Sabtu, 29 September 2018

Top 10 Fakta tentang Inhumans, Ras Manusia Super Hasil Eksperimen Kree


Selowae.NetSiapa sebenarnya Inhumans? Mereka adalah ras manusia hasil eksperimen bangsa Kree. Tidak seperti mutant yang memiliki kekuatan sejak lahir, para Inhuman harus melewati proses bernama Terrigen Mist agar bisa mengaktifkan kekuatan dalam dirinya. Walau dalam beberapa kasus ada juga Inhuman yang bisa mengaktifkan kekuatannya sendiri.

Jika kamu penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak tentang Inhumas, simak deh fakta-fakta tentang Inhumans berikut ini!


Fakta-fakta Inhumans (Marvel Comics)


Fakta #1 – Sejarah Asal-Usul Inhumans


Sejarah Asal-Usul Inhumans
Top 10 Fakta tentang Inhumans

Kree adalah sebuah bangsa atau ras yang mempunyai kecenderungan untuk terus berusaha melakukan evolusi. Oleh karena itulah bangsa ini sering melakukan berbagai macam eksperimen dengan menggunakan spesies lain sebagai bahan percobaan.

Serangkaian eksperimen dilakukan untuk mendapatkan manfaat dengan mengembangbiakkan spesies lainnya. Ras manusia yang mereka anggap sebagai bangsa primitif menjadi bahan eksperimen mereka.

Dalam sebuah eksperimen, Bangsa Kree berhasil menciptakan ras manusia baru yang berbeda dengan manusia pada umumnya. Ras tersebut kemudian mereka namakan: INHUMANS.

Ras Inhumans lalu dilepas begitu saja dan dibiarkan hidup di Bumi. Mereka berusaha mandiri dan memutuskan memisahkan diri dari kehidupan manusia biasa yang masih primitif, dengan membangun sebuah negara-kota bernama Attilan.

Kota tersebut kemudian diperintah oleh keluarga kerajaan dari ras Inhumans, di mana saat ini dipimpin oleh Black Bolt.

Inhumans juga mampu membuktikan kalau peradaban mereka jauh lebih maju dibanding manusia biasa. Mereka mampu menciptakan teknologi lebih canggih dibandingkan yang bisa dibuat oleh manusia modern pada masa itu.



Fakta #2 – Kemunculan Pertama


fakta inhumans marvel
kemuculan inhumans pertama dalam komik

Meski Inhumans tidak sepopuler karakter superhero Marvel lainnya, tapi mereka punya sejarah yang cukup lama di dunia komik Marvel.

Inhumans muncul pertama kali dalam komik Fantastic Four #45, yang terbit pada Desember 1965. Namun faktanya, sejarah asal usul mereka jauh lebih tua dibandingkan karakter komik Marvel lainnya.

Dua karakter Inhumans, yaitu Medusa dan Gorgon, bahkan malah lebih dulu tampil di serial komik Fantastic Four, di mana Medusa tampil di komik Fantastic Four #36 dan Gorgon tampil pertama kali di Fantastic Four #44.

Tidak hanya itu saja, kisah keberadaan Inhuman juga sudah ada di beberapa komik yang terbit jauh sebelum Fantastic Four #45 ada.

Sebagai contoh, kota tempat asal para Inhumans yang bernama Attilan, itu sudah sempat disinggung di komik Captain America Comics #1, yang terbit pada Maret 1941.


Fakta #3 - Mengenal Black Bolt, Raja Inhumans


Top 10 Fakta tentang Inhumans
Black Bolt Raja Inhuman

Sangat sulit memang menentukan siapa superhero paling kuat di dunia komik, namun jika kita memilih yang terkuat diantara ras Inhuman, sudah pasti jawabannya Black Bolt, Raja para Inhumans di Attilan.

Black Bolt lahir dengan kekuatan jauh di atas para Inhumans lainnya. Hal ini disebabkan karena kedua orangtuanya telah melakukan eksperimen pada Black Bolt bahkan sebelum ia lahir sehingga ia menjadi sangat kuat secara genetis.

Di antara banyak kekuatan yang dimiliki Black Bolt, Sonic Scream merupakan kekuatannya yang paling kita kenal.

Hanya dengan satu kata, Black Bolt mampu menyapu bersih seluruh kota bahkan dikabarkan jika ia berteriak dengan seluruh kekuatannya, ia mampu membelah planet menjadi dua bagian.




Fakta #4 – Black Bolt Pernah Digantikan Skrull


Fakta tentang Inhumans
fakta Inhumans (Marvel Comics)

Salah satu kisah menarik tentang Inhumans yaitu saat raja mereka, Black Bolt, tanpa diduga digantikan oleh makhluk peniru dari bangsa Skrull.

Sang ‘peniru’ baru ketahuan saat ia memperlihatkan wujud aslinya di hadapan kelompok Illuminati yang dengan segera menghabisinya.

Belum diketahui secara pasti kapan Skrull tersebut mulai meniru dan menggantikan posisi Black Bolt, namun kemungkinan itu terjadi waktu perselisihan antara Black Bolt dan Medusa saat terjadi Perang sunyi (Silent War).

Setelah terkuak kalau bangsa Skrull meniru wujud Black Bolt, baru didapati fakta kalau Black Bolt saat itu sedang menjadi tahanan bangsa Skrull. Mereka menahannya dengan tujuan memanfaatkan kekuatan suara Blak Bolt untuk menciptakan bencana dan kehancuran serta menyerang Attilan disaat raja mereka tidak ada.


Fakta #5 - Apa itu Terrigenesis?


Apa itu Terrigenesis?
Kekuatan Inhuman

Para Inhuman tidak langsung lahir dengan kekuatan yang luar biasa tapi mereka memperoleh kekuatan melalui proses yang dihasilkan oleh Terrigenesis.

Terkadang beberapa Inhuman ada yang mampu memicu sendiri proses tersebut, ada yang  memang terjadi dengan sendirinya karena kecelakaan atau dengan adanya campur tangan Inhumans lainnya.

Terrigenesis adalah sebuah proses yang dikembangkan oleh bangsa Kree, saat di mana Inhuman terkena paparan radiasi kabut yang dihasilkan oleh kristal Terrigen. Proses ini kemudian membuka dan mengaktifkan kekuatan super yang memang selama ini sudah tersimpan dalam gen bangsa inhuman.

Saat proses Terrigenesis berlangsung, Inhumans akan berada dalam sebuah ‘kepompong batu’ yang membuat kekuatan mereka berkembang dan kadang merubah wujud mereka.


Fakta #6 - Tanpa Terrigenesis, Inhuman dan Manusia Tetap Berbeda


Tanpa Terrigenesis, Inhuman dan Manusia Tetap Berbeda
fakta tentang Inhumans Marvel

Meskipun Inhuman masih ada keterkaitan DNA dengan manusia, namun ada beberapa hal hasil percobaan bangsa Kree, yang membuat mereka berbeda dengan manusia pada umumnya.

Gen Inhumans memungkinkan mereka untuk bisa hidup lebih lama daripada manusia biasa. Seorang Inhuman mampu hidup hingga umur 150 tahun. Tidak hanya itu, Inhuman juga dibekali dengan kondisi fisik, kekuatan, kecepatan dan daya tahan tubuh yang jauh di atas manusia normal.

Memiliki kelebihan dibanding manusia biasa, bukan berarti para Inhuman tidak punya kelemahan sama sekali. Mayoritas bangsa Inhuman hanya bisa beradaptasi di lingkungan yang bebas dari polusi dan kuman berbahaya, sehingga beberapa dari mereka tidak mampu bertahan lama di lingkungan yang penuh dengan polusi air dan udara.

Bisa dibilang Inhuman adalah salah satu bentuk kampanye Marvel Comics dalam menghadapi pemanasan global di Bumi.


Fakta #7 - Inhumans Berbaur dengan Manusia


siapa inhumans terkuat adalah
Pada dasarnya adalah manusia

Fakta menarik Inhumans berikutnya adalah bahwa Inhumans hidup di antara kita. Dari bentuk fisik, bangsa Inhuman memang tidak berbeda dengan manusia, apalagi jika mereka belum terkena efek dari proses Terrigenesis.

Hal ini disebabkan karena mereka memang dasarnya adalah manusia, dan DNA mereka pun hampir seluruhnya adalah manusia. Meski begitu, kebanyakan Inhuman lebih memilih hidup berbaur bersama manusia biasa daripada tinggal di ‘kampung halaman’ mereka, Attilan.

Beberapa Inhuman malah tidak tahu kalau mereka adalah bangsa Inhumans dan mengira dirinya cuma manusia biasa yang sama dengan orang di sekitarnya.

Banyak cerita mengenai Inhuman yang hidup normal bersama manusia, tanpa mereka duga lalu bertransformasi akibat terkena kabut kristal Terrigen dan memulai proses Terrigenesis.

Beberapa mengalaminya tanpa disengaja namun adapula yang berubah akibat kabut Terrigen yang sengaja dibuat oleh Inhuman lain dengan maksud menambah populasi Inhuman di Bumi sekaligus membangun kekuatan bangsa mereka.




Fakta #8 - Inhuman Menciptakan Sistem Perbudakan Sendiri


kekuatan inhumans marvel
Alpha Primitives

Sama halnya dengan bangsa Kree yang menciptakan mereka, Inhumans ternyata juga punya hasrat untuk menciptakan spesies baru lainnya. Mereka melakukan itu dengan maksud untuk menciptakan budak yang nantinya akan melayani mereka.

Inhumans terpaksa melakukan itu karena sadar akan jumlah populasi mereka yang semakin berkurang dari waktu kewaktu. Ras baru yang mereka ciptakan kemudian diberi nama Alpha Primitives.

Ras Alpha Primitives yang diciptakan kaum Inhuman adalah spesies pekerja keras. Mereka memang diciptakan dengan fisik yang kuat namun dengan kecerdasan yang rendah untuk menghindari terjadinya pemberontakan atau perlawanan dari mereka dikemudian hari.

Sayangnya rencana Inhuman tidak berjalan mulus dimana Alpha Primitives nantinya melakukan pemberontakan kepada pencipta mereka, Inhumans.

Disamping itu ras Alpha Primitives juga tidak memiliki kemampuan bereproduksi, sehingga Inhuman mampu mengendalikan populasi mereka lewat sistem kloning.

Suatu ketika, Black Bolt merasa kalau menjadikan Alpha Primitives adalah hal yang salah. Ia lalu mencoba membebaskan mereka. Sayangnya itu tak bertahan lama, karena Alpha Primitives tidak terlalu cerdas untuk bisa hidup mandiri.


Fakta #9 – Watchdogs


Watchdogs musuh inhumans
watchdogs, musuh inhuman

Keberadaan Inhumans sepertinya menimbulkan bencana di Bumi khususnya dampak buruk bagi manusia. Oleh karenanya sebuah kelompok rahasia bernama Watchdogs dibentuk untuk mengatasi masalah tersebut, karena mereka tidak senang berbagi Bumi dengan bangsa Inhumans.

Anggota Watchdogs adalah sekelompok orang bersenjata yang sangat marah dan berhasrat untuk memusnahkan seluruh Inhumans yang ada di Bumi.

Setelah kemunculan Inhumans di tengah masyarakat terungkap, Watchdogs membangun opini negatif tentang Inhumans di mata masyarakat dunia dengan cara memberitakan mereka secara online.

Watchdogs bertindak layaknya teroris saat mereka memburu Inhumans. Oleh karena cara mereka yang radikal, S.H.I.E.L.D kemudian tidak sependapat dan berbalik mencegah aksi para Watchdogs.

Kelompok radikalis ini, dipimpin oleh Felix Blake yang merupakan mantan agent S.H.I.E.L.D. Watchdogs juga punya enam anggota lainnya di mana empat di antaranya tewas dan dua orang lagi dipenjara. Karena jumlah anggota Watchdogs yang sedikit dan tidak terlalu kuat, Inhuman merasa kalau mereka bukanlah ancaman serius bagi bangsa mereka.


Fakta #10 – Keluarga Kerajaan Inhumans


Keluarga Kerajaan Inhumans
fakta inhumans

Hal lain yang perlu kita ketahui tentang Inhumans adalah bahwasanya mereka dipimpin dengan sistem  pemerintahan kerajaan.

Keluarga kerajaan Inhumans sudah menjadi faktor penting di dunia Marvel saat ini. Dua nama keluarga kerajaan yang sering muncul dalam kisah Inhuman yaitu Black Bolt dan Medusa.

Seperti kita tahu kalau Black Bolt merupakan Raja absolute dari bangsa Inhumans dengan kekuatan yang luar biasa. Medusa, sang istri adalah ratu dari para Inhumans dan juga punya kekuatan yang tak kalah hebatnya dengan sang suami.

Sebenarnya ada banyak Inhumans yang termasuk dalam  keluarga kerajaan, salah satunya adalah Maximus, Inhuman yang selalu berusaha merebut tahta kerajaan Attilan. Ada juga Karnak, Gorgon, Triton, Crystal dan Lockjaw.


Tag: fakta Inhumans adalah, siapa sebenarnya, asal kekuatan, apa bedanya Inhuman dengan X-Men?


Demikian beberapa fakta tentang Inhumans yang sebaiknya kamu ketahui. Inhumans sendiri sebenarnya diciptakan Marvel Comics karena hak cipta karakter X-Men di layar lebar telah dimiliki Fox, sehingga mereka menciptakan satu lagi cerita mirip X-Men dan lahirlah para Inhumans.

Oh ya, Inhumans juga telah memiliki serial Tv-nya sendiri. Meski nampaknya tidak terlalu sukses, tapi tidak ada salahnya kamu menonton serial tersebut untuk mengetahui lebih banyak fakta menarik tentang Inhumans.


Previous Post
Next Post

0 komentar: