Selasa, 09 Oktober 2018

Mengenal Avengers Illuminati, Kelompok Para Tokoh Elit di Marvel Universe


Apa itu Avengers Illuminati? Siapa saja anggotanya?


Selowae.NetSiapa sebenarnya Avengers Illuminati? Avengers Illuminati adalah kelompok yang terdiri dari para tokoh-tokoh kunci di dunia Marvel. Brian Michael Bendis dan Steve McNiven adalah dua orang yang memiliki ide untuk menjadi semacam dalang atau sebagai sutradara dari sebuah kejadian yang melanda dunia.

Bendis dan McNiven menceritakan bahwa Illuminati dibentuk setelah kejadian perang Kree vs Skrull yang terjadi di Bumi pada alur kisah Avengers #89-97 yang diterbitkan pada kurun waktu 1971-1972.

Sejatinya, Avengers Illuminati baru tampil di alur kisah “Sentry” di New Avengers, lalu Bendis dan artist Alex Maleev mengeksploitasi sejarah pembentukan mereka di one-shot New Avengers: Illuminati (Mei 2006), sementara untuk miniserinya digambar oleh artist Jim Cheung.

Yuk kenali lebih jauh mengenai asal-usul dan anggota Avengers Illuminati dalam pembahasan ini!


Sejarah Asal-Usul Avengers Illuminati


Sejarah Asal-Usul Avengers Illuminati
Bagaimana sejarah atau asal-usul terbentuknya Avengers Illuminati?

Dalam New Avengers: Illuminati, Bendis dan Alex Maleev menampilkan sejarah pembentukan Illuminati. Iron Man (mewakili Avengers), Mr Fantastic (mewakili Fantastic Four), Prof Charles Xavier (mewakili X-Men), Dr Strange (Sorcerer Supreme), Namor (mewakili Atlantis), dan Black Bolt (mewakili kaum Inhumans) berkumpul di Wakanda, di mana mereka dijamu oleh Black Panther untuk melakukan pertemuan rahasia.

Iron Man mengemukakan pentingnya pengaturan ulang organisasi para superhero Bumi. Sebab, kejadian seperti perang Kree vs Skrull hanya bisa ditangani oleh mereka. Penyatuan superhero yang memiliki informasi bisa jadi tindakan preventif sebelum peristiwa terjadi.

Pendapat ini ditentang oleh semua yang hadir, sebab dianggap terlalu luas dan tidak efektif. Tapi semua (kecuali Black Panther) setuju untuk terus melakukan pertemuan rahasia ini setiap ada kejadian yang luar biasa. Bahkan, tidak ada orang lain yang tahu mengenai pertemuan itu.



Invading The Skrull Empire


Kerajaan Skrull sedang mempersiapkan pasukan untuk kembali menyerang Bumi, pasca kekalahannya dalam perang melawan bangsa Kree. Namun, sebelum hal itu terjadi, Avengers Illuminati berteleportasi ke pesawat kerajaan Skrull untuk memperingati Raja Skrull bahwasanya setiap ancaman yang datang ke Bumi tidak akan ditolerir.

daftar anggota avengers illuminati marvel adalah

Bukannya menurut, Raja Skrull justru balik mengancam. Black Bolt akhirnya turun tangan dengan mengeluarkan suaranya yang menghancurkan pesawat tersebut.

Menggunakan pesawat darurat, Illuminati berusaha menyelamatkan diri, namun mereka berhasil dilumpuhkan oleh pasukan Skrull.

Satu persatu, kekuatan mereka dianalisa untuk ditemukan kelemahannya. Iron Man berhasil lolos dari jebakan Skrull dan membebaskan kawan-kawannya. Tapi hasil analisa sudah didapat dan serbuan Skrull ke Bumi hanya tinggal menunggu waktu.




One Gauntlet to Rule Them All


Avengers Illuminati berkumpul kembali. Tidak seperti biasanya, kali ini yang megajukannya adalah Reed Richards, dan bukan Iron Man.

Tanpa sepengetahuan semua anggota Illuminati, Reed ternyata berhasil menemukan Infinity Gauntlet dan tiga Infinity Gems. Reed meminta anggota Avengers Illuminati untuk menemukan tiga Gems lainnya.

siapa sebenarnya avenger illuminati adalah

Setelah melalui perjuangan berat, mereka berhasil mengumpulka keenam keenam Infinity Gems. Reed yag mengenakan Gauntlet menginginkan agar sarung tangan itu lenyap, tapi ia tidak berhasil.

Setelah diberi penjelasan oleh Uatu the Watcher megenai kekuatan dahsyat sarung tangan ini, Reed akhirnya melakukan keputusa kontroversial dengan memisah keenam permata tersebut dan dibagikan kepada anggota Illuminati lain untuk disembunyikan.


Breaking the Beyonder


Setelah Secret Wars usai, Professor X mengetahui kalau Beyonder, sebuah entitas kosmik yang menyebabkan Secret Wars, adalah seorang Inhumans yang juga merupakan mutan.

sejarah anggota illuminati marvel

Ia kemudian memanggil Illuminati untuk memberitahu mereka bahwa Beyonder terdeteksi di planet bernama Ceres di sabuk asteroid dan mereka harus membereskan masalah ini secara cepat dan rahasia.

Para anggota Avengers Illuminati (kecuali Iron Man) bergegas menuju ke sana dan mereka melihat pemandangan mengejutkan. Beyonder membuat replika pulau Manhattan dengan ukuran aktual untuk dijadikan mainan.

Illuminati mengatakan pada Beyonder agar tidak mencampuri realitas, tapi ia justru membalikkan kata-kata tersebut dan mengatakan kalau Illuminati juga mencampuri urusannya. Pada akhirnya, Beyonder hanya mematuhi perintah Black Bolt, rajanya. Dan ia pun menghilang.




Convincing the Boy


Mengenal Avengers Illuminati, Kelompok Para Tokoh Elit di Marvel Universe

Noh-Varr adalah ksatria keturunan Kree yang mengamuk di Newk York dan baru berhasil ditundukkan ketika pasukan S.H.I.E.L.D. turun tangan.

Ia dikurung di penjara khusus bernama Cube. Walau terkurung, namun Noh-Varr sudah mendeklarasikan perang terhadap Bumi. Untuk itu, Avengers Illuminati kembali berkumpul dan membahas masalah ini.

Prof. X diminta oleh Iron Man untuk mengubah sifat Noh-Varr meski ia menolaknya, sebab bukan begitu cara dia menggunakan kekuatannya. Akhirnya mereka sepakat untuk menggunakan pendekatan lain untuk meyakinkan Noh-Varr agar mengubah sifatnya.

Mereka mendemonstrasikan hubungan antara Kree dan Inhuman serta bagaimana mereka senantiasa berjuang berdampingan untuk melindungi Bumi. Dan dengan menggunakan sosok Captain Marvel (superhero kelahiran Kree yang sudah meninggal), Avengers Illuminati berusaha meyakinkan Noh-Varr untuk meneruskan perjuangan pendahulunya ini.


Road to Civil War


Peristiwa Stamford, yang menjadi pemicu disusunnya proposal Superhero Registration Act membuat Iron Man harus mengumpulkan kembali anggota Avengers Illuminati untuk membahas masalah ini. Masih tanpa dihadiri Prof Xavier, Iron Man menjelaskan kalau peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini begitu menyudutkan posisi superhero sehingga satu langkah yang salah akan menjadi pemicu bencana besar.

sejarah avengers illuminati asal usul terbentuknya

Setelah Iron Man menjelaskan sudut pandangnya terhadap kebijakan pendaftaran superhero ini, Illuminati terpecah menjadi tiga kubu: Dr Strange tidak menyetujuinya dan memilih menghilang tanpa ikut campur.

Black Bolt pada prinsipnya juga tidak setuju, tapi ia tetap mendukung Tony. Namor merasa hal ini tidak ada hubungannya dengan kerajaannya sehingga ia memilih untuk abstain dan meninggalkan ruangan. Yang setuju dengan Tony hanya Reed, dan kemudian mereka bersama dalam alur cerita Civil War.




Send Hulk Into Deep Space


Send Hulk Into Deep Space

Setelah Hulk mengamuk di Las Vegas dan membunuh 26 orang, Avengers Illuminati kembali melakukan pertemuan. Tapi kali ini Prof X absen, sebab ia menghilang dalam event House of M.

Lima anggota Avengers Illuminati yang tersisa membahas betapa kacaunya Bruce Banner apabila berubah menjadi Hulk.

Iron Man memiliki ide untuk mengirim Hulk ke luar angkasa dan ide itu disambut baik oleh semua yang hadis saat itu, kecuali Namor. Penguasa benua lautan ini merasa kalau Iron Man tidak berhak membuang seorang sekutu ke luar angkasa dan menyarankan untuk menyembuhkannya saja.

Reed Richard menyela pendapat ini dan mengatakan kalau mereka sudah berusaha melakukannya selama ini namun selalu berakhir gagal.

Setelah dilakukan voting, Namor pergi meninggalkan mereka sambil berkata kalau Black Panther benar dan Hulk kembali ke Bumi untuk meminta perhitungan dengan mereka. Dan kita semua tahu bahwa perkataan Namor kemudian terjadi, karena Hulk kembali dengan penuh amarah dalam event World War Hulk.


Who Can We Trust?


Iron Man kembali mengumpulkan anggota Illuminati untuk membahas masalah gawat. Setelah semua berkumpul, Iron Man memperlihatkan mayat seorang Skrull yang berwujud Elektra. Yang jadi masalah, Skrull ini tidak terdeteksi oleh indera Wolverine, Spidey maupun sihir Dr Strange.

Dan ketika Reed ingin mengotopsinya, Black Bolt berbicara dan setelah ledakan besar akibat suara tersebut, ia sudah berubah menjadi prajurit Skrull! Invasi ini sudah dimulai.

siapa anggota avengers illuminati marvel

Prajurit Skrull ini bisa dikalahkan, namun dia tidak datang sendiri. Beberapa Skrull lain segera menyerang Avengers Illuminati. Iron Man menggunakan kekuatan nuklir untuk membasmi mereka semua dan ia berhasil.

Kita tidak ada yang meragukan bahwa Bumi sedang diserang secara diam-diam, dan ada kemungkinan mereka telah kalah sebelum perang terbuka dimulai.

Namor tidak percaya lagi para teman-temannya dan ia pergi. Hal ini kemudian mengarah pada event besar yang bernama Secret Invasion.


Tag: sejarah Avengers Illuminati, apa itu New Avengers Illuminati adalah kelompok para pemikir dari Marvel Comics. Siapa saja anggota Illuminati Marvel?


Demikian certia asal-usul Avengers Illuminati dan sepak terjang mereka dalam komik Marvel. Sebenarnya masih ada banyak certia lain tentang mereka, akan kita bahas di lain kesempatan. Klik Next untuk mengetahui siapa saja anggota Avengers Illuminati.

Next > Anggota Avengers Illuminati

Previous Post
Next Post

0 komentar: