Senin, 19 November 2018

20+ Musuh Terbaik Spider-Man, dari Green Goblin sampai Spider-Slayers


Selowae.Net – Ada banyak super-villain berkekuatan hebat yang pernah dihadapi Spider-Man, mulai dari manusia listrik bernama Electro, manusia kadal bernama The Lizard, sampai pemburu paling berbahaya di dunia bernama Kraven the Hunter.

Bahkan, beberapa musuh Spider-Man yang merasa sulit mengalahkan sang manusia laba-laba pernah membentuk kelompok bernama Sinister Six demi bisa menghancurkan Spider-Man.

Jika kamu ingin mengenal musuh-musuh terbaik Spider-Man dalam komik Marvel, yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Jangan lupa juga untuk membaca top 20 villain Aquaman.

Note: Urutan BUKAN berarti peringkat


Daftar Musuh Terbaik Spider-Man


#1 - Green Goblin


Daftar Musuh Terbaik Spider-Man

Green Goblin muncul pertama kali dalam Amazing Spider-Man #14, Juli 1964. Pada dasarnya kekuatan Green Goblin berasal dari serum yang menambah kekuatan dan kepandaian, tapi membuat pemakainya menjadi gila. Ia juga menggunakan berbagai alat canggih dan senjata.

Selama ini sudah ada beberapa karakter yang menjadi Green Goblin, yaitu Norman Osborn, Harry Osborn, Bart Hamilton, Normie Osborn, dan Phil Urich. Sebagai musuh bebuyutan Spider-Man, Green Goblin telah banyak memberikan mimpi buruk dalam kehidupan Peter Parker.



#2 - Lizard


best spiderman villain

Lizard adalah Dr. Curtis Connors, ahli herpetologi dan terapi gen. Ia mempelajari genetika reptil untuk menumbuhkan kembali tangannya yang diamputasi saat perang.

Dia mengembangkan terapi yang radikal dan bereksperimen dengan hewan cacat. Setelah berhasil, ia mencoba hasil eksperimen tersebut dengan tubuhnya sendiri menggunakan reptil. Akhirnya ia terkontaminasi dengan serumnya sendiri dan menjadi manusia kadal, yang ingin menjadikan seluruh dunia berisi manusia kadal seperti dirinya.


#3 - Doctor Octopus


musuh terkuat spiderman

Doctor Octopus alias Doc Ock dianggap sebagai musuh Spiderman paling klasik dan pertama kali muncul dalam komik Amazing Spider-Ma vol. 1 #3 yang terbit tahun 1963.

Otto Octavius adalah ahli nuklir, penemu, dan dosen yang sewaktu kecil sering dipukuli oleh ayahnya. Ia menciptakan alat berbentuk tentakel yang tahan radiasi, kuat dan lincah untuk eksperimen fisika atom. Dalam eksperimen itu terjadi kecelakaan di mana alat itu menyatu dengan tubuhnya, bahkan bisa diperintah langsung dari otak.

Sayangnya, hal tersebut membuat Otto Octavius berubah jahat dan menjadi salah satu musuh bebuyutan Spider-Man bernama Doctor Octopus.




#4 - Mysterio


musuh terkuat spiderman

Identitas asli Mysterio adalah pria bernama Quentin Beck. Ia bekerja sebagai seorang stunt man di dunia perfilman dan bercita-cita menjadi artis terkenal di Hollywood.

Di samping kemampuannya melakukan berbagai aksi stunt berbahaya, Quentin juga memiliki keahlian dalam bermain sulap ilusi. Keahliannya ini biasa ia gunakan untuk membantu kru film melakukan trik gambar.

Meski sangat berbakat, namun Quentin Beck memiliki wajah yang biasa saja sehingga harapannya menjadi bintang film sulit tercapai. Quentin sudah berusaha mengikuti berbagai casting film, namun tidak ada satu pun sutradara yang memberinya peran.

Merasa putus asa terhadap impiannya, Quentin pun berubah jahat dan memanfaatkan keahlian sulap ilusinya untuk melakukan tindakan kriminal.

Kekuatan Mysterio terletak pada kemampuannya dalam membuat ilusi dan melakukan hipnotis. Ia juga berpengalaman melakukan berbagai aksi stunt berbahaya sehingga tubuhnya cukup lincah. Mysterio juga diketahui menguasi beberapa teknik beladiri. Musuh terbaik Spider-Man selanjutnya adalah...


#6 - Scorpion


Scorpion muncul pertama kali dalam komik The Amazing Spiderman #19

Scorpion muncul pertama kali dalam komik The Amazing Spiderman #19 tahun 1964. Scorpion awalnya adalah Macdonald “Mac” Gargan, detektif swasta yang disewa Jonah J. Jameson untuk mengetahui dari mana Peter Parker mendatkan foto-foto Spider-Man.

Ketika Spider-Man terus menghindari Gargan, Jameson membuat Gargan jadi bahan eksperimen memberi kekuatan binatang tertentu pada manusia, yang dalam kasusnya adalah kalajengking. Hal itu agar Gargan bisa mengalahkan Spider-Man. Namun, Mac Gargan malah menjadi penjahat super yang dikenal dengan nama Scorpion.


#7 - Rhino


Rhino adalah musuh spiderman

Musuh Spider-Man selanjutnya adalah Rhino, muncul pertama kali dalam komik The Amazing Spiderman #41 tahun 1966 karya Stan Lee dan John Romita.

Aleksei Sytsevich adalah imigran miskin dari Rusia yang ingin sekali membawa seluruh keluarganya ke Amerika. Ia dibayar untuk mengikuti sebuah eksperimen yang menyatukan bahan polimer super kuat dengan kulitnya, juga meningkatkan kekuatan dan kecepatannya. Walau ia hanya tukang pukul, Rhino adalah salah satu musuh terkuat Spider-Man yang banyak disukai fans.


#8 - Hobgoblin


Hobgoblin tercipta ketika Roderick Kingsley musuh spider-man

Hobgoblin tercipta ketika Roderick Kingsley, desainer mode dan milyuner, menemukan sarang Green Goblin. Dia berambisi menguasai harta kekayaan Oscorp dan dunia kejahatan dengan peralatan dan serum Green Goblin yang ditemukannya.

Hobgoblin bukan hanya menjadi penerus Green Goblin, dia malah lebih mengerikan karena berhasil menyempurnakan formula Green Goblin asli dengan menghilangkan efek sampingnya, di mana ia tidak menjadi gila.




#9 - Venom


musuh spider-man terkuat

Venom sebenarnya adalah alien symbiote yang ditemukan oleh Spider-Man saat peristiwa Secret War dan dibawa ke Bumi. Alien itu ingin terus menyatu dengan Peter, tapi Peter jadi kehilangan kendali atas dirinya.

Singkat cerita alien itu berhasil dipisahkan dari tubuhnya dan jatuh ke tangan Eddie Brock, wartawan yang dipecat gara-gara berita yang dibuatnya terbukti salah karena kebenarannya diungkap oleh Spider-Man. Ia menjadi musuh Spider-Man dan menamakan dirinya Venom. Venom akan menjadi semakin kuat seiring makin besarnya rasa benci terhadap Spider-Man.


#10 - Sandman


sandman musuh spiderman terkuat

Sandman adalah William Baker alias Flint Marko, dia bisa merubah tubuhnya menjadi semacam pasir yang dapat mengeras, menyebar atau dibentuk menjadi apa saja. Kekuatannya setara dengan Thing. Kemampuan ini didapat saat Flint tidak sengaja terkena radiasi di pantai tempat tes bom atom, di mana molekul-molekul tubuhnya menyatu dengan pasir.


#11 - Electro


electro daftar villain spiderman dalam komik

Musuh terbaik Spider-Man selanjutnya adalah Electro. Karakter ini diperkenalkan pertama kali dalam komik The Amazing Spiderman #9 tahun 1964. Bernama asli Maxwell Dillon, seorang teknisi saluran listrik yang mendapat tugas untuk memperbaiki saluran listrik di kota Manhattan yang tengah diguyur hujan badai.

Seperti yang bisa ditebak, Maxwell kemudian tersambar petir yang disebabkan aliran mutagenik dan mengubahnya menjadi manusia listrik. Maxwell Dillon bukan hanya mampu memanipulasi listrik kota, dia juga memiliki kekuatan superhuman dan ketika energinya terisi penuh, dia bisa bergerak dengan sangat cepat.


#12 – Carnage


carnage daftar musuh spider-man yang belum muncul di film

Host atau inang dari Carnage adalah Cletus Kasady, seorang pembunuh berantai yang psikopat. Dia bahkan sudah memulai aksi pembunuhan sejak kecil, dengan korban pertamanya adalah neneknya sendiri.

Suatu hari, saat dipenjara karena kasus pembunuhan, Kasady mendapat ruang sel yang sama dengan Eddie Brock (host Venom). Di ruang penjara yang sempit tersebut, mereka berdua saling bertukar pikiran sembari Eddie menunggu diselamatkan oleh Venom.

Benar saja, tidak lama kemudian Venom datang untuk menyelamatkan Eddie dan langsung mengeluarkannya dari penjara. Tanpa disadari, Venom ternyata melahirkan (membelah diri) di tengah aksi penyelamatan Eddie Brock. Sang ‘anak’ atau bagian dari Venom yang tertinggal tersebut kemudian menyatu ke aliran darah Cletus Kasady dan membuatnya menjadi symbiote dengan warna merah darah bernama Carnage.

Kekuatan Carnage hampir sama persis seperti Venom, hanya saja ia lebih brutal dan ganas karena memiliki sifat Kasady. Carnage merupakan salah satu musuh terkuat Spider-Man, bahkan Spider-Man harus bekerjasama dengan Venom untuk mengalahkannya.




#13 - Vulture


 daftar musuh spider-man yang belum muncul di film

Vulture adalah salah satu musuh Spider-Man yang diciptakan oleh duet Stan Lee dan Steve Ditko. Penjahat super yang dapat terbang ini muncul pertamakali dalam komik The Amazing Spider-Man #2 yang terbit tahun 1963 lalu dan merupakan musuh kedua yang dihadapi Spider-Man setelah The Chameleon.

Sosok di balik kostum Vulture adalah Adrian Toomes, seorang insinyur jenius yang lahir di Staten Island, New York. Bersama dengan salah satu temannya, Toomes membangun sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penerbangan, namun sahabat yang sangat dia percayai tersebut malah melakukan penggelapan uang dan menghianatinya.

Mengetahui ulah sahabatnya tersebut, Toomes kemudian merusak perusahaan yang dirintisnya dan Adrian Toomes memakai baju zirah hasil penelitian perusahaan untuk melakukan kejahatan dengan nama alias The Vulture.

Kekuatan Vulture didapat dari baju zirah yang digunakannya. Baju zirah rancangannya tersebut terbuat dari bahan sintesis khusus yang bisa memunculkan gaya anti-gravitasi sehingga ia dapat terbang. Bukan hanya terbang, baju zirahnya juga dapat  bermanuver di udara ataupun digunakan sebagai senjata.


#14 – Inheritors


20+ Musuh Terbaik Spider-Man, dari Green Goblin sampai Spider-Slayers

Inheritors adalah pemburu Totems (makhluk yang terhubung dengan manusia dan binatang) untuk dimakan energi kehidupannya. Inheritors memanfaatkan kekuatan Master Weaver (kekuatan memanipulasi realitas terhadap Web of Life and Destiny) untuk memburu semua Spider-Man yang ada di Multiverse Marvel. Inheriotors adalah musuh Spider-Man di seluruh multiverse Marvel.


#15 – Chameleon


chameleon musuh terkuat spiderman

Chameleon memiliki kemampuan meniru karakteristik orang lain dengan mudah. Selain mempunyai talenta dalam mengimitasi kebiasaan, cara bergerak dan bahkan suara orang lain, ia juga dapat mengubah penampilannya dalam waktu singkat.

Chameleon melengkapi dirinya dengan berbagai teknologi canggih untuk penyamaran. Dia mempunyai sabuk yang dapat mengubah sosoknya dalam sekejap. Melalui berbagai penelitian di laboratorium, Dmitri telah berhasil menjadikan struktur tubuhnya sendiri mampu berubah-ubah seperti bunglon.

Walaupun dapat berubah-ubah dengan mudah, namun dalam aksinya Chameleon masih sering menggunakan teknik penyamaran tradisional.

Chameleon tercatat sebagai dalang dari banyak kasus kriminalitas. Dia pernah bekerjasama dengan Hammerhead untuk memancing sebuah perang antar gang yang melibatkan Kingpin dan Lobo Brothers. Selain itu, Chameleon juga pernah menjadi bagian dari Sinister Six, kelompok yang terdiri dari para super-villain Spider-Man.


#16 - Kraven the Hunter


kraven chameleon musuh terkuat spider-man

Kraven the Hunter adalah seorang pemburu terlatih dan sangat berpegalaman. Kemampuan berburu Kraven sangat hebat dan profesional, dia sering belajar untuk menemukan kelemahan targetnya sebelum memulai perburuan.

Musuh terbaik Spider-Man ini telah menjadi pemburu terbaik di Afrika, merasa bosan memburu binatang biasa, dia beralih mengincar Spider-Man. Dia menjadi salah satu musuh terkuat Spiderman, yang bahkan pernah menembak Spidey hingga tumbang dan menguburnya. Selain Spider-Man, Kraven juga pernah melumpuhkan Hulk. Memunculkannya sebagai musuh Spiderman di layar lebar bisa menjadi sesuatu yang menarik.




#17 - Tinkerer


Musuh Terbaik Spider-Man

Tinkerer adalah villain Spider-Man paling cerdas. Dia lebih sering berperan sebagai support bagi para super-villain dengan cara merancang senjata dan alat utuk mereka.

Tinkerer diketahui sebagai orang yang menciptakan kostum Mysterio, dan juga ekor yang digunakan Scorpion. Kingpin juga pernah menyewanya untuk menciptaan Spider-Mobile yang bisa mengalahkan Spider-Man. Musuh Spiderman terkuat berikutnya adalah...


#18 – The Jackal


the jackal marvel

Dr Miles Warren adalah seorang ilmuwan brilian dengan kemampuan untuk menciptakan klon manusia yang rumit, Warren adalah penjahat utama di balik kisah ‘Clone Saga’ yang sangat populer.

Warren alias The Jackal adalah orang yang bertanggung jawab atas kembalinya Gwen Stacy, serta penciptaan klon Peter Parker yaitu Kaine Parker dan Ben Reilly. Dia bahkan sempat meyakinkan Peter Parker bahwa Ben Parker adalah yang asli dan dia adalah tiruan, benar-benar mengacaukannya untuk jangka waktu yang baik.


#19 - Mister Negative


Musuh Terbaik Spider-Man enemies

Setelah selamat dari kapal budak yang karam, seorang pria yang bertahan hidup mengklaim dirinya sebagai Martin Li. Dia ditangkap dan diujicobakan, dan meskipun ia mendapatkan kebebasannya dan menjadi anggota masyarakat yang produktif, ia juga secara rahasia menjadi Mister Negative, yang berusaha menguasai bawah tanah New York City.

Dia menggunakan kemampuannya untuk mempengaruhi tindakan orang lain dan memanipulasi orang-orang di sekitarnya.

Di berbagai titik, Li telah menggunakan kekuatan ini pada orang-orang seperti Bibi May, Cloak and Dagger, dan bahkan Spider-Man sendiri untuk membuat mereka melakukan penawarannya.

Trik Mister Negative akhirnya mengarah ke perang habis-habisan antara Inner Demons dan geng Hood. Terlepas dari kenyataan bahwa ia tidak pernah berhasil mengklaim kekuatan yang ia inginkan, ia tetap berada di dunia kriminal New York City selama bertahun-tahun.

Bahkan ketika ia berada pada kondisi terlemahnya, Mister Negative hampir tidak mungkin untuk dikalahkan karena ia dapat membuat lawannya melakukan apa pun yang diinginkannya hanya dengan sentuhan.


#20 -  Alistair-Smythe (Spider-Slayers)


20+ Musuh Terbaik Spider-Man, dari Green Goblin sampai Spider-Slayers

Sebagian besar musuh Spider-Man memiliki dendam terhadap sang manusia laba-laba karena menghalangi jalannya kejahatan. Ketika berbicara tentang Alistair Smythe, itu semua tentang keinginan pribadi untuk membalas dendam atas kehilangan ayahnya.

Spencer Smythe sebelumnya membangun Spider-Slayer terkenal untuk menyerang Spider-Man, namun, ayah Alistair akhirnya kehilangan nyawanya dan dia menyalahkan Spidey dan J. Jonah Jameson untuk itu.

Alistair-Smythe memutuskan untuk mengikuti jejak ayahnya, ia mengirim generasi baru Spider-Slayers setelah Spider-Man sebelum akhirnya mengubah dirinya menjadi Ultimate Spider-Slayer yang mengancam untuk akhirnya mengeluarkan musuhnya.

Alistair Smythe mampu memperbaiki teknologi yang diciptakan ayahnya, membuat Spider-Slayer baru menggunakan teknologi cybernetic dan menciptakan Mini-Slayers. Dia bahkan berhasil menciptakan setelan cybernetic baru untuk dirinya sendiri yang memungkinkan dia untuk bertarung langsung melawan Spider-Man. Alistair-Smythe tidak diragukan lagi merupakan salah satu musuh terkuat Spider-Man yang belum muncul di layar lebar.


Daftar Musuh Spider-Man Lainnya


Selain sederetan musuh terbaik Spider-Man di atas, masih ada banyak lagi super-villain dalam komik Spider-Man yang tentu tidak bisa kami jelaskan satu persatu. Jika kamu ingin mengetahuinya, simak beberapa musuh terbaik Spider-Man lainnya dalam daftar berikut ini:


  1. Living Brain
  2. Big Man
  3. Spencer Smythe / Spider-Slayers
  4. Crime Master
  5. Molten Man
  6. Looter
  7. Robot Master
  8. Shocker
  9. Prowler
  10. Kingpin
  11. The Finisher
  12. Man Mountain
  13. Kangaroo
  14. Schemer
  15. Morbius
  16. Gog
  17. Gibbon
  18. Hammerhead
  19. Man-Wolf
  20. Tarantula
  21. Mindworm
  22. Grizzly
  23. Human Fly
  24. Will o' the Wisp
  25. Big Wheel
  26. Black Cat
  27. Calypso
  28. Hydro-Man
  29. Hobgoblin
  30. Slyde
  31. Styx and Stone
  32. Black Tarantula
  33. Grey Goblin
  34. Overdrive
  35. Screwball
  36. Massacre
  37. Panda-Mania
  38. dan sebagainya


Demikian pengenalan singkat mengenai musuh-musuh terkuat Spider-Man dalam komik Marvel. Dari sekian banyak karakter villain Spiderman di atas, mana nih yang menjadi favoritmu?

Previous Post
Next Post

0 komentar: