Minggu, 14 Oktober 2018

Asal-Usul dan Kekuatan Joker, Musuh Bebuyutan Batman dari DC Comics


Simak cerita asal-usul The Joker di bawah ini!


Selowae.Net Siapa sebenarnya Joker? Joker adalah musuh bebuyutan Batman. Dia pertama kali muncul dalam komik Batman #1 yang terbit tahun 1940, dan sejak itu menjadi musuh Batman yang paling populer.

Joker dikenal sebagai penjahat cerdas dengan penampilan mirip badut. Meski tidak memiliki kekuatan super, penjahat “gila” ini adalah lawan yang paling merepotkan dan berbahaya bagi The Dark Knight.

Asal-Usul dan Kekuatan Joker, Musuh Bebuyutan Batman dari DC Comics
Siapa sebenarnya Joker?

Jerry Robinson adalah orang yang menciptakan karakter Joker. Dia lah yang menggambar sketsa awal penjahat berwajah badut ini. Menurut Bob Kane, Bill Finger juga punya andil dalam penciptaan karakter Joker.

Penampilan Joker yang populer saat ini adalah hasil kreasi Bill Finger. Sang artist menjadikan Conrad Veidt, seorang aktor yang berperan sebagai Gwynplaine dalam film “The Man Who Laughs”, sebagai model karakter penjahat gila ini.

Joker sempat direncanakan berumur pendek, yaitu mati karena tidak sengaja menusuk dirinya sendiri pada kemunculan keduanya. Namun, Whitney Ellsworth, yang merupakan editor komik DC Comics waktu itu, merasa bahwa karakter Joker punya potensi besar, dan menyayangkan jika harus dimatikan secepat itu.

siapa nama asli joker adalah
Cerita asal-usul Joker dalam komik DC

Singkat cerita, satu buah panel ditambahkan di akhir komik, yang menggambarkan Joker masih hidup. Jika bukan karena Whitney Ellsworth, mungkin kita tidak akan pernah mengenal Joker.

Nah, lalu bagaimana asal-usul Joker dalam komik DC? Apa saja kekuatannya? Jika kamu penasaran, simak deh pembahasan asal-usul dan kekuatan Joker berikut ini!





Asal-Usul Joker (DC Comics)


Joker adalah karakter dengan masa lalu yang misterius. Versi origin story-nya pun cenderung berubah-ubah. Hal ini menambah daya tarik Joker sebagai karakter.

Meski beberapa penulis komik pernah menghadirkan cerita latar belakang Joker, namun belum satupun yang diakui sebagai versi resmi, bahkan nama asli Joker pun masih simpang siur.

Asal-Usul Joker (DC Comics) adalah
Cerita masa lalu Joker di Batman: The Killing Joke

Salah satu kisah masa lalu Joker yang paling populer adalah karangan penulis Alan Moore dalam komiknya Batman: The Killing Joke. Komik ini menampilkan Joker sebagai seorang insinyur pabrik kimia yang memutuskan berhenti dari pekerjaannya demi mengejar impian sebagai stand-up comedian, namun akhirnya gagal menggapai impiannya tersebut.

Putus asa dan ingin menafkahi istrinya yang sedang hamil, Jeannie, ia pun setuju berkomplot dengan dua penjahat untuk merampok pabrik tempat ia bekerja dulu.

Dua penjahat tersebut memberikannya peran “Red Hood”, peran yang selalu diberikan kepada “orang dalam” pada setiap aksi perampokan mereka. Sebenarnya, peran “Red Hood” adalah cara licik dua penjahat tersebut melimpahkan semua kesalahan pada “orang dalam”. Orang yang berperan sebagai Red Hood selalu terlihat seperti ketua atau “otak” yang biasanya akan mendapatkan hukuman paling berat jika mereka tertangkap polisi.

Ketika sedang merencanakan aksi mereka, seorang polisi menelpon sang insinyur dan memberitakan bahwa istri dan anaknya yang masih dalam kandungan, telah meninggal dunia.

Merasakan kesedihan mendalam, ia mencoba membatalkan rencana perampokan, namun dua penjahat tersebut memaksanya untuk menepati janji.

Sudah jatuh tertimpa tangga. Begitu ia dan komplotannya memasuki pabrik, mereka langsung tertangkap basah oleh petugas keamanan pabrik, aksi saling tembak pun tak terhindarkan. Dua penjahat itu tewas tertembak, sedangkan ketika sang insinyur berusaha kabur, Batman dengan sigap menghadangnya. Ketakutan, ia pun berusaha melompat. Namun naas, ia malah terjatuh ke dalam tangki cairan kimia.

Asal-Usul dan Kekuatan Joker, Musuh Bebuyutan Batman dari DC Comics
Joker adalah musuh bebuyutan Batman

Ketika sang insinyur berhasil selamat dan mendapati dirinya terdampar di sebuah kolam. Ia melihat bayangan dirinya di kolam tersebut. Kulitnya menjadi seputih kapur, bibir berubah merah, dan rambut terlihat hijau menyala. Perubahan penampilannya ini, ditambah berbagai peristiwa menyedihkan hari itu, merubah perilaku dan sifatnya. Inilah titik awal kelahiran Joker.

Cerita “Push-back” (Batman: Gotham Knights #50-55), mendukung versi asal-usul Joker di atas. Dalam cerita tersebut, seorang saksi, yang kebetulan adalah Edward Nigma alias “The Riddler”, membenarkan bahwa istri sang insinyur diculik dan dibunuh guna memaksanya melakukan tindak kejahatan tersebut. Dalam versi ini, identitas asli Joker adalah Jack.

Arc kedua cerita Batman Confidential (#7-12) mereka ulang latar belakang Joker, yakni seorang penjahat cerdas dan berbakat yang meninggalkan peran “Red Hood”. Joker versi ini, yang juga bernama asli Jack, hampir bunuh diri karena bosan dengan “pekerjaan”-nya.


Baca juga: Alasan Kenapa Joker adalah Musuh Batman Paling Keren



Suatu hari, ia berbicara dengan seorang waitress, Harleen Quinzel, yang menganjurkan agar ia mencari sesuatu yang menarik perhatiannya. Jack terobsesi dengan Batman, setelah sang manusia kelalawar menggagalkan salah satu aksi kriminalnya.

Suatu hari, Batman merusak wajah Jack dengan batarang ketika sang penjahat melukai Lorna Shore, kekasih Batman kala itu. Jack berhasil kabur, namun Batman membocorkan informasi tentang dirinya kepada mafia yang kemudian menyiksa Jack di sebuah pabrik kimia. Meski berhasil kabur dari sekapan para mafia, nasib malang menimpa Jack. Ia terkena cairan kimia antidepressant yang merubah penampilannya menjadi mirip badut. Musibah ini adalah titik awal kelahiran Joker.

Sampai saat ini, seperi yang kami utarakan sebelumnya, belum ada satu pun cerita asal-usul Joker yang dianggap resmi. Cukup masuk akal, mengingat Joker selalu berbohong tentang masa lalunya. Selain itu, Joker pun sering terlihat bingung dengan masa lalunya sendiri.

Ia pernah berkata dalam komik The Killing Joke :

“Kadang aku mengingatnya begini, kadang begitu... jika aku harus memiliki kisah masa lalu, aku lebih memilih punya lebih dari satu!”


Kemampuan dan Kekuatan Joker


Kemampuan dan Kekuatan Joker
Daftar kekuatan Joker

Apa saja kekuatan dan kemampuan Joker dalam komik DC? Berikut di antaranya:

Kebal terhadap rasa takut : Berkat keadaan mental yang tidak biasa, Joker kebal terhadap rasa takut, atau bisa jadi tak mengerti konsep rasa takut, karena merasa segalanya tidak lebih dari sekedar lelucon. Bahkan, gas rasa takut Scarecrow tidak memiliki efek apapun terhadap dirinya.

Kebal terhadap racun : Karena sering terekspos berbagai bahan kimia, Joker kebal terhadap racun.

Punya toleransi rasa sakit yang tinggi : Joker hampir tidak pernah terlihat meringis kesakitan. Ia malah terlihat tertawa ketika terkena tembakan, tidak bereaksi apa – apa ketika mulutnya digores dengan batarang Batman.

Lebih aneh lagi, Joker seperti menikmati rasa sakit, ia sering memprovokasi orang lain untuk menyakitinya, sebuah gejala yang kemungkinan mengacu kepada sifat seorang sadomasochist.

Tidak menua : Dalam beberapa cerita komiknya, Joker digambarkan tidak mengalami penuaan.

Ahli kimia dan pencipta berbagai alat / mesin : Joker adalah seorang ahli kimia dan pencipta berbagai alat atau mesin canggih. Ia sering menciptakan sendiri berbagai senjata yang cocok dengan karakternya. Salah satu ciptaannya yang paling sering kita lihat adalah gas tertawa.

Penembak jitu : Dalam beberapa kesempatan, Joker terlihat sangat ahli membidik sasaran. Misalnya dalam cerita “Lovers and Madmen”, Joker mampu menembak para korbannya dengan akurat dan tidak pernah meleset sekalipun.

Kemampuan bela diri tangan kosong : Joker memiliki kemampuan bela diri di atas rata – rata. Hal ini terlihat ketika ia berhasil memukul Batman yang sedang lengah.

Darah yang beracun : Dalam cerita “A Clown at Midnight” dan Batman #663, seekor nyamuk seketika mati selepas meminum darah Joker.

Tergolong “Super-Waras” : Bagi kebanyakan orang, Joker sekilas terlihat seperti orang gila. Namun, dalam komik, Joker diceritakan sebagai orang yang sangat “waras”.

Artinya, ia melihat hakikat dunia tanpa ilusi personal seperti kebanyakan orang. Kata gila menjadi relatif. Menurut Joker, yang gila justru orang-orang yang menganggapnya gila.

Mampu menembus dinding keempat : Sama seperti Deadpool, Joker juga diketahui mampu menembus dinding keempat dan berbicara langsung dengan pembaca. Sebuah kemampuan yang jarang dimiliki karakter komik.

Pemimpin yang disegani : Berkat karisma dan kecerdasannya, Joker sangat disegani oleh banyak penjahat. Para villain seringkali menjadikannya pemimpin.


Tag: siapa Joker sebenarnya?, Identitas asli Joker adalah musuh bebuyutan Batman, fakta menarik tentang Joker dalam DC Comics.


Demikian pembahasan asal-usul dan kekuatan Joker, musuh Batman dari DC Comics. Bagaimana pendapatmu mengenai karakter satu ini? Berikan pendapatmu di kolom komentar...


Previous Post
Next Post

0 komentar: