Selasa, 13 November 2018

24 Film Animasi Terbaik Pemenang Oscar dari Masa ke Masa (1990-sekarang)


Selowae.Net – Ada sekian banyak film animasi Hollywood yang bagus dan sangat menghibur. Banyak di antaranya bahkan berhasil meraih penghargaan di ajang Academy Awards atau Oscar.

Berikut adalah film-film animasi Hollywood terbaik sepanjang masa pemenang Oscar dari 28 tahun terakhir. Apa saja kira-kira? Simak selengkapnya di bawah ini!

Oh ya, jangan lupa juga untuk membaca Daftar film animasi Justice League.


Daftar Film Animasi Terbaik Sepanjang Masa


1990: The Little Mermaid


Salah satu film animasi terbaik Disney pemenang Academy Awards
Salah satu film animasi terbaik Disney pemenang Academy Awards

Film animasi Walt Disney, "The Little Mermaid" berhasil mendapatkan piala Oscar untuk kategori “Best Original Score” pada Academy Awards tahun 1990. Penghargaan itu didapatkan berkat lagu “Under the Sea” dalam film ini.



1992: Beauty and the Beast


24 Film Animasi Terbaik yang Memenangkan Oscar dari Masa ke Masa (1990-sekarang)

Film animasi Disney terbaik berjudul Beauty and the Beast dinominasikan untuk enam ketagori Oscar pada tahun 1992. Film animasi klasik Disney ini berhasil memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Score dan Best Original Song, untuk lagu "Beauty and the Beast." "Be Our Guest" dan "Belle" juga dinominasikan dalam kategori lagu terbaik.

Selain itu, Film animasi Beauty and the Beast juga menerima nominasi Best Picture, serta Best Sound Editing. Beauty and the Beast adalah salah satu film animasi yang berhasil mendapat nominasi Oscar terbanyak sepanjang masa.


1993: Aladdin


film animasi disney terbaik

Film Aladdin menerima penghargaan yang sama seperti pendahulunya, untuk kategori Best Score dan Best Original Song di ajang Academy Awards tahun 1993. Lagu yang berhasil membahwa film Aladdin meraih penghargaan tersebut adalah "A Whole New World."

Selain itu, Aladdin juga dinominasikan untuk kategori Best Sound sekaligus Beast Sound Editing.


1995: The Lion King


film animasi untuk anak terlucu terbaik

Lagi-lagi, film animasi terbaik Disney berhasil mendapatkan penghargaan Oscar. "The Lion King" juga memenangkan Oscar untuk Best Score dan Best Original Score (yang terakhir untuk "Can You Feel the Love Tonight"). Lagu "Circle of Life" dan "Hakuna Matata" juga dinominasikan dalam kategori lagu.




1996: Pocahontas


film animasi hollywood terbaik disney

1995 adalah tahun tonggak untuk fitur animasi. Studio Pixar, yang didirikan oleh sekelompok mantan animator Disney, merilis film pertamanya, "Toy Story," yang langsung dipuji sebagai sebuah mahakarya. Film ini menerima tiga nominasi, ditambah penghargaan pencapaian khusus untuk sutradara John Lasseter.

Namun film Disney tradisional tetap dominan pada akhirnya. Film "Pocahontas" berhasil memenangkan kedua nominasinya: dalam kategori skor— sekarang berganti nama menjadi "Original Musical or Comedy Score" - dan dalam kategori lagu untuk "Colors of the Wind."


1999: The Prince of Egypt


film animasi non disney yang bagus

Untuk Oscar 1998, baik "Hercules" dari Disney dan "Anastasia" dari 20th Century Fox menerima nominasi, tetapi mereka tidak memenangkan satu pun piala Oscar karena diborong oleh film "Titanic".

Namun pada tahun 1999, film animasi berjudul "The Prince of Egypt" memenangkan penghargaan, untuk "When You Believe" di kategori Original Song. "The Prayer" dari "Quest for Camelot" juga dinominasikan dalam kategori itu.

Itu juga dinominasikan bersama "A Bug's Life" dan "Mulan" di "Best Original Musical atau Comedy Score," yang ada pada pertengahan 1990-an, tetapi kehilangan mereka semua untuk "Shakespeare in Love."


2000: Tarzan


film animasi terbaik sepanjang masa

Film animasi Disney terbaik berikutnya adalah Tarzan. Disney meraih kemenangan lain saat lagu "You're Be in My Heart" memenangkan penghargaan Best Original Song. Film Pixar lainnya, yaitu "Toy Story 2" dinominasikan dalam kategori itu juga, untuk lagu Randy Newman "When She Loved Me".


2002: Shrek


film animasi terbaik pemernang oscar

Shrek berhasil mendapatkan penghargaan Best Animated Feature, mengalahkan film animasi lainnya seperti "Jimmy Neutron: Boy Genius" dan Pixar's "Monsters, Inc".

Film Dreamworks "Shrek" memenangkan Oscar pertama untuk kategori Best Animated Feature. Film ini juga dinominasikan dalam penghargaan Best Adapted Screenplay.

Film Monsters, Inc. juga memenangkan penghargaan Oscar kategori Original Song untuk "If I Doesn't Have You" dan menerima nominasi untuk Original Score dan Sound Editing.


2003: Spirited Away


film animasi terbaik pemernang oscar

Spirited Away, film animasi Jepang karya Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli, menerima penghargaan film animasi terbaik tahun 2003.

Film ini dirilis dalam bahasa Inggris dengan diawasi oleh Disney. Namun, ia berhasil mengalahkan lebih dari dua film animasi Disney yang dinominasikan dalam kategori: "Lilo & Stitch" dan "Treasure Planet," sementara "Ice Age" dan "Spirit: Stallion of the Cimarron" juga dinominasikan.




2004: Finding Nemo


film pixar terbaik

Tahun ketiga Academy Awards menambahkan kategori Best Animated Feature di penghargaan Oscar, dan kali ini dimenangkan oleh film animasi Pixar berjudul Finding Nemo.

Film ini memenangkan kategori film animasi Hollywood terbaik setelah mengalahkan kandidat lainnya, yaitu "Brother Bear" dan "The Triplets of Belleville”. Finding Nemo juga menerima nominasi Best Original Screenplay, Score, dan Sound Editing.


2005: The Incredibles


film animasi pixar terbaik

Pixar kembali berjaya, kali ini melalui film animasi superhero berjudul The Incredibles. "Home on the Range" dari Disney benar-benar diabaikan oleh Academy Awards sementara "The Incredibles" berhasil menjadi juara. Film ini juga berhasil mengalahkan film animasi keren lainnya seperti "Shrek 2" dan "Shark Tale."


2006: Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit


Film Animasi Terbaik yang Memenangkan Oscar

Kali ini, giliran film animasi DreamWorks yang berhasil menjadi pemenang penghargaan film animasi terbaik di Oscar. Berjudul Wallace & Gromit: The Curse of the Were-Rabbit, film animasi Hollywood ini berhasil mengalahkan kandidat lain seperti film dari Hayao Miyazaki "Howl's Moving Castle" dan film animasi garapan Tim Burton yaitu "Corpse Bride".


2007: Happy Feet


film animasi terbaik 2007

Tahun 2007, Disney telah membeli Pixar namun tetap kalah dengan film Happy Feet dari Warner Bros.

Setelah bertahun-tahun bernegosiasi dan menjalin hubungan bisnis, Disney membeli Pixar langsung pada tahun 2006 seharga $ 7,4 miliar. Ini mengikuti periode kosong selama bertahun-tahun untuk film animasi in-house Disney.

Itu hanya sebulan sebelum rilisnya film animasi "Cars". Tetapi meskipun film "Cars" mendapat nominasi untuk Best Animated Feature, bersama dengan "Monster House," mereka berdua kalah dari "Happy Feet" dari Warner Bros.




2008: Ratatouille


film animasi terbaik sepanjang masa

Selain memenangkan Best Animated Feature, film  Ratatouille dari Disney Pixar juga dinominasikan dalam Best Original Score, Screenplay, Sound Editing, dan Sound Mixing. Film animasi lainnya seperti "Persepolis" dan "Surf's Up" juga dinominasikan dalam kategori ini.


2009: Wall-E


best animated feature oscar of all time

Film animasi terbaik di dunia yang memenangkan Oscar berikutnya adalah Wall-E. Tindak lanjut Andrew Stanton untuk "Finding Nemo" memenangkan Oscar Best Animated Feature atas Disney "Bolt" dan Dreamworks's "Kung Fu Panda".

Film ini juga menerima nominasi Best Original Screenplay, meskipun hampir tidak ada dialog, serta nominasi dalam kategori pengeditan suara, pencampuran suara, dan lagu.

Kurangnya nominasi Best Picture untuk "Wall-E" dan "The Dark Knight" tahun itu, bagaimanapun, membuat peringkat industri film dan memimpin Academy Awards untuk memperluas kategori menjadi sepuluh nominasi. Itu kemudian diubah sehingga suatu tempat antara lima dan sepuluh nominasi akan diterima tergantung pada suatu algoritma.


2010: Up


film animasi terbaik sepanjang masa pemenang oscar

Disney Pixar kembali merajai perfilman animasi Hollywood, kali ini dengan film animasi berjudul “Up”.

Karena kategori Best Picture diperluas hingga sepuluh nominasi, "Up" menjadi film Pixar pertama - dan film animasi pertama sejak "Beauty and the Beast" - yang dinominasikan dalam kategori itu. Sayangnya, Up kalah dari film "The Hurt Locker."

"Up" berhasil memenangkan dua piala Oscar di tahun 2010, untuk film animasi terbaik dan skor animasi terbaik, dan juga dinominasikan dalam Original Screenplay dan kategori Sound Editing. Film ini mengalahkan kandidat lainnya seperti "Fantastic Mr. Fox," "Coraline," "The Princess and the Frog," dan "The Secret of Kells."


2011: Toy Story 3


film terbaik animasi di hollywood

Secara beruntun Pixar kembali memenangkan Best Animated Feature di Oscar, dan kali ini melalui film Toy Story 3. Sebuah tindak lanjut dari dua film "Toy Story" pertama yang membuat Pixar menjadi kekuatan yang tangguh di tahun 1990-an, "Toy Story 3" menjadi salah satu film Pixar yang paling terkenal, dan menerima nominasi Oscar terbaik bersama dengan kemenangan dalam animasi kategori fitur (itu kalah dari "The King's Speech").

Film ini juga memenangkan kategori Original Song Oscar, untuk "We Belong Together," dan nominasi untuk skenario yang disesuaikan dan penyuntingan suara.

Para nominator lainnya dalam kategori Best Animated Feature adalah "How to Train Your Dragon" dan "The Ilusionist".




2012: Rango


film animasi barat terbaik untuk anak

Film animasi garapan Paramount Pictures beraksi. "Rango", sebuah film neo-Barat di mana Johnny Depp menyuarakan kadal dengan kemeja Hawaii, memenangkan film animasi terbaik Oscar pda tahun 2012. Meskipun studio Paramount, bahkan tidak memiliki divisi animasi resmi.

Dreamworks juga berhasil dinominasikan untuk "Puss in Boots" dan "Kung Fu Panda 2" dalam kategori yang sama, bersama film "A Cat in Paris" dan "Chico & Rita."

Sementara film Cars 2 dari Pixar dan film Winnie the Pooh dari Disney harus bertekuk lutut di hadapan Rango.


2013: Brave


film animasi keluarga yang bagus

Film animasi Hollywood terbaik dari Pixar kembali memenangkan Best Animated Feature dengan film "Brave," yang tidak menerima nominasi lainnya. Para nominasi lainnya dalam kategori fitur animasi adalah "Frankenweenie," "ParaNorman," "The Pirates! Band of Misfits," dan Disney's "Wreck-It Ralph."


2014: Frozen


Film animasi Disney terbaik

Film animasi Disney terbaik yang non-Pixar akhirnya menang lagi, dengan "Frozen" menjadi film pertama dari Disney Animation Studios untuk memenangkan Oscar fitur animasi seja kfilm "Tarzan". Ini juga memenangkan satu-satunya kategori lain yang dinominasikan, yaitu Original Song, untuk "Let It Go."

"Monsters University" Pixar, di sisi lain, diabaikan oleh Oscar. Para nominasi fitur animasi lainnya adalah "The Croods," "Despicable Me 2," "Ernest & Celestine," dan Hayao Miyazaki "The Wind Rises".


2015: Big Hero 6


Film animasi Disney terbaik

Film animasi Oscar terbaik selanjutnya adalah "Big Hero 6" yang memenangkan penghargaan Animated Feature, satu-satunya kategori yang dinominasikan. Para nominasi lainnya adalah "The Boxtrolls," "How to Train Your Dragon 2," "Song of the Sea," dan "The Tale of the the Princess Kaguya. "

Film animasi Pixar tidak masuk kategori karena mereka tidak merilis apapun di tahun 2014. Film animasi Hollywood terbaik yang memenangkan Oscar berikutnya adalah...




2016: Inside Out


Film animasi Oscar terbaik disney pixar

Untuk pertama kalinya, Pixar merilis dua film dalam satu tahun. "The Good Dinosaur" diabaikan sementara "Inside Out" memenangkan Best Animated Feature dan menerima nominasi Original Screenplay.

Disney Animation tidak merilis apa pun pada tahun 2015, dan nominasi lainnya dalam kategori fitur animasi adalah "Anomalisa," "Boy and the World," "Shaun the Sheep Movie," dan "When Marnie Was There."


2017: Zootopia


daftar Film Animasi Terbaik

Sekuel lama yang ditunggu-tunggu oleh Pixar untuk "Finding Nemo", yaitu film "Finding Dory," diabaikan oleh Oscar, sementara "Zootopia" milik Disney memenangkan film animasi terbaik Oscar di tahun 2017.

Film itu dinominasikan bersama Disney "Moana," "Kubo dan Dua String," "My Life as Zucchini," dan "The Red Turtle."


2018: Coco


rekomendasi Film Animasi Terbaik

Dalam film animasi "Coco", Miguel memasuki dunia bawah untuk mengikuti hasratnya terhadap musik.

Catatan Pixar dimenangkan sekali lagi pada tahun 2018. "Coco" memenangkan kategori fitur animasi terbaik serta Best Song, untuk lagu "Remember Me."

Dalam kemenangannya, film ini mengalahkan "The Boss Baby," "Loving Vincent," "Ferdinand," dan "The Breadwinner."


Demikian daftar film animasi Hollywood terbaik yang berhasil memenangkan Oscar dari tahun 1991-sekarang. Mana nih yang menjadi film favoritmu?

Previous Post
Next Post

0 komentar: