkan mesin pemancar berdasarkan teknologi Mars kuno. Berusaha melakukan kontak dengan kehidupan di luar bumi, ia mengarahkan perangkatnya ke sekitar Mars dan mengaktifkannya.

Sinar pemancar melesat melintasi ruang dan waktu, menyerang Manhunter Mars pada suatu titik waktu beberapa abad sebelum Erdel lahir. Sinar itu membawa J'onn kembali ke era waktu alami Erdel, di mana ia ambruk di tanah di luar laboratorium Colorado.

Erdel membawa Martian yang kebingungan ke dalam dan berusaha untuk merawatnya. Kesedihan kondisi mental J'onn menciptakan ikatan psikis antara keduanya, dan Erdel menjadi sadar akan peristiwa yang terjadi di Mars.

Dalam upaya untuk menyembuhkan pikiran J'onn J'onzz, Erdel menggunakan hubungan mental untuk membuat sejarah baru bagi orang Mars. Dia menciptakan sebuah back-story yang terinspirasi oleh tulisan-tulisan novel fiksi ilmiah terkenal seperti Ray Bradbury dan Edgar Rice Burroughs.

komik martian manhunter and dr saul erdel

Akhirnya, kewarasan J'onn berhasil dipulihkan, Erdel sempat ingin memanfaatkan J’onn untuk kepentingannya sendiri. Namun ketika J'onn berubah bentuk wujud menjadi seperti manusia, Erdel terkejut dan menderita serangan jantung yang membunuhnya. Ketika dia sedang sekarat, Erdel meminta J'onn untuk memaafkan karena menjadikannya seorang tawanan Bumi.

Erdel kemudian mengungkapkan bahwa kehidupan di Mars telah punah ketika J'onn ditemukan olehnya, semua terbunuh oleh wabah mental yang sengaja dimulai oleh saudaranya sendiri, Ma'alefa'ak.

Setelah itu, Martian Manhunter pun mengambil wujud manusia dan berusaha membaur dengan kehidupan Bumi, sembari menjadi penegak keadilan seperti profesi aslinya yang merupakan polisi.




John Jones, Detektif Polisi


Martian Manhunter mampu menggunakan kekuatannya untuk berubah wujud seperti manusia dan masuk ke dalam masyarakat. Saat menjadi manusia, J’onn menyebut dirinya dengan nama John Jones. Ia menjadi detektif polisi di kota Middleton.

Untuk waktu yang lama, ia bekerja sebagai polisi sementara diam-diam menggunakan kekuatan aliennya untuk memecahkan kasus dan membantu orang.

Beberapa waktu kemudian, keberadaan Manhunter Mars secara tidak sengaja terungkap. Dari titik ini, J'onn berhenti menyembunyikan prestasi superhero-nya dari dunia, tetapi dia menyimpan identitas gandanya sebagai rahasia John Jones. Pada saat inilah dia mulai muncul di depan umum dalam bentuk humanoid berkulit hijau.

Dia kemudian membangun hubungan romantis dengan polisi wanita bernama Diane Meade, dan ditemani hewan peliharaan bernama Zook yang membantunya memecahkan kasus.

J’onn J’onnzz kemudian bertemu dengan satu persatu pahlawan Bumi dan ikut menjadi founder kelompok superhero Justice League. Dalam sejarah komik DC, J’onn J’onnzz alias Martian Manhunter telah banyak berkontribusi dalam berbagai event besar dan merupakan salah satu karakter paling populer.


Kekuatan Martian Manhunter


daftar kekuatan martian manhunter
daftar kekuatan martian manhunter

Apa saja kekuatan Martian Manhunter? Simak selengkapnya berikut ini:

Fisiologi Mars: Lahir di Mars lebih dari satu milenium yang lalu, dari peradaban super canggih, dengan teknologi canggih dan modifikasi genetika atas orang-orangnya, membuat Martian Manhunter memiliki berbagai kekuatan fisik luar biasa di atas penduduk Bumi.

The Manhunter Mars dapat mengubah massa, warna, bentuk, dan bahkan meniru pakaian orang lain dengan mudah.

Invisibility: Martian Manhunter dapat membuat biopolimer di tubuhnya kehilangan kemampuan mereka untuk memantulkan cahaya, membuat ManHunter tidak terlihat oleh cahaya normal dan pandangan manusia.

Dengan konsentrasi yang meningkat, dia dapat membuat dirinya sepenuhnya tidak terlihat di sepanjang spektrum elektromagnetik, termasuk rentang inframerah dan ultraviolet spektrum. Daya tembus pandang ini tidak mempengaruhi setiap indera lainnya dan dia masih bisa dideteksi dengan sentuhan.

Elongasi: Bisa dibilang salah satu kekuatan paling luar biasa yang dimiliki oleh Manhunter adalah kemampuan untuk membentuk-pergeseran. Dia mampu secara harfiah mengendalikan struktur molekul biopolimer tubuhnya dan memanipulasinya menjadi konstruksi apa pun yang diinginkannya, termasuk tubuhnya sendiri.  J’onn juga dapat membentuk pakaian dan senjata dengan bagian yang tidak bergerak atau tidak berfungsi.

Phasing: The Manhunter dapat melakukan phase through solid matter. Belum ada penjelasan yang jelas tentang kekuatan ini, tetapi itu mungkin merupakan aspek dari kekuatan psioniknya, mungkin menggeser massanya ke dimensi lain atau keluar dari fase vibrasi dengan objek lain di dimensi ini.

Superhuman Durability: Struktur biomorfik tubuh Martian Manhunter memungkinkannya untuk menyerap hampir semua energi kinetik seperti peluru kaliber tinggi, pecahan peluru, atau puing-puing yang mudah diterbangkan.

Dia dapat mengeraskan biopolimernya dengan mengulangnya dan meningkatkan daya tahannya sampai pada titik di mana dia hampir setara dengan Superman. Selain itu, sistem kekebalan tubuh Martian Manhunter melindungi dia dari semua racun dan penyakit.

Kekuatan Superhuman: Manhunter adalah salah satu makhluk terkuat di planet Mars. The Martian telah terlihat mengangkat kapal tanker keluar dari laut untuk jarak yang sangat jauh, dan dia bahkan membantu menarik bulan dan benda sebesar Bumi itu sendiri bersama dengan Superman.

Superhuman Stamina: Daya tahan J'onn sama kuatnya dengan kekuatan dan kekebalannya. Dia dapat beroperasi di bawah kondisi ekstrim untuk jangka waktu tak tentu tanpa menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Jangkauan yang tepat dari kekuatan ini tidak diketahui.
Regenerasi: J’onn J’onzz telah menunjukkan kemampuan regeneratif yang luar biasa. Begitu hebatnya mereka sehingga ia dapat sepenuhnya beregenerasi dari apa pun.

Baca juga: Mengenal Ras Alien dalam Komik DC


cerita asal-usul martian manhunter dalam komik

Terbang: Martian Manhunter Mars terbang dengan manipulasi gravitons (partikel subatom yang terkait dengan gaya gravitasi).

Martian Manhunter juga pernah terlihat terbang di ruang angkasa tanpa kesulitan, dan di ruang angkasa ia bisa terbang dengan kecepatan yang memungkinkannya untuk mengikuti orang-orang seperti Superman.

Superhuman Speed: Baik melalui penerbangan atau gerakan alami, Manhunter dapat mempertahankan kecepatan dan menunjukkan refleks yang jauh lebih banyak daripada kebanyakan metahumans, dan untuk waktu yang lebih lama

Super-Breath: J’onn dapat menghembuskan udara bertekanan dari paru-parunya menjadi ledakan yang sangat kuat.

Telepati: Martian Manhunter adalah salah satu telepatis terkuat di alam semesta DC. Dia mampu membaca pikiran manusia mana pun tanpa kesulitan. Dia bahkan bisa membaca pikiran bawah sadar seseorang.

J’onn mampu membaca pikiran jarak jauh dan pernah memindai pikiran setiap orang di Bumi hanya dalam beberapa saat. Ia bahkan pernah berkomunikasi menggunakan telepati dengan seseorang di Bumi saat berada di bulan.

Mind Control: The Manhunter Mars juga dapat mengendalikan pikiran makhluk lain.

Telepathic Relay: Atau dikenal sebagai link telepati. Martian Manhunter mampu menggunakan kehebatan telepatinya sebagai stasiun relay untuk sekelompok pikiran, yang kemudian dapat "berbicara" satu sama lain melalui dirinya. Kemampuan relaying ini tampaknya terbatas pada rentang yang sama dengan jangkauan telepati normal Manhunter.

Telepathic Assault: J’onn juga dapat menggunakan kemampuan telepatinya dengan cara ofensif. Dia memiliki kemampuan untuk menyebabkan mental target down menggunakan kekuatan psioniknya.

Mayavana : Salah satu kemampuan paling berharga dari orang-orang Mars adalah Mayavana. Ini adalah kemampuan untuk mencapai ke dalam pikiran lain dan menciptakan realitas mental yang nyata seperti realitas normal lainnya.

Kekuatan ini hanya bisa digunakan sekali seumur hidup. J'onn telah menggunakannya pada Despero yang mengamuk sehingga dia berpikir bahwa dia telah menghancurkan JLH (kemudian dia kembali ke keadaan embrio) dan karena itu dia berhasil menyelamatkan teman-temannya.

Telekinesis: J'onn memiliki kemampuan untuk memindahkan objek-objek dengan pikirannya.


Kemampuan


Genius Level Intellect: Despero pernah mengklaim bahwa pikiran Ted Kord (IQ 192) adalah yang kedua setelah J'onn J'onzz.

Penyelidikan

Multilingualism

Meditasi: Orang Mars memasuki keadaan meditasi sebagai bentuk tidur.


Kelemahan Martian Manhunter


siapa martian manhunter adalah dc comics alien
Martian Manhunter lemah terhadap api

Kerentanan terhadap Api: Orang-orang Mars memiliki ketakutan psikosomatis terhadap api. Guardians of the Universe telah membangun rasa takut akan api ketika mereka pertama kali menghadapi Burned (Martians).

Paparan api, menyebabkan dia kehilangan kekuatannya, dan dalam kasus ekstrim, Martian bisa kehilangan kendali atas bentuk biomorfiknya.


Demikian pembahasan asal-usul dan kekuatan Martian Manhunter, salah satu superhero populer dari DC Comics. Apakah kamu menyukai karakter DC satu ini?


Previous Post
Next Post

0 komentar: