Minggu, 30 September 2018


Selowae.Net – Dalam dunia komik superhero, baik itu DC Comics atau Marvel Comics, cerita kematian superhero bisa dibilang sudah menjadi hal biasa. Sebagian besar superhero dari dua penerbit itu pernah dikisahkan kematiannya, walau kemudian mereka akan dibangkitkan kembali dengan berbagai cara.

Nah, dari sekian banyak cerita kematian superhero dalam komik DC dan Marvel, manakah yang paling populer dan memberikan dampak besar dalam industri komik?

Dalam daftar ini, tim Selowae.Net telah menyusun 10 kematian paling penting dalam sejarah buku komik. Penasaran? Langsung saja disimak selengkapnya di bawah ini!


Top 10 Cerita Kematian Superhero DC dan Marvel


10. Kematian Arthur Curry Jr.


Top 10 Cerita Kematian Superhero DC dan Marvel
Keluarga Atlantis

Komik: Adventure Comic # 452

Arthur Curry Jr. (Aquababy) adalah putra Aquaman dan Mera. Ia terbunuh secara sadis dalam komik, di mana ia ditangkap oleh musuh Aquaman, Black Manta, yang menyekapnya dalam gelembung kaca dengan sedikit udara.

Black Manta memaksa Aquaman dan Aqualad untuk saling bertempur sampai mati agar bisa membebaskan Aquababy. Aquaman akhirnya berhasil menghancurkan gelembung tersebut, tapi semua terlambat karena sang bayi telah tewas karena kehabisan oksigen.

Meskipun Aquababy bukan karakter populer seperti Iron Man atau Batman, tapi kematiannya dianggap sebagai salah satu kematian paling kontroversial dalam industri buku komik.

Pada saat itu, kematian Aquababy banyak mendapat kritikan dari berbagai kalangan. Alex Ross, salah satu artist komik DC, bahkan menyebut kejadian ini sebagai ‘matinya kesucian dalam komik DC’.



9. Kematian Jean Grey


Kematian Jean Grey
Kematian Jean Grey (Phoenix)

Komik: X-Men # 137

Salah satu anggota terkuat X-Men, Jean Grey beralih ke "sisi gelap" dalam alur cerita tahun 1980, "The Dark Phoenix Saga". Dalam komik tersebut, Jean Grey mengorbankan nyawanya untuk menekan kekuatan kosmik bernama Phoenix Force. Kekuatan tersebut membuat Jean Grey menjadi sangat kuat, tapi sekaligus menjadi ancaman besar bagi umat manusia.

Kematian Jean Grey terjadi ketika membunuh karakter populer masih bukan praktik umum di industri komik, yang menyebabkan sejumlah pembaca benar-benar tercengang ketika Jean dengan sukarela melangkah di depan ledakan laser itu dan mati.

Dia kemudian akan dibangkitkan (dan dibunuh lagi), tetapi karena nilai kejutannya, bunuh diri Jean Grey dalam Dark Phoenix Saga tetap menjadi salah satu momen kematian superhero paling ikonik dalam sejarah Marvel Comics. Apalagi event "Dark Phoenix Saga" dianggap sebagai salah satu kisah X-Men terbesar yang pernah ada.

Kisah Dark Phoenix ini akan diadaptasi dalam film X-Men: Dark Phoenix yang bakal tayang pada 7 Juni 2019 (Waktu rilisnya mundur lagi dari yang tadinya 14 Februari 2019).




8. Kematian Bucky Barnes


Kematian superhero Bucky Barnes sidekick Captain America
Detik-detik sebelum kematian Bucky Barnes

Komik: Avengers # 4

Kematian sidekick Captain America pada Perang Dunia II, Bucky Barnes juga sangat populer dan diketahui oleh banyak penggemar komik karena ceritanya terkait dengan origin Captain America.

Kematian Barnes dianggap oleh sebagian besar penggemar dan kritikus sebagai benar-benar definitif dan tidak dapat diubah. Rasa bersalah Cap atas ketidakmampuannya untuk menyelamatkan temannya dari pesawat yang dipasangi ranjau adalah bagian penting dari karakterisasi Cap selama bertahun-tahun.

Meski beberapa puluh tahun kemudian Ed Brubaker dan Steve Epting berani membawa Bucky kembali ke dalam cerita sebagai seorang pembunuh yang dicuci otak.


