Selasa, 09 Oktober 2018

Fakta One Piece Vivre Card Databook, Semua yang Harus Kamu Ketahui!


Selowae.Net - Setelah menunggu cukup lama, akhirnya Databook terbaru One Piece sudah rilis di Jepang pada hari Selasa lalu, 4 September 2018. Databook ini benar-benar berbeda dari Databook yang sudah ada sebelumnya.

Nama Databook resmi keenam dari One Piece adalah "Vivre Card - One Piece Visual Dictionary". Eiichiro Oda dan para staf Shueisha sudah berdiskusi untuk merilis Databook/Fanbook ini selama 10 tahun. Takuma Naito, editor One Piece yang sekarang, mengatakan bahwa Databook Vivre Card ini bersifat "never ending".

Penasaran dengan databook ini? Apa aja sih isi Databook One Piece Vivre Card? Berapa harganya dan bagaimana cara membeli One Piece Databook Vivre Card? Semua pertanyaan itu akan kami bahas dalam artikel ini.

Langsung saja disimak fakta-fakta One Piece Vivre Card Databook setelah tanda titik dua berikut:


Fakta Menarik One Piece Vivre Card Databook


Fakta# 1 - Konsep Databook Vivre Card Benar-benar Unik


Fakta One Piece Vivre Card Databook, Semua yang Harus Kamu Ketahui!
Fakta One Piece Vivre Card Databook, Semua yang Harus Kamu Ketahui!

One Piece Vivre Card Databook berbentuk binder dan berisi banyak card/kartu. Nah, setiap card itu berisi beragam info untuk karakter tertentu. Dan tentu saja card ini bisa ditambah dengan seiring waktu.



Fakta #2 – Cocok untuk Kolektor


harga One Piece Vivre Card Databook

Awalnya ketika kamu membeli Databook Vivre Card, kamu akan mendapatkan binder dan 32 cards starter pack. Setiap bulannya, akan ada new "booster set card" yang akan bisa didapatkan.

Untuk Starter pack, kamu akan mendapatkan character card all SHP (Luffy s/d) Brook dan karakter hingga Orange Town arc (cerita dimana SHP vs Buggy).

Setiap karakter mempunyai nomor tertentu. Misalnya Luffy bernomor 0001 dan Zoro bernomor 0002. Hal ini membuat Databook One Piece Vivre Card sangat menggiurkan untuk para kolektor.


Fakta #3 – Berapa Harga One Piece Vivre Card Databook?


berapa harga One Piece Vivre Card Databook

Berapa sih harga One Piece Vivre Card Databook? Bagaimana cara membelinya? Bagi yang berada di luar Jepang, Kamu bisa membeli Databook ini via Amazon :

https://www.amazon.co.jp/gp/product/4089083206.

Apakah akan diterbitkan versi Bahasa Indonesianya? Kami cuma mengingatkan, jangan terlalu berharap. Soalnya ini berbeda dengan Databook sebelumnya yang berbentuk buku secara utuh.
Databook Vivre Card berbentuk binder yang berisi banyak kartu dan di masa depan akan banyak booster card yang bisa dibeli.

Jangankan bahasa Indonesia, bahasa Inggris (versi Viz Media) saja belum ada tanda-tanda akan diterbitkan. Jikapun ada, kami rasa tidak akan dalam waktu dekat. Sekadar inforasi, saat ini Databook One Piece di Indonesia baru sampai Databook yang ketiga, yaitu One Piece Yellow.




Fakta #4 – Cara Menyusun One Piece Vivre Card Databook


Beberapa hari yang lalu, Youtuber Jepang yang juga dinobatkan sebagai Youtuber resmi One Piece, yaitu Takeshi Oowada, memperlihatkan bagaimana awalnya menyusun kartu di dalam binder, sekaligus menjelaskan mengenai Vivre Card. Naito (Editor One Piece) juga ada di video ini lo.





Fakta #5 – Karakter Di Cover One Piece Databook Vivre Card


cover one piece vivre card data book

Databook ini awalnya berupa binder polos, maka covernya pun sekaligus menutupi front cover dan back cover. Covernya bergambar berbagai karakter One Piece.

Berikut ini listnya (dari kiri ke kanan) :

Shirahoshi, Lord Gaimon, Kozuki Momonosuke (dragon form), Shanks, Lord Buggy (kepala dan kaki), God ENEL, Carue, Jinbe, Farul, Luffy, Cavendish, Chopper, Brogy (hanya terlihat kakinya), Law, Perona dan hantunya, Brook (soul form), Katakuri, Smoker, Nekomamushi, Leo, Rob Lucci, Hattori, Bentham aka Mr.2.

Jika kita perhatikan, ini mewakili karakter dari suku yang besar macam Raksasa hingga suku yang kecil macam Kurcaci.

Bandingkan Luffy dengan Katakuri. Wow, mereka berdua pun beda jauh tingginya.  Gaimon ternyata lebih pendek dari Chopper.

Dengan adanya karakter seperti Katakuri di cover, jadi harap bersabar untuk booster cards yang berisi Charlotte Family.

Saat ini, starter pack hanya sampai karakter di arc Orange Town. Perlahan-lahan tiap bulannya akan update booster pack, hingga tiba saatnya nanti booster pack untuk WCI arc .


Fakta #6 – Ada Banyak Info Baru


Apa itu Databook One Piece Vivre Card?

Di Databook Vivre Card, ada banyak info-info yang sudah diketahui sebelumnya dan ada juga info yang sepenuhnya baru.

Nah, info yang baru ini ada yang berupa info minor (seperti tinggi badan, golongan darah), dan ada juga info yang sepertinya akan berpengaruh dalam cerita.

Khusus untuk golongan info yang kedua, inilah yang mesti hati-hati dalam men-share. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, hindari opini yang subjektif dan bersikap open mind

Kalau menurut saya pribadi, untuk golongan info yang kedua ini boleh saja dijadikan pegangan, tapi bersifat sementara, hingga di manga/sbs/perkataan Oda menguatkan hal tersebut.




Fakta #7 - Apa Saja Isi Databook Vivre Card One Piece?


Apa Saja Isi Databook Vivre Card One Piece?

Berikut daftarnya:

1. Character Card, merupakan kartu yang mencakup info seluruh SHP (Luffy s/d Brook) dan beragam karakter yang muncul hingga Orange Town arc.

2. Extra Character Card, merupakan kartu yang mencakup info beberapa karakter yang muncul hingga Orange Town arc. Tidak seperti Character Card, EX Character Card ini hanya mencakup karakter-karakter minor.
Listnya ada di gambar 3 👌 .

3. Skill Card, merupakan kartu yang mencakup info skill tertentu. Untuk starter pack, hanya ada 1, yaitu "Gomu Gomu no Mi vol 1".

4. Arsenal Card.

4. My Card, merupakan kartu yang bisa digunakan untuk diisi oleh pengguna Vivre Card. DI kartu tersebut kita bisa mengisi sesuka hati kita mengenai profile karakter kita, kru yang kita inginkan, dsb.


Fakta #8 – Isi Booster Set Pack


Fakta One Piece Vivre Card Databook, Semua yang Harus Kamu Ketahui!
Fakta One Piece Vivre Card Databook, Semua yang Harus Kamu Ketahui!

Lalu, apa saja Booster Set Pack yang akan muncul di masa depan ?

Di tiap Booster Set Pack berisi 2 additional Set Card, yang masing-masing berisi 16 kartu (jadi totalnya akan ada 32 kartu).

Berikut ini list beserta jadwal rilisnya :

1. 4 Oktober 2018
a. Gathering! "Supernovas"!!
b. Masters of the East Blue.

2. 2 November 2018
a. Arlong Pirates and People of Cocoyashi Village
b. Keepers of Impel Down vs Prisoners!! .

3. 4 Desember 2018
a. The Desert Kingdom - Alabasta's Elite!!
b. Yonko Whitebeard Pirates!!.

4. 4 Januari 2019
a. Mobilize! Secret Society Baroque Works
b. Seafloor Paradise - Residents of Fishman Island!! .

5. 4 Februari 2019
a. Sky Island's Powerful Enemies
b. Fishman Island's Powerful Enemies.

6. 4 Maret 2019
a. Reload (judul sementara) .

7. 4 April 2019
a. Punk Hazard Arc
b. Blackbeard Pirates

8. 2 Mei 2019
a. Friends from Water 7
b. Fierce Fight! Dressrosa Arc

9. 4 Juni 2019
a. Fierce Fight! Dressrosa Arc 2
b. Assault! CP9

10. 4 Juli 2019
a. Garchu! Zou Arc
b. Fear! Thriller Bark Arc

11. 4 Agustus 2019
a. Evil Army, Germa 66
b. Yonko Big Mom Pirates

Note:

1. Jika ada perubahan jadwal/judul, akan diinfokan lebih lanjut.
2. Yang dimaksud "Master of East Blue" adalah para villain di East Blue Saga, seperti Kuro dan Krieg. Arlong menyusul di booster berikutnya.
3. Belum diketahui apakah setelah Booster Pack ke-11 masih berlanjut atau tidak. Menurut kami, kemungkinan besar akan berlanjut. Mungkin saja setelah itu menyinggung Reverie, Wano, dll.


Demikian beberapa informasi dan fakta menarik tentang Databook One Piece Vivre Card. Bikin ngiler juga nih ya untuk ikut mengoleksi. Bagaimana pendapatmu tentang hal ini?

Next > Apakah Data Book One Piece Bersifat Canon?

Previous Post
Next Post

0 komentar: