Review Film Perempuan Tanah Jahanam (2019), Karya Terbaru Joko Anwar


Review Perempuan Tanah Jahanam (2019) – Hari ini kami akan me-review sebuah film horror terbaru karya sutradara kondang Joko Anwar (Pengabdi Setan, Gundala), yaitu Perempuan Tanah Jahanam. Film bergenre horror ini sebelumnya memiliki judul Impetigore dan dibintangi oleh Tara Basro, Marissa Anita, Christine Hakim, Asmara Abigail dan Ario Bayu.

Review Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Review Perempuan Tanah Jahanam (2019)


Seperti apa kualitas film Perempuan Tanah Jahanam dari segi cerita, akting pemeran dan berbagai teknis pendukung lainnya? Ketahui jawabannya melalui pembahasan berikut ini:


Sinopsis Perempuan Tanah Jahanam (2019)


Tanggal rilis: 17 Oktober 2019 (Indonesia)
Sutradara: Joko Anwar
Musik: Aghi Narottama; Bemby Gusti; Tony Merle; Rahayu Supanggah
Pendapatan kotor: Rp60 juta (perkiraan)
Skenario: Joko Anwar
Musik digubah oleh: Aghi Narottama, Tony Merle, Rahayu Supanggah
Pemeran : Tara Basro, Marissa Anita, Christine Hakim, Asmara Abigail, Ario Bayu

Sinopsis:
Maya berusaha bertahan di kota tanpa keluarga, hanya sahabat baiknya Dini, yang bersama dirinya jatuh bangun mencoba memperbaiki hidup.

Ketika Maya mendapatkan informasi bahwa dia mungkin memiliki harta warisan dari keluarga Maya yang kaya di sebuah desa, Maya dan Dini langsung ke sana. Tanpa menyadari bahaya yang menanti.


Review Film Perempuan Tanah Jahanam (2019)


CERITA

Sebagai film Joko Anwar yang paling ditunggu di tahun ini, 'Perempuan Tanah Jahanam' adalah film dengan premis yang paling menarik di tahun ini.

Berbeda dari horor lainnya dan lebih mengangkat budaya Jawa yang kental serta disisipi oleh nuansa horor yang sebenarnya tidak terlalu menakutkan. Hanya cukup membuat merinding dan creepy.


Diawali dengan opening scene yang sudah membangun tensi, dalam beberapa adegannya pun, Joko Anwar juga menyisipkan beberapa unsur ekonomi-politik Indonesia di zaman ini.

Banyak adegan yang sempat dibuat tegang, tetapi nyatanya banyak yang palsu. Dilanjutkan dengan kejadian yang terjadi di kampung Harjosari, kita sudah dibayang-bayangi oleh suspense-gore dari Joko Anwar yang tanggung-tanggung akan membuat muka penonton akan pucat pasi tak karuan.

Di balik banyaknya twist yang terkandung, alur ceritanya cukup ringan bagi film Joko Anwar dan mudah ditebak. Akhir dari film ini sangatlah menyayat hati, meskipun dilanjutkan dengan epilog yang kurang koheren dengan sebelumnya. Ulasan review Perempuan Tanah Jahanam ini akan berlanjut membahas akting dan performa para pemeran film Perempuan Tanah Jahanam.



AKTING DAN PERFORMA

Semua pemain dalam film ini memang tidak pernah mengecewakan. Mulai dari starter pack Joko Anwar yaitu, Tara Basro, Asmara Abigail, dan Marissa Anita. Ketiganya bermain dengan baik, meskipun Tara Basro adalah yang terlihat lemah dibanding lainnya.

Tara menjadi Maya yang cukup gigih, meskipun Tara kadang menempatkan ekspresi secara salah. Asmara Abigail dengan suaranya yang menakutkan bisa membuat performanya terngiang-ngiang di pikiran kita.

Review Film Perempuan Tanah Jahanam (2019), Karya Terbaru Joko Anwar
Review Film Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Menjadi Ratih yang tak terlalu mendominasi, justru lebih membantu cerita ini lebih tegang kembali. Marissa Anita adalah karakter yang paling songong dan paling kuat dalam menyampaikan ekspresinya.


Karakter yang paling menarik perhatian dalam film Perempuan Tanah Jahanam adalah Nyi Misni yang diperankan oleh Christine Hakim. Sebagai film horor pertamanya, Christine Hakim bisa memerankan sebuah karakter yang membuat para penonton merinding dan creepy dengan karakternya.

Karakter pendukung lainnya pun dapat mendukung cerita ini, meskipun porsi mereka sedikit. Setelah membahas akting dan para cast atau pemeran, kali ini kami akan membahas teknis-teknis pendukung dalam review film Perempuan Tanah Jahanam ini.


TEKNIS PENDUKUNG

Joko Anwar tak pernah mengecewakan dalam teknikalnya. Penyutradaraannya yang indah, namun tetap memuaskan dalam menyajikan sebuah horor.

Sinematografi dari Ical Tanjung sendiri sangatlah apik dengan tone warna Joko Anwar yang sangat cocok dengan film ini. Tata suara yang mencekam didampingi dengan soundtrack The Spouse yang membuat penonton bergidik.

Ulasan Film Perempuan Tanah Jahanam
Ulasan Film Perempuan Tanah Jahanam

Tata artistik yang sederhana, namun tetap mendukung bagaimana ceritanya berjalan. Rasanya 'Perempuan Tanah Jahanam' adalah paket lengkap dari sebuah horor yang kita inginkan.

Tidak mengganggu dalam teknis, namun penampilannya yang apik dan membuat penonton bergidik menjadikan film ini layak ditonton pada tahun ini!


Review Film Perempuan Tanah Jahanam (2019)


Sulit dipercaya, cerita yang tak berhenti mencekit selama seratus enam menit ini lahir dari mimpi tentang manusia tak berkulit.

Joko Anwar menceritakan sebuah karangan klenik dengan cara yang unik, eksplisit dan begitu mengigit. Sungguh memaksa keberanian saya untuk mulai menjerit-jerit, hingga tanpa sadar mulut mulai berkomat-kamit menyumpahi gambar-gambar yang mengusik.

Film Perempuan Tanah Jahanam adalah kesatuan ujar yang mengungkapkan konsep menikmati penderitaan, meski sangat menyakitkan untuk disaksikan.

Baca Review Perempuan Tanah Jahanam Joko Anwar
Baca Review Impetogore / Perempuan Tanah Jahanam Joko Anwar

Film Perempuan Tanah Jahanam adalah sebuah karya yang dapat mendefinisikan kata jahanam itu sendiri. Dasar ceritanya saja sudah begitu relevan dengan kehidupan, di mana duit akan selalu membawa petaka yang rumit.

Kemampuan Joko menyatakan sebuah kemustahilan juga menjadi kunci untuk menitipkan ketakutan yang bisa dibawa pulang. Hal ini tak hanya datang dari penulisan yang matang, karena latar, tata suara hingga lakon pemeran begitu meyakinkan. Memberi rasa khawatir yang menggerumit di sepanjang cerita. Bahkan tak jarang menyesatkan terkaan.

Ekosistem berlapis dengan tegakan sebagai penciri memberi kesan isolasi yang begitu mengimpit. Bersama sinematografi yang artistik, ia juga menciptakan nuansa yang kental akan hal mistik.


Di sisi lakon, Joko begitu mahir dalam menggunakan barisan wayang miliknya untuk terus menciptakan ketegangan.

Memanipulasi cerita dengan narator sesat, hingga melibatkan mereka pada perubahan plot yang tajam dengan anagnorisis dan deus ex machina. Setiap pelakon juga mampu menerjemahkan dan meneruskan emosi tokoh yang diperankan dengan sangat baik. Berlomba-lomba menciptakan suasana yang tidak nyaman.

Film Perempuan Tanah Jahanam ini tak hanya menumbuhkan sebuah ukuran baru untuk perfilman Indonesia, tetapi juga mendaur cara lama untuk menciptakan cara bertutur seram yang baru.

Tanah Jahanam juga takkan membuat kakimu nyaman kala berjalan di tanahnya yang ditumbuhi penderitaan. Meninggalkan nyeri karena luka pada jaringan telapak kaki. Kekhawatiran yang dipupuk akan memaksamu untuk mulai segera berlari.

Tag: baca review perempuan tanah jahanam terbaru dan download, berdasarkan kisah nyata, daftar pemeran atau cast dan sinopsis, rating imbd, spoiler, review film perempuan tanah jahanam joko anwar, streaming full movie.

Demikian sedikit pembahasan review Perempuan Tanah Jahanam, sebuah film horror yang unik dan menarik dari sutradara Joko Anwar. Apakah kamu sudah menonton film ini? Berikan tanggapanmu di kolom komentar…

0 Response to "Review Film Perempuan Tanah Jahanam (2019), Karya Terbaru Joko Anwar"