Rabu, 07 November 2018

Top 20 Macam Batsuit (Kostum Batman) Paling Unik dan Keren


Selowae.Net – Sepanjang sejarah komiknya, Batman telah menggunakan banyak macam kostum (Batsuit) yang berbeda-beda. Beberapa kostum tersebut bahkan memiliki kemampuan tersendiri yang digunakan Batman dalam berbagai situasi.

Jika kamu penasaran dan ingin mengetahui berbagai macam kostum Batman dalam komik DC, yuk simak top 20 macam Batsuit paling keren versi Selowae Heroes berikut ini!


Note: Urutan TIDAK berarti peringkat


Macam-macam Batsuit / Kostum Batman


#1 - Justice Armor


Top 20 Macam Batsuit (Kostum Batman) Paling Unik dan Keren
Justice Armor, salah satu kostum Batman paling keren

Dalam miniseri Justice, Bruce Wayne memakai baju besi yang bukan hanya keren, tapi juga bisa melindungi dirinya dari kendali pikiran Brainiac. Baju besi ini juga mampu menahan pukulan dari Superman, dan dirancang untuk berperang melawan supervillain terberat di dunia.

Justice Armor dilengkapi dengan sayap dan sistem propulsi yang memungkinkan Batman untuk terbang. Sayangnya, tidak banyak yang benar-benar terungkap tentang armor ini di miniseri, tapi setidaknya, armor satu ini benar-benar terlihat sangat keren.


#2 - Thrasher Suit


Macam-macam Batsuit / Kostum Batman
God Damn Batman vs Court of Owls

Thrasher Suit digunakan oleh Bruce Wayne ketika berhadapan dengan pasukan mayat hidup Court of Owls. Kekuatan armor ini memungkinkan Bruce bertahan dalam kondisi suhu ekstrim baik dingin ataupun panas.

Armor Batman ini juga dilengkapi dengan pengejut listrik dan EMP serta mampu menyimpan oksigen untuk beberapa minggu.


#3 - Superman Suit


batman as superman suit
Batman menjadi Superman

Dalam komik Superman / Batman Annual # 2, dikisahkan Superman kehilangan kekuatannya untuk sementara waktu. Hal ini membuat kota Metropolis tidak mempunyai pelindung terbaiknya. Seperti yang dikatakan Robin, "Gotham membutuhkan Batman dan Robin ... tetapi dunia membutuhkan Superman".

Ketika kejahatan semakin menjadi karena ketidakhadiran Superman, Batman pun mengenakan suit berlapis baja yang menyerupai Superman untuk menunjukkan bahwa Superman masih ada. Dengan teknologinya, Bruce terbang di atas Metropolis dan bahkan mampu mengeluarkan laser yang mengalahkan Metallo.




#4 - Haz-Bat Suit


kostum batman terbaik

Kostum Batman terkeren selanjutnya adalah Haz-Bat Suit. Batsuit ini bukan hanya dirancang untuk menahan pukulan kuat dari lawan, tapi juga dapat melindungi Batman dari segala jenis infeksi. Kostum Batman ini mampu melakukan pemindaian medis dan membantu Batman mendeteksi sumber infeksi, sehingga menghasilkan counter-agent jika ia terkena apa pun. Haz-Bat adalah nama yang diusulkan oleh Robin.


#5 - The Dark Knight Returns Armor


tdkr armor

Armor ini muncul dalam komik The Dark Knight Returns garapan Frank Miller. Bruce Wayne merancang armor ini khusus untuk menghadapi Superman. Armor yang dilengkapi oleh sonic blaster dan rocket launcher ini dapat melindungi Batman dari pukulan keras Superman dan mampu menambah kekuatan pukulannya beberapa kali lipat.


#6 - Trinity Armor


macam macam armor batman

Armor Batman ini muncul dalam komik "Batman / Superman / Wonder Woman: Trinity” garapan Matt Wagner. Dalam cerita tersebut, Batman menggunakan kostum armor yang diciptakan khusus untuk menghadapi Ra's al Ghul, Bizarro dan Artemis.

Trinity Armor memberi Batman kekuatan dan kecepatan yang ditingkatkan, dan terbukti dapat melindunginya dari kekuatan tinju Bizarro. Kostum Batman ini juga dilengkapi titanium electrified, miniatur granat dan solar laser. Trinity Armor tidak cukup untuk mengalahkan Bizarro, tetapi setidaknya mampu mengalihkan perhatiannya sampai Superman tiba di tempat kejadian.


#7 - Project Batman Armor


Top 20 Macam Batsuit (Kostum Batman) Paling Unik dan Keren

Dalam alur cerita "Batman" # 40 garapan Scott Snyder dan Greg Capullo, Batman diduga tewas di tangan Joker. Agar Gotham tidak kehilangan pelindungnya, perusahaan di kota Gotham yang bernama Powers International meminta Komisaris Jim Gordon untuk menjadi Batman baru.

Dia pun menggunakan baju zirah khusus yang memberinya berbagai macam kekuatan super. Mulai dari kekuatan fisik yang ditingkatkan, daya tahan fisik dan kecepatan yang luar biasa. Armor ini bahkan bisa menembakkan Batarang dan EMP.




#8 - DC One Million Suit


macam kostum batman adalah

Muncul dalam komik "JLA" # 23 garapan Grant Morrison dan Howard Porter, sebuah cerita yang bersetting di masa depan yang sangat jauh, tepatnya pada abad ke-853.

Batsuit dari DC One Million Batman adalah lompatan teknologi besar ke depan. Meskipun tidak terlihat jauh berbeda dari kostum aslinya, Batsuit ini memiliki armor yang bisa dilipat, jubah yang tahan api dan kerangka yang lebih kuat untuk membuatnya tetap aman. Itu juga memiliki penglihatan malam dan kemampuan kamuflase, memiliki kemampuan penerbangan dan dapat memproyeksikan hologram.

Ada banyak macam Batsuit keren lainnya, seperti...

#9 - Stealth Suit


batsuit adalah

Stealth Suit adalah Batsuit yang memiliki kemampuan untuk bersembunyi dan menjadi tidak terlihat. Batsuit ini bisa mendeteksi lingkungan sekitar dan menyesuaikan diri untuk bersembunyi dari musuh. Bahkan kemampuan X-Ray Superman menjadi tidak bisa mendeteksi Batman ketika dia menggunakan kostum ini.

Kostum Batman ini mucul dalam "Superman Unchained" # 2 (2013), yang ditulis oleh Scott Snyder dengan digambar oleh Jim Lee, Scott Williams dan Dustin Nguyen.


#10 - Man-Bat Serum Suit


armor batman paling kuat

Untuk yang tidak tahu, serum Man-Bat adalah formula kelelawar yang dibuat oleh ahli zoologi Dr. Robert Langstrom alias Man-Bat, seorang supervillain yang menciptakan serum untuk memperkuat pendengaran seseorang.

Dalam komik "Batman Incorporated" # 12, Batman terpaksa menyuntik dirinya sendiri dengan serum Man-Bat untuk mengalahkan Talia Al Ghul dan pasukannya. Batman juga mengenakan Suit of Sorrows yang telah dimodifikasi. Batman dalam cerita ini menjadi manusia kelelawar sesungguhnya, dia bisa terbang, menjadi tidak terlihat dan bahkan mengeluarkan serangan listrik kejut.


#11 - Anti-Predator


Top 20 Macam Batsuit (Kostum Batman) Paling Unik dan Keren

Ketika menghadapi Predator yang datang ke Gotham, Batman berhasil dipukul mundur dari pertarungan dengan luka-luka yang hampir membunuhnya. Belajar dari pengalaman, ia pun menciptakan sebuah armor khusus dan sekali lagi menghadapi para predator tersebut.

Bat-armor Anti-Predator terbuat dari bahan kevlar khusus yang tahan akan sayatan pedang atau benda tajam lainnya. Dilengkapi dengan beberapa pelindung untuk organ vital dan joint, mirip dengan jubah perang klasik, namun pengguna tetap mampu bergerak dengan lincah.




#12 - The Insider Suit


kostum batman terkuat

Kostum Batman paling keren selanjutnya adalah Insider Suit yang pertama kali muncul dalam komik "Bruce Wayne: The Road Home: Batman dan Robin" # 1 tahun 2010. Kostum ini dirancang untuk meniru beberapa kekuatan Justice League dengan mode heat-vision seperti Superman, mode kamuflase yang membuatnya tidak terlihat seperti Martian Manhunter, Mode Speed Force seperti The Flash, Veritas Lasso Mode seperti Wonder Woman dan Mode Will seperti Green Lantern.

Selain itu, Batsuit satu ini juga dilengkapi Flight Mode yang membuatnya bisa terbang dan Mode teleportasi yang luar biasa mengagumkan.


#13 - Hellbat Armor


kekuatan hellbat armor adalah

Armor ini diciptakan oleh Superman di pusat matahari. Dibuat khusus agar Batman mampu mengimbangi kekuatan musuh-musuh super yang sering dihadapi anggota Justice League. Terutama musuh-musuh berkekuatan dewa atau musuh-musuh dari segala penjuru galaksi yang  bisa mengancam kapan saja.

Hellbat adalah salah satu armor Batman terkuat, tapi armor ini juga menguras banyak energi Batman, sehingga dapat mengancam nyawanya jika digunakan terlalu lama.


#14 – Suit Of Sorrows


macam kostum batman terhebat

Suit of Sorrows pertama kali muncul dalam "Detective Comics" # 838 tahun 200 karya Paul Dini dan Ryan Benjamin. Kostum Batman ini didapatkannya Talia al Ghul, putri dari Ra's al Ghul. Kostum ini membuat Batman lebih kuat dan lebih cepat, tetapi juga membuatnya lebih ganas.

Batman memutuskan untuk berhenti menggunakan kostum ini, tetapi dia tidak mau menghancurkannya dan hanya meninggalkannya di Batcave. Kostum Batman ini akhirnya dicuri dan digunakan oleh Azrael.




#15 – Batwing Suit


macam-macam kostum batman

Tidak lama setelah Batwing pertama, David Zavimbe pensiun menjadi Batwing, Lucius membuat kostum Batwing baru, yang kemudian diberikan kepada putranya, Luke Fox. Batwing suit ini tidak hanya mampu membuat pemakainya terbang, tapi juga memiliki kemampuan untuk memantau tanda-tanda vital dan melakukan perawatan medis ringan.


#16 - Kingdom Come Suit


daftar kostum batman dalam komik dc

Dalam  miniseri Kingdom Come garapan Mark Waid dan Alex Ross yang bersetting di masa depan, dikisahkan beberapa superhero Justice League yang kita kenal sudah pensiun, termasuk Batman. Alih-alih mengandalkan Bat-Family untuk melindungi Gotham, legiun Bat-Knight Batman lah yang berpatroli di kota untuk menegakkan hukum dan ketertiban.

Tentu saja, robot tidak bisa menjadi satu-satunya pertahanan terhadap ancaman super-vilain, itulah yang membuat Batman keluar dari masa pensiun dan membantu Superman untuk terakhir kalinya. Batman memakai pakaian tanpa nama yang memungkinkan dia untuk bertarung seperti pria muda lagi. Selain itu, kostum ini dilengkapi dengan kemampuan terbang dan serangan laser.

Masih ada banyak macam Batsuit keren lainnya seperti...


#17 - Batman Beyond Suit


batman beyond suit

Batman Beyond Suit digunakan oleh penerus Batman, Terry McGinnis. Kostum Batman Beyonge dilengkapi dengan cloaking situasional dan sepatu bot magnetik, setelan Beyond Batman mampu beradaptasi dengan keadaan apa pun, selain itu juga meningkatkan kekuatan dan kelincahan pemakainya. Namun, bagian terbaiknya adalah kostum itu secara otomatis menghasilkan batarangnya sendiri. Kami yakin itu akan sangat berguna.




#18 – Augmentation Suit


daftar kostum terbaik batman

Merupakan kostum terbaru Batman yang muncul di era New 52, berawal ketika Terminus mengenakan pakaian khusus yang memberinya kekuatan manusia super. Batman tidak mampu menandinginya, jadi dia memerintahkan Batmobile untuk menembaki Terminus sementara dia megenakan sebuah Batsuit tanpa nama.

Batsuit ini mampu meningkatkan kekuatan Batman dengan cukup signifikan sehingga dirinya mampu memenangkan pertarungan tersebut.


#19 - Bat-Bot


The Bat-Bot adalah Batsuit exoskeleton yang membuat Batman jauh lebih besar, membuatnya sebesar Bane. Ia juga memiliki motor servo kuat yang memberinya kekuatan manusia super. The Bat-Bot juga memiliki jetpack sehingga dia bisa terbang dalam semburan pendek atau memperlambatnya jatuh dari sebuah bangunan, tetapi kemudian Bane berhasil menghancurkan Bat-Bot dengan merobeknya menjadi dua.


#20 - Justice Buster (Fenrir)



Dalam komik "Batman: Endgame" # 1, Joker menginfeksi para superhero Justice League dan membuatnya berhadapan dengan Batman. The Dark Knight pun mengeluarkan armor Justice Buster yang dia rancang khusus untuk menghentikan para anggota Justice League.

Armor Batman ini mengalahkan Wonder Woman dengan Bind of Cril yang mistis untuk membuatnya dia berpikir mengalahkannya, lalu melumpuhkan Flash di hiperspeed. Untuk Aquaman, kostum  itu menyemprotkan busa untuk membuatnya dehidrasi.

Cyborg ditumbangkan oleh pohon saraf elektromagnetik dan "penetral sitrat" digunakan untuk Green Lantern, tetapi yang terbaik disimpan untuk Superman. Sarung tangan itu memiliki matahari merah mikroskopis untuk tambahan pukulan, pelapis untuk membelokkan kekuatan panas dan dingin Superman, dan bahkan permen karet yang diberi kryptonite sebagai upaya terakhir Batman yang berhasil mengalahkan Superman.


Demikian berbagai macam kostum Batman (Batsuit) dalam komik DC yang paling keren. Dari sekian Batsuit di atas, mana nih yang menjadi favoritmu?

Previous Post
Next Post

0 komentar: