30 Fakta Menarik Studio Ghibli dan Hayao Miyazaki


Inilah fakta menarik Studio Ghibli yang mungkin belum kamu ketahui!

Selowae.Net – Jika kamu penggemar film animasi Jepang, pasti sudah tidak asing dengan Studio Ghibli. Ya, studio yang didirikan Hayao Miyazaki ini dikenal karena telah menelurkan puluhan film animasi berkualitas, seperti Spirited Away, My Neighbour Totoro dan banyak lainnya.

Daftar film Studio Ghibli
Film terbaik Studio Ghibli

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih banyak tentang Studio Ghibli, baca aja deh fakta-fakta tentang Studio Ghibli dan Hayao Miyazaki berikut ini!

Jangan lupa juga membaca daftar film animasi Justice League.


30 Fakta Studio Ghibli


1) Hayao Miyazaki tidak tahu bagaimana filmnya akan berakhir ketika ia mulai menggambar. Karena Miyazaki suka kisahnya terungkap saat dia masih dalam proses storyboard, produksi film akan dimulai sebelum siapa pun, termasuk Miyazaki, tahu ending kisahnya.


30 Fakta Studio Ghibli
Fakta Studio Ghibli

2) Studio Ghibli sangat bergantung pada animasi yang digambar manual dengan tangan. Meskipun studio menggunakan beberapa teknologi CGI, hanya 10% dari versi final dari film ini. Bahkan, Miyazaki menggambar satu persatu gelombang di film animasi Ponyo.

3) Distributor internasional harus menerima film apa adanya. Setelah Nausicaä benar-benar diubah oleh perusahaan Amerika, Ghibli mengeluarkan kebijakan ketat “tanpa potongan” untuk melindungi film-film masa depan dari dijagal oleh distributor internasional.

30 Fakta Menarik Studio Ghibli dan Hayao Miyazaki
Fakta menarik Studio Ghibli

4) Studio tidak takut untuk mendaur ulang karakter populer. Tupai rubah di Nausicaä juga muncul di Castle in the Sky dan sprite jelaga di Totoro juga terlihat di Spirited Away.

5) Kebanyakan film Studio Ghibli tidak memiliki karakter yang benar-benar jahat atau sepenuhnya baik. Seperti banyak film Jepang, cenderung tidak ada perbedaan yang jelas antara yang baik dan yang jahat dalam film Studio Ghibli. Semua karakter tampaknya memiliki sifat kepribadian positif dan negatif, menunjukkan non-dualitas dunia tempat kita hidup.


6) Spirited Away adalah film terlaris dalam sejarah sinema Jepang hingga 2016. Pada 2016, Your Name, film animasi Jepang lainnya, mengalahkan rekor Spirited Away. Namun, Spirited Away masih satu-satunya film non-bahasa Inggris yang berhasil memenangkan Best Animated Feature di ajang Oscar.

7) Ghibli adalah nama pesawat kepanduan Italia yang digunakan dalam Perang Dunia II. Hayao Miyazaki dikenal karena kecintaannya pada pesawat, yang bisa menjelaskan nama studio. Namun, itu juga, nama untuk angin panas di Sahara.

Fakta Studio Ghibli yang tidak banyak diketahui
Fakta Studio Ghibli yang belum banyak diketahui

8) Anda dapat melihat film pendek asli di Museum Ghibli yang tidak dapat Anda lihat di tempat lain. Ini mungkin salah satu alasan mengapa fotografi atau film dalam bentuk apa pun tidak diizinkan di dalam museum. Satu-satunya foto yang dapat Anda temukan secara daring adalah dari luar.

9) Miyazaki tidak pernah menggunakan naskah di film-filmnya. Menurut Miyazaki, skrip mengambil terlalu banyak waktu dan dia lebih suka untuk memulai dialog untuk film-filmnya saat dia pergi.

10) Miyazaki menolak untuk menghadiri penganugerahan Oscar tahun 2003 sebagai protes terhadap Invasi Amerika ke Irak. Menurut Miyazaki, ia tidak mengunjungi Amerika Serikat untuk menerima penghargaannya untuk Spirited Away pada tahun 2003 karena ia "tidak ingin mengunjungi negara yang membom Irak." Yang, dia tidak diizinkan katakan pada saat itu, tetapi telah berbicara secara terbuka sejak itu.


Fakta Menarik Lainnya Tentang Studio Ghibli


1. Nama Ghibli didasarkan pada sirocco Arab (angin Mediterania), karena Studio ingin "meniupkan angin baru melalui industri anime Jepang".

2. Studio Ghibli memiliki kebijakan "tanpa pemotongan" yang ketat setelah Nausicaä pada tahun 1984 dibantai oleh sebuah studio Amerika untuk menjadikannya lebih ramah penonton. Empat belas tahun kemudian, Studio Ghibli mengirim Miramax pedang samurai dengan pesan sederhana: "no cuts", setelah Miramax meninggalkan adegan dari Princess Mononoke di lantai stek.

3. Hayao Miyazaki, salah satu pendiri dan direktur utama Studio, tidak pernah menggunakan naskah dalam film-filmnya. Ini karena dia "biasanya tidak punya waktu", jadi hanya mengandalkan ide-ide mendadak.

4. Aktor Batman Michael Keaton dan Christian Bale telah menyuarakan terjemahan Barat dari film Studio Ghibli. Keaton, yang memerankan Batman di film Tim Burton, adalah pengisi suara Porco Rosso dalam film dengan nama yang sama, dan Bale mengisi suara untuk Howl di Howl’s Moving Castle.

Fakta Film Studio Ghibli
Fakta Film Studio Ghibli - Daftar Film Studio Ghibli

5. Film Pom Poko 1994 berisi beberapa pilihan kreatif Studio yang mungkin lebih dipertanyakan. Di dalamnya, sekelompok racoons menyelamatkan hutan dari bulldozed menggunakan testikel sihir mereka (yang dapat berkembang menjadi dua kali lipat ukuran tubuh mereka) sebagai senjata seperti gada. Persenjataan yang tidak biasa adalah tradisi dalam cerita rakyat tanuki Jepang.

6. Hayao Miyazaki menolak untuk menghadiri upacara Oscar tahun 2002 sebagai protes terhadap invasi Amerika ke Irak.

7. Arrietty, atau The Borrower Arietty, didasarkan pada novel anak-anak populer The Borrowers tahun 1952, yang ditulis oleh penulis Inggris Mary Norton. Film ini dirilis pada 2010, meskipun Miyazaki dan co-founder Isao Takahata telah mempertimbangkan adaptasi selama 40 tahun.

Baca juga: 24 Film Animasi Terbaik Pemenang Oscar


8. Tanpa disangka-sangka, Disney, distributor sering Studio Ghibli AS, menolak From Up On Poppy Hill karena mereka khawatir tentang potensi keuntungannya. Film ini mengambil total $ 61 juta di box office global.

9. Fakta menarik Studio Ghibli selanjutnya, From Up On Poppy Hill adalah film kedua yang disutradarai oleh Goro Miyazaki, putra pendiri Studio Ghibli, Hiyao. Film pertamanya, Tales From Earthsea (2006), dianggap sebagai film terlemah di Studio.

10. Menyusul tsunami Jepang dan gempa bumi tahun 2011, produksi From Up on Poppy Hill sangat terhambat oleh pemadaman listrik bergilir setelahnya. Karena itu, sejumlah besar animasi dilakukan pada malam hari untuk menghindari gangguan.

30 Fakta Menarik Studio Ghibli dan Hayao Miyazaki
Studio Ghibli Facts - Spirited Away

11. Protagonis dari Spirited Away (2001) terinspirasi oleh putri berusia 10 tahun yang cemberut dari salah satu teman Miyazaki.

12. Spirited Away memenangkan Golden Bear dan Oscar pada tahun 2002 untuk Fitur Animasi Terbaik; satu-satunya film yang tidak dibuat di dunia berbahasa Inggris untuk melakukannya.

13. Delapan dari film Studio Ghibli adalah di antara 15 film anime terlaris di Jepang, dengan Spirited Away menjadi yang tertinggi, terlaris lebih dari $ 274 juta di seluruh dunia.


14. Tales From Earthsea (2006) adalah film yang didistribusikan Disney pertama yang diberi peringkat PG-13, untuk 'beberapa gambar kekerasan'.

15. Animasi Jepang berkembang pesat setelah keberhasilan internasional Snow White 1937 dan Tujuh Kurcaci Disney, ketika para seniman diberi perspektif baru dari gaya Amerika.

16. Tales From Earthsea (2006) adalah pemenang Bunshun Raspberry Award untuk Film Terburuk tahun 2006 yang disayangkan (dan kontroversial).

Fact about Studio Ghibli movies
Fakta menarik Studio Ghibli

17. Dalam minggu pembukaannya, Tales From Earthsea (2006) menyusul Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest menjadi nomor satu di box office Jepang selama lima minggu.

18. Anne Hathaway menyuarakan tokoh protagonis Haru Yoshioka dalam versi bahasa Inggris The Cat Returns (2002).

19. The Cat Returns (2002) muncul setelah sebuah taman hiburan Jepang meminta Studio Ghibli untuk membuat animasi pendek yang menampilkan kucing.

20. Logo Studio Ghibli menampilkan karakter judul dari My Neighbor Totoro (1988), roh hutan yang besar.


Demikian daftar fakta-fakta menarik tentang Studio Ghibli dan Hayao Miyazaki yang mungkin belum banyak diketahui. Jika kamu mengetahui fakta lainnya, langsung saja ditambahkan di kolom komentar…

Next > 10 Film Animasi Terbaik Studio Ghibli

0 Response to "30 Fakta Menarik Studio Ghibli dan Hayao Miyazaki"