7. Kematian Barry Allen (Flash)


Kematian Barry Allen (Flash)
Kematian superhero The Flash (DC Comics)

Komik: Crisis on the Infinite Earths # 8

Kematian Superhero paling populer dan ikonik berikutnya adalah kematian Barry Allen, yang terjadi dalam miniseri Crisis on the Infinite Earths. Dalam komik tersebut, ada begitu banyak kematian (termasuk kematian Supergirl) gara-gara ambisi Anti-Monitor. Tapi kematian Allen bisa dibilang paling ikonik dan heroik dalam sejarah DC, bahkan sampai saat ini.

Barry Allen alias The Flash menggunakan kecepatan supernya untuk menciptakan pusaran yang menyedot semua energi dari mesin milik Anti-Monitor yang siap menghancurkan seluruh universe dalam DC multiverse. Flash berhasil  menyelamatkan alam semesta, tetapi mati dalam prosesnya.

The Flash, yang memiliki julukan “The Fastest Man Alive” tewas ketika berlari menyelamatkan banyak kehidupan di multiverse DC. Kematian yang sangat keren bagi sang scarlet speedster.

Penulis Crisis on the Infinite Earths , Marv Wolfman menyatakan bahwa dia meninggalkan celah dalam cara Barry meninggal yang akan memungkinkan dia dibangkitkan oleh seorang penulis tanpa retcon.

Namun, butuh lebih dari 20 tahun bagi DC Comics untuk membawa Barry Allen kembali dalam kontinuitas utama, dan selama itu peran The Flash diteruskan oleh Wally West yang sebelumnya dikenal sebagai Kid Flash.

Lebih lengkap tentang kematian superhero The Flash dapat kamu baca DI SINI.


6. Kematian Jason Todd


Kematian Jason Todd, robin generasi kedua
Kematian Jason Todd, robin generasi kedua

Komik: Batman # 428

Mirip dengan Bucky Barnes, kematian Jason Todd pada tahun 1988-89 dalam komik “Death in the Family” telah lama dianggap oleh sebagian besar penggemar tidak dapat disentuh dan final... sampai DC Comics benar-benar membangkitkan Todd sebagai Red Hood pada tahun 2005.

Setelah Jason Todd diperkenalkan sebagai Robin kedua di awal 1980-an, para pembaca menjadi semakin tidak puas dengan karakter tersebut. Pada akhir 1980-an, editor Dennis O’Neil mengira dia dapat membangkitkan minat penggemar dengan mengembangkan cara bagi mereka untuk memengaruhi proses kreatif. Dia datang dengan rencana untuk menggunakan nomor 1-900 bagi penggemar untuk menelepon dan memberikan suara pada hasil dalam cerita yang ditentukan.

Karena waktu itu Jason Todd sangat tidak populer, Batman # 427 berakhir dengan Robin secara brutal dipukuli oleh Joker dan dibiarkan mati di sebuah bangunan yang telah dipasang bom peledak. Fans kemudian diizinkan untuk memilih apakah Batman berhasil menyelamatkan Robin atau tidak.

Menurut hasil suara telepon, mayoritas penggemar menginginkan Jason Todd mati, jadi DC Comics menerbitkan cerita di mana Batman tidak dapat menyelamatkan Jason tepat waktu.


Baca juga: Cerita Kekalahan dan Kematian Mad Titan Thanos



5. Kematian Jor-El dan Lara


kematian superhero paling tragis dc comics
Kematian orang tua Superman

Komik: More Fun Comics # 101

Jor-El dan Lara, orang tua dari superhero populer DC Comics, Superman, mengirim putra mereka Kal-El ke Bumi tepat sebelum Krypton dihancurkan. Meskipun tokoh-tokohnya pertama kali terlihat dalam Action Comics # 101, tapi baru pada tahun 1945 di More Fun Comics # 101, Jor-El dan Lara
diperkenalkan secara formal (dan kematian mereka digambarkan).

Jor-El dan Lara, meski hanya tampil sebentar dalam cerita komik, tapi benar-benar memiliki peran penting dalam asal-usul Superman. Kisah tentang kehidupan dan kematian mereka akan terus berkembang selama bertahun-tahun.  Membuat mereka pantas masuk daftar kematian paling ikonik dalam sejarah komik DC.


4. Kematian Gwen Stacy


kematian superhero gwen stacy spiderman
Cerita kematian Gwen Stacy, pacar Spider-Man

Komik: Amazing Spider-Man # 121

Sampul komik Amazing Spider-Man # 121 oleh Gerry Conway tahun 1973 dan Gil Kane memperlihatkan galeri teman-teman dan keluarga Spider-Man, menyatakan bahwa seseorang yang dekat dengannya akan mati.

Tidak banyak yang menduga bahwa orang tersebut adalah pacar Peter Parker (Spider-Man), Gwen Stacy. Gwen, yang pertama kali diperkenalkan pada pertengahan 1960-an, dilemparkan dari jembatan (apakah itu Jembatan Brooklyn atau Jembatan George Washington telah menjadi bahan perdebatan selama bertahun-tahun) oleh Green Goblin.

Ketika Spider-Man berusaha menangkapnya dengan jaringnya, lehernya terkunci. Tapi apakah Gwen mati begitu dia terlempar dari jembatan atau apakah sang pahlawan benar-benar membunuh gadis itu? Hanya satu dari banyak hal tentang kisah ini yang telah menyiksa penggemar selama beberapa dekade.




3. Kematian Superman


cerita kematian superman dibunuh doomsday
Kematian superhero terkuat di Bumi, Superman

Komik: Superman (vol.2) # 75

Kematian superhero paling populer dari DC Comics, Superman, dikisahkan dalam komik "The Death of Superman". Pada tahun 1990-an, cerita kematian Superman benar-benar menjadi trending dan hampir diberitakan oleh semua media.

Meskipun Superman dibangkitkan dalam komik kurang dari setahun kemudian, tetapi tetap saja cerita kematian Superman menjadi salah satu kematian superhero paling dikenang dan menghebohkan sampai saat ini.


2. Kematian Ben Parker


10 Kematian Superhero Paling Populer dan Ikonik dalam Komik
Uncle Ben

Komik: Amazing Fantasy # 15

Paman Ben mungkin tidak benar-benar mengatakan, "dengan kekuatan besar di sana juga harus ada tanggung jawab besar" , tetapi kematiannya langsung mengarah pada penciptaan salah satu pahlawan super paling terkenal dan unik di dunia Marvel, yaitu Spider-Man.

Kematian Ben Parker menjadi salah satu cerita kematian paling populer, dan telah beberapakali diperlihatkan di live-action layar lebar, game maupun film animasi. Kematian Paman Ben juga menjadi motivasi terbesar yang membuat Peter yakin untuk menjadi superhero pembasmi kejahatan.


1. Kematian Thomas dan Martha Wayne


death of Thomas and Martha Wayne
Save Martha...

Komik: Detective Comics # 33

Kematian orang tua Bruce Wayne, Thomas dan Martha Wayne, menjadi kematian karakter paling populer dalam industri komik.

Beberapa penggemar biasa mungkin tidak tahu nama-nama orang tua Batman, tetapi kematian mereka sangat terkait dengan mitos karakter yang saat ini telah menjadi salah satu karakter fiksi paling dikenal di dunia, Batman.

Kematian Wayne telah diangkat di berbagai media, entah itu komik, TV, film, atau video game. Dan meskipun kadang-kadang ada beberapa perubahan cerita (Frank Miller menambahkan kalung mutiara di sekitar leher Martha dalam “Batman: Year One”), sudah umum diterima bahwa trauma yang dialami seorang Bruce Wayne muda ketika ia melihat orang tuanya ditembak di depannya adalah apa yang mengilhami dia untuk menjadi vigilante di Kota Gotham.

Dampak yang ditimbulkan Thomas dan Martha Wayne terhadap Bruce baru-baru ini kembali disentuh oleh Scott Snyder dan Greg Capullo dalam "Batman: Zero Year". Sementara kisah ini menata ulang banyak elemen asal-usul Batman, cara pembunuhan orang tua Bruce begitu rumit terkait dengan penciptaan Batman yang sebagian besar tak tersentuh, menunjukkan bahwa bertahun-tahun kemudian, itu adalah kematian paling penting dalam komik.


Demikian top 10 cerita kematian superhero dan karakter paling populer dalam sejarah komik DC dan Marvel. Apakah kamu setuju dengan daftar di atas atau memiliki pendapat lain?


Previous Post
Next Post

0 komentar: