Top 15 Anime Terbaik 2011, dari Nurarihyon no Mago sampai Steins Gate

Selowae.Net - Setelah sebelumnya membahas anime psychological terbaik sepanjang masa dan anime romance terbaik tahun 2020, dalam artikel kali ini kami telah menyusun daftar anime tahun 2011 yang paling bagus dan keren. Apa saja? Yuk langsung saja disimak 15 rekomendasi anime terbaik yang rilis tahun 2011 berikut ini!

Baca juga:



Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2011


#15 - Nurarihyon no Mago: Sennen Makyou 


Top 15 Anime Terbaik 2011, dari Nurarihyon no Mago sampai Steins Gate
Daftar anime terbaik 2011 yang wajib ditonton

Jumlah Episode: 24
Musim Rilis: Summer 2011
Tanggal Tayang: 3 Juli 2011 hingga 18 Desember 2011
Studio: Studio Deen
Durasi per Episode: 23 Menit
Genre: Action, Demons, Shounen, Supernatural
Skor di MyAnimeList: 8.11

Peringkat 15 anime terbaik tahun 2011 ditempati oleh anime Nura: Rise of the Yokai Clan - Demon Capital atau judul lainnya Nurarihyon no Mago: Sennen Makyou. Anime yang mendapat rating di MyAnimeList dengan skor 8.11 ini merupakan season kedua dari serial anime Nurarihyon no Mago.


Ceritanya berfokus kepada Nura Rikuo, seorang siswa SMA yang ingin hidupnya normal seperti kebanyakan orang lain pada umumnya. Tapi, itu tidak akan mungkin terjadi, karena dia adalah pewaris klan “Nura”, klan yang selalu berhubungan dengan hal supranatural, sekaligus pemimpin dari semua “Youkai” (monster).

Didalam tubuh Rikuo, dirinya mewarisi seperempat darah Youkai, yang mana pada malam hari dirinya bisa berubah menjadi “Nurarihyon”, pemimpin Youkai sekaligus awal dari kehancuran dan bencana.

Setelah selesai permusuhan dan masalah dengan klan Shikoku Yokai, kini Rikuo menemukan musuh lama klan Nura, itu adalah klan Haguromo-Gitsune, yang telah muncul kembali setelah 400 tahun tidak menampakkan diri.

Nurarihyon no Mago merupakan anime populer tahun 2011 yang diadaptasi dari manga berjudul sama yang terbit di majalah mingguan Shonen Jump. Jika kamu menyukai anime bergenre action, supernatural dan horror, maka anime ini sangat kami rekomendasikan untuk ditonton.


#14 - Kimi ni Todoke Season 2


Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2011

Jumlah Episode: 12
Musim Rilis: Winter 2011
Tanggal Tayang: 12 Januari 2011 hingga 30 Maret 2011
Studio yang Memproduksi: Production I.G
Durasi per Episode: 23 Menit
Genre: Drama, Romance, School, Shoujo, Slice of Life
Skor di MyAnimeList: 8.10

Tahun 2011, kita juga mendapat anime romance keren yaitu season 2 dari Kimi ni Todoke. Anime 2011 yang bagus ini merupakan kelanjutan dari cerita season 1 serial anime Kimi ni Todoke.

Setelah merayakan tahun baru bersama Kazehaya, Sawako mulai kembali menjalani kehidupan sekolahnya. Bersamaan dengan dimulainya kegiatan sekolah setelah libur kenaikan kelas, ada seorang anak laki-laki baru yang pindah ke kelas Sawako. Dia duduk tepat disebelahnya dan mulai menaruh perhatian terhadap Sawako.


Jika kamu menyukai anime bergenre romance school, maka Kimi ni Todoke ini merupakan salah satu serial yang wajib masuk dalam daftar tontonmu.


#13 - Gosick


Rekomendasi Anime Terbaik Tahun 2011

Jumlah Episode: 24
Musim Rilis: Winter 2011
Tanggal Tayang: 8 Januari 2011 hingga 2 Juli 2011
Studio yang Memproduksi: Bones
Durasi per Episode: 24 Menit
Genre: Drama, Historical, Mystery, Romance
Skor di MyAnimeList: 8.19

Rekomendasi anime 2011 yang bagus selanjutnya adalah Gosick. Anime bergenre drama historical dan misteri ini berkisah tentang Kujou Kazuya, siswa St. Margueritta Academy yang berasal dari Jepang, dan satu-satunya orang Asia yang bersekolah di sana.

Karena ia memiliki rambut hitam gelap dan mata hitam, para murid di sekolah tersebut menjuliknya “Kuroi Shinigami”. Dan karena julukan tersebut, tidak ada satu pun orang yang mau berteman dengannya.

Hingga suatu hari, di puncak perpustakaan St. Margueritta Academy, ia bertemu dengan gadis cantik & jenius bertubuh mungil yang bernama Victorique. Dari sinilah cerita anime Gosick dimulai.

Seiring berjalannya cerita, Kazuya & Victorique seringkali terlibat dalam rentetan petualangan penuh misteri yang tak jarang membahayakan nyawa mereka berdua.

Gosick tidak diragukan lagi merupakan salah satu anime terbaik tahun 2011. Anime yang diproduksi oleh studio Bones ini bahkan berhasil mendapatkan skor 8.19 di situs MyAnimeList.


#12 - Chihayafuru


anime romance terbaik 2011

Jumlah Episode: 25
Musim Rilis: Fall 2011
Tanggal Tayang: 5 Oktober 2011 hingga 28 Maret 2012
Studio yang Memproduksi: Madhouse
Durasi per Episode: 22 Menit
Genre: Drama, Game, Josei, School, Slice of Life, Sports
Skor di MyAnimeList: 8.27

Nah, jika kamu mencari anime Slice of life terbaik tahun 2011, maka kamu wajib nonton Chihayafuru dari Studio Madhouse ini.

Anime 2011 terbaik ini bercerita tentang Chihaya Ayase, seorang anak SD yang tomboy dan mempunyai kebiasaan buruk selalu mengatakan apa yang pertama kali terlintas dalam otaknya.

Mimpinya adalah untuk melihat kakaknya yang seorang model untuk menjadi nomor satu di Jepang, atau mungkin dunia. Akan tetapi, pertemuannya dengan seorang anak bernama Arata mengubah hidup Chihaya.

Chihayafuru adalah anime yang sangat populer dan telah dibuatkan season keduanya. Selain itu, anime ini juga sudah diadaptasi menjadi film live-action lo. Jika kamu belum menontonnya, langsung saja download di situs anime kesayanganmu.


#11 - SKET Dance


anime komedi terbaik 2011

Jumlah Episode: 77 + OVA
Musim Rilis: Spring 2011
Tanggal Tayang: 7 April 2011 hingga 27 September 2012
Studio yang Memproduksi: Tatsunoko Production
Durasi per Episode: 24 Menit
Genre: Comedy, School, Shounen
Skor di MyAnimeList: 8.30

Kamu suka anime Gintama? Kalau iya, maka kamu juga wajib nonton SKET Dance. Anime ini bisa dibilang merupakan versi sekolah dari Gintama.

SKET Dance bercerita tentang tiga remaja sekolah yang membentuk Klub Sket Dan, klub untuk membantu para siswa di sekolahnya.

SKET sendiri merupakan singkatan bahasa inggris dari: Support, Kindness, Encourgement, dan Troubleshoot Sket Dan dikhususkan untuk bertugas memecahkan setiap masalah yang disampaikan oleh para pelanggan yang meminta bantuan kepada mereka.

SKET Dance merupakan salah satu anime komedi terbaik sepanjang masa. Tidak diragukan lagi kalau kamu wajib menonton anime terbaik 2011 yang bikin ngakak satu ini.


#10 - Nichijou


rekomendasi anime komedi terbaik 2011

Jumlah Episode: 26 + OVA
Musim Rilis: Spring 2011
Tanggal Tayang: 3 April 2011 hingga 25 September 2011
Studio yang Memproduksi: Kyoto Animation
Durasi per Episode: 23 Menit
Genre: Comedy, School, Shounen, Slice of Life
Skor di MyAnimeList: 8.50

Peringkat 10 rekomendasi anime terbaik 2011 ditempati oleh anime Nichijou. Anime comedy school terbaik ini bercerita tentang tiga anak SMA bernama Aiyoi Yuuko, Naganohana Mio dan Minakami Mai… juga mengisahkan tentang Profesor Hakase beserta robot ciptaannya yang bernama Nano, sang kucing yang bisa bicara, Sakamoto dan masih banyak lagi.

Mereka menjalani kehidupan sehari-harinya yang normal di sebuah kota yang dihuni oleh orang-orang yang normal.


Nichijou merupakan anime 2011 yang bagus, seru dan menghibur. Sangat cocok untuk ditonton bersama keluarga atau teman terdekat.


#9 - Mahou Shoujo Madoka★Magica


rekomendasi anime action terbaik 2011

Jumlah Episode: 12
Musim Rilis: Winter 2011
Tanggal Tayang: 7 Januari 2011 hingga 22 April 2011
Studio yang Memproduksi: Shaft
Durasi per Episode: 24 Menit
Genre: Drama, Magic, Psychological, Thriller
Skor di MyAnimeList: 8.44

Rekomendasi anime terbaik tahun 2011 selanjutnya adalah Mahou Shoujo Madoka★Magica. Anime bergenre drama magic dan psikologi ini bercerita tentang Kaname Madoka, seorang gadis SMP yang bersekolah di Mitakihara City Middle School.

Kehidupannya yang biasa-biasa saja berubah semenjak ia bermimpi mengenai seorang perempuan berambut panjang yang bertarung melawan makhluk-makhluk mengerikan.

Ternyata gadis dalam mimpi itu adalah Akemi Homura, siswi transfer yang pindah ke sekolah dan kelas Madoka. Pertemuan Madoka dengan seorang gadis bernama Mami Tomoe, menjelaskan bahwa baik Mami dan Homura merupakan seorang Mahou Shoujo.

Mahou Shoujo sendiri merupakan prajurit yang berjuang melawan monster-monster yang disebut Witch sebagai konsekuensi atas kontraknya dengan makhluk bernama Kyubey. Kontrak yang mengerikan, namun dapat mengabulkan sebuah permintaan apa pun.

Anime yang rilis pada musim Winter 2011 ini berhasil meraih skor 8.44 di situs MyAnimeList. Tentu hal itu membuatmu tidak boleh melewatkannya begitu saja.


#8 - Fate/Zero


rekomendasi anime terbaik 2011 yang bagus

Jumlah Episode: 13
Musim Rilis: Fall 2011
Tanggal Tayang: 2 Oktober 2011 hingga 25 Desember 2011
Studio yang Memproduksi: ufotable
Durasi per Episode: 28 Menit
Genre: Action, Fantasy, Magic, Supernatural
Skor di MyAnimeList: 8.44

Nah, jika kamu menyukai anime genre action terbaik yang penuh dengan pertarungan seru ditambah grafik anime yang bagus, maka di tahun 2011 ini kamu bisa menonton anime Fate/Zero.

Anime Fate/Zero berlatar 10 tahun sebelum peristiwa dari serial Fate/Stay Night. Mengisahkan Perang Cawan Suci ke 4 di Kota Fuyuki. Perang Cawan Suci adalah kontes di mana tujuh orang penyihir yang berhasil memanggil Roh Pahlawan bersaing memperebutkan Cawan Suci yang konon dapat mewujudkan semua permintaan.


#7 - Bakuman. 2nd Season


daftar anime terbaik tahun 2011

Jumlah Episode : 25
Durasi : 24 min. per ep. Menit
Genre : Comedy , Romance , Shounen
Tayang : 2 Oktober 2010 - 2 April 2011
Studio : J.C.Staff

Tahun 2011 juga ada season kedua dari anime Bakuman, yang mengisahkan tentang perjuangan dua mangaka bernama Moritaka Mashiro dan Takagi Akito. Keduanya merupakan teman sekolah yang bekerjasama sebagai mangaka bernama alias Ashirogi Muto.

Dengan menonton anime ini, kamu juga bisa melihat bagaimana perjuangan berat seorang mangaka Shonen Jump dalam membuat karya manga yang keren. Di anime Bakuman, juga ada cerita romantis antara Mashiro dengan Miho Azuki yang bakal bikin kamu baper.


#6 - Usagi Drop


usagi drop

Jumlah Episode: 11 + 4 Special
Musim Rilis: Summer 2011
Tanggal Tayang: 8 Juli 2011 hingga 16 September 2011
Studio yang Memproduksi: Production I.G
Durasi per Episode: 22 Menit
Genre: Josei, Slice of Life
Skor di MyAnimeList: 8.52

Anime Slice of Life tahun 2011 mengawali cerita dengan meninggalnya kakek dari Kawachi Daikichi, tokoh utama di anime ini.

Saat ia pulang ke rumah untuk menghadiri pemakaman kakeknya, ia bertemu dengan seorang anak kecil yang tidak ia kenal. Ibunya menjelaskan bahwa anak itu bernama Kaga Rin, dan merupakan anak kakeknya dari seorang ibu yang tidak diketahui identitasnya.

Meskipun Rin yang masih anak-anak tersebut merupakan anak sang kakek, semua saudara Daikichi tidak ada yang ingin mengurusnya karena dianggap anak lahir di luar pernikahan.

Pada akhirnya, Daikichi memutuskan untuk mengurus Rin sendirian, meskipun ia tak punya pengalaman dalam membesarkan anak.

Usagi Drop tidak diragukan lagi adalah salah satu anime terbaik tahun 2011 yang wajib ditonton. Kisahnya yang menyentuh bakal membuat setiap penontonnya ikutan baper.


#5 – Anohana


anime tersedih sepanjang masa

Skor: 8.56
Produser: Aniplex, Dentsu, Fuji TV, Fuji Pacific Music Publishing
Total Episode: 11
Durasi: 22 Menit / Episode
Tanggal Rilis: Apr 15, 2011 sampai Jun 24, 2011
Studio: A-1 Pictures
Genre: Drama, Slice of Life, Supernatural

Memasuki peringkat 5 besar anime terbaik 2011, ada anime Anohana yang sudah sukses bikin para pecinta anime banjir air mata.

Anime drama supernatural ini bercerita tentang persahabatan antara 6 orang sahabat sejak mereka kecil, namun semua itu berubah tatkala Honma Meiko, sering dipanggil Menma, meninggal, ia meninggal karena jatuh kedalam sungai.

Dulu mereka semua sering bermain bersama, kedekatan yang baik antara mereka berenam, tapi setelah dewasa sampai sekarang, semua persahabatan mereka putus, mereka tak pernah lagi berkomunikasi satu sama lainnya dan hanya fokus ke kehidupan mereka masing-masing.


Cerita anime tersedih sepanjang masa ini berfokus terhadap seorang anak yang dulunya adalah pemimpin dari mereka saat kecil, Jinta Yadomi, sekarang sangat berbeda seperti dulu, akibat kematian Menma, ia sering bolos sekolah & hanya mengurung diri dirumahnya layaknya seorang pengangguran.

Pada suatu hari, hal aneh diluar dugaan menimpa Jinta, ia dapat melihat arwah menma yang kini kembali kedunia karena saat ia memiliki suatu permintaan yang belum tercapai, sayangnya ia sendiri tak tahu apa keinginanya, Jinta tidak percaya dengan yang ia lihat dan menganggap itu hanyalah ilusinya sendiri.

Sosok Menma kini terlihat memiliki ukuran badan dan umur terlihat sama seperti orang-orang lainnya selalu berada di samping Jinta, namun sayangnya hanya Jinta sorang yang bisa melihat sosok tersebut.

Menma meminta bantuan kepada jinta untuk membantu keinginannya tercapat, tapi untuk itu sepertinya Jinta harus kembali berinteraksi kepada teman mereka waktu kecil dulu, namun hal tersebut tidaklah mudah, karena ia tak dekat lagi dengan mereka.

Jangan lupa siapin tisu yang banyak sebelum menonton anime keren yang rilis tahun 2011 ini.


#4 - Natsume Yuujinchou San


natsume anime supernatural 2011

Jumlah Episode: 13
Musim Rilis: Summer 2011
Tanggal Tayang: 5 Juli 2011 hingga 27 September 2011
Studio yang Memproduksi: Brain’s Base
Durasi per Episode: 24 Menit
Genre: Drama, Fantasy, Shoujo, Slice of Life, Supernatural,
Skor di MyAnimeList: 8.65

Musim ketiga dari seri anime terbaik tahun 2011; Natsume Yuujinchou. Natsume mulai tidak menganggap kemampuan melihat youkai sebagai kutukan lagi. Dan dia pun sudah mulai menyadari betapa berharganya dunia roh dan manusia.

Natsume Yuujinchou San adalah salah satu anime drama fantasy terbaik sepanjang masa yang tentunya wajib kamu tonton.


#3 - Hunter x Hunter (2011)


anime 2011 terbaik

Jumlah Episode: 148
Musim Rilis: Fall 2011
Tanggal Tayang: 2 Oktober 2011 hingga 24 September 2014
Studio yang Memproduksi: Madhouse
Durasi per Episode: 23 Menit
Genre: Action, Adventure, Shounen, Super Power
Skor di MyAnimeList: 9.11

Hunter x Hunter adalah anime adventure terbaik sepanjang masa yang menceritakan kisah Gon Freecss, anak berumur dua belas tahun yang bertekad untuk menjadi seorang Hunter tangguh agar dapat bertemu dengan ayahnya yang telah lama mengembara sebagai Hunter profesional.

Gon sadar jalan untuk menjadi Hunter itu tidaklah mudah. Dalam perjalanannya, dia bertemu dengan Leorio, Kurapika dan Killua. Meski tujuan mereka berbeda-beda, tapi mereka berempat bersama-sama mengikuti ujian Hunter dan berjuang untuk menjadi Hunter profesional.

Hunter x Hunter ini adalah salah satu anime legendaris yang tentunya sangat keren, dijamin kamu akan menyukainya setelah menonton episode pertama. Jika kamu belum menontonnya, segera saja download dan nikmati alur anime 2011 yang keren ini.


#2 - Gintama (2011)


gintama 2011

Jumlah Episode: 367
Musim Rilis: Spring 2006 – Summer 2018
Studio yang Memproduksi: Sunrise, Bandai Namco Pictures
Durasi per Episode: 24 Menit
Genre: Action, Comedy, Historical, Parody, Samurai, Sci-Fi, Shounen
Skor di MyAnimeList: 9.25

Bercerita tentang seorang samurai konyol yang bernama Sakata Gintoki (karena kata “Gin”-nya lah judul animenya jadi Gintama) pada zaman Bakufu (julukan pemerintahan feodal di Jepang pada masa lalu), dengan setting fiksi ilmiah dengan tambahan makhluk-makhluk luar angkasa yang datang untuk mengeksplorasi kekayaan bumi Edo (nama lama Tokyo).

Gintoki yang akhirnya bertemu dengan Shinpachi, anak dari almarhum seorang samurai, dan Kagura, anggota dari ras terkuat di jagat raya, Klan Yato, mendirikan Yorozuya (agensi yang menerima pekerjaan apa saja, singkatnya sebagai pekerja serabutan).

Hidup konyol mereka akhirnya bermula, gaya hidup yang sangat aneh hingga singgungan mereka terhadap anime-anime lain, bahkan tokoh selebriti atau pun tokoh politik di Jepang pun mereka parodikan. Anime ini 80% berisi komedi/lelucon, sisanya, 20%, baru berfokus pada jalan cerita.


#1 - Anime Terbaik 2011 : Steins;Gate


Anime Terbaik 2011 : Steins;Gate

Jumlah Episode: 24 + OVA
Musim Rilis: Spring 2011
Tanggal Tayang: 6 April 2011 hingga 14 September 2011
Studio yang Memproduksi: White Fox
Durasi per Episode: 24 Menit
Genre: Sci-Fi, Thriller
Skor di MyAnimeList: 9.15

Dan, peringkat pertama anime terbaik tahun 2011 tentu saja diperoleh oleh Steins;Gate. Anime genre sci-fi thriller terbaik 2011 ini bercerita tentang Okabe Rintaro, seorang pemuda autis nyentrik yang suka berkhayal dan menyebut dirinya sebagai seorang mad scientist.

Bersama dengan ahli komputer bernama Hashida Itaru dan gadis ‘kikuk’ bernama Shiina Mayuri, mereka mendirikan laboratorium kecil untuk bereksperimen terhadap benda-benda elektronik. Lewat sebuah kebetulan luar biasa, mereka tak sengaja menciptakan sebuah mesin waktu sederhana dari hasil modifikasi sebuah handphone dan microwave.

Meski masih sangat primitif, mesin waktu tersebut terbukti benar-benar bisa mengubah masa lalu.

Dengan bantuan Makise Kurisu sang gadis jenius, Okabe pun terus melakukan eksperimen demi memahami cara kerja mainan barunya.

Layaknya kisah-kisah bertema time travel lainnya, bukan kebahagiaanlah yang mereka dapatkan setelah menciptakan mesin waktu tersebut, melainkan beragam peristiwa mengerikan yang justru timbul akibat adanya mesin tersebut.

Okabe dan kawan-kawan terjerumus dalam konspirasi besar ulah organisasi SERN. Dengan segala keterbatasa, mereka harus berjuang untuk menghindari bencana besar yang membuat dunia di masa depan menjadi distopia.


Nah, itu dia beberapa rekomendasi anime terbaik 2011 yang sangat bagus, seru dan wajib kamu tonton. Dari sekian banyak judul anime tahun 2011 di atas, mana nih yang menjadi favoritmu?

0 Response to "Top 15 Anime Terbaik 2011, dari Nurarihyon no Mago sampai Steins Gate"