Rabu, 19 September 2018

Asal-Usul dan Kekuatan Plastic Man (Patrick Eel O’Brian) dari DC Comics


Selowae.Net – Siapa itu Plastic Man? Plastic Man adalah salah satu superhero DC Comics yang lumayan populer. Superhero berkekuatan elastis ini pertama kali diperkenalkan dalam Police Comics #1 (1941) karya Jack Cole.

Meski pernah menjadi anggota Justice League, tapi bisa dibilang masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cerita awal mula Plastic Man dan apa saja kekuatan yang dimilikinya. Nah, dalam artikel kali ini kami mencoba mengulas hal tersebut. Jika kamu penasaran, langsung saja disimak pembahasan selengkapnya berikut ini:

Oh ya, kamu juga bisa membaca daftar superhero berkekuatan elastis dari Marvel dan DC Comics.


Asal-Usul Plastic Man


Asal-Usul dan Kekuatan Plastic Man (Patrick Eel O’Brian) dari DC Comics
Siapa itu Plastic Man?

Siapa sebenarnya Plastic Man? Identitas asli Plastic Man adalah Patrick "Eel" O'Brian, di awal kemunculannya dia diperlihatkan sebagai seorang penjahat. Bersama dengan geng-nya, Patrick menerobos masuk dan berusaha merampok Crawford Chemical Works, tetapi polisi datang dan menggagalkan aksinya.

Eel O'Brian dan rekan-rekannya berusaha melarikan diri, tapi na’as dia tertembak oleh seorang polisi dan terkena sebuah drum yang berisi asam kimia tidak dikenal. Dia berhasil kabur dari kejaran polisi, tapi kemudian pingsan. Ketika tersadar, ia mendapati bahwa tubuhnya berubah menjadi elastis, dan dia bahkan tidak bisa mengendalikan bentuk tubuhnya dengan baik

Dia takut semua orang mengira dia sudah mati, dan menembaknya saat melihat bentuk barunya yang mengerikan.

Merasa frustasi, Eel kemudian pergi ke jembatan untuk bunuh diri, tetapi dia dihentikan oleh Woozy Winks, mantan tahanan Arkham Asylum.

Bersama-sama, mereka memutuskan untuk menggunakan kekuatan baru yang dimiliki O'Brian untuk memerangi kejahatan. Ia kemudian menjatuhkan pakaian sirkus ke asam yang sama dengan yang memberikannya kekuatan super, dengan begitu bajunya juga bisa ikut melar ketika dirinya merentangkan tubuh.

Patrick O’Brian kemudian menggunakan nama Plastic Man dan bersama dengan sidekicknya, Woozy Winks, memulai aksi superhero pertamanya dengan menggagalkan perampokan yang dilakukan mantan geng-nya.




Awalnya, ketika diwawancara oleh pers, Eel bermaksud menyebut dirinya dengan nama Elastic Man, akan tetapi reporter yang mewawancarainya salah mendengar dan menulis namanya sebagai Plastic Man.

Plastic Man merupakan salah satu superhero yang cukup populer dari DC Comics. Dia bahkan pernah menjadi anggota penting dari kelompok Justice League.

Plastic Man dikenal sebagai sosok yang humoris dan sering melontarkan lelucon-lelucon di setiap aksinya. Ini menjadi salah satu hal yang membedakannya dengan Elongated Man yang dikenal mempunyai watak lebih serius.



Kekuatan Plastic Man (DC Comics)


Kekuatan Plastic Man (DC Comics)

Kekuatan Plastic Man berasal dari kecelakaan di mana tubuhnya kejatuhan drum berisi campuran kimia industri yang tidak diketahui, cairan kimia tersebut masuk ke aliran darahnya melalui luka tembak.  Hal ini menyebabkan proses mutagenik di  seluruh tubuh yang mengubah fisiologinya. Sehingga Plastic Man memiliki kontrol penuh atas seluruh struktur molekuler tubuhnya.

Berikut beberapa kekuatan dan kemampuan Plastic Man yang perlu kamu ketahui

Elastisitas: Eel O’Brian dapat meregangkan anggota badan dan tubuhnya ke dalam berbagai ukuran. Tidak ada batasan yang diketahui seberapa jauh dia dapat meregangkan tubuhnya.

plastic man wallpaper selowae

Merubah Ukuran: Plastic Man dapat menyusutkan tubuhnya menjadi berukuran beberapa inci atau membesarkan ukuran badannya sebesar gedung pencakar langit.

Membentuk Tubuhnya Sesuka Hati: Bukan hanya memanjang, Plastic Man bahkan bisa merubah bentuk tubuhnya menjadi bentuk lain yang tidak mungkin dilakukan karakter lain (bahkan Elongated Man tidak bisa melakukannya). Dia bisa merubah bentuk tubuhnya menjadi senjata, tank dan bisa juga merubah tubuhnya persis seperti orang lain. Hampir tidak ada batasan untuk ukuran dan bentuk yang bisa ia ubah sendiri.

Superhuman Agility: Kekuatan peregangan ini memberikan kelincahan manusia yang tinggi dan memungkinkan fleksibilitas dan koordinasi yang luar biasa melampaui batas alami tubuh manusia.

Kekuatan Superhuman: Dia dapat mengubah kekuatannya dengan menumbuhkan atau menambahkan lebih banyak otot.

Perubahan Warna: Satu-satunya batasan yang  dimiliki Plastic Man berkaitan dengan warna, yang tidak dapat diubah tanpa konsentrasi yang intens. Dia umumnya tidak menggunakan kemampuan ini dan menggunakan warna kostum merah kuningnya ketika berubah bentuk menjadi berbagai benda.

Regenerasi: Eel O’Brian mampu meregenerasi dan mengasimilasi jaringan yang hilang atau rusak, meskipun itu memakan waktu lama, tapi tetap jauh lebih cepat daripada manusia biasa.

Imunitas Telepati: Seperti yang dinyatakan oleh Batman dalam JLA # 88, "Pikiran Plastic Man tidak lagi organik. Tidak tersentuh oleh telepati".


Baca juga: Emotional Entity, Sumber Kekuatan Para Lantern Corps DC



Awet Muda: Plasic Man tidak tampak menua; jika dia melakukannya, itu pada tingkat yang jauh lebih lambat daripada manusia normal.

Dalam cerita JLA Arc "Obsidian Age", Plastic Man ditemukan telah bertahan selama 3000 tahun sebagai sedikit lebih dari remah-remah di dasar Samudera Atlantik. Dia berusia lebih dari 3000 tahun dan masih aktif sebagai pahlawan super.

Organ-organ karet: Organ-organ Plastic Man adalah karet sebagaimana adanya; dia juga bisa menggeser organ-organ penting di dalam tubuhnya untuk mencegah bahaya. Dia tidak menyimpan otaknya di kepala, memungkinkan dia untuk bertahan hidup ketika ada musuh yang memenggal kepalanya.


Kemampuan Plastic Man


siapa sebenarnya plastic man adalah

Pencuri Terampil: Pengalamannya sebagai penjahat membuat Plastic Man memiliki skill sebagai pencuri yang terampil.

Detektif: Meskipun tidak lagi seorang kriminal, ia memiliki wawasan ke dalam pola pikir mereka, memungkinkan dia menjadi detektif yang efektif. Dia juga dianggap sebagai pemikir lateral dan jauh lebih pintar daripada yang terlihat.


Kelemahan Plastic Man


kekuatan kelemahan Kelemahan Plastic Man

Kerentanan terhadap Panas: Bentuk semi-cairnya tetap stabil pada suhu yang relatif tinggi dan rendah ... asalkan perubahan suhu secara bertahap. Perubahan tiba-tiba, dapat berbahaya bagi Eel O’Brian karena ia akan kesulitan dalam mengontrol bentuk tubuhnya

Dalam cerita JLA, "Tower of Babel", ketika tentara bayaran membeku dan menghancurkan tubuhnya. Setelah dicairkan dan disusun kembali, dia secara fisik tidak terluka (meskipun trauma secara emosional).

Dalam arc cerita JLA "Divided We Fall", Plastic Man terbukti memiliki beberapa kelemahan terhadap panas yang ekstrim.

Kerentanan terhadap pelarut Kimia: Plastic Man akan kehilangan integritasnya ketika terkena pelarut kimia seperti aseton.


Demikian pembahasan lengkap mengenai asal-usul dan dan kekuatan Plastic Man, salah satu superhero berwatak gila dari DC Comics. Klik Next untuk mengenal siapa sebenarnya Elongated Man.

Next > Mengenal Elongated Man

Previous Post
Next Post

0 komentar: